Cosmos Harmond Menjaga Nasi Lebih Sehat dan Tetap Pulen

Wednesday, December 11, 2019
"Apapun lauknya, yang penting nasinya enak dan pulen"

Urusan makan nasi, saya paling rewel karena agak susah untuk makan nasi lembek atau nasi keras apalagi kering. Repotnya kalau disuguhi makan di rumah orang, kadang saya ambil nasinya sedikit banget atau makan aja lauknya untuk menghormati tuan rumah.


Saya pikir nasi yang enak itu berasal dari beras yang bagus, makanya saya sering membawa rice cooker kecil dan beras sendiri kalau mau menginap. Ternyata beras bukan faktor utamanya lho,  ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan agar bisa jaga nasi sehat, enak, dan tetap pulen.

Berikut ini tips untuk menjaga nasi lebih sehat dan tetap pulen :


Pilih Beras Berkualitas


Saya suka beras pulen yang wangi, kalau sudah suka satu jenis beras biasanya saya akan pertahankan terus. Tapi belakangan saya sudah mulai mencoba berbagai jenis beras. Beras berkualitas bukan berarti yang harganya paling mahal ya.

Pilihlah beras yang gak mudah hancur atau patah-patah, pantas saja dulu saya sering melihat ibu-ibu mengambil segenggam beras lalu diremas. Ternyata beras yang mudah hancur tanda kondisi beras kurang baik. Selanjutnya adalah mencium beras, apakah ada bau apek atau bau tidak sedap lainnya. Hati-hati juga terhadap beras yang beraroma harum, karena bisa jadi dari pewarna buatan yang diberikan pada beras tersebut agar terlihat lebih putih.

Saya jadi ingat perkataan almarhum Bapak Bondan Winarno, kebanyakan masyarakat menyukai jenis beras NINGSIH yaitu berning dan bersih padahal belum tentu kualitasnya bagus.


Gunakan Penyimpanan Beras


Ayo siapa yang masih menggunakan ember atau container untuk menyimpan beras? Dulu banget saya sempat pakai ember untuk menyimpan beras, namanya juga awal-awal nikah ya belum kepikiran beli tempat pemyimpanan beras khusus apalagi harganya juga lumayan. Alasan lain karena tempat penyimpanan berasnya kok ukurannya besar gitu padahal saya gak pernah beli beras banyak, paling 5KG.

Ternyata menyimpan beras seperti cara saya tersebut bisa menyebabkan beras tidak sehat karena tidak ada sirkulasi. Beras yang berada di paling bawah akan tetap di bawah apalagi kalau terus ditambah berasnya. Lama-lama beras yang tertumpuk bisa menyebabkan munculnya kutu beras dan beras mudah bau sehingga tidak higienis.

Sejak saya kecil, orangtua sudah menggunakan tempat beras merek Cosmos yang berukuran besar. Nah, sekarang Cosmos mengeluarkan tempat beras yang ukuran kecil sesuai dengan keinginan saya nih.



Sarana penyimpan besar Cosmos 007-Pundi ini memiliki kapasitas 7kg dengan ukuran yang compact dan gak butuh tempat luas, jadi bisa diletakkan di mana saja. Allhamdulillah sekarang saya punya tempat beras imut yang satu ini dengan beberapa manfaat antara lain :



  • FIFO Technology (First In First Out) Beras yang saya tuangkan ke dalamnya akan keluar terlebih dahulu, jadi tidak terjadi penumpukan di bawah sehingga tidak mengakibatkan beras menjadi bau dan berkutu, beraspun akan terjaga kualitasnya
  • Pull N Dispens, sekali tarik langsung mengeluarkan 130gr beras secara otomatis. Tinggal disesuaikan saja saya akan memasak nasi berapa banyak, gak perlu lagi menggunakan gelas untuk menakar.
  • Anti Slip


Pilih Rice Cooker Dengan Teknologi Harmond


Dulu, banyak orang yang memilih rice cooker dengan pan anti lengket / Non Stick, supaya tidak ada nasi yang menempel di pan. Padadal lapisan anti lengket tersebut mengandung zat kimia perfluorooctanic jika mengelupas dan tercampur dengan nasi serta masuk ke dalam tubuh bisa berbahaya dan menimbulkan penyakit seperti kanker.



Saat ini sudah ada rice coocker sehat dari Cosmos dengan teknologi HARMOND yaitu anti gores pada innerpan rice cooker. Proses pembuatannya dengan teknologi khusus dan didinginkan ke temperature mendekati 0 derajat Celcius sehingga innerpan menjadi anti gores, tidak mengelupas, lebih sehat dan tahan lama. Meskipin Innerpan digosok menggunakan sikat baja sekalipun, partikel lapisannya tidak mengelupas dan lebih aman untuk kesehatan.

COSMOS HARMOND merupakan pelopor rice cooker anti gores pertama di Indonesia

Ini Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6288 spektrum series dengan kapasitas 2 liter yang memiliki 3 koleksi warna yaitu dengan warna dasar putih dan warna bagian bawah hijau muda, biru, dan merah. Keunggulan dari tipe rice cooker ini antara lain :


  • Watt kecil 400 watt sehingga cocok digunakan di rumah yang memiliki daya tidak terlalu besar. Wah bisa hemat listrik nih kalau saya menggunakan rice cooker Cosmos Harmond, tidak seperti rice cooker yang biasa saya gunakan wattnya mencapai 900-1000.
  • Memiliki Inner Pan Handle : mudah dan aman dipindahkan sehingga tidak memerlukan kain lagi untuk memegang inner yang panas.
  • Tongolan : Sebagai pengatur sirkulasi panas untuk nasi yang lebih pulen
  • Dew Collector : untuk menjaga rice cooker tetap bersih.
  • Comfortable Handle : nyaman saat dipegang
  • Rice cooker juga dilengkapi dengan gelas ukur, pengukus dan sendok nasi
Rice Cooker Harmond anti gores dan tidak mengelupas dengan menyikat bagian inner pan menggunakan sikat besi.



Perhatikan Cara Memasak Nasi Yang Baik


Ketiga faktor di atas penting untuk mendapatkan nasi lebih sehat dan tetap pulen. Namun, cara memasak nasi pun perlu diperhatikan agar nasi tidak cepat basi, tidak kering, dan tahan lama.

  • Mengaduk nasi 5 menit setelah matang untuk mengeluarkan air yang terperangkap di antara butiran nasi, sehingga mempermudah proses penguapan air.
  • Jangan mencolok rice cooker terus-menerus sepanjang hari agar nutrisi terjaga
  • Hangatkan nasi 30 menit sebelum makan.

Saya sudah melakukan tips di atas, walaupun tidak mengerti dasar ilmiahnya. Mengaduk nasi saya lakukan supaya nasinya tidak menempel dan tidak kering di bagian innerpan. Biasanya setelah mengaduk saya langsung mematikan colokan listriknya, nanti saya akan colokkan kembali ketika akan memasak.

Allhamdulillah nasinya sudah matang, yuk kita makan. Masak nasinya pakai rice cooker Cosmos supaya lebih sehat dan tetap pulen. Teman-teman bisa cari informasi produknya di sosial media di bawah ini atau dan membelinya di toko elektronik, supermarket atau marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli (Cosmos Official Store).

Website : https://cosmos.id | Youtube Channel : BelanjaCosmos |  Instagram : @cosmosonline | Facebook : @mycosmos

25 comments

  1. Terimakasih mba tipsnya,,, sangat bermanfaat. Salam kenal:)

    ReplyDelete
  2. Betul sekali. Walau berasnya bukan kualitas nomor 1, kalau cara masaknya tepat, bisa enak juga ya

    ReplyDelete
  3. rice cooker cosmos andalan banget buat bikin nasi yg pulen. aku naksir jg nih sama tempat nasinya. penampilannya manis :)

    ReplyDelete
  4. Mbak Liaaa.. aku lho masih menyimpan beras dalam kontainer karena masih mikirnya belinya cuma 5KG dan itupun habis dalam beberapa hari aja. Kayaknya bakal butuh Cosmos nih buat nyimpan beras jika nanti sudah misah dari ortu, soalnya makannya irit :D

    ReplyDelete
  5. Duh saya belum punya tempat penyimpan khusus untuk beras. Biasanya dibiarkan aja dalam karungnya (biasanya dikirim sekarung dari kampung, atau kalau beli sekalian yang kemasan 25 kg)

    ReplyDelete
  6. Udah lama pengin punya penyimpanan beras yang imut gini. Cocok juga nih kalau punya wadah beras kayak Cosmos gini. Lengkap juga dong dengan rice cookernya agar nasi selalu pulen dan wangi.

    ReplyDelete
  7. Wah...warnanya bagussss. Hejo segerr. Cosmos ini memang jagoannya penanak nasi hemat tapi bagus

    ReplyDelete
  8. Nasi sehat tergantung juga dengan cara memasaknya dan peralatan yang dipakai untuk masak, ya. Harmond ini salah satunya

    ReplyDelete
  9. Aku juga pakai ini mom sama banget jadi magic com kesayangan aku sekarang drmh ini.. Tapi aku warna hitam mom dan emang bagus banget ..

    ReplyDelete
  10. Iya, mamaku juga menyuruh mengaduk nasi sesaat setelah matang Mbak, ternyata bikin nasi tahan lama ya..lemari berasku juga ngga kepakai, kegedean huhu

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah di rumah juga pakai cosmos. Selalu ready kalau lagi lapar. Masaknya juga nggak lama.

    ReplyDelete
  12. aku pake rice cooker cosmos tahan lama dan warna plus motifnya cantik2. udah sepuluh tahun lebih nggak pindah ke lain hati.

    ReplyDelete
  13. Buat saya yang penting jangan sampai ada nasi kering. Saya geli sama nasi kering. Langsung gak mau makan, deh. Tentunya seneng banget kalau nasinya pulen dan hangat

    ReplyDelete
  14. Ternyata penting ya Mak untuk pilih2 dari beras, penyimpanan sampe alat masak supaya nasi pulen. Punya anak emang kudu super care ama ama kualitas nasi ya

    ReplyDelete
  15. Aku paling demen banget nasi pulen dan masak nasi tuh menurutku tempat memasak juga menentukan enak atau tidaknya nasi yang kita masak. Btw ini aku baru tau kalau Cosmos punya tempat penyimpanan beras.

    ReplyDelete
  16. Nasinya enakkkk pulen dan ga lengket ya mak secara anti gores.
    Makan nasi ama sambel asal pakai cosmos harmond mauuu ajaa

    ReplyDelete
  17. wah alat masak juga pengaruh ya.. aku pengen ganti cosmos juga nih... biar lebih enyaaakk nasinya dan sehat

    ReplyDelete
  18. Merk cosmos memang sudah terjamin mutunya y mba akupun di rumah dh lama bngt pake lpisan Harmon nya yg Aman buat nasi

    ReplyDelete
  19. Tenang deh sekarang ada Cosmos Harmond ini yah, menyajikan nasi pulen dan sehat untuk keluarga pun lebih tenang.

    ReplyDelete
  20. Di rumahku juga pakai cosmos, tapi yang cosmos mini. Melihat kelebihannya yang tidak mudah kelupas teflonya, jadi kepo niih.

    ReplyDelete
  21. Banyak yang review cosmos, akhirnya aku beli juga kemarin buat kado nikahan sodara.

    ReplyDelete
  22. Kalau ibu saya sih ngajarin buat ngaduk nasi 5 selama menit setelah matang buat ngeluarin air di antara butiran nasinya. InsyaAllah pulen kalo dah gitu :D

    ReplyDelete
  23. Pakai cosmos dengan teknologi harmond bikin tenang ya. Karena tidak ada resiko anti lengketnya mengelupas yang berbahaya untuk kesehatan..

    ReplyDelete
  24. Nah saya butuh ini sekitar 3 bulan lagi karena mau pindahan
    Semoga segera bisa soalnya di kontrakan sekarang ga full bisa masak

    ReplyDelete
  25. Aku jug pake cosmos harmond Mbak. Ga khawatir soal bahaya dari innerpan, karena di anti gores, bukan anti lengket, jadi ga mengandung zat berbahaya. Nasinya juga pulen. Enak deh.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...