Membaca Nyaring bersama Let's Read sebagai Bekal Anak Bertumbuh

Membaca Nyaring bersama Let's Read sebagai Bekal Anak Bertumbuh. Membacakan buku pada anak sudah saya lakukan sejak mereka masih kecil. Sebagai orangtua harus mendampingi anak-anak sejak dini dalam mengenalkan buku untuk menumbuhkan minat baca anak usia dini.

membaca nyaring bersama let's read




Tumbuhkan Minat Baca Anak Sejak Dini


Banyak orangtua ingin anaknya suka membaca buku, itu sah-sah aja. Tapi, gak bisa menyuruh mereka untuk membaca begitu saja apalagi jika sudah di usia sekolah.

Membiasakan anak suka buku itu harus dipupuk sejak dini dengan menyediakan buku bacaan yang sesuai dengan usianya dan mengajaknya ke toko buku untuk membeli buku.

Buku sudah dibeli, jangan dibiarkan mubazir menempati rak buku begitu aja, tapi kita sebagai orangtua harus meluangkan waktu setiap hari untuk membacakan buku tersebut pada anak-anak sejak mereka masih kecil. Meskipun belum bisa membaca bahkan tidak mengerti isi buku tapi bisa loh dengan membacakan cerita tersebut dengan membacakan secara nyaring. 


Membaca Nyaring Pada Anak


Tentang membaca nyaring atau Read Aloud ada lho komunitasnya bernama Read Aloud Indonesia.

Pada acara Online Gathering : Buku - Bekal Anak Bertumbuh yang diadakan live lewat aplikasi Zoom (11 Mei 2021) yang diselenggarakan oleh Let's Read dan Blogger Perempuan menghadirkan Ibu Roosie Setiawan sebagai founder Komunitas Reading Bugs yang juga penerjemah buku The Read-Aloud Handbook' karya Jim Trelease dan menuliskan buku "Membaca Nyaring".

Ternyata secara tidak sadar saya juga sudah melakukan membaca nyaring pada anak-anak dulu, hanya saja tekniknya mungkin kurang sempurna. Menurut Ibu Roosie dengan membaca nyaring dapat mengembangkan kosa kata baru pada anak sekaligus membantu anak-anak mengenali membaca dengan menyenangkan.

Membaca nyaring gak bisa dilakukan asal membaca bersuara atau kencang saja tetapi ada tekniknya yang melibatkan multimoda meliputi bahasa tulisan, bahasa lisan, gambar, bahasa tubuh dan indera pendengaran.

Dengan membaca nyaring bisa mengmbangkan keterampilan anak dalam menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Saat menyimak, anak akan merekam kosakata baru yang didengarnya untuk kemudian digunakan dalam belajar bicara serta membaca dan menulis. Dapat disimpulkan bawha membaca nyaring bisa mengambangkan kemampuan literasi anak sejak dini.

Manfaat lain dari membaca nyaring adalah bisa mendekatkan hubungan anak dan ibu serta wawasan anak pun akan terbuka luas apalagi jika berbagai buku dibacakan kepada mereka.

Luangkan waktu untuk membacakan buku dengan nyaring, nikmati prosesnya bukan untuk cepat-cepat menyelesaikan satu buku - Roosie Setiawan.


4 Tahapan Membaca Nyaring


Dalam membaca nyaring pastinya ada persiapan yang harus dilakukan oleh orangtua dengan membacanya terlebih dahulu dan memastikan buku tersebut memang cocok untuk si kecil. Dengan membaca terlebih dahulu, maka kita bisa mengekspresikan mimik, intonasi dan lainnya ketika membaca nyaring pada anak.




Hal penting lainnya setelah membaca nyaring coba lah untuk bertanya agar si anak bisa menceritakan kembali isi dari buku tersebut. Dalam bertanya tersebut gunakan sistem 5 finger retell yang terdiri dari tokoh setting, awal, tengah, dan akhir.




Dalam membaca nyaring, pastinya kita membutuhkan media sebagai alat bantu dalam membaca dalam hal ini tentu saja buku. Banyak buku cetak dengan gambar atau ilustrasi menarik aneka warna dapat dipilih. Selain buku kita juga dapat memanfaatkan aplikasi membaca di dunia maya seperti Aplikasi Let's Read.


Tentang Aplikasi Let's Read


Let's Read adalah aplikasi perpustakaan digital buku cerita anak persembahan dari komunitas literasi dan Asia foundation yang dibentuk untuk membudayakan kegemaran membaca.

Di dalam aplikasi Let's Read kita bisa menemukan cerita yang sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa,bahkan selain bahasa Indonesia juga ada bahasa daerah di Indonesia seperti Jawa, Sunda, Minang, dan lainnya.


πŸ’— Cara Menggunakan Aplikasi Let's Read


Supaya bisa menggunakan aplikasi Let's Read kita dapat mengunduhnya di Google PlayStore pada smartphone.

let's read



Pada aplikasi terdiri dari 3 fitur yang dapat digunakan yaitu Buku Unggulan, Semua Buku, dan Buku Unduhan. Bahasa yang akan digunakan bisa dipilih pada bagian setting.


πŸ’— Keunggulan Let's Read


Beberapa keunggulan aplikasi Let's Read yang dapat digunakan orangtua untuk membiasakan anak suka akan buku antara lain:

  • Buku digital yang ada pada aplikasi Let's Read dilengkapi gambar berwarna cocok untuk anak Paud dan SD kelas rendah.
  • Cerita tersedia dalam banyak bahasa
  • Selain dapat diakses melalui smartphone android juga melalui let's read website
  • Buku dapat diunduh secara gratis asalkan tidak diperjualbelikan
  • Buku pun dapat dicetak untuk kebutuhan pengajaran

Buku Untuk Bekal Anak Bertumbuh


Aplikasi Let's Read adalah cara efektif membuat anak supaya gemar membaca. Di masa pandemi seperti saat ini, kebutuhan buku seharusnya sih tetap jadi kebutuhan untuk anak, namun kondisi keuangan menjadi salah satu masalah yang sedang dialami masyrakat untuk menyediakan buku. Untuk mengatasi kesulitan tersebut Aplikasi Let's Read menjadi salah satu pilihan yang bisa digunakan oleh orangtua agar anak tetap gemar membaca. 

Yuk, luangkan waktu sebentar untuk anak setiap hari dengan membaca nyaring baik bersama Let's Read sebagai bekal anak bertumbuh.  Let's Read yang menyediakan bahan bacaan yang beragam dan memberikan kesempatan pada anak untuk memilih bacaannya sendiri.

Post a Comment

26 Comments

  1. Wah, edukasi yg mantab banget ini, Mbaaa
    Memang ortu kudu memberikan pengalaman yg terbaik buat anak, ya.
    Termasuk membaca dgn nyaring, ini bener2 bisa memberikan best experience dan ningkatkan bonding juga.
    makasi sharing-nya ya

    ReplyDelete
  2. Baru beberapa bulan belakangan ini saya dan anak-anak ada waktu khusus dan rutin untuk membaca bersama. Khusus dan rutin memang koentji. Dulu anak pertama saya terlihat kurangantusias dengan kegiatan membaca. Tapi saat ini dia sudah berhasil menamatkan membaca satu buku 5 sekawan. Sudah merupakan pencapaian yg patus saya syukuri.

    ReplyDelete
  3. Let's read adalah aplikasi favorit keluarga kami mbak
    anak anakku paling hepi klo baca buku-buku yang ada di let's read
    bisa tahu beragam cerita dari berbagai negara pula

    ReplyDelete
  4. Begitu tau tentang Let's Read, otomatis langsung download appsnya. Ini tuh bagus banget ya, karena banyak cerita yan gbisa dibaca dengan menggunakan berbacam macam bahasa.

    ReplyDelete
  5. Masalahnya di sini, kak Lia.
    Kalau anak-anak sudah besar, kita kudu ngajak mereka pas beli buku. Aku pernah beli buku sesukaku, eeh...mereka gak mau baca, karena katanya ada hal yang merka takuti.
    ((mengenai kematian))

    huhuu...

    Uda paling bener kenalan sama Let's Read. Jadi bisa digunakan bersama tanpa mengenal usia.

    ReplyDelete
  6. Seneng banget ada aplikasi Let's Read ini, ceritanya banyak , bagus dan menarik semua. Apalagi setelah dengerin penjelasan Bu Roosie soal manfaat Read Aloud, aku jadi makin semangat bacain cerita buat anak

    ReplyDelete
  7. bersyukur sekali di era teknologi canggih seperti saat ini ada aplikasi yang bisa meningkatkan minat baca pada anak dan tinggal instal aja di smartphone

    ReplyDelete
  8. Seru ya kalau kita mempraktekkan membaca nyaring ke anak, ditambah lagi bacaannya kumpulan cerita yang ada di aplikasi Let's Read dengan visual yang mendukung 😊

    ReplyDelete
  9. Saya baru paham bahwa ternyata ada teknik membaca nyaring, bukan asal baca dan manfaatnya ternyata besar ya, Mbak.

    ReplyDelete
  10. Read aloud tentu juga harus diimbangi dengan mimik wajah, intonasi suara dan juga ikutan mengubah suara kita sesuai karakter pada tokoh cerita yg kita bacakan. Semoga anak kita jadi tertarik & terbiasa membaca buku ya setelah dibacakan dg teknik read aloud ini

    ReplyDelete
  11. anak Paud dan SD pas nih sama kayak anak aku di rumah..
    mereka lagi masa-masanya banget ya. Kalau dulu aku suka bacain buku fisik dan digital juga pernah tapi ngga kayak sekarang ini ya, udah makin banyak kayak lets read ini. Gambarnya menarik2 mbaa

    ReplyDelete
  12. Ternyata membaca nyaring begitu banyak manfaatnya ya mbak buat anak2. Apalagi buat yang baru banget lancar baca, kebiasaan ini akan membuat anak makin fasih.
    Let's Read ini asyik banget platformnya supaya anak2 gak kehabisan bahan bacaan nih ya :D

    ReplyDelete
  13. Bener bnget nih mba let's read bisa jadi referensi bnyak banget ternyata referensi cereita yg bisa anak2 baca dan uniknya bisa belajar bhs daerΓ h dan inggris juga

    ReplyDelete
  14. Read aloud ini aktivitas yang menyenangkan untuk ortu dan anak. Anak-anakku udah gede-gede tapi masih suka dibacakan nyaring hehehe.

    ReplyDelete
  15. Aku jadi belajar bagaimana memulai membaca nyaring yang lebih baik di rumah ini
    Bahkan jadi kenal 5 Retell

    ReplyDelete
  16. Wah, keren banget ada aplikasinya. Cocok nih buat keponakanku yang mulai bisa baca :)

    ReplyDelete
  17. Suka sekali kemarin diberi kesempatan ikutan webbinar ini. Mantap nambah semangat dan yakin dengan apa yang dilakukan selama ini ke anak. Keren acaranya nambah Insight baru

    ReplyDelete
  18. ternyata membacakan nyaring juga ada tekniknya ya mba, agar anak tertarik untuk membaca buku dan minat pada apa yang kita bacakan. thanks sharingnya ya mbak.

    ReplyDelete
  19. Jadi buat numbuhin minat baca anak, dari kita sebagai ortu juga harus mencontohkan suka baca atau minimal sering bacain buat anak ya mbak. Keren sih sekarang ada Let's Read, nggak perlu keluar rumah buat ke perpustakaan lagi, karena sekarang ada perpus digital yang bisa diakses kapan aja dan di mana aja.

    ReplyDelete
  20. Lets read bisa menjadi solusi hiburan ketika mulai bosen di rumah. Yang pasti bisa meningkatkan bonding ibu dan anak. Koleksinya juga lengkap dengan aneka pilihan bahasa

    ReplyDelete
  21. keren banget ini sih mba, sistem lima jarinya aku jadi ikutan belajar juga
    makasih mba Lid, sharingnya. Pengen ngajarin anaku juga kelak

    ReplyDelete
  22. Sekilas, dilihat dari judul bukunya, bagus-bagus, ya. Aksesnya juga mudah dan gratis. Tinggal download aja aplikasinya. Sip! Mau juga, ah! πŸ˜ƒ

    ReplyDelete
  23. Seneng banget ada aplikasi Lets Read... Aku pun membebaskan ke anak-anak untuk akses Lets Read.. mereka seneng banget dapet bahan bacaan banyak banget...

    ReplyDelete
  24. Makanya kenapa anak-anak seneng banget dengerin cerita dari para pendongeng. Karena ceritanya terasa nyata dengan irama dan intonasi ya mba

    ReplyDelete
  25. Anak-anak juga suka ma Let's Read, Mbak. Ceritanya beragam, dari seluruh dunia jadi bisa sekalian belajar bahasa asing. Apalagi ilustrasinya tuh loh, keren keren, bisa sekalian belajar gambar deh.

    ReplyDelete
  26. Zaman sekarang anak-anak kudu sering didampingi ma ortunya biar bisa bangun bonding. Read Aloud bs jadi solusi yang mudah biar bisa menikmati cerita bareng. Anak-anakku juga suka baca cerita di Let's Read, Mbak. Gambarnya unyu dan bisa nampilin banyak bahasa. Seru deh eksplorasinya! :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya