Melihat Mercusuar Lebih Dekat di Pulau Lengkuas

Thursday, February 20, 2020
Let your light shine so that others can see their way out of the dark - Timber Hawkeye

Keberadaan lighthouse atau mercusuar sangat berarti sekali bagi seorang nahkoda yang sedang berlayar mengarungi lautan luas di malam gelap. Cahayanya yang terang memantul ke laut dan berfungsi sebagai pemandu navigasi.


Sebelum ada mercusuar, dulu pelaut mendapatkan bantuan cahaya dari nyala api yang diletakkan di atas bukit ketika berlayar di malam hari. Zaman telah berganti, teknologi sudah menggantikan peran mercusuar tersebut dengan adanya teknologi GPS (Global Positioning System) yaitu sistem  navigasi yang menggunakan satelit. Tapi katanya para nelayan yang sedang mencari ikan di laut pada malam hari masih mengandalkan cahaya dari mercusuar ini lho, maklum lah masih banyak kapal mereka yang belum dilengkapi dengan GPS.

Jadi ingat nih waktu kecil Pascal pernah menggambar mercusuar pada selembar kertas dan gambarnya masih saya simpan sampai sekarang. Alhamdulillah belum lama ini saya bisa mengajaknya untuk melihat mercusuar secara langsung di Pulau Lengkuas, Belitung

Pulau Lengkuas


Untuk menuju ke Pulau Lengkuas kami harus naik mobil terlebih dahulu ke Pantai Tanjung Kelayang. Dari pantai ini saya dan rombongan naik perahu motor menuju Pulau Lengkuas. Perjalanan ditempuh kurang lebih 30 menit. Sebenarnya seharian itu kami melakukan Island Hopping, tapi untuk kali ini akan fokus bercerita di Pulang Lengkuas aja ya.

Perlahan-lahan perahu yang membawa kami akhirnya sampai juga di Pulau Lengkuas pagi itu. Walaupun cuaca cukup terik dan panas, saya bersyukur bisa singgah di pulau ini karena beberapa teman saya yang berkunjung ke Belitung tidak bisa mampir di pulau ini karena air laut yang sedang pasang dan bisa berbahaya kalau memaksakan diri untuk ke Pulau Lengkuas.

Pulau Lengkuas merupakan pulau kecil di antara ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung  di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, letak tepatnya berada di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang.

Di pulau Lengkuas saya bisa melihat batu granit dan pasir putih dengan air lautnya yang jernih. Sayang sekali saya ke sini tidak bersama keluarga nih, semoga next time bisa kembali ke sini lagi karena anak-anak senang bermain air laut dan snorkeling.




Oh ya di tempat ini juga kami sempat turun ke laut untuk snorkeling lho. saking asyiknya Pascal sampai gak mau naik ke kapal untuk pindah lokasi ke pulau lainnya. Begini nih kalau tournya rombongan harus mengikuti jadwal, artinya harus kembali lagi ke sana ya.

Mercusuar Pulau Lengkuas

Yang menarik di Pulau Lengkuas adalah adanya mercusuar yang dibangun pada tahun 1882 oleh Z.M Willem III pada jaman pemerintahan Belanda. Mercusuar setinggi 52 meter ini mempunyai 18 lantai.



Meskipun masih berdiri dan berfungsi, mercusuar ini sudah tidak lagi dibuka untuk umum. Jadi, waktu kami datang ke sana hanya bisa melihat dari luar saja, karena alasan keselamatan dan bangunannya butuh renovasi. Saya sempat mendapatkan informasi untuk renovasi harus mendapatkan izin dari pemerintah Belanda terlebih dahulu. Sayang sekali ya padahal saya bisa menikmati keindahan sekitar Pulau Lengkuas dari atas mercusuar andai diperbolehkan masuk dan naik ke atas menara tersebut.

Walaupun tidak bisa masuk ke menara mercusuar, gak usah khawatir karena kita masih bisa menikmati hal lainnya. Di sini juga terdapat batu-batu besar yang bisa dijadikan spot foto yang menarik. Atau mau main-main pasir pinggir pantai juga bisa. Kalau haus atau lapar ada penjual makanan yang menyediakan es kelapa muda misalnya. Tapi, jangan lupa ya sampahnya dibuang pada tempatnya supaya Pulau Lengkuas gak kotor dan tercemar apalagi di sini juga dikenal ada penyu-penyu.

Booking Hotel Murah di Traveloka


Rasanya waktu di Pulau Lengkuas cuma beberapa jam saja masih kurang deh karena kami harus melakukan Island Hopping ke pulau lainnya. Nah, teman-teman yang mau berlibur di sini sebaiknya sih mengambil waktu beberapa hari di Belitung supaya lebih puas.

Banyak tempat penginapan dan hotel yang bisa dipilih untuk bermalam di Belitung. Coba aja booking hotel murah di Traveloka dari sekarang, lumayan kan buat liburan bareng keluarga nanti. Kalau tiba-tiba anggota keluarga ada keperluan lain, tenang aja ada fitur easy reschedule dari Traveloka tinggal ubah aja tanggal menginapnya dari situs web desktop maupun Aplikasi Traveloka versi 3.0 dan di atasnya. Selain itu juga kita bisa memanfaatkan fitur lainnya seperti last minute hotel dan hotel near me kalau belum sempat booking hotel sebelumnya.

Sistem Pembayaran Cashless

Mau liburan manfaatin diskon hotel aja apalagi di Traveloka pembayarannya cashless, gak perlu lagi bayar pakai uang cash di hotel. Kamu juga bisa manfaatin program cicilan online menggunakan kartu kredit yang ditawarkan oleh Traveloka. Tapi buat yang merasa nyaman membayar di hotel bisa menggunakan fitur PayHotel dimana pembayaran dilakukan saat melakukan check in di hotel baik menggunakan uang cash atau tunui maupun kartu.

Buat yang gak punya kartu kredit juga masih bisa menggunakan penawaran cicilan online lho dengan menggunakan fitur PayLater yaitu metode pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit yang biasa disebut dengan Kredit Online. Metode ini membantu dan memudahkan pelanggan yang mau liburan atau bepergian mendadak tanpa harus bayar dulu dan nantinya ada pilihan lamanya cicilan mulai dari 1 hingga 12 bulan.

Menggunakan PayLater Traveloka tidak ada biaya tambahan dan biaya tahunan selain itu proses pendaftarannya juga mudah dan cepat cukup menggunakan KTP dan satu dokumen pendukung saja. Syarat untuk menggunakan PayLater usianya dimulai dari 21 tahun hingga 70 tahun.

Oh ya PayLater Traveloka ini didukung oleh Danamas sebagai mitra resmi yang terdaftar dan pertama kali memiliki izin beroperasi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jadi gak ada tuh penagihnya gak beretika seperti pinjol-pinjol yang tidak dijamin oleh OJK.

Supaya tidak lupa waktu pembayaran cicilan di aplikasi ada fitur Bill Reminder supaya penggunanya bisa membayar tagihan tepat waktu yang dikirimkan melalui email.



Jadi, kamu mau liburan ke mana? Ke Belitung atau tempat lainnya bisa memilih berbagai tipe akomodasi yang disediakan oleh Traveloka mulai dari Hotel, Apartemen, Vila, Camping dan lain-lain termasuk berbagai pilihan transportasi yang juga bisa booking melalui Traveloka seperti pesawat, kereta api, bus, rental mobil, travel atau antar jemput bandara.


19 comments

  1. Ya Alloh...cantiiik pantainya. Ini yang sering masuk tipi itu apa, ya? Batu granitnya cantik tapi gagah juga.

    Eh, gimana, mau renovasi harus dapat izin dari belanda dulu???

    Masak gitu, sih?! Ini, kan di tanahnya Indonesia?

    Kok aneh, ya.

    Setahu saya renovasi benteng peninggalan penjajah segala macam itu ga perlu izin dari sono.

    ReplyDelete
  2. Belitung memang terkenal dgn keindahan pantainya ya. Mulai populer saat laskar pelangi hits

    ReplyDelete
  3. Kalau jalan-jalan, apalagi bawa anak memang enaknya mandiri, ya. Jadi bebas gak terikat jadwal. Jadi berhenti deh ya snorklingnya

    ReplyDelete
  4. Aduuuh, Maaakkk

    Ini sih bikin mupeng bangeett, aseliik! Apalagi Traveloka sekarang ada fitur PayLater, duh.. langsung buru2 pengin booking tiket pesawat+hotel, dan cusss!!

    ReplyDelete
  5. huwaaa, pengen banget saya mah ke pulau Lengkuas ini, pemandangannya itu loh keren banget!

    Ya Allah, Indonesia itu cantik banget ya, semoga dimampukan bisa keliling Indonesia nanti, aamiin :)

    ReplyDelete
  6. Mbaaaa Lid, aku udah lama banget impian pengen banget ke Pulau Lengkuas cuman bisa baca-baca aja wkwkwk sekarang liat lagi dah pulau ini semoga Alloh kasih kesempatan bisa ke sana nih bareng anak-anak

    ReplyDelete
  7. Asiknyaaaa aku dari dulu pengen ke mercusuar mbak

    ReplyDelete
  8. Belitung menjadi destinasi wisata impianku mbak. Dari dulu pengen banget bisa kesana. Apalagi setelah melihat pantai yang indah, mercusuar yang menarik rasanya pengen ngumpulin uang biar bisa mewujudkan impian liburan ke Belitung.

    ReplyDelete
  9. Aku mau liburan ke Lombok dan Bali kak..mknya dari sekarang browsing hotel dari traveloka juga..mana tau dapat murah meriah sesuai isi dompet traveller kere seperti aku.. heheh

    ReplyDelete
  10. Senengnya pas kebagian cuaca cerah waktu island hopping di Belitung.. Aku waktu kesana hujan deras. Tapi beruntungnya waktu itu aku bisa naik sampai ke lantai teratas mercusuarnya.

    ReplyDelete
  11. View di Pulau Lengkuas Belitung indah banget Mbak. Duh jadi pengen bisa travelling ke sana juga deh apalagi sekarang kalau mau bepergian gitu praktis banget ya karena untuk booking tiketnya bisa langsung via traveloka.

    ReplyDelete
  12. Aku pengen euy ke Belitung, kemarin pas ke jakarta mau sekalian ke Belitung tapi batal. Semoga someday bs kesnaa

    ReplyDelete
  13. Cantiikk..pantainya.
    Bersih dan batu-batunya besar yaa, kak Lia.
    Aku pengen ke Belituung~

    ReplyDelete
  14. Aku tuh punya postcard gambar mercu suar Pulau Lengkuas ini, seneng banget kuliatin. Tapi kapan yaaa akunya bisa nyampe ke sana. Pengin niiyy...

    ReplyDelete
  15. pernah liat pulau lengkuas ini diacara jlan2 men,, aduuhhh naksirr berattt

    bhagianya mbkkk bisa kesana duluan

    ReplyDelete
  16. Duh, indah banget ya Pulau Lengkuas ini. Pantainya tenang. Sejauh mata memandang, birrruuuuu. Adem di mata. kepengen juga atuhlah main ke Belitong. :)

    ReplyDelete
  17. Kalau liburan ke Belitung wajib banget ke Pulau Lengkuas, trus di sana ada itu kan danau bidadari ya, bisa berenang di situ enak banget. Habis itu perjalanan balik jangan lupa snorkeling. Duh kangen dengan keindahan pulau ini

    ReplyDelete
  18. Asiknya yaa melihat mercusuar dari deket, apalagi pernah di gambar sama anak jadinya tau bentuk aslinya gimana.Ihh akupun pengen explore ke sana , belom sempet aja niih ..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...