Aplikasi Usaha Bikin Transaksi Toko Online Kamu Lebih Praktis dan Mantap

Aplikasi Usaha Bikin Bikin Transaksi Toko Online Kamu Lebih Praktis dan Mantap - Penting gak sih memakai aplikasi usaha untuk bisnis online yang sedang dijalani? Jawabannya pasti beragam. Ada yang bilang "Ah buat apa kan cuma jualan makanan aja gak usah pakai aplikasi juga bisa kok, nanti aja kalau sudah punya toko online yang besar baru pakai".




Bisnis online saat ini makin marak apalagi di masa pandemi banyak orang meminimalkan untuk keluar rumah. Untuk mencukupi kebutuhan hariannya otomatis melalui jasa online baik membeli makanan atau keperluan lainnya.

Bicara soal bisnis, jadi ingat dengan adik saya yang sudah 7 tahun punya  usaha menjual seprai made by order. Produk yang dijualnya juga bisa di-custome berdasarkan kebutuhan pembelinya supaya pemakaian seprai pas, ketat sesuai dengan tempat tidur yang dimiliki. Selain itu juga bisa membeli sarung bantal tambahan atau bed cover sekaligus.

Usaha yang digelutinya ini sudah terbilang lama dan mempunyai reseller di berbagai kota bahkan hingga luar pulau. Saya pun menawarkan untuk melebarkan sayap usahanya di dunia maya supaya bisa menjangkau pelanggan lebih banyak lagi. Orderan sudah banyak, tapi kalau ditanya mengenai keuntungan perbulan dan sudah berapa banyak penjualannya hingga saat ini, dia gak akan tahu pasti karena harus menghitung terlebih dahulu dari catatan yang ada. Meskipun pencatatan order tertulis di buku catatan tapi sebaiknya tetap ada catatan transaksi.


Hal Yang Harus Disiapkan Untuk Memulai Toko Online


Berdasarkan pengalaman tersebut ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum memulai bisnis online.

🎀 Tentukan Produk Yang Akan Dijual

Dalam kasus adik saya, gak usah pusing lagi menentukan produk yang akan dijualnya untuk berjualan online. Tapi untuk pemula seperti saya yang ingin membuka toko online harus menentukan terlebih dahulu produk dan target pasarnya.

Banyak pilihan produk yang bisa kita pasarkan, baik itu produk yang dibuat sendiri atau membeli dari tempat lain sebagai reseller. Jika modal usaha minim bisa kok berjualan dengan sistem dropship.

🎀 Siapkan Tempat Usaha

Biasanya mereka yang mempunyai toko online otomatis melayani offline juga. Kalau toko offline tempatnya bisa di rumah atau menyewa toko, nah untuk toko online ini kita bisa menentukan akan berjualan pada platform apa di dunia maya.

Beberapa platform dapat dipilih untuk memasarkan produk seperti di media sosial Facebook, Instagram, atau marketplace. Banyak pula yang melakukan promosi produknya melalui status whatsapp, cara ini juga menjanjikan lho asal jangan terlalu spam aja supaya gak menganggu orang lain.

🎀 Pilih Jasa Pengiriman

Memilih jasa pengiriman yang baik dan dipercaya merupakan modal utama dalam berbisnis online agar pelanggan tidak kecewa. Gunakan beberapa jasa pengiriman berdasarkan pengalaman yang sudah ada karena satu jasa pengiriman yang baik belum tentu baik di lokasi lain.

Sebagai pemilik toko online juga sebaiknya memberikan notice kapan barang akan dikirim apalagi jika barang yang dijual made by order. Hal ini ini untuk menghindari pembeli yang tidak sabar padahal sudah ada ketentuan kapan hari pengiriman.

🎀 Menerima Berbagai Metode Pembayaran

Toko online yang menyediakan berbagai metode pembayaran memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi. Jika hanya menerima satu rekening bank saja, terkadang customer keberatan membayar biaya transfer. Di zaman teknologi seperti saat ini sepertinya toko online juga harus menyiapkan metode pembayaran menggunakan e-wallet untuk pelanggannya.

🎀 Mencatat Penjualan

Mencatat semua penjualan yang ada itu penting supaya keuangan bisa diatur dengan baik. Dengan mencatat kita juga bisa mengetahui banyaknya penjualan serta keuntungan yang diperoleh sehingga bisa menentukan target pasar yang lebih tinggi lagi ke depannya.


Menggunakan Aplikasi Usaha


Dengan kemajuan teknologi untuk  poin metode pembayaran dan pencatatan penjualan saat ini bisa menggunakan satu aplikasi untuk usaha namanya Youtap. Youtap merupakan aplikasi dagang yang dapat membantu pemilik usaha seperti warung maupun toko online dalam pengelolaan usahanya lebih cepat dan mudah dengan bantuan digital.




Youtap adalah aplikasi dagang yang dikeluarkan oleh PT. Mitra Digital Sukses untuk membantu pemilik usaha seperti warung maupun toko online dalam pengelolaan usahanya lebih cepat dan mudah dengan bantuan digital.

Ada pun keuntungan menggunakan aplikasi kasis Youtap antara lain:

🎀 Membantu Proses Transaksi

Produk-produk yang mempunyai kode barcode bisa didaftarkan sebagai produk toko Mitra Youtap untuk memudahkan proses transaksi. Gak usah khawatir kalau produk belum memiliki barcode karena bisa didaftarkan dengan kode barcode sendiri.

Kalau pemilik usaha gak mau mendaftarkan produknya mungkin karena masih sedikit variannya gak masalah kok. Karena aplikasi ini bisa digunakan sebagai fitur kalkulator untuk memasukkan harga dari produk pada setiap transaksi.


🎀 Menerima Berbagai Metode Pembayaran

Aplikasi Youtap bisa menerima berbagai metode pembayaran mulai dari QR, NFC, uang tunai, kartu debit hingga kartu kredit.

Banyaknya pilihan metode pembayaran akan memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi, karena setiap orang mempunyai metode yang berbeda.


🎀 Mendapatkan Laporan Transaksi Penjualan

Menggunakan Youtap maka pemilik usaha bisa mendapatkan laporan penjualan lewat email atau WhatsApp. Pilihan laporan bisa disetting baik harian, mingguan, bulanan, sampai tahunan. 

Setelah mengetahui laporan penjualan maka pemilik usaha pun bisa membuat perencanaan pengembahan usaha. Selain itu kita juga bisa mendapatkan informasi produk apa saya yang paling diminati dan bisa menyediakan stok terlebih dahulu supaya produk tidak kosong saat ada pelanggan yang mencari.

🎀 Pendaftaran Mudah

Cara mendaftar Mitra Youtap mudah tinggal mengisi formulir registrasi saja dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan.

Ada 4 jenis aplikasi Youtap yang dapat kamu gunakan yaitu Youtap App, Youtap Go, Youtap Pro, dan Youtap Plus. Kalau kamu mau mencoba untuk pertama kalinya dapat menggunakan Youtap App karena tidak berbayar. Tapi walaupun menggunakan jenis yang lain biaya bulanannya terjangkau mulai 20 ribu rupiah perbulan. Pastinya setiap jenis mempunyai kelebihan fitur yang dapat digunakan.


Kalau sudah tahu keuntungan dan mudahnya menggunakan aplikasi usaha Youtap ini, apakah kalian masih mikir-mikir lagi untuk melakukan digitalisasi usaha? Gak dong karena bisa membantu mengelola usaha dan mendapatkan laporan penjualan sekaligus. Yuk, aplikasi Youtap bisa diunduh di Google PlayStore dan AppStore!



Post a Comment

1 Comments

  1. Aplikasi usaha yang inovatif tentu sangat membantu dalam pengembangan bisnis ya mbak, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini tentu sangat dibutuhkan untuk menunjang kelancaran usaha.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya