SPOTS, Aplikasi Kasir Online Memudahkan Proses Transaksi

Thursday, March 19, 2020
Nikmatnya menyeruput segelas kopi alpukat di siang hari yang terik. Saya sih gak maniak ngopi, tapi sesekali untuk menghalau dahaga beli kopi kekinian.


Menjamurnya kopi kekinian dan usaha-usaha lainnya membuat saya berpikir untuk memiliki usaha sendiri juga. Jadi selain bisa menikmati makanan atau minuman usaha milik sendiri juga sekaligus menambah penghasilan, enak bukan.  Tapi saya belum mengerti mengenai Pos System dari mesin kasir yang akan digunakan nantinya.

Memiliki usaha sendiri pastinya banyak hal yang harus disiapkan termasuk mesin kasir juga aplikasi pembukuan supaya bisa melihat pemasukan dan pengeluaran biaya yang digunakan. Ternyata kerepotan seperti itu sudah bisa diminimalkan dengan adanya mesin SPOTS yang mempunyai POS System atau Point of Sale yang dapat digunakan oleh berbagai macam usaha ritel untuk membantu proses transaksi jual beli.

Kebetulan sekali saya lagi ada di Kopi Janji Jiwa dan Boboo Chicken yang sudah menggunakan Point of Sale dari mesin EDC Spots untuk melakukan transaksinya.




Mengenal SPOTS

SPOTS adalah perangkat kasir yang meliputi printer untuk mencetak resi dan terima pembayaran menggunakan kartu dalam satu perangkat



SPOTS adalah bagian grup perusahaan dari GOJEK yang ditujukan untuk para UMKN dalam mengelola pesanannya menggunakan aplikasi kasir online atau sistem Point of Sale.

Menggunakan perangkat kasir SPOTS akan mempermudah operasional usaha para UMKM. Fitur-fitur yang ada pada mesin EDC SPOTS antara lain meliputi :
  • Terintegrasi GoBiz
  • Di sini kita bisa menerima pesanan GoFood, mencatat tipe pembayaran, membuat promo diskon dan mengetahui laporan harian penjualan.
  • Mencetak resi instan
  • Lebih praktis menggunakan mesin SPOTS karena sudah dilengkapi dengan printer sehingga kita bisa mencetak resi atau nota secara instan dan tidak memerlukan komputer maupun printer tambahan.
  • Terima Pembayaran QRIS dan kartu debit
  • Pembayaran dapat dilakukan melalui berbagai cara baik menggunakan GoPay maupun transaksi non tunai seperti QRIS, kartu debit hingga kartu kredit ke depannya.


Agar pemilik usaha bisa menggunakan perangkat kasir SPOTS dan memanfaatkan POS System maka harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan membayar iuran sebesar Rp490.000,00 dan secara otomatis sudah terdaftar menjadi Mitra Usaha Gojek. Untuk pencairan dananya pun mudah dalam waktu 1 hari kerja sudah bisa ditarik melalui rekening BCA, sedangkan untuk rekening lain paling lama 3 hari kerja sudah dapat ditarik.

Dengan menggunakan SPOTS maka pemilik usaha dapat mempercepat proses penjualan karena adanya POS System pada mesin kasir tersebut.

Merchant Yang Bekerjasama Dengan SPOTS


Saat ini sudah ada sekitar 50.000 outlet atau merchant yang menggunakan sistem SPOTS sehingga bisa mendukung Pos System restoran atau pos system coffee shop yang mereka miliki.

Waktu saya membeli kopi di Janji Jiwa sekaligus membeli chicken cheese dan chicken balado powder buat anak-anak transaksi yang dilakukan pun sudah menggunakan Pos System restoran dan pos system coffee shop sehingga saya bisa mendapatkan struk pembayaran lebih cepat dari mesin EDC SPOTS yang mereka gunakan.



Sebelum melakukan transaksi pembayaran saya pun melihat pada mesin EDC SPOTS apakah pembelian yang saya lakukan sudah benar atau belum. Setelah sesuai semua petugasnya pun melakukan transaksi dan mencetak struk yang digunakan untuk pihak merchants dan pihak pembeli.



Oh ya mesin EDC SPOTS ini berbasis Cloud based pos system yaitu  sistem yang sudah terintegrasi ke dalam sistem yang sudah dibuat dengan berbagai keuntungan diantaranya untuk meningkatkan keamanan dan dapat melakukan transaksi lebih mudah karena menggunakan internet untuk mengakses datanya. Dengan menggunakan Cloud based pos system maka pemilik outlet tidak perlu repot lagi untuk memantau bisnisnya karena dapat dilakukan dari jarak jauh secara real time dan selalu terupdate semua transaksinya.

Manfaat Menggunakan Point of Sale


Saat ini sudah banyak coffee shop menggunakan Pos Sytem pada mesin kasirnya untuk Point of sale cafe, namun sebenarnya point of sale ini bisa digunakan oleh berbagai macam tipe bisnis seperti restoran, restoran cepat saji, toko roti, retail, minimarket, salon, dan layanan profesional lainnya.

Beberapa manfaat yang dapat diambil dari Point of Sale antara lain dapat memproses laporan secara mudah dan sudah terintegrasi dengan inventory. Selain itu laporan penjualan pun dapat dilihat secara online yang berguna bagi pemilik usaha tersebut.

Sedangkan bagi petugas atau pelayan merchant Point of sale cafe ini dapat membantu kalkulasi otomatis ketika ada pembelian dari pelanggan tanpa harus repot menghitung jumlah kembalian yang harus diberikan karena sudah dapat dilakukan secara otomatis melalui mesin SPOTS. Dengan proses yang cepat, setelah transaksi berhasil struk pembayaran akan langsung tercetak pada mesin tersebut dan dapat diberikan kepada pelanggan.



Buat teman-teman yang sudah mempunyai usaha sendiri atau berencana membuka outlet usaha jangan lupa untuk memanfaatkan mesin EDC SPOTS ya agar bisa menggunakan Pos System untuk memantau penjualan dan pembelian secara real dan lebih mudah. Bagi yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai SPOTS bisa mencari informasinya melalui akun https://www.instagram.com/spots.id/

43 comments

  1. Seruuuu kalo udah ketemu spots di resto atau warung UKM.
    Jadi nyaman buat bayar2ya kan bisa pakai cashless method.

    ReplyDelete
  2. Makin banyak gerai makanan dan pengusaha kuliner yang pakai spots ini makin memudahkan pelanggan pecinta cashless seperti saya nih. Bisa jajan kapan aja tanpa perlu ribet bawa uang cash ya

    ReplyDelete
  3. Bagus ya mba..mempermudah transaksi dan juga pengadministrasian oleh UMKMnya. Mantab deh..

    ReplyDelete
  4. Semoga semakin banyak umkm yang menggunakan spot untuk mempermudah transaksi

    ReplyDelete
  5. Favorit aku nih bayar makan trus kedainya pake SPOTS artinya kan jadi bisa cashless. Jadi lebih mudah ya transaksinya

    ReplyDelete
  6. Asik ya sekarang sudah banyak bisnis UMKM kuliner yang memakai Spots buat aplikasi kasirnya, memudahkan usaha dan laporan transaksi pastinya ya mba :)

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah di sekitar rumahku juga para pelaku usaha udah pada pake Spot ini kaya warung makan, penjual kebab udah pada pake ini hehe.

    ReplyDelete
  8. Info bagus nih mba, thanks, aku lagi survei-survei mau usaha di rumah. Perangkat yg praktis.

    ReplyDelete
  9. Kedai yang sudah menggunakan SPOTS ini bikin banyak alternatif pembayaran buat kita2 yg belanja ya, mba. Memudahkan yg punya usaha, karyawannya, dan konsumen.

    ReplyDelete
  10. Pas kapan itu saya jajan bakso granat. Si mbak kasir yg biasanya pegang kalkulator, pas itu kayak pegang hp gitu.

    Tapi kok bisa keluarin struk?

    Eee ternyata spots ini to.

    ReplyDelete
  11. Praktis banget ya bisa langsung cetak struk, mesinnya juga kecil jadi bisa dibawa2. Makasih sharingnya Mba Lidya

    ReplyDelete
  12. Iya nih makin ngehits aja dan banyak banget yang mulai sadar akan pentingnya EDC SPOTS ini bagi ritel. Ahh, kek yang jualan martabak dan nasgor langgananku udah pake ini.

    ReplyDelete
  13. Wow praktis banget. Jaman dulu point of sale itu harus pakai komputer jadi repot kalau pakai gerobak. Ini memudahkan pemilik usaha dimanapun.

    ReplyDelete
  14. Setuju banget hadirnya cara pembayaran ini. Memudahkan prlaku usaha juga memudahkan kunsumen. Meminimalkan pegang uang cash juga kan...

    ReplyDelete
  15. Aku biasanya kalo minum kopi kayak gini ada dua varian yang disuai; kopi alpukat sama kopi fresh milk tanpa gula. Duh, jadi tiba-tiba pengen ngopi. hehehe. Any way, coffee shop langgananku udah Point of sale cafe. Lebih praktis.

    ReplyDelete
  16. Asik banget bisa ngopi di janji jiwa mbak. Btw SPOTS ini membantu pedagang banget dalam hal pembayaran dan keuangan ya mbak.

    ReplyDelete
  17. Janji Jiwaaa yang bener-bener bikin Jiwa ini tenang, hahaha...
    Aku (hampir) tiap pagi kalo abis nganter anak, nongki ama temen di Janji Jiwa, hahaha...cafe yang paling rajin karena bukanya pagi.

    Iyaa,
    Kalau diperhatikan...memang pakainya EDC SPOTS.
    Semuanya serba detil dan transparan bagi pendatang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejak menjamurnya kafe, aku juga jadi rajin mengamati...pengusahanya pakai mesin EDC SPOTS juga gak...?
      Karena amazing aja gitu...SPOTS sudah dipakai hampir di setiap kota besar di Indonesia.

      Delete
  18. Wah aplikasi yg sdh ada dimana mana nih..mamang gerobak aja sdh pke..mantaps..

    ReplyDelete
  19. Spots membuat pengusaha jadi lebih teratur dalam pembukuan dan mempermudah kerja kasir. Sehingga meminimalisir kesalahan menghitung kembalian pelanggan

    ReplyDelete
  20. Waahhhh di tempat2 ukm sekarang banyak banget bayarnya pake cashless yaa mbak, makin maju dan terdepan sekarang

    ReplyDelete
  21. Terima Pembayaran QRIS dan kartu debit ... wah mantap update terus ya SPOTS ini, makin memudahkan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya di Surabaya jarang sekali ada yang pakai karena sudah ada merk yaitu ke OVO atau Gopay meskipun sistemnya QRIS juga

      Delete
  22. Adanya mesin kasir SPOTS sangat membantu pengusaha ya, bikin aktivitas keuangan lebih rapi, pesanan juga tercatat dengan baik.

    Bagi yang suka bayar pakai gopay juga enak nih

    ReplyDelete
  23. Mskin kesini makin nggak butuh uang cash ya mbk. Praktis banget.. Ohya mesin Spots ini bisa untuk usaha toko baju nggak ya? Atau khusun makanan saja?

    ReplyDelete
  24. 2020 emang QRIS harus jalan ya. Spots ini sudah menerapkannya juga. Mantap

    ReplyDelete
  25. memang mba, saya lihat bbrapa unit usaa yang pakai ini, jadi mudah banget pembukuannya juga, karena setiap transaksi langsung diinput

    ReplyDelete
  26. SPOTS ini nggak cuma mempermudah pekerjaan pelaku UMKM, tapi juga bagi pembeli ya, memudahkan untuk transaksi non tunai.

    ReplyDelete
  27. Buat aku yang lebih suka cashless, pembayaran seperti ini cocok banget. Sekarang malah suka malas pergi ke toko/resto/cafe yg blm menerima cashless. Karena ada tuh 1 toko langganan aku tapi blm cashless pembayarannya. Ya ampun kalo bayar antriiiii. Sayangnya masih butuh belanja di situ, kalo engga dah kutinggalin hiks

    ReplyDelete
  28. Ihh kok sama sih pemikiran kita, aku pun pengen buka kedai mungil gitu. Entah nyewa atau di teras rumah, buat usaha UMKM jualan minuman atau cemilan kekinian. Apalagi ada mesin EDC SPOTS yang bisa support pencatatan keuangan, plus bisa bikin nota tagihan ke konsumen.

    ReplyDelete
  29. seneng ya mbak, sekarang hampir semua kedai punya mesin kasir SPOTS. sangat berguna sekali di saat corona menjadi pandemi sehingga tidak perlu pegang uang. Dimana uang ini sangat rentan sebagai media penyebaran

    ReplyDelete
  30. Spots ini membantu banget ya buat para pengusaha kuliner... Juga untuk pembeli yang praktis dan lebih suka cashless...

    ReplyDelete
  31. Aku sering sih merhatikan kalau lagi dikasir mesin EDC ini tapi nggak tau kalau ini namanya SPOTS.. cakep ih idenya group Gojek ya mempermudah transaksi

    ReplyDelete
  32. udah liat spots pas beli ayam di depan komplek. praktis banget ya ga perlu mesin kasir gede di counter penjual makanan

    ReplyDelete
  33. Mesin kasir SPOTS ini bener-bener membantu kita yang punya usaha untuk memantau berapa banyak penjualan atau pembelian suatu barang. Bagusnya lagi bisa buat laporan keuangan. Sehingga kita tidak perlu capek-capek merekap omzet penjualannya.

    ReplyDelete
  34. Aku udah nyoba aplikasi spot ini saat ke Makassar mba. Ngebantu banget ini bisa memudahkan saat pembayaran

    ReplyDelete
  35. Spots ini nguntungin pelaku umkm juga nguntungin pelanggan juga ya mbak. Seneng kan kalau kita bayar cahsless, nggak perlu repot lagi.

    ReplyDelete
  36. Sebagai generasi cashless kalau jajan atau nongkrong di cafe yang bayarnya pakai mesin SPOTS aku seneng banget mba. Lebih praktis hemat waktu.

    ReplyDelete
  37. Praktis n memudahkan banget ya spots ini. Baik untuk penjual maupun pembelinya. Andai semua warung ada begini ya. Gampang jadinya prosesnya.haa

    ReplyDelete
  38. Bersyukur ya mba ada spots, dulu sebelum banyak yang review spots pas ke kang soto langganan aku terheran2 hahaha *katronya diriku

    ReplyDelete
  39. Menggunakan mesin EDC SPOTS memang lebih memudahkan. Transaksi lebih gampang tanpa harus membaca uang cash

    ReplyDelete
  40. Kapan hari ke warung kopi deket rumah juga udah pakai SPOTS, Mbak. Ini warung kopi lho, bukan cafe. Tapi emang dia yang disasar anak zaman now sih meskipun tempatnya kecil dan super biasa tapi desain, rasa dan payment-nya udah ngikuti trend banget.

    ReplyDelete
  41. Dulu, pedagang kecil atau UMKM menengah ke bawah, ngitungnya masih dengan cara manual, tp hadirnya SPOTS semua bis menikmati kasir online secara mudah dan praktis

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...