Kelola 3 Jenis Toko Online Berbeda Dengan Satu Dasbor Cuma di AVANA

Thursday, March 26, 2020
Happiness is crawling into bed with freshly  laundresses sheet


Paling suka tidur dengan seprei yang baru saja diganti, rasanya bersih dan bisa tidur lebih nyenyak. Teman-teman kalau ganti seprei berapa hari sekali? Kalau saya paling tidak 2-3 hari sekali. Maunya sih setiap hari seperti di hotel-hotel tapi apa daya semua dikerjakan sendiri tanpa asisten, cape juga kalau semua mau perfect.

Bicara soal seprei atau penutup kasur, sejak lama selalu pesan ke adik perempuan saya yang menjual seprei. Alasannya karena bisa memesan ukuran yang sesuai dan pas dengan tempat tidur termasuk tinggi jadi gak terlihat berantakan kalau dipakai tidur. Selain itu juga saya selalu menambah jumlah sarung bantal sesuai dengan ukuran bantal yang saya miliki. Mau pesan motif yang berbeda antara seprei dan sarung bantal juga bisa, pokoknya semuanya custome.

Selama ini adik saya hanya berjualan melalui status whatsapp saja. Kadang kalau ada yang mau beli dan pilih motif harus mengirimkan ulang semua gambar ke chat. Kalau begini terus sih lama-lama galeri saya bisa penuh dengan gambar seprei. Akhirnya dia upload semua gambar ke akun Instagramnya, tapi kendalanya tidak semua pembeli punya akun Instagram dan minta diunduh ke facebook saja.

Adik saya pun bilang minta dibuatkan website buat jualan sepreinya saja, jadi gak perlu lagi upload banyak gambar di masing-masing akun sosmed yang dimiliki, tinggal kasih saja link website toko online. Tapi, saya kasih masukan kalau di sosmed juga penting upload foto-foto produk jualannya. Dia pun bertanya ada gak sih aplikasi yang cukup sekali saja upload produk tapi bisa muncul juga di semua akun sosmednya? jadi gak kerja berulang kali dan buang waktu?

Lalu saya kasih tau saja, kalau sekarang ada AVANA Indonesia yang bisa memenuhi kebutuhannya untuk berbisnis online. Yuk, saya kasih tau detailnya mengenai Avana.

Mengenal Lebih Dekat Avana Indonesia


Avana merupakan sebuah platform Social Commerce yang membantu pengusaha bisnis online untuk membuat website dan sekaligus terhubung atau terintegrasi ke sosial media yang dimiliki dengan follower sebagai membernya bisa langsung melakukan transaski di media sosial.

Jadi, sistem bekerja social commerce Indonesia ini layaknya seperti asisten pribadi yang bisa secara otomatis membuat postingan yang berisi produk jualan dari website AVANA ke sosial media seperti Facebook, Instagram, dan twitter bahan bisa menghubungkan langsung melalui chat whatsapp juga. Pemilik toko juga dapat memantau pelanggan dan catatan penjualan dari order yang masuk. Sementara itu pembeli yang membuka toko online melalui sosmed seperti facebook bisa melakukan order hingga transaksi di akun sosmednya tanpa meninggalkan akun tersebut dan membuka website.

Alasan menghubungkan AVANA Shop dengan akun sosial media karena sumber trafik terbesar saat ini masih ada di sosial media seperti Facebook, Instagram, dan twitter. Masih banyak masyarakat yang menggunakan facebook dan enggan membuka website online shop dengan alasan repot. Mereka lebih suka komen di status facebook saja untuk melakukan pembelian. Kalau hanya beberapa saja tidak masalah, bagaimana jika banyak orang yang melakukan hal yang sama? pastinya akan membuat repot pemilik akun untuk menjawab serta melayani transaksi tersebut. Dengan adanya AVANA yang terhubung dengan akun sosmed sebagai tempat transaksi maka akan memudahkan pemilik online shop tersebut.

Di AVANA pemilik usaha bisa menggunakan tiga toko online utama secara sekaligus yaitu Webstore, Facebook store, dan Messanger store. Berikut ini tampilan dari masing-masing toko online utama yang sudah dibuat sebagai contoh untuk adik saya.

Webstore

https://fitrian.avana.asia/


Webstore merupakan toko online website yang menampilkan dua jenis tema yaitu tampilan biasa dan landing page. Pada webstore kita bisa menampilkan harga, promosi, kategori produk hingga proses checkout di tempat. Keuntungannya kita tidak perlu bersusah-susah membuat website sendiri karena sudah disediakan oleh AVANA, kita tinggal memasukkan produk dan deskripsinya secara detail serta bisa setting semua yang berkaitan dengan toko online.


Facebook Store



Pada Facebook store yang digunakan adalah Facebook page atau fanpage. Semua produk yang ada pada facebook store ini sudah otomatis terintegrasi dengan webstore AVANA yang sudah dimiliki. Uniknya pembeli bisa langsung melakukan transaksi melalui halaman fanpage ini bahkan jika pembeli berkomentar pada salah satu postingan produk maka akan ada auto reply yang sudah disetting oleh pemilik toko online.


Messenger Store



Saat ini messenger bisa digunakan sebagai katalog bisnis tidak hanya untuk melakukan broadcast pesan atau melakukan percakapan online saja. Di Messenger Store ini juga pembeli bisa melakukan checkout langsung tanpa harus mengunjungi webstore terlebih dahulu.

3 Cara Mudah Daftar AVANA


Supaya bisa memulai berjualan melalui AVANA ada 3 cara mudah untuk mendaftarnya yaitu :
  1. Daftar akun
  2. Untuk memulai berjualan melalui AVANA kita harus mendaftarkan dulu akun melalui dua cara yaitu login dengan akun Facebook dan Google. Saya memilih untuk login menggunakan akun Facebook.
  3. Buka toko
  4. Lengkapi pendaftaran untuk membuka toko dengan mengisi nama toko, email address, Nomor Telepon, dan lain-lain. Lalu klik tombol CREATE
  5. Mulai penjualan
  6. Setelah toko online dibuat, kita bisa langsung memulai penjualan dengan melengkapi semua keperluan untuk berjualan pada dasbor.

Yang Bisa Dilakukan di Dasbor AVANA


Ketiga toko online yang kita miliki  semuanya bisa dimonitoring dan diproses melalui satu dasbor AVANA. Di mana di dalam dasbor ini kita bisa mengelola toko online seperti upload barang, mengganti tema, membuat promosi diskon misalnya, menampilkan rekap penjualan dan pembelian serta lainnya.

Jika kita mengupload foto produk pada dasbor AVANA maka secara otomatis akan ditampilkan juga di ketiga toko tersebut termasuk stok barang yang ada hingga deskripsi produk. Semua stok barang akan terupdate otomatis meskipun melakukan pembelian dari toko online yang berbeda misalnya satu pelanggan membeli dari Facebook Store, sementara yang lain membeli melalui Webstore maka jumlah stok barangnya akan mengikuti jumlah terakhir.

Add Product


Memasukkan semua produk yang akan dijual melalui dasbor AVANA. Di sini kita bisa upload foto, harga, dan keterangan detail dari tiap produk. Jika produk yang akan dijual akan diberikan diskon aktifkan tombol ENABLE DISCOUNT dan masukkan harga jual setelah diskon. Nantinya pada halaman toko online akan tertera harga discount.

Begitu pula jika kita ingin memberikan Coupon Code bisa disetting pada dasbor pada fitur MARKETING dengan menambah kan kode kupon tersebut di sana. Oh ternyata mudah ya membuat kode kupon seperti ini dan bisa digunakan sewaktu-waktu untuk memberikan promosi penjualan.



Bank Information



Ketika customer bertransaksi bisa melakukan pembayaran melalui beberapa akun bank yang kita miliki termasuk menggunakan AVAPAY. Untuk rekening bank yang kita miliki bisa dimasukkan beberapa akun untuk memudahkan customer dalam memilih akun bank dalam melakukan pembayaran.

Pembayaran dapat dilakukan melalui manual payment maupun otomatis. Jika melalui manual payment maka customer harus mengirimkan bukti pembayaran yang nantinya pemilik web mendapatkan informasi melalui email.

Auto Reply



Pada dasbor, kita juga bisa melakukan setting auto reply di Facebook pada saat ada customer yang memberikan komentarnya. Kalimat reply bisa disetting sesuai dengan kebutuhan.



Pada webstore kita juga bisa menampilkan tombol ORDER VIA WHATSAPP dan melakukan setting kalimat yang diinginkan di mana nantinya pembeli bisa langsung menghubungi WA penjual. Saya menyeting kalimat otomatis : Hi Fitrian Shop, saya tertarik dengan  Seprei. 

Product link: http://shop.avana.asia/fitrian-shop/76296/seprei/175657

Asyik ya jadi ketika penjual menerima pesan di WA gak bingung lagi dan bertanya customer mau bertanya atau membeli produk yang mana karena sudah otomatis tertera di WA.

Cek Order Masuk


Setiap kali ada customer yang melakukan pembelian, maka pada dasbor akan ada informasi lengkap customer tersebut beserta dengan produk yang akan dibelinya. Penjual bisa melakukan update status mulai dari pembayaran, pengiriman, refund hingga completed setelah barang dikirim.

Selain itu juga penjual bisa download report dan data customer untuk diprint. Invoice untuk customer juga dapat diprint dan dikirimkan melalui email.


Keuntungan Menggunakan AVANA :

  1. Bisa membuat postingan langsung dari website AVANA otomatis akan muncul juga di Facebook Fanpage sehingga bisa dilihat oleh follower
  2. Auto reply product memudahkan pemilik usaha
  3. Semua bisa dilakukan sendiri tanpa harus menyewa admin


AVANA Blogger Competition




Awalnya agak bingung tentang AVANA ini tapi setelah tahu keunggulan dan kemudahannya jadi makin semangat untuk merekomendasikan pada adik saya yang ingin dibuatkan website jualannya. Gak perlu susah-susah bikin website cukup melalui AVANA saja sudah langsung mendapatkan tiga toko sekaligus dan tetap bisa fokus di sosmednya juga.

Nah, buat teman-teman yang mau bisnis online, yuk cobain dulu membuka toko online di AVANA selagi ada trial yang bisa digunakan selama 14 hari pada link http://freetrial.avana.id/⁣. Setelahnya kamu bisa tetap menggunakan web dengan melakukan pembayaran sebesar Rp8.000,- per hari. Biaya segini cukup murah apalagi bisa mengembangkan penjualan di tiga toko.

Kalau sudah punya pengalaman membuka toko online di AVANA sekalian aja ikutan lomba blognya. Ceritain deh pengalaman menariknya dalam sebuah postingan blog. Bukan cuma penjualanmu yang akan meningkat tapi berkesempatan untuk mendapatkan hadiah jika menang.




29 comments

  1. Iya ya, kalo dipikir-pikir emang repot banget harus upload Produk di marketplace, facebook dan instagram juga. kalo bisa dalam satu dashboard ini kan Enak ya jadinya. Terobosan baru ni, menarik.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah semakin banyak platform bisnis online yang memudahkan pelaku umkm

    ReplyDelete
  3. Hihii, ketabook..
    Aku ganti sprei kadang 2 minggu sekali kalo ga lupa hahhahaa.
    Nah satu lagi kebiasaan kk Olip kalo tidur ga mau pake sprei, sebel kan. Tapi seneng irit tenanga buat nyuci.

    Btw enaknya nih jualan sprei di Avana, jadi kepo akutuu,..

    ReplyDelete
  4. Hihii, ketabook..
    Aku ganti sprei kadang 2 minggu sekali kalo ga lupa hahhahaa.
    Nah satu lagi kebiasaan kk Olip kalo tidur ga mau pake sprei, sebel kan. Tapi seneng irit tenanga buat nyuci.

    Btw enaknya nih jualan sprei di Avana, jadi kepo akutuu,..

    ReplyDelete
  5. Kl bunda karena seringnya nginep di rmh anak2 jd ya, paling ganti bedsheetnya aja 2 minggu sekali tp kl bed-covernya kadang sampe ketemu bulan lg baru deh dicuci, hehehe...
    Lidya, sd pistingan Lia ini rata2 blogger udah pada canggih2 bikin postingannya. Tampilannya bikin iri bunda yg masih2 gitu2 aja.

    ReplyDelete
  6. avana ini memudahkan banget emang yaa buat para pelaku bisnis online, bener bener memudahkan banget soalnya bisa langsung terhubung ke medsos yaa

    ReplyDelete
  7. Social commerce ini konsepnya apik/bagus bgt ya. Memang kudu lebih dipopulerkan lagi. Thanks God ada AVANA. Jadinya para online shop/seller bisa banget berdagang dgn lebih gampiiillll!

    ReplyDelete
  8. Rajin banget mbak ganti spreinya.
    Eh tapi sejak beberapa bulan lalu saya juga membiasakan diri untuk ganti sprei 2x/minggu.

    btw, aku jadi tertarik nih utk cek Avana.
    thank you infonyah

    ReplyDelete
  9. wah memudahkan sekali ya, cukup di Avana aja udah bisa buka 3 macam toko sekaligus, terima kasih infonya mbak

    ReplyDelete
  10. Social commerce AVANA ini menguntungkan kedua belah pihak ya, baik penjual maupun pembeli. Penjual bisa mengelola 3 jenis toko online dengan 1 dashboard, pembeli pun kalau mau beli nggak perlu meninggalkan akun sosmednya untuk lihat webstore. Asyik!

    ReplyDelete
  11. Keren banget mbak AVANA ini hadir di Indonesia, apalagi fiturnya baik facebook dan messager sangat membantu pedagang dalam menjual dagadangannya.

    ReplyDelete
  12. Sudah lama mengangankan jualan online, harus banyak survei.
    Info avana ini manfaat banget, bayangin praktis dan efisien bisa jualan sekaligus di tiga medsos.
    Dipelajari lebih lanut deh.

    ReplyDelete
  13. Lucu banget sih itu sprei yang unicorn. AVANA jadi membuat pembeli banyak pilihan untuk belanja, ya. Mau di medsos atau ke webstore

    ReplyDelete
  14. Konsepnya keren banget ya Avana. Memanfaatkan Facebook yang merupakan Socmed terbesar apalagi datanya bejibun ditambah lagi ada 2 fitur lagi banyak cuan pasti jualan di Avana.

    ReplyDelete
  15. Menarik juga Avana. Kalo aku order langsung aja ke kamu yaa, sekalian dibayarin, wkwkwk. Adekku juga ada yang jual pakaian, tapi dia mah biasanya jual langsung ke rekan-rekan kerjanya. Ntar coba kukasih tau dia, kali aja dia minat :D

    ReplyDelete
  16. AVANA praktis banget ya, mudah walau digunakan oleh pemula yang jarang ngoprek aplikasi sekalipun. Waah semangat untuk yang sedang berjualan online ya :)

    ReplyDelete
  17. Menurutku ini ngebantu banget bagi yang mau jualan online mba.

    Senangnya ga repot juga ya

    ReplyDelete
  18. Pegen coba aku Mba Lid, seru ini apalagi buat jualanku
    jadi langsung tersambung semuanya ya, mantep banget Avana.

    ReplyDelete
  19. Hmmm saya orang suka LoLa (Loading Lama). Biar lebih paham rasanya saya perlu praktik langsung menggunakan Avana. BTW terima kasih infonya Kak.

    ReplyDelete
  20. AVANA ini praktis banget loh bisa terkoneksi langsung ke sosmed jadi kita gak perlu takut kalau gak ada yg lihat dagangan kita

    ReplyDelete
  21. Salut dengan usaha pemilik Avana untuk menghubungkan webstorenya ke platform media sosial. Benar trafik penjualan dari medsos seperti facebook dan instagram itu volumenya sangat besar.

    ReplyDelete
  22. Wah, mudah sekali ya kalau mau mulai mengembangkan bisnis dengan Avana. Btw itu spreinya lucuk lucuk bener sih. jadi pengen nambah koleksi sprei di rumah.

    ReplyDelete
  23. Wah, mudah sekali ya kalau mau mulai mengembangkan bisnis dengan Avana. Btw itu spreinya lucuk lucuk bener sih. jadi pengen nambah koleksi sprei di rumah.

    ReplyDelete
  24. baru denger tentang avana,, baru banget ya mbakkk?? asik yaa 3 toko di 1 dashboard

    ReplyDelete
  25. Manis banget seprainya...
    Aku lagi pengen yang ada bed-covernya...bisa banget yaa, pesan melalui Avana.
    Super praktis dan mudah juga menyenangkan.

    ReplyDelete
  26. Manis banget seprainya...
    Aku lagi pengen yang ada bed-covernya...bisa banget yaa, pesan melalui Avana.
    Super praktis dan mudah juga menyenangkan.

    ReplyDelete
  27. Asyik ya jualan di avana sudah terintegrasi ke 3 medsos, webstore juga, jadinya lebih banyak menjaring pelanggan dan otomatis juga cukup sekali upload, jadi pengen cobain jualan di avana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai online seller mendapat berita ada fasilitas baru buat jualan kayak gini pasti gembira banget.

      Delete
  28. Jadi makin paham nih cara kerja Avana, yang memungkinkan kita mengelola beberapa toko online dalam satu dashboard dan sudah terhubung pula dengan sosial media ya. Keren nih berarti Avana

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...