Wujudkan Dari Rumah, Dukung Anak Jadi Atlet eSport Profesional

Duh ramainya para sepupuan ini kalau sudah bertemu. Mereka gunakan waktu weekend untuk mabar alias main bareng. Saya pernah bertanya pada mereka serunya games itu seperti apa? Mereka bilang seru aja sekalian refreshing dari aktivitas sekolah. Gak tega juga kalau mengganggu permainan games mereka apalagi memang waktu bermain juga dibatasi. Tahu gak sih kalau bermain games dengan serius dan ditekuni bisa jadi atlet eSport profesional dan berlaga di mancanegara. Supaya bisa jadi atlet eSport pastinya orangtua bisa mulai wujudkan dari rumah dulu dukungannya.

Atlet eSport Profesional




Mengenal Atlet eSport


Pastinya banyak orang tua yang belum tahu kalau sekarang ada atlet eSport?  Saya pun gak tahu kok awalnya kalau ada atlet eSport macam Jess No Limit, Kevin Sutanto dan lainnya.  Ternyata mereka ini terkenal juga sampai di luar negeri karena memenangkan berbagai kejuaraan eSport yang mereka ikuti.

Informasi aja kalau Jess No Limit yang pernah menjadi brand ambassador salah satu platform belajar online ini adalah seorang atlet esport, lho. Bahkan dia pernah menduduki peringkat ke-2 di dunia untuk Mobile Legends pada musim ke-4 dan posisi pertama pada musim ke-6. Cuma main games aja, trus ikutan kejuaraan dan menang. Wah penghasilan mereka juga selangit ternyata bisa berember-ember hihihi.

Biar gak bingung, saya coba jelaskan mengenai eSport yaitu kompetisi olahraga dengan video games biasanya dilakukan secara individu maupun tim. 

Kalau dulu kita memandang games hanya sebuah permainan biasa saja, tapi saat ini beberapa games bisa dikompetisikan dan masuk ke cabang olahraga. Nah, pemainnya ini lah disebut atlet eSport.

Pada ajang olahraga PON XX di Papua juga sudah ada cabang olahraga eSport. Ada beberapa games eSport yang dipertandingkan antara lain Mobile Legend, Free Fire, PUBG Mobile, dan eFootball 2021. Kontingen yang mendapatkan medali emas untuk eFootball dari Provinsi Jawa Barat, wah ini provinsi yang saya dukung. 



Manfaat Bermain Games eSport


Jadi atlet eSport, otomatis kerjaannya main games trus dong? Iya juga sih namanya juga sudah profesi. Kalau anak-anak kebanyakan main games nanti jadi kecanduan lagi sekolahnya gimana?

Anak-anak mengenal eSport boleh-boleh aja kok, gak ada larangan asalkan ada pengawasan yang tepat dan cara bermain dengan benar. Lewat eSport sebenarnya banyak hal positif yang didapatkan juga antara lain meningkatkan memori dan menstimulasi motorik. Saat bermain games maka harus ada koordinasi antara mata dan tangan ditambah lagi harus bisa berpikir kritis dan cepat untuk mengambil langkah yang tepat dalam bermain sehingga dapat menyelesaikan permainan dan memenangkannya.


Jika ditanya gak takut kalau mengizinkan anak bermain games nanti jadi kecanduan? Sebenarnya apapun aktivitas yang dilakukan secara berlebihan dan tidak ada aturan bisa mengakibatkan kecanduan termasuk bermain games.

Tapi di jaman teknologi seperti saat ini, anak pun harus mulai mengenal gadget dan teknologi sejak dini supaya tidak gaptek. Yang paling penting adalah memberikan batasan dan pengawasan sesuai usianya dan mengenalkan aktivitas lainnya agar seimbang.

Jika pun memang anak berniat serius di bidang games, kenapa tidak sekalian saja menjadikannya atlet eSport.


Dari Hobi Jadi Atlet


Karena games eSport ini menjanjikan, makanya diperlukan adanya dukungan untuk pembinaan dan menyiapkan atlet-atlet eSport masa depan yang bisa mengharumkan nama negara. Selain berlatih dengan giat, para pemain games eSport ini harus sering mengikuti kompetisi yang diadakan untuk meningkatkan kemampuannya.

LEAD by IndiHome



Kalau atlet olahraga lain ada pembinaannya seperti di Pelatda maupun Pelatnas, sedangkan atlet eSport biasanya dibina di akademi eSport.

Buat kalian yang ingin jadi atlet eSPort, harus ikutan akademi eSport LEAD by IndiHome (Limitless Esport Academy by IndiHome) sebagai pusat untuk mengembangkan dan melatih atlet eSport bagi komunitas.

Di dalam LEAD pengembangan atlet eSport fokusnya adalah memberikan pendidikan player dari yang awalnya bermain games sebagai hobi saja menjadi calon atlet. Buat kalian yang suka main games eSport khususnya League of Legends Wildrift, gak salahnya lho kalau beralih dari player menjadi atlet saat ini lewat LEAD by IndiHome pendaftarannya sampai 22 Oktober 2021 ini aja. 

Nantinya peserta yang terpilih akan dibina oleh para coach profesional dan wajib mengikuti kompetisi yang ditentukan sehingga lulus dan dinyatakan sebagai atlet eSport. Di sini para calon atlet akan mengikuti latihan secara rutin supaya lebih berkualitas dan sportif ketika bermain di kompetisi mana pun baik tingkat nasional maupun internasional.

Syarat mengikuti LEAD byIndiHome ini mudah kok, cukup mendaftarkan diri di website https://indihome.co.id/leadacademy. Syarat peserta usia minimal 16 tahun dan tidak sedang mengikuti akademi eSport lain. Kalian juga bisa mengakses akun instagram @IndiHome dan @LEADIndiHome.

Sebagai orangtua yang mau mendukung anaknya menjadi atlet eSport dari rumah juga bisa dengan mendaftarkan Paket Games pada layanan Indihome yang selalu menyediakan layanan aktivitas tanpa batas bagi pelanggannya di rumah. Dari sini juga bisa menghasilkan atlet eSport indonesia yang bisa diandalkan nantinya.

 






Post a Comment

33 Comments

  1. Seru banget nih, anak-anak pasti suka, sayang anak saya masih 11 tahun hehehe.
    Tapi bagus juga ya, daripada ngegame nggak jelas, mending diarahkan jadi atlet esport profesional, lebih berfaedah sih.
    Apalagi kalau dibimbing ya, jadi lebih terarah :)

    ReplyDelete
  2. Di sekolah vio aja kompetisi game setara sama kompetisi science dan lomba bahasa Inggris. Awalnya kirain kompetisi game gak akan masuk ke sekolah ya. Hehe. Aku baru tahu istilah e-sport ternyata atlit kompetisi game. Sempet liat lomba tetris dunia. Seru juga. Pinter2 bgt yang ikut. Speednya bikin pusing. Ahaha

    ReplyDelete
  3. Sekarang banyak bermunculan profesi baru yang nggak kita pikirkan sebelumnya ya, kak. Termasuk esport ini

    ReplyDelete
  4. Aku tahu esport juga dari anak, mba. Pas ku tanya, kenapa dia dan teman-temannya nggak nyoba, jawabannya 'nggak sanggup'. Yang namanya sport, walau dalam bentuk game, sama seperti olah raga di dunia nyata, kudu latihan. Fisik juga harus dijaga staminanya, karena walau bermain game, stamina dan fisik harus fits, apalagi kalau ikut even ya. Keren Indihome punya pelatihannya, bisa dr rumah lagi.

    ReplyDelete
  5. aku sempat kepikiran juga nih kalo nanti anakku punya hobi main game terus sekalian aja disalurkan jadi atlet e-sport. Mungkin nanti kalo udah masuk sekolah baru bisa mulai diarahkan ya

    ReplyDelete
  6. wah asyik juga klo penghasilannya berember-ember ya mba..hihi.. sayang aku sendiri kurang suka game, tapi adik2ku mania game semua..haha.. thx sharingnya mba..

    ReplyDelete
  7. wah, sungguh udah ada di cabang olahraga? baru tau aku.
    keren juga ya ternyata games gak melulu berdampak negatif..

    ReplyDelete
  8. Sama ma saya. Kalau bocil udah pada ngumpul, matanya pada ke hp masing-masing. Tapi, mulutnya pada nyeloteh seru banget. Karena mereka lagi mabar hehehe.

    Sekarang ngegame gak sekadar bersenang-senang, ya. Bahkan bisa dijadikan profesi juga.

    ReplyDelete
  9. Wuah baru tahu nih ada akademi eSport LEAD oleh Indihome. Jadi di sini bener-bener menyiapkan atlet eSport ya. Bagus sih ini buat menjadikan hobi jadi profesi (atlet).
    Anakku suka main game juga. Tapi masih SD nih.. hihi. Syaratnya usia min 16 tahun yaa :)

    ReplyDelete
  10. Aku baru tahu ada layanan IndiHome-nya sehingga kesempatan buat jadi atlet esport bisa segera terwujud ya mba :) Btw, aku pernah kenalan ama orang yang teryata atlet esport. Dan dia berkarir pada itu :)

    ReplyDelete
  11. Caranya gampang banget ya...pasti banyak peminatnya nih karena memang esport menyenangkan ya Mba...

    ReplyDelete
  12. Wah...cakep nih...sudah ada paket yang disediakan oleh indihome.
    Jadi anti lamban apalagi nge-lag.
    Aku salut juga sama Jess no Limit. Pas liat youtube channelnya, wah...anak muda kalau tekun, bisa sukses di bidang yang ia senangi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap ini, para gamers bisa memanfaatkan LEAD by IndiHome untuk memasuki dunia profesional yakni menjadi atlet esport yang membanggakan bangsa.

      Delete
  13. Kalau zaman dulu suka diomelin ma ortu main game mulu, kalau sekarang makin banyak yang dukung anaknya jadi gamers hehe, krn beneran ada manfaatnya ya
    Wah Indihome juga memberikan bantuan pelatihan2 gitu ya, bagus nih utk memunculkan banyak kandidat atlet eSport yg berkualitas.

    ReplyDelete
  14. Anak-anak zaman now memang lebih jago ya memanfaatkan gadget, anakku aja main minecraft aku sesekali lihat jadinya sedikit-sedikit dia jadi belajar ilmu coding juga loh

    ReplyDelete
  15. Sekarang emang rame banget yg ngomongin soal e-sport ini. Bahkan berkat kecanggihan teknologi bisa menghasilkan uang dan mengukir prestasi yang membanggakan seperti bisa masuk PON ya

    ReplyDelete
  16. Di era digital sekarang, jadi atlet e-sport lumayan menjanjikan asalkan punya skill bermain yang profesional dan ciamik + jaringan internet yang cepat. Di rumah kebetulan juga pake Indihome sih dan dukung banget buat kerja dan buat main game

    ReplyDelete
  17. Wahh mau daftarin Faris jadi atlet tapi usianya belum masuk hehehe... harus bersabar dulu nunggu ntar waktunya tiba.

    Semoga makin banyak atlet esports berprestasi yang muncul dengan difasilitasi begini oleh Indihome ya.

    ReplyDelete
  18. anak yang suka gaming bisa diarahkan untuk ikut e-sport seperti ini ya, kalau dilatih bisa jadi atlet e-sport profesional. aku baru tau nih ada akademi nya begini.

    ReplyDelete
  19. sekarang maen game bisa diarahkan menjadi kegiatan ositif bahkan bisa jadi atlet profesional dan berlaga mengharumkan bangsa.
    Keren sih ini kak

    ReplyDelete
  20. Kalau teknologi begini, aku baru tahu ketika baca artikel tekno di blog mba Lidya
    Kayaknya Salfa belum bisa kukenalkan ini karena aku lihat kontennya sudah buat remaja ya

    ReplyDelete
  21. Zaman sekarang bakat anak bisa macem macem main game aja bisa jadi prestasi asalkan diarahkan dengan baik ya jadi atlet esports apalagi jika didukung dengan jaringan internet berkualitas keren deh Indihome ini

    ReplyDelete
  22. Aku baru kepikiran mau membolehkan anak main minecraft atau roblox supaya bisa bahasa Inggris. Kalau kemarin-kemarin masih ragu anak main game. Asalkan gamenya memberikan manfaat dan bisa bagi waktu, kayaknya oke-oke aja yaa.. Apalagi bila ditekuni jadi atlet sekalian.

    ReplyDelete
  23. ini sih cocok banget buat sepupu saya yang hobby banget main games, bisa diarahkan ke sini jadi atlet games esport niy, bagus terarah jadinya, kebetulan di rumah juga pakai Indihome

    ReplyDelete
  24. sekarang hobi ngegame kalau diarahkan bisa bermanfaat ya kak, jadi atlet e sport yang sekarang emang lagi naek daun sih ya

    ReplyDelete
  25. Seru banget ya ternyata . Dari hobi main games bisa jd atlet e-sport. Jujur aku pun baru tau meskipun pernah dengar turnamen2 game gt tp gak tau bakal bisa jadi atlet yang bisa mendunia lewat games . Keren

    ReplyDelete
  26. Sama-sama main game lebih baik jika diarahkan ke e-sport ya, jadi manfaatnya dobel, siapa tahu bisa jadi peluang penghasilan juga.

    ReplyDelete
  27. Ini dua adekku banget mbak. Mereka tuh dulu kerjaannya main games terus, ditambah almarhum ayah memfasilitasi juga kan. Sering ikutan kompetisi juga (tahun 200an) dan menang pula. Zaman segitu mereka udah punya duit sendiri hasil dari menang kompetisi.

    Suka sebel ngeliat mereka main terus dan suka aku ledekin nanti gedenya mau jadi apaaa..

    Eeeh sekarang adekku malah jadi 'orang' dengan jabatan. Adekku yang pertama udah level manager tinggi di perusahaan game Cina dan adekku yang paling kecil jadi staff IT perusahaan asing.

    sedangkan akunya masih gini2 aja. Hahaha maaf jadi curhat mbak.

    Kesimpulannya:
    Main game jangan selalu dianggap negatif. Asalkan serius dan tentunya tidak mengabaikan tanggung jawab utama (sekolah, dll) boleh-boleh saja.

    ReplyDelete
  28. Jangankan main game, browsing biasa aja kita sebel kalau lelet inetnya yaa. Saya di rumah juga pakai Indihome. Jadi inetnya lancar jaya

    ReplyDelete
  29. wah asyik nih ada akademi e sport dari indihome, main game ini layaknya pisau bermata dua kalau didukung dan pendampingan yang tepat memang bisa jadi pekerjaan yang menjanjikan ya

    ReplyDelete
  30. Anakku pasti seneng banget nih kalau bisa ikut ini soale lagi hobi main games banget dan Jess no limit ini salah satu gamers favoritnya hehe.

    ReplyDelete
  31. mantap! aku setuju juga nanti kalo punya anak bebas mau profesi jadi apapun yang penting disukai :D

    ReplyDelete
  32. Indihome gercep ya, jadi perkembangan atlet e-sport di tanah air bisa meluas lagi dan mengharumkan nama Indonesia ☺️

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya