5 Buku Favorit Keluarga Yang Sarat Dengan Kenangan

Kalau ditanya top 5 buku favorit kesukaan saya, rasanya sulit disebutkan satu persatu karena setiap buku punya keunikan sendiri yang bisa diambil manfaat serta hikmah yang terkandung di dalamnya. Sejak lama saya menyukai novel-novel ringan sebagai bacaan dikala suntuk.

5 buku favorit




Kali ini saya akan menuliskan 5 buku bacaan favorit keluarga kami di rumah saja ya, yang memiliki kenangan tersendiri.


Koleksi Buku Harry Potter


Kenapa buku Harry Potter menjadi favorit bagi saya? Saya membeli buku Harry Potter pertama "Harry Potter and The Sorcerer's Stone" waktu jaman kerja dulunya. Satu buku bisa saya tuntaskan dengan cepat karena penasaran.

Buku Harry Potter selanjutnya pun terbit, gak ketinggalan saya ikut melakukan PO juga saat itu. Saya koleksi buku Harry Potter dari jaman belum menikah hingga mempunyai anak. Koleksi Harry Potter yang saya miliki dibaca oleh suami dan anak-anak. Uniknya malah buku seri yang terakhir malah suami yang beli duluan karena penasaran dengan ending cerita yang ditulis oleh JK Rowling tersebut.





Buku-buku Karya Enid Blyton


Buku yang ditulis oleh Enid Blyton yang berasal dari Inggris ini punya kenangan yang panjang buat saya. Semua buku karyanya saya sukai, berawal dari buku berjudul "Noddy" yang dibelikan oleh bapak saat SD dulu.

Beberapa karya Enid Blyton yang sudah saya baca antara lain serial Lima Sekawan, Sapta Siaga, Pasukan Mau Tahu, dan Malory Towers. Sempat sedih karena koleksi buku Lima Sekawan yang saya miliki tak bersisa karena dipinjam teman dan tidak kembali lagi.  Tapi saat ini saya punya beberapa bukunya lagi cetakan terbaru meskipun tidak lengkap.




Buku Bagai Bumi Berhenti Berputar - Clara Ng



Pertama kali membaca novel trilogi Indiana Chronicle karya Clara Ng saya langsung menyukainya. Makanya setiap Clara Ng menerbitkan buku barunya saya langsung membelinya seperti Lipstik, Bridesmaid, The (Un)Reality Show hingga Tiga Venus dan Gerhana Kembar.

Begitu tahu Clara Ng membuat buku untuk anak-anak, saya juga langsung membelinya yaitu Sejuta Warna Pelangi dan Bagai Bumi Berhenti Berputar yang isinay kumpulan cerita untuk anak.




Buku Berbagi Cerita Berbagi Cinta Stories


Tertarik membeli buku ini karena karya Clara Ng juga. Selain itu di dalamnya ada cerita berjudul Gaya Rambut Pascal, yang sebelumnya ingin membeli tapi keburu kehabisan. Nah di koleksi buku "Berbagi Cerita Berbagi Cinta Stories" ini ada judul cerita tersebut.

Ketujuh cerita yang ada pada buku ini dikemas secara menarik ciri khas anak-anak apalagi bukunya berwarna. Pada cerita Gaya Rambut Pascal menceritakan tentang seekor singa, lucu aja soalnya namanya seperti nama si sulung.




Belajar Membaca Halo balita


Satu set buku Halo Balita ini adalah buku pertama si bungsu yang saya belikan waktu masih balita. Dari buku ini dia bisa belajar membaca dan menyukai buku.

Meskipun dulu belum bisa membaca, tapi saya membacakan untuknya hingga lama-lama bisa membaca sendiri. Buku Halo Balita yang terdiri dari 25 jilid dengan hard cover, saking awetnya sehingga bisa diturunkan ke adiknya untuk belajar membaca.

Setiap cerita di buku Halo Balita mengandung nilai-nilai yang dapat diajarkan pada anak-anak dengan menyenangkan.

Baca juga : Buku Halo Balita


Nah itu dia review buku favorit yang sarat dengan kenangan baik bagi saya sendiri maupun keluarga. 5 buku favorit pilihan ini semoga bisa dijadikan referensi buat siapa pun yang suka baca buku.



#Hari10
#BPNRamadan2021

Post a Comment

19 Comments

  1. Halo Kak Lidya! Waah aku girang bgt liat ada Enid Blyton on the list. Aku punya koleksi Malory Towers lengkap yaampun dulu aku sesebel itu sama Gwendoline yg tiap mau bobo kudu nyisir min. 100x hahaha😭 Aduh jadi kangen pengen muda lagi haha. Anw, semangat lanjutin 30 Day Challenge nya!🙌🏻

    ReplyDelete
  2. Wah ini mah termasuk buku berat buat aku, Mbak. Hahaha.

    aku sendiri, lagi gandrung-gandrungnya sama novel terjemahan, hehe.

    ReplyDelete
  3. Enid Blyton aku sukaaa banget, mba
    Itu jaman aku TK - SD deh kayaknya
    demen bgt baca karangan Enid Blyton.
    Baguusss dan berkesan!

    ReplyDelete
  4. Semua buku favorit biasanya membawa kita pada kennagan membaca yang indah. Buku2 yang dibaca saat masa kecil biasanya akan sellau menjadi favorit sepanjang masa.

    ReplyDelete
  5. Buku Harry Potter saya jg masih simpan koleksinya walaupun ga lengkap2 amat hehe emang legend jadinya sekarang ya

    ReplyDelete
  6. Di antara rekomendasi mbak Fitrian, aku cuma punya Halo Balita aja hehe. Enid Blyton dulu suka baca tapi pinjam di tempat persewaan, belum punya kolpri nih. Kapan2 beli aah buat anak2.

    ReplyDelete
  7. Di antara lima buku tersebut yang paling bikin penasaran adalah No. 1. Yaitu koleksi buku Harry Potter. Terima kasih tulisannya Mbak. Lydya.

    ReplyDelete
  8. Saya termasuk generasi yang tumbuh bersama Harry dkk. Pertama baca waktu kelas 6 SD, buku terakhir launching waktu saya kelas 2 SMA. Nggak sabar nunggu terjemahannya akhirnya nekat PO yg bahasa Inggris. Wkwk..

    ReplyDelete
  9. Wiwin | pratiwanggini.netApril 30, 2021 at 4:28 AM

    Dari itu semua yang pernah saya baca hanya karya-karyanya Enid Blyton, itu pun paling cuma beberapa :D

    ReplyDelete
  10. Saya pertama kenal Clara Ng justru sebagai penulis novel, baru belakangan tahu karya-karya buku anaknya. Bagus ya Mbak... saya tuh suka karena Clara Ng suka mengangkat tema-tema yang enggak biasa menjadi cerita anak :D

    ReplyDelete
  11. Saya juga suka banget sama buku-bukunya Enid Blyton. Suka serasa ikutan berpetualang di dalam cerita-ceritanya. Asyik banget. Legendaris banget deh pokoknya Blyton itu

    ReplyDelete
  12. Wow, toss Mbak untuk karya Enyd Blyton. Aku sukaa banget baca berbagai karangannya, soalnya seri petualangan dan berasa bayangin segala kejadiannya, duh, seru banget. Dulu aku pinjam dari saudara, semasa SD bacanya. punya sendiri 1 buku klo nggak salah judulnya di Bukit Billycook, trus pengen banget punya koleksinya. Someday mau beli aku Mbak. Beberapa aku simpan versi pdf.

    ReplyDelete
  13. wah ada dua buku yg sama dgn buku favorit keluargaku mbak..
    Harry potter dan Halo Balita

    ReplyDelete
  14. Aku juga suka novel Enyd dan Harrg Potter mam. Wajib banget dibaca. Petualangan, misteri, persahabatan, lengkap.

    ReplyDelete
  15. Tema buku-bukunya beragam ya mba, ada yang fantasi sampe buku edukasi buat anak. Koleksi bukunya pasti banyak nih di rumah.

    Yang pertama itu iya aku suka banget. Asikan baca novelnya ketimbang nontonnya.

    ReplyDelete
  16. Aku jadi inget zaman sekolah baca Harpot bisa begadang dan besokannya pas sekolah langsung ngobrolin buku itu sama temen-temen. Rasanya jadi anak hype banget kalo bisa cerita detil.
    Huhuu...kalo sekarang kok gak bisa yaa...baca buku tebel sekali duduk gitu?

    ReplyDelete
  17. Nomor 3 saya belum tahu bukunya, nih! Baguskah Mbak?

    ReplyDelete
  18. Inspiratif sekali keluarganya mbak lidya. Keluarga yang kompak olahraga, gemar pula membaca. Sampai sekarang, saya belum pernah lihat langsung nih buku Halo Balita. Penasaran juga..kayaknya bagus.

    ReplyDelete
  19. Aku punya buku Harry Potter dan Enid Blyton. Membaca kisah petualangan apalagi berbalut fantasi itu menyenangkan buatku 😃

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya