4 Aplikasi HRD yang Cocok Untuk Semua Perusahaan

Monday, February 24, 2020


Komunikasi merupakan hal penting dalam sebuah bisnis, komunikasi penting karena di dalamnya terdapat berbagai hal yang harus didiskusikan serta disampaikan demi kelancaran sebuah usaha. Seperti halnya di sebuah perusahaan, bagaimana bisa sebuah perusahaan berjalan dengan baik tanpa adanya komunikasi yang baik antar divisi? Alih-alih berjalan lancar, justru kegiatan perusahaan akan terganggu bahkan dapat menyebabkan ketidakharmonisan.



Begitu pentingnya peran komunikasi di dalam perusahaan hingga dapat mempengaruhi kesuksesan, untuk menjaga komunikasi yang baik maka perusahaan pun memiliki sebuah divisi yang menangani hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi yaitu divisi HRD (Human Resource Development). Divisi HRD tidak serta merta mengurusi perihal penerimaan karyawan atau masalah payroll, mereka juga bertanggung jawab atas komunikasi antar divisi yang ada di perusahaan, tidak mudah memang menjadi divisi HRD karena mereka juga harus siap menerima segala bentuk komlain yang disampaikan oleh karyawan bahkan menjadi tempat konsultasi pada karyawan.

Bagi perusahaan yang masih berskala kecil hingga menengah mungkin masih dapat mengelola seluruh kebutuhan karyawan secara manual dalam arti tanpa menggunakan sistem khusus, biasanya divisi HRD menggunakan software berjenis spreadsheet sebagai salah satu tools misalnya dalam mengelola penggajian karyawan atau absensi. Namun berbeda apabila perusahaan yang telah berskala besar dan memiliki jumlah karyawan yang banyak, apa masih memungkinkan menggunakan metode di atas? Jawabannya tentu tidak.

Kini dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, sudah banyak software khusus untuk HRD sebagai solusi dari permasalahan di atas. Sistem informasi HRD atau HRIS dinilai mampu meningkatkan tingkat keefektifan divisi HRD dalam bekerja, karena biasanya di dalam aplikasi HRD tersebut tergabung beberapa modul seperti penilaian performa karyawan, penggajian, permohonan cuti, dan lain-lain, sehingga sangat membantu kerja divisi HRD.

Untuk mengenal seperti apa aplikasi HRD terbaik yang cocok bagi perusahaan, simak penjelasannya berikut ini:


1. BirdDogHR


Berdasarkan pemeringkatan aplikasi HRD terbaik menurut website selecthub, BirdDogHR menempati urutan pertama dengan nilai 100. BirdDogHR merupakan aplikasi HRD dari Amerika Serikat yang menawarkan beberapa fitur kunci seperti Applicant Track System, di mana fitur ini berfungsi sebagai media kontrol saat perusahaan memasang lowongan pekerjaan dan mampu melihat seberapa efektif lowongan kerja tersebut dilirik oleh para pencari kerja.

Terdapat pula fitur Employee Onboarding yang memungkinkan karyawan menandatangani dokumen secara digital, alih-alih datang ke kantor. Tentu fitur ini sangat berguna karena selain dapat menghemat waktu, fitur ini juga dapat merampingkan birokrasi khususnya di Indonesia yang cenderung berlapis-lapis.

Perlu diketahui, aplikasi HRD BirdDogHR sangat cocok digunakan untuk memantau performa kinerja karyawan serta cocok saat perusahaan ingin melakukan hiring dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja perusahaan. BirdDogHR juga cocok bagi perusahaan skala kecil dan menengah, sehingga dengan banyaknya kemunculan startup saat ini, adanya BirdDogHR dapat menjadi solusi manajemen karyawan di perusahaan.


2. Kronos Workforce Ready


Di urutan kedua terdapat aplikasi HRD bernama Kronos Workforce Ready, aplikasi HRD ini diklaim cocok untuk semua jenis usaha karena sifatnya yang customizable sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Aplikasi HRD yang berasal dari Amerika Serikat ini lebih fokus kepada pengelolaan karyawan hingga mampu mengelola pekerja part-time yang mana dalam penggajian dihitung dalam satuan jam.

Fitur utama dari Kronos Workforce Ready adalah absence management yang memungkinkan manager untuk melihat tingkat kehadiran karyawan, jadwal hingga mampu memindahkan shift saat terjadi kekosongan di suatu waktu.

Ada juga fitur Employee Development yang ditujukan untuk meningkatkan skill para karyawan dengan mengikuti kelas dan beragam kursus yang dapat ditentukan oleh manager. Seorang manager juga dapat memilih karyawan yang dirasa siap untuk mengikuti pelatihan, karena manager biasanya mengetahui potensi dari masing-masing karyawannya.

3. Workday HCM


Di posisi ketiga masih ditempati oleh perusahaan asal Amerika Serikat yaitu Workday HCM, aplikasi HRD ini dapat disebut sebagai penggabungan dari BirdDogHR dan Kronos Workforce Ready, mengapa? Pada aplikasi Workday HCM, fitur seperti talent management dan learning management yang ada pada dua aplikasi HRD sebelumnya tersedia di Workday HCM. Hal ini juga tentu menjadi nilai positif, karena perusahaan tidak perlu memiliki lebih dari satu aplikasi jika sudah ada aplikasi HRD yang all-in-one. Workday HCM juga cocok untuk perusahaan dengan berbagai skala, dari kecil hingga besar dapat diakomodir dengan baik.

Beberapa fitur unggulan seperti payroll tersedia di aplikasi HRD ini, namun untuk sistem payroll sendiri saat ini masih compatible hanya di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Britania Raya, Perancis, dan Kanada, karena sistem payroll sendiri terkadang harus mengikuti regulasi yang berlaku di masing-masing negara.

Lalu terdapat fitur benefits administration yang berguna dalam pengelolaan dan perencanaan berbagai tunjangan bagi karyawan seperti kesehatan dan jaminan pensiun, fitur ini juga terhubunga dengan berbagai penyedia berbagai layanan pendukung sehingga memudahkan proses perencanaan hingga ke tahap pendaftaran.


4. LinovHR


Setelah berturut-turut Aplikasi HRD Terbaik berasal dari luar negeri, kali ini bernama LinovHR yang berasal dari Indonesia. Bagi perusahaan Indonesia, mungkin lebih cocok menggunakan buatan dalam negeri karena kemungkinan sudah disesuaikan dengan kebijakan dan kondisi yang ada di Indonesia, sehingga tidak perlu melakukan custom lagi layaknya aplikasi HRD yang berasal dari luar negeri.

Tidak kalah dari aplikasi HRD lainnya, LinovHR juga menyediakan beragam fitur HRD penting seperti talent management, absensi hingga learning development, semua fitur tersebut terangkum menjadi satu di dalam aplikasi HRD LinovHR yang mana akan meningkatkan tingak efektifitas dalam pembelian aplikasi HRD bagi perusahaan.

Selain HR Management, LinovHR juga menyediakan fitur penghitungan Pph 21 hingga BPJS Kesehatan Perusahaan, tentu dengan adanya fitur tersebut sangat membantu divisi HRD dalam mengelola karyawan dan yang terpenting selalu menjalankan regulasi pemerintah yang berlaku.

2 comments

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...