3 Rekomendasi Komik Komedi di Webtoon

Thursday, May 14, 2020
"Mah aku mau beli komik Si Juki ya!" kata anak-anak beberapa waktu yang lalu. Saya sempat heran kak tau-tauan ada komik Si Juki sih, ternyata mereka tau dari aplikasi Webtoon. Eh malah saya disuruh baca katanya lucu-lucu dan ada cerita yang cocok juga buat mamah kok, ada cerita Korea.

Akhirnya saya mengunduh aplikasi Webtoon karena penasaran seperti apa sih web komik yang ada di sana dan sambil memantau apa yang sedang dibaca anak-anak supaya sesuai dengan umurnya, jangan sampai baca genre tertentu. Jaman sekarang gak bisa juga melarang anak untuk baca ini itu di aplikasi seperti ini, yang penting diberikan pengertian dan selalu dalam pengawasan.



Oh ya, Webtoon ini merupakan portal penerbitan webtoon atau komik daring yang dikeluarkan oleh Naver Corporation di Korea pada tahun 2004 lalu. Baru kemudian masyarakat luar Korea mulai bisa menikmati layanannya di LINE Webtoon pada tahun 2014.

Berbagai genre web komik bisa dibaca pada aplikasinya ini seperti drama, fantasi, aksi, horor, roman, dan komedi. Nah, buat teman-teman yang sedang menjalani Physical Distancing di rumah aja untuk hiburan bisa lho membaca komik Webtoon komedi berikut ini sebagai rekomendasi.

Si Juki


Tokoh Juki ini digambarkan sebagai seorang mahasiswa oleh pengarangnya Faza Meonk dan tentunya dengan kondisi seperti jaman sekarang. Meskipun belum ada lagi seri terbarunya, tapi masih bisa dinikmati kok oleh siapapun yang belum pernah membaca kisah komedi Si Juki sebelumnya.

Buat kamu anak kost atau lagi nostalgia mengingat masa-masa kost saat kuliah cocok banget nih baca komik ini. Si Juki yang kocak dan punya kebiasaan-kebiasaan yang menyebalkan, usil dan lainnya tapi anehnya selalu beruntung. Keberutungan seperti apa yang dialami oleh Juki? baca langsung aja di Webtoon.

Kalau saya lihat sih di Webtoon Si Juki ini ada 3 seri pada aplikasi Webtoon seperti Kisah Usil Si Juki Kecil, Nostalgia Ramadhan Si Juki Kecil, sampai Si Juki : LIKA LIKU ANAK KOS.

Tahi Lalats


Kalau judul webtoon yang satu ini cocok buat mereka yang gak suka komik bersambung dan panjang karena setiap episode komik Tahilalats di Webtoon mempunyai tokoh dan cerita yang berbeda.
Tema ceritanya juga seringkali disesuaikan dengan keadaan yang sedang terjadi di Indonesia, jadi jangan heran kalau jalan ceritanya up to date. Sayangnya pembuat komik kocak ini Nurfadli Mursyid sedang istirahat meng-upload komiknya di aplikasi tersebut, tapi kamu masih bisa membacanya di Webtoon hingga episode ke-653.

Si Udin



Tokoh Si Udin yang dibuat oleh Nisken ini ceritanya masih belajar di sekolah dasar. Penulisnya menggambarkan Si Udin dengan lucu tapi juga bikin jengkel sekaligus. Si Udin ini juga rajin lho, pada salah satu episode yang saya baca walaupun hari Minggu libur tapi dia tetap mau pergi ke sekolah karena menurutnya mencari ilmu itu gak kenal waktu. Tuh, coba gimana gak kesel ngasih tau anak ini.

Baca Komik Lainnya di Webtoon


Bagi yang gak suka komik genre komedi, bisa baca komik lainnya sesuai dengan genre yang disukai di Webtoon. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di Google Play atau App Store.

Saya penasaran cari judul komik lainnya, tetep dong saya mampir ke judul webtoon Korea, jadi mau baper juga via webtoon ceritanya. Bolehlah kalau selama ini saya sukanya nonton drama Korea, tapi sekarang bisa mulai mengembalikan hobi membacanya melalui webtoon dulu.

Saya coba membaca webtoon yang berjudul The Secret of Angel yang menceritakan tentang seorang gadis namanya Jukyung. Dia ini sering di-bully oleh temannya waktu masih sekolah karena wajahnya yang dianggap kurang cantik. Ketika dewasa dia pun berusaha untuk berubah menjadi cantik hingga akhirnya bertemu dengan laki-laki yang tahu wajah aslinya. Lagi asyik-asyiknya baca eh kok bersambung sih. Tapi sebetulnya sudah ada dua preview episode terbaru untuk dibaca. Kalau penasaran dengan jalan ceritanya bisa kok dibaca saat ini juga asalkan punya 12 koin untuk setiap episodenya.

Oh ya koin ini ibaratnya mata uang atau kunci yang digunakan di aplikasi LINE Webtoon gunanya untuk membuka episode berikutnya yang sudah ada namun belum tayang. Bagi pengguna yang tidak memiliki koin harus menunggu waktu tayang tiap episodenya, sedangkan bagi yang sudah membeli koin bisa langsung membuka episode tersebut saat ini juga. Jumlah koin yang harus dikeluarkan untuk membaca satu episode bervariasi biasanya akan tampil pada menu pop-up sebelum membuka episode berbayar tersebut.

Cara Membeli Koin di Webtoon Melalui GoPay


Mumpung lagi ada promo Google Play buat pengguna GoPay, saya pun membeli Koin supaya bisa membaca episode terbaru lebih awal dan gak perlu menunggu hari serta jam tayangnya tiba.
Sebelum membeli Koin kita perlu mengaktivasi terlebih dahulu akun GoPay di Google Play dengan cara seperti di bawah ini :


  1. Masuk ke Google Play, lalu pilih menu Payment methods.
  2. Klik Add GoPay.
  3. Klik Continue, pastikan nomor ponsel yang terdaftar sudah benar.
  4. Proses aktivasi berhasil.
  5. Pada bagian Payment methods sudah tertera metode pembayaran menggunakan GoPay.
Langkah selanjutnya adalah membeli Koin yang diinginkan dan membayar menggunakan GoPay. Ada beberapa pilihan jumlah Koin yang dapat dibeli mulai dari 33 Koin hingga 393 Koin dengan harga paling murah IDR 5000. Jangan lupa ditop-up terlebih dahulu GoPay-nya, pastinya sudah bisa dan terbiasa ya melakukan top-up sebelumnya.

Ikuti langkah berikut ini untuk beli Koin Webtoon :


  1. Buka aplikasi Webtoon lalu pilih jumlah Koin yang akan dibeli dengan mengklik tombol IDR yang ada.
  2. Karena sudah aktivasi GoPay di Google Play otomatis pembayaran menggunakan Gopay, klik tombol Buy maka Koin sudah berhasil dibeli.
  3. Pilih previous episode yang akan dibaca dengan cara menukarkan sejumlah Koin.
  4. Klik Beli untuk membaca
Selama bulan Ramadan ini ada Promo Google Play bagi semua pengguna GoPay lho dengan cashback 70% dan bisa digunakan berkali-kali mulai dari tanggal 23 April - 22 Mei 2020. Untuk bisa menggunakan promo ini bisa dilakukan ketika sahur, buka puasa dan ngabuburit. Lumayan kan bisa dapat harga promo kalau mau beli Koin.

Waktu saya beli Koin Webtoon menggunakan GoPay di Google Play gak lama menerima notifikasi kalau saya mendapatkan cashback.

Gak cuma itu aja, buat kamu yang baru daftar GoPay bisa mendapatkan cashback 100% mulai dari 1 April -0 31 Mei 2020.

Kamu suka webtoon genre apa? Bisikin ke saya yuk judulnya, kalau seru saya juga mau ikutan baca. Jangan lupa beli Koin di LINE Webtoon pakai GoPay supaya gak harus nunggu lama untuk membaca previous episode.

15 comments

  1. Aku ngikutin The Secret of Angel Mak. Dulu suka tahi lalats juga tapi kadang aku ga mudeng jokesnya, hihi. Seru ya baca webtoon :D

    ReplyDelete
  2. wah baru tau di juki and tahi lalat juga ada di Webtoon
    Ini apps yang lumayan menghibur nih di masa pandemi. Lebih enak baca di apps ya daripada baca buku.
    Dan wow banget ya itu pakai Gopay cashbacknya lumayan..

    ReplyDelete
  3. Aku suka tuh liat si juki sama tahi lalat, cuma yg ketiga itu aku belum tau malahan. Mayan banget hiburan meski kartunnya ga ada yg ganteng hahaha

    ReplyDelete
  4. Wah, aku juga baru mulai baca Webtoon Mbak, aku baca Gwen, kocak ceritanya..mudah ya bisa beli koin lewat GoPay..

    ReplyDelete
  5. Nah aku pernah baca yang Tahi lalat dan ini gokil lucu. kalau nonton kayak gini pasti ketawa ngakak seru

    ReplyDelete
  6. Whuaa aku ngikutin mbak Webtoon The Secret Angel, kabar-kabar sih mau dijadiin drakor. Hehe. Btw ada rekomendasi juga Webtoon komedi judulnya "Serumah" produknya kantorku. Siapa tau mau baca. Hehe.

    ReplyDelete
  7. Si Juki favorit anakku, Tiominar.
    Sampai beli komiknya lengkap :)
    Ku belum pernah pakai gopay buat beli-beli di Google Play. Mau coba ah.

    ReplyDelete
  8. Kalau lagi ada promo begini lumayaan ya Lia.. aku udah lamaa ngg buka webtoon nih

    ReplyDelete
  9. beli komik di webtoon pake gopay bisa juga ya..aku belum pernah. Kalau ngikutin tahi lalat paling di instagram doang..

    ReplyDelete
  10. Jadi makin gampang ya beli apa saja di Google Play dengan menggunakan Gopay. Jadi pengin langganan channel film nih biar update film-film baru. Ada rekomendasi apa nih kalau app film, tapi yang bukan drakor ya.

    ReplyDelete
  11. Wah iya ini, aku juga baru nyobain beli ebook di google play dan bayarnya pakai Gopay. Dan baru nyadar dapat cash back saat lihat aplikasi Gopay lagi. Senengnya, jadi pengen beli2 buku lagi (pengganti acara beli buku di toko buku yang "libur" karena pandemi ini)

    ReplyDelete
  12. Wah udah lama banget gak ngewebtoon! Terakhir baca the secret of Angel. Gak kelar juga sih. Hehehe. Selain genre romance, aku juga suka yang kocak kayak tahi lalats. Asiknya sekarang bisa beli koin di gopay ya biar baca komiknya makin seru.

    ReplyDelete
  13. Jujur belum pernah baca webtoon :D hihihi tapi asli jadi tertarik bisa baca mobile gini. Apalagi bisa beli pake GoPay. Kemarin juga aku pakai GoPay teh utk beli aplikasi. Membantu banget sekarang GoPay terkoneksi dengan Google Play.

    ReplyDelete
  14. Wahh. Mau download buat anakku ahh
    Kebetulan suka komik bgt

    ReplyDelete
  15. Sumpah itu tahi lalat kocak habis, bikin seger otak. Klo suamiku suka si Juki sampai punya buku wkwkwk

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...