Belajar Membuat Games Untuk Anak Lewat Kursus Coding di Educourse

Everyone should learn how to code, it teach you how to think - Steve Jobs. Pernah dengar quote tersebut? Gak apa-apa kok kalau belum tahu. Mungkin karena dunia coding sangat dekat dengan kami di rumah makanya sudah ga asing lagi apalagi pekerjaan suami juga sehari-harinya memang membuat coding. Lalu dengan saya? Dulu sih iya, kalau sekarang cuma utak atik coding blog aja. Begitu pula dengan anak-anak otomatis mereka juga sudah mengenal coding sejak kecil.  Meskipun kami mengajarkan sendiri coding tersebut tapi untuk menambah wawasan dan pengalaman, mereka pun mengikuti coding course secara online lho. Coding yang mereka pelajari pastinya menyenangkan karena fokus pada belajar membuat game sederhana.

belajar membuat game untuk anak





Manfaat Belajar Coding Buat Anak


Ada yang suka melarang anaknya main games? Padahal boleh-boleh aja lho anak main games karena dari permainan pun mereka bisa mendapatkan manfaat edukasi. Pastinya dalam bermain games harus membutuhkan pengawasan dah sesuai dengan usianya dan menerapkan aturan agar tidak kecanduan games.

Gimana kalau anak-anak diajak belajar membuat games sendiri? Seru pastinya mereka akan takjub saat berhasil membuat games tersebut.

Istilah coding atau bahasa program mungkin buat sebagian orang adalah bahasa yang bikin pusing yaitu bahasa yang berisi perintah-perintah dengan mengolah kode tertentu untuk menjalankan sesuatu.

Di jaman teknologi seperti saat ini, gak ada salahnya kok kalau anak juga belajar coding yang bermanfaat untuk meningkatkan kreativitasnya dan bisa mengatasi problem solving dari perintah coding yang sedang dibuatnya.

Mempelajari coding bukan hanya berguna untuk profesi saja kok tapi juga bisa dipakai untuk aktivitas lainnya nantinya.



Gunakan Situs Bahasa Pemrograman Untuk anak-anak


Jangan mikir anak-anak diberikan kode yang rumit saat belajar programing ya. Karena saat ini sudah ada kok situs pemrograman yang mudah digunakan tanpa harus melihat kode yang rumit. Yang penting mereka tahu logikanya tinggal memasukkan kode pada halaman yang ada untuk menjalankan perintahnya.

Salah satu situs bahasa pemrograman yang biasa digunakan adalah Scratch yaitu sebuah bahasa pemrograman visual yang memungkinkan anak-anak bisa belajar membuat program tanpa harus memikirkan penulisan sintaks atau kode yang rumit tersebut.


Belajar Membuat Game Untuk Anak di EDUCOURSE


Buat anak-anak yang minat belajar coding tapi sebagai orang tua gak mengerti cara mengajarkannya, bisa ikutan kelas kursus coding untuk anak di Educourse aja.

Educourse adalah platform yang bergerak di bidang pendidiakn global, Bahasa Asing dan Teknologi yang menggunakan teknologi Blended Learning dan AI (Artificial Intelligence) yang diaplikasikan dalam proses pembelajaran.

🎀 Project Yang Dibuat


Kursus coding yang diikuti ini dibagi dalam beberapa project yang harus dibuat oleh anak. Minggu lalu, Alvin membuat Ping Pong Games dan Space Shooter.

belajar membuat games



Tenang aja anak-anak gak disuruh nulis coding nyata kok, pada Scratch sudah disediakan code-code yang mudah dipelajari terbagi dalam beberapa code dengan warna berbeda. Misalnya ada code untuk Motion, Looks, Sound, Events, Control, Sensing, Operators, Variables, dan My Blocks.

Contohnya pada games Space Shooter, anak-anak diajarkan bagaimana roket yang dibuat bisa bergerak menembak musuh yang berupa rock atau batu-batu yang ada di luar angkasa. Di sini anak-anak akan diuji logikanya gimana sih supaya code yang dipakai ini sesuai dengan keinginan.


🎀 Belajar Lewat Zoom


belajar membuat game untuk anak

Anak-anak yang belajar coding di Educourse akan dipandu secara online melalui aplikasi Zoom. Para pengajar akan memberikan pembelajaran dengan meminta anak-anak praktik langsung ada website Scratch.

Setelah selesai mereka pun akan membagikan link dari hasil coding yang sudah dibuat untuk di-review. Jika ada kekurangan akan diberitahukan pada chat WAG untuk perbaikan. Jangan sungkan untuk bertanya jika ada kesulitan, tenang aja para miss yang mengajar baik-baik kok.

🎀 Kelas Coding For Kids

Di Educourse terbagi menjadi beberapa kelas koding yang disesuaikan dengan usia anak. Alvin masuk di kelas Coding For Kids Intermediate (Level 1-3) kategori usia 10-12 tahun.

Selain akan diajarkan 4 project game, anak-anak juga akan belajar membuat labirin sesuai dengan imajinasi anak dan pelajaran menarik lainnya.

Untuk bisa belajar coding course di Educourse setelah melakukan pembayaran hanya menyiapkan komputer atau laptop dengan koneksi internet saja.

Oh ya Kursus pemrograman komputer untuk anak ini menggunakan kurikulum yang dibuat oleh I-GEN.


🎀 Paket Kursus Coding Educourse

Untuk setiap paket kursus coding terdiri dari 4 kali live session dalam satu bulan di mana setiap sesi lamanya 60 menit. Harga kursus yang dibayarkan sudah termasuk E-book materi, Video materi, sertifikat, dan report perkembangan belajar anak.

Asyiknya lagi saya pun bisa mengikuti Tes Psikologi Keluarga terkait bakat minat, gaya belajar, otak kanan dan otak kiri.

Siapa bilang anak-anak gak bisa bikin games? Belajar membuat games buat anak di Educourse mudah dengan teknik yang menyenangkan. Yuk, belajar coding untuk mengembangkan imajinasi dan kreatifitas anak sejak dini.


Web : educourse.i-gen.co.id | Instagram : @educourse.id | Facebook : educourse.id


Post a Comment

0 Comments