Ganti Smartphone Baru? Tentukan Spesifikasi dan Bandingkan Harga Dulu

Friday, November 1, 2019
"Bu Hp Samsung barunya, ada trade-in dan cashback sampai 2 juta lho!" info salah satu sales smartphone waktu saya melewati booth ponsel di Jakarta Convention Center (JCC) beberapa waktu lalu.

Karena penasaran, saya dan suami pun mendatangi booth tersebut, dan bertanya mengenai harga ponsel milik kami jika di trade-in. Sempat tergoda juga dengan iming-iming yang diberikan salesnya, selain cashback juga ada potongan harga tambahan jika menggunakan debit atau kredit dari bank yang sedang bekerjasama di promo tersebut.




Sebenarnya sih saya gak terlalu butuh ponsel baru, tapi kalau ada yang menarik boleh juga buat ganti ponselnya Pascal. Setelah informasi detil didapatkan, saya gak langsung membeli kok, tapi mau membandingkan harga dan spesifikasi terlebih dahulu di rumah sesuai kebutuhan anak sekolah. 

Kalau untuk saya pribadi, sebelum menentukan ponsel mana yang akan dibeli, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti harga yang sesuai dengan budget dan spesifikasi seperti di bawah ini :

Layar


Untuk display atau ukuran layar smartphone, saya lebih suka yang berukuran besar minimal 5" dengan resolusi yang besar pula agar warnanya tajam dan terang. Buat saya yang suka nonton film resolusi HD pastinya akan lebih mendukung hobi tersebut.

RAM dan ROM


RAM atau Random Accsess Memory yang berfungsi sebagai penyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang berjalan. Sedangkan ROM atau Read Only Memory yang berfungsi untuk menyimpan dan data aplikasi bersifat permanen. 

Dalam memilih ponsel RAM dan ROM ini berpengaruh pada kecepatan akses aplikasi pada ponsel. Nah, pilihan kapasitas RAM sesuai kebutuhan penggunanya. RAM 1 GB pun sebenarnya masih bisa berfungsi kok gadgetnya, tapi lebih baik minimal 2 GB agar ponsel bisa berjalan dengan lancar. Makin besar RAM sebuah ponsel pastinya semakin mahal, namun keuntungannya akan bekerja lebih cepat.


Kamera

Kamera di dalam sebuah handphone sudah wajib hukumnya kalau sekarang, karena tiap orang akan menggunakannya. Kualitas hasil pengambilan gambar pada kamera handphone ditentukan dari ukuran megapixel kamera tersebut.

Baterai


Mau pilih baterai dengan kapasitas 3000-an atau 4000-an itu tergantung kebutuhan pemakaian pengguna ponsel tersebut. Besarnya kapasitas baterai bukan faktor utama melainkan ketahan baterai yang mempunyai ketahanan lebih tinggi sehingga bisa bekerja lebih lama lagi, apalagi buat pecinta games atau suka menonton film di ponsel.

Ruang Penyimpanan


Bagi mereka yang suka menyimpan banyak data baik pada ponsel seperti foto, musik, atau film sebaiknya memilih ponsel yang memiliki ruang penyimpanan besar dengan kapasitas 64GB misalnya. Tapi, gak usah khawatir juga sih kalau memorinya di bawah ini karena masih bisa ditambah dengan memori tambahan yang dapat dipasang pada slot kartu microSD pada ponsel.


Memilih Merek


Setelah tahu spesifikasi yang diinginkan dalam memilih ponsel, tidak ada salahnya kalau membandingkan satu ponsel dengan ponsel lainnya dari beberapa brand atau merek ponsel sehingga kita dapat menentukan pilihan yang tepat.

Handphone Samsung


Merek yang satu ini pastinya sudah cukup dikenal luas di masyarakat Indonesia, mulai dari samsung low-end hingga high-end masing-masing punya penggemarnya masing-masing. Pertama kali saya punya ponsel android juga dari Samsung yaitu Galaxy Spica di tahun 2010 silam. 

Setiap tahunnya merek Samsung menawarkan berbagi tipe ponsel Android terbaru, termasuk dengan OS terbaru yaitu Q. Tipe di bawahnya seperti Pie pun masih mumpuni digunakan kok.

https://iprice.co.id/samsung/ponsel-tablet/smartphone

Seperti yang saya ceritakan di awal tadi, saya sempat tergoda juga dengan merek ini, apalagi iklan  smartphone Samsung ada di mana-mana termasuk keluaran terbaru Samsung Note 10. Memang sih seri terakhir ini harganya terbilang mahal yang didukung dengan spesifikasi tinggi pula tentunya. Meskipun termasuk tipe smartphone high-end ponsel yang satu ini pun banyak yang menginginkannya terlihat dari pre-order yang dilakukan masyarakat pecinta Samsung.

Berbagai tipe pilihan handphone Samsung dapat dipilih sesuai dengan budget dan spesifikasi mulai dari seri Galaxy Note, Galaxy A, Galaxy E, dan Galaxy J. Masing-masing mempunyai keunggulan tersendiri.


Handphone Xiomi


Sejak kemunculan Xiomi di Indonesia sudah mulai mempunyai pangsa pasarnya sendiri apalagi punya harga yang lebih murah dengan spesifikasi tinggi yang dimilikinya. Harga Xiomi Redmi bahkan ada yang dijual dengan harga 1 jutaan, sehingga membuat masyarakat banyak yang melirik merek ponsel ini. Contohnya ada Xiomi Redmi 5A, Redmi 2 Prime dan Redmi 1S yang bisa didapatkan dengan harga di bawah 1 juta rupiah.

Di berbagai mal, Xiomi juga sudah membuka counter-nya untuk melayani penjualan ponsel dan produk lainnya seperti speaker, headset, bahkan produk elektronik lainnya.

Dari ketentuan yang saya sebutkan di atas untuk memilih ponsel baru, ada Xiomi Redmi 4a dengan spesifikasi yang cocok. Xiomi Redmi 4a terbaru ini mempunyai kapasitas baterai 3120mAh dan ukuran layar 5" ditambah dengan kamera belakang 13MP dan mempunyai tampilan resolusi 720 x 1280pixels.



Untuk kapasitas RAM pun sesuai dengan yang saya inginkan yaitu 2GB. Sedangkan untuk harga menyesuaikan dengan kapasitas penyimpanannya yang terdiri dari 2 macam yaitu 16GB dan 32GB. Untuk pilihan warnanya ada tiga yaitu warna emas, abu-abu, dan Rose-Gold. Kalau saya pastinya suka warna rose-gold.

Namanya juga perempuan, sudah dikasih harga murah dengan spesifikasi tinggi, masih aja mau nawar harga kalau bisa. Tapi kalau harus mengunjungi satu persatu counter hp di mal untuk membandingkan harga rasanya lelah juga ya. Untungnya pada web iprice.co.id bisa membandingkan satu tipe handphone dari 6 toko online terbesar di Indonesia. 

Setelah membandingkan tipe smartphone dan harganya, gak akan bingung lagi bukan untuk menentukan pilihan smartphone terbaru?

19 comments

  1. Hehehe.. Emang penting banget ya tau perbandingan spek ini. Dan iprice adalah sumber info paling mantep untuk itu

    ReplyDelete
  2. Iyak betul bangeett Mak Lid.
    kalo mau beli smartphone kudu rajin dan teliti bandingkan sampai detail bgt yaaak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Saya juga suka membandingkan dulu sebelum membeli. Tetapi, biasanya banyak tanya juga ke suami karena dia lebih mengerti. Dan dia kalau mempertimbangkan suka lebih lama. Tapi, daripada asal beli mending dipertimbangkan dulu

    ReplyDelete
  4. Sebagai emak, saya juga termasuk yang suka membanding-bandingkan harga apabila hendak membeli sesuatu barang. Dicari yang termurah dengan spesifikasi yang lengkap dan bagus hihihi

    ReplyDelete
  5. Wow langsung bisa bandingin 6 di store terbesar ya jadi gak pusing buka-buka browser lagi langsung bisa pilih aja di iprice ya teh

    ReplyDelete
  6. Saya baru saja kehilangan hp karena rumah dibobol maling. Seandainya dapat rezeki mendapatkan hape baru, incaran saya tetap seperti hp yg hilang, ROM 4gb dan batetai 5000mAh

    ReplyDelete
  7. Dengan perkembangan teknologi, semakin banyak smartphone dengan berbagai model, type, dan speksifikasi. Tapi sebelum menentukan piihan tentu harus survei dulu sesuai kebutuhan ya, mbak :)
    SUpaya ga salah pilih dan beli :)

    ReplyDelete
  8. Aku juga kalau mau beli hp nggak mau nyesel. Jadi pasti bandingin macem2 hp dlu, dgn harga sama speknya mana yg lebih tinggi :D

    ReplyDelete
  9. Wah memang kalau mau beli hp tuh hrs tau spek yg kita inginkan ya..Klo sampai ga tau nanti salah beli n bingung pula....

    ReplyDelete
  10. Aku sebenarnya agak butuh HP baru. Sejauh ini ya milih Xiomi atau Samsung. Dan Samsung itu gak cuma hits, tapi memang dalamannya juga bagus. Kalau di drama, yang jadi sponsor juga si Samsung terus. Bikin ngilerrr

    ReplyDelete
  11. Spesifikasi bagi aku screening awal.. kalo spesifikasinya ngga layak ya ngga dibeli, selanjutnya harga.. jika spesifikasi bagus dan harga sesuai dengan budget, langsung deh ambil.. memang spesifikasi dan harga ngga bisa dipisahin dalam pertimbangan mengganti smartphone baru ya mbak.

    ReplyDelete
  12. Karena sekarang udah melek gadget jadi aku pilih HP sesuai kebutuhan ku seperti kamera yang memumpuni dan juga RAM karena banyak aplikasi yang dipakai, ga lupa juga nih seseuai kantong pastinya haha.

    ReplyDelete
  13. Jadi pengen ganti hape ya kalau ada promo tukar gini, tapi jangan asal ganti ya mesti lihat spek dan kebutuhan juga bandingkan harga dulu biar nggak zonk hehe

    ReplyDelete
  14. Kayaknya kalau jaman sekarang agar makin fleksibel untuk semua aplikasi, tetap butuh yang RAMnya gede ya. Paling sebel soalnya kalau pas digunakan hapenya ngelag duuuhh

    ReplyDelete
  15. duh mba lidya, racun apa lagi nih. kan aku jadi mupeng baca riview mu. ahh, nabung lagi deh aku hehehe. tapi gapapa demi smartphone kece

    ReplyDelete
  16. Hp samsung saya juga nih udah mau diganti. Semoga ada rejeki buat bisa ganti hp yang sudah sering error ini. Btw thanks atas tipsnya ya Mbak, bisa jadi pertimbangan juga buat saya sebelum memutuskan ganti hp.

    ReplyDelete
  17. Hape idolaku ini xiaomi hehehhe
    udah ganti hape tapi balik lagi belinya yang ini
    Memang udah cocok sih

    ReplyDelete
  18. saya juga sebenarnya lagi pengen upgrade HP nih Mbak, pengen yg kapasitasnya lebih gede dan batrainya yg besar juga biar gak rajin charge mulu hihihh.
    coba cek ke iprice juga aahh, kali dapat diskon :D

    ReplyDelete
  19. Ah, Samsung mah merek favorit karena selain namanya yang udah terkenal, spesifikasi dan kualitas produknya juga terjamin. Aku dulu pengguna Samsung. Lalu sempat coba-coba beberapa ponsel merek lain, dan tahun ini balik lagi pakai Samsung. Tetap kembali ke selera awal sih pada akhirnya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...