Tips Menabung untuk Menikah di 2020

Tuesday, October 8, 2019
Target menikah setiap orang berbeda. Ada yang memilih mendahulukan karier dan pendidikan, ada pula yang mendahulukan menikah sebelum mengejar karier. Nah, untuk kamu yang ingin menikah di tahun 2020 karena memburu tanggal cantik 20-02-2020 atau 21-12-2020, masih ada waktu mempersiapkan tabungan pernikahan mulai sekarang. 

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk melakukan persiapan nikah dalam waktu singkat. 





1. Kalkulasi Biaya 


Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ialah menetapkan target tanggal berapa pernikahan akan digelar. Kemudian, tentukan lokasi pernikahan dan terakhir, kalkulasikan anggaran biaya yang diperlukan untuk menggelar pesta atau resepsi. 

2. Rencanakan Konsep Pernikahan Sesuai Budget


Rencanakan konsep pernikahan yang sesuai dengan kemampuan. Berikut lokasi, tema, dan apa saja yang diperlukan. Agar berjalan lancar, kamu perlu rajin mencari referensi dari teman, keluarga, atau kerabat untuk mendapatkan harga dan layanan terbaik.

3. Buat Tabungan Khusus 


Untuk mengumpulkan dana yang diperlukan, kamu harus mulai menabung. Buatlah satu tabungan khusus untuk pernikahan. Tujuannya agar dana untuk menikah tidak terganggu oleh kebutuhan lain. Bila perlu gunakan layanan bank berupa program khusus untuk mencegah kamu melakukan transaksi yang tidak perlu.

Kamu bisa mengisi tabungan pernikahan bersama pasangan dari alokasi gaji masing-masing dengan nominal yang disepakati bersama setiap bulannya. Cara ini cukup efektif untuk menghindarkan hidup boros dan fokus terhadap pernikahan. Jika nantinya belum terkumpul sesuai target, kamu masih bisa mencari cara lain untuk menutup kebutuhan. 

4. Tekan Biaya Hidup Sehari-Hari 


Agar keinginan menikah tahun depan terwujud, kurangi anggaran untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya, jika kamu setiap hari biasa makan dengan membeli di luar, mulailah untuk memasak sendiri dan membawa bekal ke tempat kerja. Kurangi juga membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

Kurangi atau tiadakan agenda jalan-jalan di akhir pekan dan makan malam di restoran bersama pasangan. Sebagai gantinya, kamu bisa menghabiskan waktu bersama dengan aktivitas di rumah seperti nonton DVD, bermain gim, membaca buku-buku pernikahan, atau memasak bersama.

5. Sesuaikan Jumlah Tabungan


Pantau tabungan yang sudah terkumpul dari waktu ke waktu. Bandingkan dengan target yang harus dicapai. Dengan cara ini, kamu bisa menetapkan berapa lagi biaya yang dibutuhkan dan bagaimana mendapatkannya atau mengurangi anggaran agar lebih mudah dicapai.

6. Beli Beberapa Produk Investasi


Jika kamu dan pasangan memiliki gaji cukup besar, gunakan beberapa instrumen investasi. Menjelang pernikahan, kamu bisa menjual produk investasi tersebut dengan keuntungan yang cukup besar. Sisihkan sekitar Rp500 ribu per bulan, maka dalam beberapa bulan sudah dapat memperoleh tambahan tabungan yang cukup signifikan.

7. Mencicil Segala Keperluan untuk Menikah


Keperluan menikah perlu kamu cicil jauh-jauh hari. Terutama untuk item yang harus dibeli seperti seserahan, cenderamata, aksesori, sepatu, dan pakaian. Untuk katering, dokumentasi, dan hiburan, kamu bisa membayar uang muka terlebih dahulu. Mencicil keperluan ini penting agar tidak memberatkan menjelang hari H. Jangan lupa sesuaikan dengan kemampuanmu.

Tabungan pernikahan saja tidak cukup untuk mempersiapkan pernikahan dalam waktu singkat. Keputusan untuk berinvestasi adalah salah satu jalan keluar yang bijak jika ingin bebas dari utang setelah menggelar resepsi. Layari qazwa.id untuk menginvestasikan uangmu dengan aman dan terjamin.

23 comments

  1. Aku masih lama sih merencanakan pernikahan, eh, maksudnya untuk anakku nanti 🤭 Tapi tipsnya wajib disave nih. Mau kapanpun nikahnya, melakukan persiapan itu penting :)

    ReplyDelete
  2. Inestasi yg baik memang bisa jadi sumber dana utk menikah dan urusan2 butuh banyak duit lainnya ya Mak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Nah..nah, tekan biaya hidup sehari-hari itu, aku rada susah, secara anak kos, makannya beli mulu, jadi boros di makanan, oh...

    ReplyDelete
  4. Menyesuaikan kemampuan & keinginan utk menikah ini penting banget, ya kalau emang mau pernikahan mevvah tapi ngga mampu ya jangan memaksa, apalagi maksa calon suaminya.. kasiaan... jadi kl emang mau harus mulai nabung & merencanakan pernikahan dengan sebaik2nya

    ReplyDelete
  5. Bisa jadi referensi nih buat anakku tapi nanti setelah pendidikannya beres dan mendapat pekerjaan yang baik, pastinya akan lebih terasa nikmat kalau biaya pernikahan hasil keringat sendiri #modusemaknyapelit hahaha.

    ReplyDelete
  6. Investasi memang penting ya, salah satunya bisa untuk menyiapkan dana buat pernikahan. Jadi nggak perlu terlalu banyak merepotkan orang tua

    ReplyDelete
  7. Memang bener kudu nabung buat biaya nikah itu
    walau itungan dah tepat, kadang banyak biaya tak terduganya mak
    hehe pengalaman waktu nikah tabungan tergerus hahaha
    Dan penting juga menyisihkan untuk biaya hidup setelah nikah karena banyak juga butuhnya apalagi kalo hidup pisah dr otu

    ReplyDelete
  8. mestinya tulisan ini bisa aku baca di tahun 2009 saat menjelang pernikahan, biar bisa nabung dulu hehhhe... dulu mah alhamdulillah ngandelin rejeki nomplok aja

    ReplyDelete
  9. Wah, boleh juga nih tipsnya. Aku kasih ke keponakanku ah hehe. Aku juga dulu yang termasuk tim nyicil keperluan menikah, salah satunya souvenir bikin sendiri.

    ReplyDelete
  10. waktu mau nikah saya nggak sempat buat perencanaan dana. Maklumlah tahun itu kaget sendiri ternyata bisa nikah juga, nggak pake pacaran juga. Tapi no.1,2 dan 4 itu dominan yang saya bisa saya terapkan

    ReplyDelete
  11. Memang sebaiknya investasi ya untuk nabung biaya pernikahan, biar hasilnya lebih signifikan. Emas dan reksa dana juga bagus ya..

    ReplyDelete
  12. Aku dulu gak kpikiran nabung buat nikah, nikah sederhana Aja eh..yg yg pusing perayaan nya y boleh bngt tipsnya nih

    ReplyDelete
  13. Anakku nih yang mulai memikirkan untuk investasi, baru mulai sih. KArena dia udah ada rencana kapan akan menikah. Coba deh aku suruh baca artikel mba Lidya ini, siapa tahu jadi tercerahkan

    ReplyDelete
  14. menyiapkan biaya nikahan emmang penting banget selain menyiapkan pasangannya itu sendiri.. hehe.. dan kudu konsisten menabung juga yak

    ReplyDelete
  15. Kami dulu menikah kok gak pernah mikir nabung ya, hehe seadanya uang terus lamar dan nikah sederhana banget dah pokoknya gak mikirin prewedding segala macam haha

    ReplyDelete
  16. Buat yang masih jomblo nih catet, bermanfaat banget loh tipsnya hehehe krna emang perlu persiapan sebelum nikah

    ReplyDelete
  17. Aku dl kok gak kepikiran kyk gini ya, ntahlah aku dl tuh sempat gak pengin nikah. Trus ketemu orang lgs sreg, nikah koboi jadinya. Tapi tips-nya bisa disimpan nih, buat anak2ku nanti😁😁

    ReplyDelete
  18. Aku mau nikah tahun 2020 eh tapi tabungannya tumpang tindih hahaha life style terutama jajan emang gengges banget. Makasij tipsnya, Teh

    ReplyDelete
  19. Aku dulu gak nabung mba xD. Untunge biaya nikahku murah merriah 😂 jadi g terlalu nyusain mama papa. Di bawah 10 dulu tapi emang ga ada resepsian

    ReplyDelete
  20. Duh, baca ini jd mikir masa depan deh. Anak aku nikah nanti kudu siap2 nih. Duh, mantunya gimana yak. eh kok jauh amat mikirnya. Wkwk

    ReplyDelete
  21. Tips-nya lengkap nih, pasti bisa sangat bermanfaat untuk yang akan melangsungkan pernikahan sebentar lagi

    ReplyDelete
  22. Waah penting banget ya menabung buat nikah. Dulu semua biaya nikah dari ortu karena nggak punya tabungan. Hihihi

    ReplyDelete
  23. Duuuh jadi berasa flashback ke masa lalu ketika menyiapkan pernikahan nih. Begitu terbatasnya dana sehingga harus putar otak agar bisa cukup untuk segala macam kebutuhan :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...