Aplikasi Belajar Untuk Sekolah Online Dari Ruangguru

Aplikasi Belajar Untuk Sekolah Online Dari Ruangguru. Punya dua anak yang mempunyai cara belajar berbeda, satu belajarnya mandiri dan bisa mencari tahu sendiri. Sedangkan yang satunya harus diawasi dan diajarkan. Tiap anak itu memang unik ga bisa disamakan satu sama lain termasuk dengan gaya belajarnya. 

Aplikasi Belajar




Selama pandemi ini otomatis cara belajar juga mengalami perubahan dan memerlukan penyesuaian baik buat anak, murid, maupun orangtua karena semua dilakukan secara daring dari rumah.  Mau gak mau, orang tua juga perlu ikutan belajar lagi supaya lebih paham dan bisa mengajarkan kembali materi yang diberikan oleh guru sekolah nantinya ketika anak bertanya.


Ikut Menyesuaikan Pelajaran Daring


Di tempat si bungsu sekolah ada beberapa metode yang sering digunakan untuk pengajaran setiap harinya. Wali kelas biasanya akan mengirimkan jadwal perhari secara broadcast kepada orangtua dan anak masing-masing.


Kira-kira seperti ini jadwalnya yang saya dapatkan dari wali kelas. Materi pelajaran akan disampaikan melalui GC (Google ClassRoom), Video Youtube, Google Form untuk latihan, dan Zoom untuk materi pelajaran lebih intensif.

Awalnya saya pun mengikuti pelajaran yang diberikan setiap harinya sesuai jam yang sudah diberikan. Tapi, lama-lama kok lelah karena pekerjaan lain jadi terbengkalai. Biasanya kalau anak sedang sekolah, saya bisa mengerjakan hal lain dan menjemputnya di jam pulang sekolah. Lagi pula anaknya juga ga mau saya nemenin terus dari pagi sampai siang, toh ada gurunya yang sedang menjelaskan.

Akhirnya pun saya memilih untuk membiarkannya belajar sendiri dengan guru dan teman-temannya secara online. Paling saya hanya mengingatkan tugas apa saja yang harus dikerjakan dan membantu saat ada kesulitan.

Karena saya tidak mengikuti materi tersebut kadang ada materi yang tertinggal dan tidak dimengerti. Saya pun harus membaca materi tersebut dari buku. Kesulitan yang paling dirasakan adalah tidak dapat memberikan contoh soal-soal pada si bungsu untuk latihan belajarnya. 

Salah satu jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut saya pun mengandalkan aplikasi belajar untuk membantu belajar anak-anak di rumah.



Menggunakan Aplikasi Belajar Online dari Ruangguru


Si bungsu ini lebih suka belajar secara visual melalui video atau ada interaksi langsung dengan guru dibandingkan harus membaca materi dari buku maupun bahan yang diberikan secara online. Sudah 2 tahun ini saya berkenalan dengan Ruangguru sebagai tempat alternatif si sulung yang duduk di bangku SMP belajar tambahan selain dari sekolahan. 

aplikasi belajar untuk sekolah online



Di masa pandemi ini akhirnya saya pun memutuskan untuk untuk mendaftarkan si bungsu ke Ruangguru supaya bisa ikutan belajar materi-materi pelajaran sekolahnya.  Saya pun gak kesulitan lagi memahami materi yang sedang diajarkan di sekolah karena bisa ikutan menyimak materi yang ada di Ruangguru.

Sebagai perusahaan teknologi yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan, Ruangguru saat ini sudah mempunyai banyak pengguna dan ratusan ribu guru yang mengajar di berbagai bidang pelajaran. Salah satu layanan Ruangguru yang dapat dipilih adalah Ruangbelajar.

💗 Ruangbelajar Layanan Belajar Online Terlengkap


Pada Ruangbelajar siswa bisa belajar secara mandiri melalui bahan yang disediakan lewat video belajar animasi. Tidak hanya bahan ajar saja yang disediakan tapi siswa juga bisa menggunakan fitur latihan soal untuk meningkatkan kemampuan belajarnya. 

Ruangbelajar ini bisa diakses menggunakan laptop atau desktop maupun smartphone. Kita tinggal mengunduh Ruangguru for Desktop saja jika ingin menggunakannya pada Desktop dan sudah tersedia untuk operasi sistem Windows dan Mac

Selain ada bank soal ada pula fitur lainnya yang bisa digunakan pada Ruangbelajar antara lain Ruangguru PET, Ruangguru Adventure, Jadwal Belajar, Asah Otak, Bank Soal, dan Laporan Belajar.


💗 Kelebihan Ruangguru Yang Penting Diketahui


Menggunakan aplikasi pembelajaran daring dari Ruangguru ini pastinya banyak keuntungannya juga dong. Kalau buat saya sangat membantu sekali karena ga usah mengajarkan materi pada anak dengan susah payah, karena melalui video materi sudah dijelaskan hingga mudah dimengerti oleh anak. Orang tua pun gak stres lagi bukan?

Yang paling seru adalah adanya video animasi Dafa Lulu di Ruangbelajar for SD jadi anak-anak belajar dengan menyenangkan dan dapat menerima materi lebih mudah.

Untuk harganya pun cukup terjangkau bisa mengambil 1 semester atau 2 semester tentunya dengan potongan harga yang bisa dimanfaatkan.


Itu adalah pengalaman saya menggunakan Ruangguru sebagai aplikasi belajar untuk sekolah online untuk membantu belajar lebih mudah untuk anak-anak selama pandemi maupun nantinya setelah ada sistem belajar tatap muka.

Post a Comment

17 Comments

  1. Enak ya pakai aplikasi belajar ruangguru ini. Sangat membantu para ibu biar tetep fokus sama pekerjaan rumah tangga. Hihihi ...

    ReplyDelete
  2. Yang aq suka dari ruangguru ini materinya banyak bisa disesuaikan sama minat anak. Dan bikin kerjaan emak mendampingi anak sekolah dirumah lebih mudah tentunya

    ReplyDelete
  3. Dulu pernah nih aku kak iseng ikutan kelasnya ruang guru wkwkw. Seneng banget dan ketagihan, buat flashback dan ngulang materi aja sih biar ngga lupa

    ReplyDelete
  4. Belajar di Ruangguru ini cukup efektif juga sih, meski dilakukan secara online. Yang penting pengguna bisa mencerna setiap materi yang diberikan. Kalo di tempat saya sih belajar onlinenya lewat WA aja, nanti siswa yang sibuk nyari materi di internet. Soalnya masih ada beberapa yang belum punya hape. kalaupun ada hape, ibunya yang pegang hapenya, jadi belum pernah pakai Zoom dan sejenisnya.

    ReplyDelete
  5. Wiwin | pratiwanggini.netJune 21, 2021 at 8:39 PM

    Anak saya masih males-malesan belajar lewat Ruangguru. Mungkin tahun ajaran besok ini dia mulai butuh, mengingat persiapan ujian akhir serta tes masuk perguruan tinggi.

    ReplyDelete
  6. Ruangguru ini banyak banget ya fitur belajarnya dan sangat membantu anak di saat pandemi kayak gini. Ortu ga perlu waswas saat anak ketinggalan materi pelajaran.

    Pun anak bisa aman di saat pandemi kyk gini krn sekolah rata2 masih mengandalkan pertemuan daring.

    Tinggal membiasakan anak utk lebih sering belajar via daring aja. Kdg anak suka jenuh kalo lama2 belajar depan ponsel/laptop. Ortu jg hrs ksh jeda istirahat ya buat si anak utk bermain di halaman/dlm rumah biar anak ga stres.

    ReplyDelete
  7. Wah sekarang mudah sekali ya mengakses materi pelajaran yang membantu si kecil memahami lebih baik lagi pelajarannya. Kayak Ruang Guru yang keberadaannya sudah nggak diragukan lagi kualitasnya ya mba!

    ReplyDelete
  8. Sangat di rekomendasikan banget untuk belajar menggambar apk ruangguru karena bisa menciptakan generasi yg cerdas utk bangsa Indonesia

    ReplyDelete
  9. Iya juga ya mba, kesulitan saat mengajari anak itu terkadang muncul ketika kita harus membuat contoh soal untuk materi yang dipelajari..Untung ada aplikasi ruang belajar yang banyak bank soalnya

    ReplyDelete
  10. penjelasan dari para pengajar ruang guru lebih simple n mudah dipahami siswa ya mbak

    ReplyDelete
  11. Enak banget ya sekarang, Mbak. Anak-anak makin terbantu dengan aplikasi canggih kayak buatan Ruangguru ini. Bentuk video jadi bikin mereka betah dan semangat belajar. Kita ga repot jelasin kalau ga bisa, ditambah harganya terjangkau. Solusi pas pandemi!

    ReplyDelete
  12. sepakat aku mbak
    Ruangguru adalah aplikasi belajar online yang sangat membantu anak dalam masa pjj ini
    sebagai ibu aku juga sangat terbantu, jadi lebih mudah saat mendampingi anak belajar

    ReplyDelete
  13. Tiap anak emang berbeda ya Mbak, termasuk cara belajarnya.
    Jadi gak sabar ingin daftarin Si Kakak ini belajar di Ruangguru juga nanti kalau udah masuk SD.
    Pilihannya kan mulai SD ya.

    ReplyDelete
  14. Anak pertamaku visual kinestetik. Dan ini jadi PR besar buat kami sebagai orangtuanya. Ada kalanya denga platform pembelajaran oline si anak ini happy karena di bawakan dengan riang dan one to one. Sedangkan kalau di sekolah biasa, kaburrrr dia dari skul online. WKwk

    Kayaknya lebih pilih bimbingan online gini deh anakku.

    ReplyDelete
  15. Ruangguru is the best lah pokoknya. Selain punya ruang belajar dengan materi terpadu. Tutornya juga mantap. Jadi mudah mengerti dengan materi yang dijelaskan

    ReplyDelete
  16. Saya belum nyoba belajar online, Mbak. Karena anak-anak masih agak kesulitan belajar mandiri dengan bahasa Indonesia karena di sekolah lamanya dulu full bahasa Inggris. Jadi untuk bantu anak-anak sejak pandemi ini saya minta guru matpel atau wali kelas untuk datang privat ke rumah.
    Tapi untuk si sulung kayanya udah waktunya untuk tambah les lagi karena sekarang udah kelas 9. Jadi kayannya pengen nyoba ruangbelajar deh.

    ReplyDelete
  17. Ruang Guru memang benar lengkap banget kak, saodara saya juga udh ikut bimbel online nya.. Jadi anak pun bisa menggunakan ponsel dgn bijak. Engga bermain game terus..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya