Pilihan Hosting Murah Terbaik Bantu Aktivitas Website Berjalan Dengan Baik

Monday, November 4, 2019
"Aku mau bikin rangkuman matematika dulu ya" Kata Alvin suatu hari. Memang akhir-akhir ini Alvin lagi rajin belajar mengetik baik di word maupun excel sekaligus menggunakan formula-formula yang sudah dipelajari.

Sejak anak-anak kelas 1 SD saya memang membuatkan rangkuman pelajaran yang diketik di blog, dengan tujuan agar memudahkan saya saat mengajarkan mereka. Makin bertambah umur dan tingkatan kelas saya meminta mereka sendiri yang mengetik di dokumen yang sudah disediakan.

Tapi sejak tahu kalau menulis tangan itu bisa membantu anak lebih kreatif juga dapat melatih daya ingat anak, saya mengarahkan anak-anak untuk membuat rangkuman di buku terlebih dahulu menggunakan tulisan tangan.

Dengan menulis tangan maka anak-anak akam mengkonstruksikan apa yang akan dilakukan dengan mencerna tulisannya terlebih dahulu sebelum diucapkan - Ibu Melly Kiong seorang praktisi Mindful Parenting. 

Meskipun menulis tangan banyak manfaatnya, namun bukan berarti kita tidak boleh mengikuti perkembangan teknologi karena mau tidak mau mereka pun dituntut untuk mahir menggunakan komputer termasuk aplikasi office di dalamnya. Waktu anak pertama sih perasaan saya gak pernah mengajarkan apa-apa dia sudah mahir sendiri hihihi. Tiap anak itu unik, jadi tidak bisa disamaratakan. Untuk Alvin, dia sudah ada kemauan untuk belajar tapi harus ada bimbingan.

Selagi nganggur (padahal kerjaan rumah segunung) saya iseng-iseng buat materi yang akan diajarkan ke Alvin, sementara ini baru word dan excel aja dulu. Sedikit-sedikit yang penting konsisten Insya Allah bisa mahir juga ke depannya.

Masih bingung sih mulai dari mana mengajarkannya, tapi biar lebih mudah saya buat modulnya di word supaya bisa dibuat daftar isi sehingga Alvin pun bisa membaca tutorialnya juga sendiri.

Supaya pembelajarannya bisa diakses dimanapun gak hanya saat di rumah aja, gak ada salahnya dong kalau saya upload saja di blog atau website khusus yang berisi tutorial. Lalu apa saja yang harus disiapkan untuk memulai membuat website tutorial?

Platform Web


Untuk itu penting menentukan platform apa yang akan digunakan untuk menulis blog. Kalau selama ini saya pakai platform Blogger, mungkin mau mencoba kembali di platform Wordpress yang sudah bertahun-tahun saya tinggalkan. Gak ada alasan lain sih cuma mau beda aja dan ganti suasana.

Domain Blog

Agar lebih mudah mengingat alamat web tersebut, sebaiknya menggunakan domain sendiri Cari nama domain yang sesuai dengan isi blog tutorial sebagai branding meskipun nantinya web tersebut hanya untuk kebutuhan sendiri tapi siapa tau juga bisa bermanfaat bagi orang lain.


Hosting


Berhubung saya akan menggunakan platform Wordpress, maka membutuhkan jasa hosting untuk menyimpan semua tulisan yang ada di blog. Kapasitas penyimpanan pada hosting bisa disesuaikan dengan kebutuhan.   


Pilih Hosting DomaiNesia 

Untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data web bisa percayakan pada DomaiNesia hosting murah sebagai tempat hostingnya. Hosting murah saja tidaklah cukup, karena harus didukung oleh kecepatan dan keandalan server yang digunakan agar pelanggan puas. Selain itu dukungan layanan pelanggan 24 jam itu lebih bagus lagi.

Nah di DomaiNesia menyediakan web hosting dengan SSD berperforma tinggi dalam infrastruktur Cloud. Terdapat beberapa pilihan hosting yang bisa digunakan seperti paket Extra, Super, dan Monster dengan biaya hosting bulanan dari Rp16.000 hingga Rp64.000. Masing-masing paket pastinya mempunyai space yang berbeda, tinggal pilih saja sesuai kebutuhan.

Yang menariknya di DomaiNesia juga menyediakan paket hosting WordPress DomaiNesia dengan 4 paket pilihan mulai Rp32.000. Hosting untuk WordPress DomaiNesia ini mempunyai fitur yang mendukung WordPress di mana di dalamnya ada kebebasan untuk menggunakan Git, WP-CLO, SSH/SFTP, Composer dan phpMyAdmin termasuk plugin dan tema WordPress bebas penggunaan.

Selain itu paket hosting WordPress ini juga mempunyai fitur unggulan seperti pada gambar di bawah ini.


Sudah beres dengan platform, domain, dan hosting sekarang saatnya setting blog dan isi dengan tutorial deh. Pilihan hosting terbaik bisa membantu aktivitas saya dan siapa pun dalam menggunakan blog atau web.

Kalau teman-teman punya pengalaman menarik apa mengenai hosting yang bisa membantu pekerjaan atau aktivitas?


38 comments

  1. Aku pake domainesia sejak 5 tahun lalu Maak, cucok sih. Apalagi tau kantornya yg di jogja jd sok merasa lebih terpercaya, haha :p

    ReplyDelete
  2. Alvin pintar dan kreatif bangeeettt
    Duh, moga2 pintar dan semangatnya nularrr juga ke anakku ya Mak.
    Asik nih kalo bisa belajar dan berkreasi dgn hosting murah dan terbaik
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Aku dulu pernah pakai wordpress tapi kemudian nggak kuat bayarnya, haha. Apalagi saat itu ngeblog masih iseng dan belum menghasilkan banyak. Tekor lah. DomaiNesia ini mayan bersahabat ya harganya. Bisa dengan 32K aja perbulan udah bisa hosting di WP

    ReplyDelete
  4. Wah jadi ada blog baru ya mba Lia? Mantan deeh..makin banyak blog nya..

    ReplyDelete
  5. Saya lg milih2 lagi deh..nyari yg murah selamanya jgn murah di awal aja hahaha, ini kayaknya bagus ya mba..sy pelajari nanti ah..

    ReplyDelete
  6. Keren Mbak, jadi anak-anak terbiasa menggunakan komputer untuk belajar ya, semoga ada rezekinya nih laptopku bisa diganti anyar aamiin..

    ReplyDelete
  7. hah untuk wordpress gak sampai 50 rb pun ada? waah domainesia bener2 ekonomis tapi layanannya maksimal yaa

    ReplyDelete
  8. Wow teh lia keren banget sih, aku jadi terinspirasi buat bikin rangkuman pelajaran anak-anak juga gak kepikiran biar anak-anak bisa akses dimana aja gitu lewat blog. Brilliant...

    ReplyDelete
  9. Ooh ada ya hosting bulanan hanya 16 ribu rupiah per bukannya di Domainesia ya Mbak Lidya? Murah, ya.

    ReplyDelete
  10. Rajin banget nih bikin rangkuman pelajaran, jadi mamanya juga ikut belajar gitu ya. Duuuh aku kok belum pernah melakukan ini ya hehehee... ibu yang malas nih aku. Palingan nungguin dia belajar pas ngerjain latihan-latihan aja. Patut ditiru nih cara mendampingi anak belajar seperti ini.

    ReplyDelete
  11. Terima kasih referensinya. Sebagai penyewa hosting dengar kata murah itu tertarik. Apalagi bisa support WP ya. Sebagai pengguna Wp tentu saya senang

    ReplyDelete
  12. Rajin sekali membuat rangkuman materi pelajaran. Biasanya itu baru diajarkan di smp kalau menurut kurikulum.

    ReplyDelete
  13. Wah, bagus juga nih idenya mba...Anak juga sekaligus sharing ya tentang apa yang dipelajari melalui web tutorial gitu. Kan kadanya semakin banyak sharing semakin mahir juga..

    ReplyDelete
  14. Saya belum pernah sewa hosting karena masih nebeng ma blogspot. Tetapi, katanya cari hosting juga harus di tempat yang dipercaya, ya.

    ReplyDelete
  15. Aku juga pengen banget anakku bisa operasikan leptop mba tapi itu dia tulisan tangannya aja masih acak-acakan jadi gemash sendiri hahaa

    ReplyDelete
  16. iya nih anakku juga kalo ada PR googling dulu masa, hahaha anak jaman now emang gitu. Trus serba di print

    ReplyDelete
  17. Iya, ya. Anak2 jaman sekarang tuh emang digital native deh. Tanpa diajari udah bisa aja mengoperasikan komputer

    ReplyDelete
  18. Emang penting sih nilib hosting yang bener. Bikin kita nyaman dan nggak was was sama eror2..

    Alhamdulillah hampir 3th ga pernah nemuin masalah sama hosting

    ReplyDelete
  19. Saya belum punya pengalaman hosting nih Mbak. Baru tahunya sekadar beli domain saja tapi bisa jadi ke depannya juga saya berminat mau pilih layanan hosting, apalagi hosting di domainesia ini lumayan murah juga ya

    ReplyDelete
  20. Makin banyaaak ya Lia penyedianya. Enak jadi blogger sekaraang.. seruuu

    ReplyDelete
  21. Aku nggak pakai hosting mba dan mneuurtku banyak teman yang pakai hostign perform blognya makin keren :)

    ReplyDelete
  22. hi..hi..blogku masih gratisan mba, tanpa nyewa hosting. Beli domain aja, soalnya pake platform blogspot. Pertimbangannya karena kayaknya lebih gampang pake blogspot. Tapi pengen juga sih belajar wordpress + ngerti hal-hal teknis+ seluk beluk hosting. Makasih infonya mba

    ReplyDelete
  23. Aku mau pindah ke WP masih maju mundur nih mbLid. Mau beli hosting juga untuk blogku yang satunya

    ReplyDelete
  24. Pas banget nih mba. Aku mau bikin blog 1 lagi dan lagi cari tempat beli hosting yang bagus. Makasih ya ulasannya

    ReplyDelete
  25. Pilih aman ya kaka pakai hosting dan kalau wordpres aku masih belum paham banget nih soale pakai blogger selama ini hehe.

    ReplyDelete
  26. Aku penasaran sama domainesia kata temenku bagus, soalnua CS nua responsif aku ada rencana penyedia hosting soalnya

    ReplyDelete
  27. Penasaran sama Domanesia mbak. Apalagi sekarang mau cek hosting yg memang membantu banget untuk urusan blog.

    ReplyDelete
  28. Wah Alvin rajin banget Mbak bisa membuat rangkuman pelajaran. Apalagi matematika. Bisa nih dipraktikkan buat Sierra, anakku.

    ReplyDelete
  29. Lumayan murah nih ya hosting DomaiNesia Ada 4 banyak paket hosting pilihan lagi next buat anakku yg perempuan nih dah mulai nulis2

    ReplyDelete
  30. kebetulan aku pakai blogspot nih mbak, jadi sejauh ini belum perlu hosting..tapi bakal aku rekomendasiin ke tman-teman yang lagi nyari hosting murah ke domainesia

    ReplyDelete
  31. Terima kasih mba buat ulasannya ttg DomaiNesia. Aku kebetulan butuh ganti hosting baru buat website klienku yang pakai wordpress, karena penyedia hosting sebelumnya ini bikin login webnya makin banyak stepnya. Ribet banget.

    ReplyDelete
  32. Bener banget mak aku juga merasakan penting banget menentukan platform apa yang akan digunakan untuk menulis blog

    ReplyDelete
  33. Abang pinter banget udah bisa mengoperasikan komputer.. Ngomongin Domain, Hosting jadi langsung keinget buat ngecek kapan waktu perpanjang tiba

    ReplyDelete
  34. Aku sih gak pakai jasa hosting, cuma domain aja. Tp aku punya blog yg WP, kayaknya bisa jd referensi nih...

    ReplyDelete
  35. Bulanan 16000 ya teh, aku mau beli ah buat blog wordpressku

    ReplyDelete
  36. Salah satu tantangan pengguna Wordpress adalah di biaya hosting ya, Mbak Lid. Hehe. Alhamdulillaah kalau ada hosting yang biayanya terjangkau, ngeblog jadi makin lancar deeh.

    ReplyDelete
  37. Penting nih server hosting yang stabil agar blog yang kita miliki tak ada masalah ketika trafik sedang membludak. Harus pilih penyedia hosting yang oke yaaa...

    ReplyDelete
  38. Wah termasuk murah ya 16rb sebulan. Berarti setahun ga sampe 200rb. Kalau yg 64rb/bln itu fasilitas macam apa? Mahal bener.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...