Rasakan Suasana Kerja dan Berkumpul Yang Santai di CIBIS Park

Thursday, October 10, 2019
Ada berapa banyak motif batik yang kamu kenal di Indonesia? Jujur saja saya sendiri gak hapal karena jumlahnya ada ribuan, apalagi setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas motif batik yang berbeda.



Enaknya jaman sekarang setiap orang bebas bisa menggunakan batik kapan pun dan di mana saja. Jaman dulu hanya para raja saja yang bisa menggunakan batik dan corak tertentu cuma bisa digunakan pada momen tertentu saja. Sebagai bangsa Indonesia kita patut berbangga kerena batik sudah diakui oleh dunia dengan ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 lalu.

Pagi itu ketika saya masuk ke kawasan Cibis Park, hampir semua karyawan yang berkantor di sana menggunakan batik, karena hari itu bertepatan dengan Hari Batik Nasional. Saya menggunakan outer batik dengan motif parang. Ternyata untuk motif parang ini terdiri dari berbagai jenis ada Parang Rusak Barong, Parang Klitik, Parang Kusuma, dan lainnya. Saya lebih menyukai motif batik dengan warna-warna cerah.

Bicara soal batik, di Cibis Park pada tanggal 2 hingga 4 Oktober 2019 lalu diselenggarakan CIBIS Batik Festival yang bertemakan Pesona Batik Nusantara.  Acara yang dibuka oleh Bapak Indra Alam Firmansyah selaku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta mewakili Bapak Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta yang berhalangan hadir hari itu. Beliau menyampaikan bahwa pakaian batik tidak dikenakan pada Hari Batik Nasional saja, tetapi di lingkungan DKI Jakarta setiap hari Jumat mengenakan pakaian batik.

Bagi masyarakat yang ingin mengenal lebih dekat dengan batik, bisa berkunjung ke Museum Tekstil di Jakarta yang di dalamnya mempunyai koleksi batik dari seluruh Indonesia. Atau saat berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia terdapat pula Museum Batik di sana. Sebagai warga negara Indonesia wajib mempertahankan warisan budaya ini sampai kapanpun dengan mengenal dan bangga menggunakannya.


CIBIS Batik Festival


Pada event CIBIS Batik Festival yang diadakan di lokasi outdoor pengunjung dapat mengunjungi booth-booth yang menawarkan berbagai produk batik seperti kain, pakaian, tas, sandal, aksesoris dan lain-lain.

Waktu pembukaan kami disuguhi juga musik gamelan modern yang menampilkan beberapa lagu seperti Beat it dan tarian Lenong Jakarta. 



Oh ya di sana juga disediakan booth wall of frame yang dibalut dengan kain batik sebagai tempat foto-foto. Pada kesempatan itu juga CIBIS menyelenggarakan lomba Instagram Photo Contest dengan snap a selfie/wefie menggunakan pakaian batik pada wall of Frame Batik di CIBIS Park.

Selain itu juga ada beberapa karyawan yang bekerja di Perkantoran CIBIS Park mengikuti peragaan busana batik. Mereka berlenggak lenggok layaknya perawan dan peragawati yang sedang berjalan di atas catwalk. Setiap kali modelnya keluar sambutan meriah diberikan dari teman-teman kantor pendukungnya. Keseruan acara ini bukan cuma untuk pekerja di sini saja tapi juga terbuka untuk umum lho.


Mengenal CIBIS Park


Dari tadi saya menyebutkan CIBIS Park, pasti teman-teman penasaran ya, tempat atau gedung apa sih ini. Lokasi ini selain menjadi pusat perkantoran juga cocok sekali dijadikan tempat berkumpul komunitas baik yang sedang mengadakan event atau berbagai kegiatan.



CIBIS Park merupakan kawasan perkantoran seluas 12 hektar dengan nuansa Green Office dilengkapi sertifikasi green building LEED Platinum sekaligus tempat menikmati suasana yang mengusung tema Communal Casual Collaborative. CIBIS Park nantinya terdiri dari 9 tower, 7 tower untuk perkantoran dan 2 tower untuk apartemen. Uniknya di kawasan ini hanya 30 persen yang akan dibangun, sisanya 70 persen lahannya akan terbuka dan hijau.

Beruntung saya bisa bertemu langsung dengan Bapak Ahmad Umar Presiden Direktur PT Bhumyamca Sekawan sebagai pengembang dari CIBIS yang menjelaskan konsep perkantoran apa yang akan dikembangkan ini.



Sebelum membangun dan mengembangkan konsep CIBIS Park, Pak Umar mengadakan kompetisi  untuk mendesain kawasan ini dan desainnya di UK.

Yang membuat CIBIS Park berbeda dengan kawasan perkantoran lainnya adalah adanya konsep LIVE-WORK-PLAY di dalamnya dan bernuansa hijau. Nantinya di bagian atas akan dipenuhi dengan ruang hijau sementara parkir kendaraan berada di basement. Bisnis perkantoran terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan penghuninya.



WORK


Space perkantoran yang disewakan oleh CIBIS bukan hanya untuk perusahaan saja tapi perorangan atau start-up pun bisa menyewa kantor harian di co-working space yang ada di sini. Jadi siapa pun bisa bekerja di CIBIS Park. Didukung oleh kawasan hijau membuat bekerja makin menyenangkan dan santai. Para pekerja jika bosan bekerja di dalam ruangan bisa keluar gedung karena di kawasan ini disediakan tempat untuk bekerja dengan fasilitas wifi.

Mau bekerja di taman, cafe atau di manapun bisa. Contohnya saya menemukan tangga yang menghubungkan satu lokasi dengan Veranda, bisa lho bekerja di sini juga.


Makanya banyak perusahaan besar mulai pindah dan tertarik berkantor di sini karena di pusat kota udaranya yang sudah kurang sehat sehingga berpengaruh terhadap produktivitas kerja.


LIVE


Jarak dari kantor menuju rumah atau kost yang jauh membuat para pekerja jenuh karena bisa menghabiskan waktu dalam perjalanan. Di CIBIS Park juga akan dibangun apartemen untuk mengakomodasi kebutuhan para pekerja yang berkantor di sini. Atau bagi pasangan muda yang mempunyai anak kecil tidak khawatir lagi meninggalkan anaknya di rumah jika bisa tinggal di sini, apalagi nantinya juga akan dibangun sekolah.

Hidup dan bekerja di dalam satu kawasan akan lebih menyenangkan dengan adanya kawasan hijau dan fasilitas yang lengkap termasuk lapangan golf.

Oh ya CIBIS Park juga mendukung para pekerja yang menggunakan sepeda untuk menuju ke kantor atau bike for work dengan menyediakan parkiran sepeda da kamar mandi untuk membersihkan badan ketika tiba di kantor.

PLAY

Di kawasan ini kita tidak untuk bekerja saja, tapi juga bisa mengadakan berbagai event dan ajang berkumpul komunitas seperti event CIBIS Batik Festival.


Waktunya istirahat gak perlu jauh-jauh ke luar kawasan karena di sini ada The Veranda tempat berkumpul, makan, atau santai. Dengan konsep teras terbuka di depan gedung. Bertemu client juga lebih santai di cafe sambil menikmati secangkir kopi. Pernah gak suami, istri, atau anak ikut ke kantor? Nah di sini mereka bisa menunggu di The Veranda supaya tidak bosan. 


Mau merasakan suasana kerja yang santai? Sekaligus di lokasi yang sama bisa berkumpul CIBIS Park tempatnya. Untuk informasi lebih detil berikut ini kontaknya.

CIBIS Park
Jl. TB Simatupang No. 2 Jakarta Selatan
Telp. 021-30439999








22 comments

  1. Iya, alhamdulillah sekarang batik sudah diakui internasional sebagai warisan budaya.
    boleh juga konsep CIBIS nya.. jadi alternatif yang lagi nyari kantor tapi belum punya kantor

    ReplyDelete
  2. Konsep tempat berkantor dan hunian di CIBIS benar-benar ideal, idaman banget, ditambah dengan adanya apartemen dan akan dibangun sekolah itu sangat menudahkan para pebisnis dan pekerjanya. Saya suka.
    Memang jenuh jika bekerja di tempat yang sumpek karena kualitas udaranya tidak sehat. Baguslah ada tempat ideal ini.

    ReplyDelete
  3. Batik dimasukkan kategori nonbendawi karena yang dianggap warisan itu bukan kain batiknya, ya. Melainkan proses membatiknya.

    ReplyDelete
  4. Whoaaa Cibis keren amaaatt!! Lokasi strategis dgn fasilitas kumpliitt ya Mbaaa

    ReplyDelete
  5. Kerja di tempat senyaman ini insya Allah kinerja bisa lebih baik. Btw...aku juga fans batik. Biasanya baju aja. Sekarang lagi hunting tas2 corak batik

    ReplyDelete
  6. ooo... kayaknya aku sering lewat deh nih tempat ini kalo lagi mau ke one bel park. masi belum banyak polusi emang daerahnya dibanding bagian kota lain di jakarta.

    ReplyDelete
  7. Chill banget tempatnya bun. Strategis pula ya disekitaran simatupang. Kayanya enak deh kalau ngantor disini hahaha

    ReplyDelete
  8. Duuh, batike apik-apik banget mba, jadi pengin akuu. Btw, bener mba, suasana kerja yang nyaman dan santai sekarang penting, biar lebih produktif ya

    ReplyDelete
  9. Ga nyangka ya ternyata di Jakarta Selatan ada perkantoran yang kompliiiit dengan segala fungsinya. Live, work, play memang pas banget deh Cibis Park ini. Dari rumahku hanya 6 km an aja, dekat ini. Kalau sudah lengkap semua tower dan isinya, aku mau ajak keluarga main2 ke sini :) Oh ya, acara Pesona Batik Nusantara-nya seru juga ya. Pertama kalinya dihadirkan di Cibis Park. Semoga di tahun2 mendatang bakalan ada lagi...kita mampir lagi donk yach hahaha :D

    ReplyDelete
  10. Wow cakep amat mba ini gedungnya, uda gitu paket kumplit lagi ya mba serba ada. Jadi, gak perlu jauh-jauh kalau mau nongki atau nyari inspirasi hihihi...

    ReplyDelete
  11. Bangga banget ya batik bisa ngetrend seperti sekarang ini. Inget jaman dulu kalo pake batik biasanya orang tua aja, hehe. Seru juga konsep yang diambil CIBIS ini ya mba.. keren dah

    ReplyDelete
  12. Ari saya jadi gagal fokus sama tangganya itu... Hihihi...

    Keren ini pengembang menciptakan tempat bisnis sekaligus hunian yang tidak hanya untuk life, work dan play, tapi juga bisa sekadar co working ya. Konsep hijaunya patut ditiru nih

    ReplyDelete
  13. Aku juga suka batik mbak. Model batik skrg stylish dan tidak terkesan kaku, jadi cocok dipakai oleh siapapun. Melihat konsep bangunan di CIBIS Park ini menarik juga ya, mirip co working space ya tapi lebih lengkap di CIBIS. Pastinya membuat siapapun betah berada di tempat ini. Bisa santai sembari bekerja atau mengajak serta anak atau keluarga.

    ReplyDelete
  14. Wah asik banget mbak kalau bisa kerja di area CIBIS Park ini, tempatnya cozy dan nyaman buat kerja dan santai.

    ReplyDelete
  15. Ruang terbuka hijau banyak banget sampai 70 persen. Wah tambah produktivitas kerja dan betah tinggal di apartment cibis park

    ReplyDelete
  16. wah ada lagi yah kawasan perkantoran keren nih di Jakarta mantap ya mba :) tempatnya asik begitu..btw aku ga tahu motif batik haha beli batik krn model dan warna eaa ampun :p

    ReplyDelete
  17. Perkantoran suasana kaya gini mah kalau penat dikit langsung ke kawasan hijau aja dulu terus masuk lagi hehe. Btw aku suka batik nih dan ngerasa percaya diri aja gt kalau pakai batik.

    ReplyDelete
  18. Konsep area perkantoran yang disukai milenial ini ya mbak, dekat dengan segala.fasilitas dan juga ada apartemennya. Plus mengurangi polusi udarajuga ya kalau semua karyawan jalan kaki atau naik sepeda

    ReplyDelete
  19. Kalo ke jalan tb simatupang aku baru liat dari luarnya aja nih.. seneng banget bisa liat suasana dalamnya dari blognya mba lia..konsepnya juga menarik ya.. kalo menurut aku ini bakal jadi tempat kerja dan kumpul menyenangkan jaman now nih

    ReplyDelete
  20. Wah, kerja di tempat kayak gini sih bakalan betah banget. Pas juga buat ngumpul-ngumpul

    ReplyDelete
  21. berandai2 kalau ngantor disini pasti seru ya kayaknya, huhu jadi mupeng nih pengen juga 😍

    ReplyDelete
  22. Keren nih konsep dari CIBIS park. Pastinya bakal menyenangkan sekali kalau bisa bekerja di kawasan perkantoran ini. Bahkan tempat untuk santai dan berkumpul di sana juga ada ya Mbak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...