Bikin Senyummu Makin Berarti, Yuk Jadi Pahlawan Senyum

Saturday, March 7, 2020
"Bunda, terima kasih ya untuk doa-doanya. Semoga bunda disehatkan dan selalu sukses di dunia maupun di akhirat..."

Begitulah penggalan pesan yang dituliskan oleh Lista kepada saya di selembar postcard. Saya pun sebaliknya menuliskan pesan buat Lista yang berisi doa dan motivasi agar tetap semangat dan tersenyum walaupun harus menjalani keseharian dan sekolah di panti. Habis baca pesannya saya berusaha untuk menahan air mata sebenarnya, tapi kok gak bisa. 


Pertemuan dengan mereka yang usianya sama dengan Pascal membuat saya lebih semangat dan sayang lagi sama anak-anak beruntung mereka masih punya orangtua, begitu pula dengan saya yang orangtuanya masih lengkap dan bisa menyekolahkan serta membiayai hingga lulus.

Lista dan Elsa merupakan dua dari beberapa anak yang hadir siang itu di Pepsodent Dental Expert Center, di Gandaria City Mall, Jakarta. Mereka berasal dari  Yayasan Yatim Piatu Al Andalusia, Bangka yang sengaja diundang oleh Pepsodent bersama para blogger untuk campaign #PahlawanSenyum dari Pepsodent Siwak.

Sebelum bahas tentang Pahlawan Senyum, saya ceritakan dulu mengenai Pepsodent Siwak yuk!

Mengenal Siwak

Siwak sudah dikenal penggunaannya sejak 7000 tahun lalu, gak hanya di Arab saja tapi juga di berbagai negara hanya saja penamaannya yang berbeda. Rasul sendiri dulu rutin membersihkan gigi menggunakan siwak untuk menghilangkan bakteri yang ada di dalam mulut, bahkan menyarankan untuk bersiwak sebelum wudhu dan sebelum sholat.



Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc. (Head of Sustainable Business Beauty Personal Car & Home Care) menjelaskan mengenai manfaat siwak  antara lain:
  • Mengandung fluoride dan vitamin C yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut
  • Memiliki anti bakteri untuk mencegah gigi berlubang dan gangguan gusi serta menghambat pertumbuhan kuman penyebab bau mulut
  • Menstimulasi kelenjar ludah supaya kadar asam dalam mulut menjadi netral sehingga dapat menekan pertumbuhan bakteri dari penyebab gigi berlubang
  • Menghambat pengeroposan gigi

Siwak merupakan batang atau ranting yang berasal dari pohon Salvadora persica yang bermanfaat sebagai anti bacterial alami, pencegahan gigi berlubang, dan mencegah timbulnya karang gigi.untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut yang 



Pepsoden Siwak



Karena siwak bermanfaat untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, maka Pepsodent juga mengenalkan pasta gigi halal Baru yang mengandung bahan alami dari siwak dan ditambah mint untuk memberikan kesegaran napas lebih tahan lama. Oh ya ternyata WHO (World Health Organization) juga sudah menyetujui siwak sebagai agen oral hygen lho, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Tujuan PT. Unilever Indonesia mengeluarkan Pepsodent Siwak adalah ingin agar masyarakat Indonesia  bisa terbebas dari masalah gigi berlubang. Selain itu banyaknya umat muslim di Indonesia menjadikan latar belakang utamanya apalagi Pepsodent juga merupakan merk pasta gigi yang pertama kali menerima Halal Award 2019 dari LPPOM MUI untuk kategori Halal Top Brand

Pepsodent Siwak aman juga digunakan oleh anak-anak lho hanya cara cara pemakaiannya yang berbeda dengan orang dewasa. Untuk orang dewasa gunakan pasta gigi Pepsodent Siwak sepanjang sikat gigi sedangkan pada anak cukup sedikit saja sebesar biji jagung lalu dioleskan sepanjang sikat gigi.

Pepsodent Siwak memang bisa membantu kita dalam hal mencegah gigi berlubang dan menyegarkan napas, tapi perlu diingatkan untuk selalu memperhatikan kebersihan dan kesehatan gigi dengan cara rutin menyikat gigi paling tidak 2 kali sehari dengan melakukan penyikatan dengan cara yang benar yaitu dari arah merah ke putih maksudnya dari arah gusi ke gigi serta lakukan depan perlahan paling tidak 2 menit lamanya. Kita juga harus rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk membersihkan karang gigi yaitu plak atau sisa makanan yang menempel pada gigi yang sudah mengeras. Jika diabaikan karang gigi dapat berbahaya dapat memicu penyakit kronis.

Pepsoden Siwak tersedia dalam tiga ukuran yaitu 65g , 110g dan 150+40g. Kalau untuk pemakaian di rumah saya lebih memilih ukuran besar sedangkan untuk traveling ukuran kecil. Saya selalu bawa pasta gigi sendiri loh walaupun di hotel disediakan, karena biasanya rasanya beda dan buat eneg belum tentu juga mengandung siwak bukan.


Tentang Pahlawan Senyum


Untuk mewujudkan masyarakat Indonesia bebas dari gigi berlubang, Pepsodent bekerjasama dengan pakar kesehatan untuk memberikan edukasi mengenai kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Pepsodent punya misi untuk menjangkau 25 juta anak Indonesia dalam hal edukasi sikat gigi pagi dan malam hari pada tahun 2025.

Nah, siapa pun juga bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan Pahlawan Senyum dengan cara yang mudah yaitu membeli pasta gigi Pepsodent Siwak ukuran apapun maka otomatis akan diamnbil sebesar 2,5% tiap kemasan yang terjual untuk donasi pada program kesehatan gigi dan mulut anak yatim piatu di beberapa panti asuhan yang ada di Indonesia.

Dalam menyalurkan donasinya, Pepsodent bekerjasama dengan BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) dan Yayasan Unilever Indonesia pada panti asuhan yang sudah ditunjuk dalam bentuk edukasi kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan gigi secara gratis, perbaikan fasilitas sikat gigi dan memberikan paket pepsodent kepada mereka.



Karena setiap senyum itu berarti, yuk jadi #PahlawanSenyum ! 



25 comments

  1. kalau inget anak anak ini, berasa ingiiin sekali memeluk mereka ya Lia, mataku langsung basah begitu di bait pertama cerita ini

    untuk pepsodent siwak, aku juga udah langsung pake sejak ini dipasarkan di minimarket dekat rumah, aku tahu siwak lebih bagus kandungannya karena berasal dari pohon Salvadora persica yang bermanfaat sebagai anti bacterial alami, pencegahan gigi berlubang, dan mencegah timbulnya karang gigi

    btw itu quotesnya kurang lengkap yaaa? apa kehapus pas di-space apa gimana?

    ReplyDelete
  2. Wah, kampanyenya sangat hebat. Memerangi gigi berlubang pada anak. Gigi berlubang memang masih memprihatinkan. Banyak orang tua yang tak sadar tentang perlunya melatih anak untuk merawat gigi. Tidak mengonsumsi makanan penyebab gigi berlubang seperti memberikan gula-gula (permen). Sukses Persodent Siwak.

    ReplyDelete
  3. Ibuku dari dulu pake siwak. Sekarang udah jarang banget, kayaknya kalo aku beliin pepsodent siwak beliau seneng sepertinya. Ini usah ada di pasaran belum mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senangnya Pepsodent pakai kandungan siwak. Karna nyari siwak di sini nggak mudah sih. Senang juga dengan programnya

      Delete
  4. Alhamdulillah berkat Pepsodent Siwak bisa ikutan sedekah dan jadi #PahlawanSenyum

    ReplyDelete
  5. Kegiatan mulia dari Pepsodent Siwak dengan Pahlawan Senyumnya sedikit banyak akan membantu anak-anak panti asuhan agar bisa tersenyum juga ya Mbak dengan gigi yang lebih sehat pastinya. Keren banget program dan kepedualian Pepsodent ini.

    ReplyDelete
  6. Mantab nih pepsodent skrg menggunakan formula siwak. Jadi sikat gigi ala rasulullah makin modern ya, Mba. ^_^

    ReplyDelete
  7. Bangga banget ... Pepsodent jadi merk pasta gigi yang pertama kali menerima Halal Award 2019 dari LPPOM MUI untuk kategori Halal Top Brand.
    Selama ini pepsodent selalu jadi pasta gigi andalan keluarga saya.

    ReplyDelete
  8. Pepsodent sekarang ada yang mengandung siwak ya?wah bisa dicoba. Btw ini acaranya keren banget, mengasah kepekaan sosial juga. Asyik ya, memakai pepsodent siwak bisa sekalian berdonasi.

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah aku sudah ganti pasta gigi ini Mbak Lid, ntah kenapa langsung tergerak. Biasanya pakek varian lain, tapi karena bbrp postingan teman-teman aku kok merasa perlu ambil bagian. Kebetulan dulu sempat ngurus panti asuhan. Sedikit banyak taulah fenomena di panti

    ReplyDelete
  10. Wah, anak-anak juga bisa ya pakai pepsodent siwak... Besok pas belanja bulanan, cari pepsodent siwak ah...

    ReplyDelete
  11. Pepsodent memang keren nih. Dari dulu terus berinovasi untuk memberikan pasta gigi terbaik dan mencegah gigi berlubang. Eh, sekarang sudah ada kandungan siwaknya pula. Mantap nih... semoga segera beredar di pasaran Pepsodent yang siwak ini.

    ReplyDelete
  12. Jd pengen nyobain pepsodent varian siwak ini deh. Kalau ke swalayan beli ah... Thanks sudah berbagi mbak

    ReplyDelete
  13. Jadi ikutan basah mataku baca surat dari Lista, semoga terwujud semua impian anak-anak ini. Dan salut pada Unilever serta Pepsodent yang sudah mengajak anak-anak panti asuhan dan mengedukasi mereka dalam program kesehatan gigi dan mulut.

    ReplyDelete
  14. Aku dulu pernah pakai siwak asli punya nenekku. Sekarang jarang ya siwak. Jadi penasaran sama Pepsoden Siwak nih Mbak Lidya

    ReplyDelete
  15. Ya Allah, terharu banget baca pesan Lista Mbak, semoga jadi anak solehah, sehat dan sukses di masa depan, keren banget programnya nih membantu anak-anak Indonesia

    ReplyDelete
  16. Aku belom pernah cobain Pepsodent siwak ini aku jadi penasaran mbak..kayaknya enak yaa....nanti mau beli ah

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah di rumah juga kami pakai Pepsodent Siwak Mbak. Kalau reviewku, nyaman banget dipakai dan mempertahankan kesegaran mulut lebih lama dari varian biasa.

    ReplyDelete
  18. Wah akhirnya Pepsodent udah ada yang siwak. Pasta gigi favorit keluargaku di rumah nih mba. Wajib ganti nih, sekalian bisa ikut berdonasi ya mba. Hehe.

    ReplyDelete
  19. Wah bagus programnya ya mbak? Jd beli pasta gigi sekaligus berdonasi. Tapi ini aku blm nemu di rak supermarket langganan. Mungkin minggu depan kalau ke sana lagi deh ku coba nyari hehe

    ReplyDelete
  20. Aku jadi ikutan berkaca-kaca nih baca awal artikel. Pengin peluk anak-anak jadinya. Alhamdulillah ya kita bisa bantu mereka melalui pembelian Pepsodent varian Siwak ini. Semoga bermanfaat untuk anak-anak di panti asuhan.

    ReplyDelete
  21. Senengnya berbagi ya mba. Senyumnya makin sumringah.
    Aku belum pernah nyoba yang pepsodent siwak. Cobain ah, biar sekalian pahalanya ngalir bisa berbagi ke sesama

    ReplyDelete
  22. Bener nih Suka bngt sama programny Pahlawan senyum pepsodent siwak cuma beli tapi Kita sudah bisa beramal y mba

    ReplyDelete
  23. mulia sekali ya. inisiatif membuat pepsodent siwak agar tidak ada lagi masalah gigi berlubang pada masyarakat kita

    ReplyDelete
  24. MashaAllah suka banget deh sama program dari Pepsodent ini, bisa bersedekah dengan cara membeli pepsodent siwak, sehingga dapat manfaat dari siwak dan bisa membantu sesama juga

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...