Peran Aktif Royal Golden Eagle dalam Kampanye Bebas Plastik

Wednesday, September 18, 2019
sumber : tirto
Gerakan anti plastik ataupun kampanye bebas plastik merupakan salah satu upaya untuk mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengurangi penggunaan plastik maka jumlah sampah plastik yang terus menggunung di berbagai penjuru dunia juga akan turut berkurang. Gerakan ini mendapat dukungan dari banyak pihak baik individu ataupun perusahaan seperti Royal Golden Eagle.


Royal Golden Eagle yang dulunya dikenal dengan nama Raja Garuda Mas dikenal memiliki komitmen tinggi terhadap lingkungan. Kebijakan sustainability yang diterapkan adalah salah satu diantaranya. Oleh karena itu, tidak heran bila kemudian korporasi ini juga turut mendukung kampanye atau gerakan bebas plastik.

Kampanye yang diluncurkan oleh tim sustainability ini diberi nama “Plastik Free Challenge” atau tantangan bebas plastik. Kampanye ini mengajak semua peserta untuk tidak atau meminimalisir penggunaan plastik dalam kehidupan mereka sehari-hari. Kampanye ini sendiri pada awalnya hanya dilakukan secara internal yaitu untuk para karyawan perusahaan RGE yang berada di daerah Jakarta, yang kemudian meluas hingga beberapa daerah lainnya.

sumber : Aprilasia.com

Bagaimana cara kerja kampanye bebas plastik dari RGE ini? Para peserta yang berasal dari dalam lingkup perusahaan RGE harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Pada minggu pertama, para peserta harus memonitor konsumsi ataupun penggunaan plastik sekali pakai mereka masing-masing. Pada tahap selanjutnya yaitu pada minggu kedua, para peserta harus menetapkan target pengurangan konsumsi plastik mereka.

Untuk mendukung kampanye ini, pihak Royal Golden Eagle sendiri membagikan kotak makan kepada para peserta. Kotak makan ini dipergunakan sebagai pengganti plastik yang umumnya dipergunakan sebagai bahan pembungkus makanan yang merupakan penyumbang sampah plastik terbesar dikalangan karyawan. 

Para peserta juga mendapatkan kartu catatan untuk membantu mereka memonitor penggunan plastik sekali pakai setiap harinya. Tidak hanya berupa kartu, mereka juga harus memasukkan laporan penggunaan plastik secara online sebagai salah satu syarat keikutsertaan kampanye.

Langkah ini diharapkan mampu mendorong kesadaran para peserta kampanye serta karyawan perusahaan RGE secara luas untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Tidak hanya dalam lingkup perusahaan, para peserta juga nantinya diharapkan mampu untuk melakukan hal yang sama di lingkungan tempat tinggal mereka masing-masing. Para peserta ini nantinya juga mampu menjadi advokat untuk mengajak anggota keluarga, saudara, dan teman-teman untuk turut mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari.

Pelaksanaan kampanye bebas plastik sekali pakai oleh pihak Royal Golden Eagle merupakan salah satu bentuk nyata kepedulian perusahaan terhadap isu lingkungan. Hal ini sejalan dengan kebijakan sustainability RGE yang wajib dijalankan oleh semua anak perusahaannya. Tidak hanya itu, kampanye ini juga sejalan dengan gerakan bebas plastik yang sudah mendunia saat ini. Berbagai organisasi turut melaksanakan program serupa di negara mereka masing-masing. Di beberapa daerah di Indonesia seperti di Bali bahkan telah mengeluarkan peraturan untuk tidak lagi menggunakan plastik sebagai pembungkus barang belanja di toko-toko yang ada. 

Besar harapan bahwa kampanye bebas plastik ini akan membawa hasil yang positif bagi semua pihak, khususnya bumi tercinta. Semakin sedikit jumlah plastik sekali pakai yang dipergunakan berarti semakin sedikit pula sampah yang dihasilkan. Semakin sedikit sampah, maka beban berat yang dihadapi lingkungan juga akan semakin berkurang demi tujuan yang sama yaitu mewariskan bumi yang bersih untuk generasi masa yang akan datang.

No comments

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...