Event Budaya Lampung Krakatau Festival Yang Selalu Dinanti

Jelang bulan Agustus biasanya warga Lampung akan bersiap-siap menyaksikan pagelaran Lampung Krakatau Festival  untuk mengenang meletusnya gunung Krakatau. Rangkaian Lampung Krakatau Festival yang di dalamnya termasuk ada event budaya selalu digelar setiap tahunnya di Kota Bandar Lampung. Ada yang kangen dengan Festival Krakatau tahun ini?


Lampung Krakatau Festival





Krakatau adalah gunung vulkanik aktif yang berada di Selat Sunda dan meletus pada tahun 1883  di mana efek letusannya hingga ke beberapa negara di Eropa. Letusannya juga menyebabkan adanya perubahan iklim global. Saat itu dunia sempat mengalami kegelapan selama dua hari yang diakibatkan oleh debu vulkanis yang menutupi atmosfer. Saat ini sisa letusannya menjadi Gunung Anak Krakatau yang dijadikan sebagai Cagar Alam oleh pemerintah untuk observasi.


Tentang Lampung Krakatau Festival


Tahun ini Lampung Krakatau Festival (LKF) memasuki usianya yang ke-30. Biasanya di event ini menjadi ajang parade budaya dan tempat berekumpulnya masyarakat di Lapangan Saburai untuk menyaksikan rangkaian kegiatan budaya yang diadakan.

Sayangnya pandemi masih berlangsung sehingga event besar ini ditiadakan sejak tahun 2020 lalu.  Menurut informasi yang saya dapatkan dari situs Indonesia.travel Festival Krakatau ini akan hadir secara virtual dan bisa disaksikan di rumah aja.


Lampung Krakatau Festival 2021



Seperti pada LKF sebelumnya, event ini diselenggarakan untuk mengajak masyarakat mengenang meletusnya gunung Krakatau. Diharapkan juga dari Lampung Krakatau Festival, masyarakat tetap mempunyai semangat positif apalagi di masa pandemi ini. Pada tahun 2021 Lampung Krakatau Festival mengambil tema "Bijaksana untuk Berjaya" atau "Thoughtful to Victory".

Pada setiap event LKF, salah satu kegiatan wajib yang diselenggarakan oleh panitia adalah menjelajahi Gunung Anak Krakatau selain parade budaya dan diskusi mengenai Krakatau.

Mungkin ada teman-teman yang tahun ini berkunjung ke Lampung di masa pandemi jangan lupa tetap menerapkan protokol kesehatan 6M dengan ketat ya! Hal ini juga untuk menghindari terkena paparan virus. Oh ya, pastikan juga teman-teman sudah melakukan vaksin sebelum bepergian karena salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi. Setiap orang yang bepergian diwajibkan menunjukkan sertifikat vaksin dan bukti pemeriksaan PCR negatif.



Pengalaman Mengikuti Lampung Krakatau Festival 2018


Beruntung sekali saya pernah mengikuti Lampung Krakatau Festival yang diadakan pada tanggal 24-26 Agustus 2018 lalu.

Ada tiga kegiatan yang saya ikuti pada saat itu dan menjadikan momen yang tidak terlupakan. Kegiatan tersebut antara lain diawali dengan seminar Nasional tentang vulkanologi Krakatau dan pemanfaatannya di masa depan.

event budaya



Pada kesempatan tersebut, saya juga bisa melihat observasi cagar alam Gunung Anak Krakatau. Kalau bukan karena event yang diselenggarakan ini mana bisa saya pergi ke sana. Sebagai cagar alam pastinya Gunung Anak Krakatau tidak dapat dikunjungi oleh masyarakat umum karena harus ada izin resmi. Tempat ini dijadikan cagar alam untuk keselamatan dan pelestarian bukan sebagai Taman Wisata Alam.



🎀 Parade Budaya Lampung Krakatau Festival


Masyarakat Lampung atau wisatawan biasanya menantikan parade budaya yang di gelar setiap momen Lampung Krakatau Festival. Parade budaya yang diikuti oleh semua perwakilan kabupaten di Lampung ini menampilkan berbagai kostum dengan ciri khas daerahnya masing-masing.


LKF



Iring-iringan parade budaya ini akan berjalan melintasi beberapa jalan di Kota Bandar Lampung, sehingga masyarakat bisa melihat di sepanjang jalan. Waktu itu saya berkumpul di Lapangan Saburai untuk melihat parade sebelum melakukan iring-iringan.

Dari event budaya seperti ini diharapkan dapat mengangkat kekayaan budaya dan tradisi yang ada di Lampung. Bukan hanya warga lokal saja yang biasa menghadiri event budaya tersebut, ada pula wisatawan dari luar Lampung bahkan luar negeri yang ikut menyaksikan secara langsung.

Lewat pagelaran budaya Lampung Krakatau Festival kita bisa mengenal dan melestarikan budaya lokal. Di sini saya juga bisa mengenal jenis-jenis pakaian daerah Lampung dari berbagai kabupaten. Ternyata tiap kabupaten ini mempunyai ciri khasnya sendiri. Dari model pakaian hingga ke pernak-perniknya semua menarik untuk dipelajari dan dilihat.



Event Budaya Daerah Lainnya Yang Tidak Kalah Menarik


Indonesia yang punya keberagaman budaya selalu menarik disaksikan oleh wisatawan. Saya berharap pandemi segera berakhir sehingga bisa berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia yang sedang menggelar event budaya lainnya.

Untuk mengobati kerinduan semantara ini, kita masih bisa melihat event #DiIndonesiaAja secara virtual melalui website https://event.indonesia.travel/. Selain Event Budaya, pada website tersebut juga menyajikan event lainnya seperti Musik, Kuliner, Olahraga, Seni, dan Karnaval. Untuk event Budaya dalam waktu dekat ada jadwal Festival Danau Kelimutu, Festival Candi Muaro Jambi, dan Festival Pesona Minangkabau.

Supaya tidak ketinggalan informasi event yang diselenggarakan, kalian bisa mengikuti akun resmi instagram  @pesonaid_travel saja yuk!

Post a Comment

12 Comments

  1. Wah happy kalo bisa datang dan lihat langsung parade budayanya. AKu paling suka deh kalau ada event seperti ini. Enaknya nonton bareng sama anak2 ya, bisa sekalian perkenalan budaya Indonesia. Cuma karena lagi pandemi kita bisa lihat secara virtual ya.

    ReplyDelete
  2. Sip berarti meski ga bisa melihat langsung untuk mengobati kerinduan semantara ini, kita masih melihat event #DiIndonesiaAja secara virtual melalui website ya...Ok deh bakalan pantengin IGnya biar ga ketinggalan info

    ReplyDelete
  3. Mba Lidyaaa, senangnyaaa dirimu udah pernah datang langsung ke event keren ini yaaa
    yap, tahun ini kita tetep bisa menikmati secara virtual.
    semoga tetep seruuuu!

    ReplyDelete
  4. Menarik ya ada Lampung Krakatau Festival. Selain ada parade budaya Lampung, juga bisa menyaksikan observasi cagar alam Gunung Anak Krakatau. Wuah... aku pengen banget lihat Anak Krakatau dari dekat! :D
    Semoga pandemi lekas berakhir dan masyarakat bisa menyaksikan kembali LKF secara nyata dari dekat.

    ReplyDelete
  5. Sampai sekarang aku belum pernah sekalipun datang ke festival semacam itu mbak. Eh malah keburu pandemi yaaa. Huhu. Semoga suatu saat bisa datang langsung ke festival budaya Indonesia.

    ReplyDelete
  6. Cukup sering menyaksikan langsung event parade budaya Lampung di Festival Krakatau, dan stock foto/videoku untuk event itu banyak haha. Kayaknya kita pernah papasan di event yang sama di FK 2016 ya mbak. Seru.

    Event festival di Indonesia memang banyak dan beragam, selalu senang bisa menyaksikannya langsung. Sejak pandemi, parade budaya jadi ditiadakan, syukurlah tahun ini ada festival yang masih bisa disaksikan secara virtual, tapi untuk festival tertentu saja ya.

    ReplyDelete
  7. Event ini termasuk yang ingin aku kunjungi mba apalagi jarak dari Jakarta Lampung ya tak terlalu jauh. Sayangnya msih belum terwujud. Kayaknya mau liat yang virtual dulu mba :)

    ReplyDelete
  8. wah iya, melihat festival seperti ini selalu menyenangkan ya mbak
    klo di jawa Timur biasanya ada Jember Fashion Carnival
    sama seperti ini
    cuma saat pandemi g bisa lihat langsung, lihatnya via online

    ReplyDelete
  9. aku juga kangeeeen nih menikmati Festival Krakatau. Udah lamaa ya sejak 2018 yang terakhir . Bareng - bareng sama Lia dkk seruuu ya kita. Duuuh jadi pengen meet up dengan semuaaa

    ReplyDelete
  10. Pandemi memang bikin kita enggak bisa lagi menjejakkan langkah ke event budaya ya mba

    Namun paling tidak dengan menyaksikan secara virtual bisa mengobati kerinduan datang ke event budaya. Wah mau deh nonton Festival Danau Kelimutu, Festival Candi Muaro Jambi, dan Festival Pesona Minangkabau. Kepo ah Instagram Pesonaid Travel, pengen tahu jadwal event budaya berikutnya

    ReplyDelete
  11. pengen lihat parade budayanya mbak, seru lihat baju-baju adat yang cantik-cantik, udah lama tinggal di lampung tapi belom pernah lihat festival ini >_<

    ReplyDelete
  12. Nyenengin sekali kalau bisa ikut event kayak gini lagi. Kangeeeen lihat karnaval.
    Semoga tahun depan sudah bisa ya. Ayok dong segera vaksin...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya