Pondok Pesantren Raudhatul Ihsan Dengan 3 Program Utamanya

Pondok Pesantren Raudhatul Ihsan Dengan 3 Program Utamanya - Tahun ajaran baru hampir tiba, buat para orangtua yang punya putra putri baru lulus sekolah pastinya sudah menyiapkan sekolah ke jenjang berikutnya. Di antara teman-teman ada yang memasukkan anaknya ke pondok pesantren? Biasanya kriteria pondok pesantren seperti apa yang dijadikan pilihan? Gimana kalau Pondok Pesantren Raudhatul Ihsan menjadi pilihan juga.

Pesantren Raudhatul Ihsan





Memilih Pondok Pesantren Yang Tepat


Sebelum seorang santri yang mondok di suatu pesantren, biasanya orangtua dan anak berkunjung terlebih dahulu ke pesantren incaran untuk melakukan survey. Sebagai orangtua tidak bisa memaksakan kehendaknya kepada anak dalam menentukan pendidikan yang dipilihnya, melainkan harus melalui komunikasi yang sama-sama menguntungkan untuk keduanya.

Ada anak yang memang atas keinginan sendiri untuk masuk ke pondok, tapi ada pula karena atas saran orangtuanya. Keduanya tidak ada yang salah, Insya Allah baik.

Biasanya orangtua pun punya kriteria khusus dalam memilih pondok pesantren yang akan dijadikan tempat untuk belajar anaknya. Salah satu syarat yang banyak dijadikan patokan adalah mempunyai sanad keilmuan yang jelas yaitu adanya kajian kitab kuning supaya apa yang diajarkan sesuai aturan. Selain itu juga pondok tersebut mengajarkan ilmu umum untuk bekal santrinya jika ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan umum. 


Pondok Pesantren Raudhatul Ihsan

Ditambah dengan prasarana yang baik, bersih dan lengkap serta memiliki tenaga pengajar yang berpengalaman adalah hal yang paling penting juga selain  biaya pendidikan yang terjangkau sesuai kemampuan orangtua.


Berkunjung ke Pondok Pesantren Raudhatul Ihsan 


Ini adalah kunjungan pertama ke pondok pesantren yang membuat saya terkesan dengan suasana, lingkungan serta informasi yang didapatkan. Itu semua saya dapatkan ketika berkesempatan berkunjung ke Pondok Pesantren Raudhatul Ihsan beberapa waktu lalu yang terletak di daerah Tebet, Jakarta.

Kesan pertama ketika memasuki gerbang pesantren sudah takjub apalagi melihat ruangan taklim mereka yang wangi, bersih, dan bagus. Ditambah lagi ketika melihat santri yang cantik dan ganteng keluar dengan pakaian yang cerah dan bersih membuat makin jatuh cinta dengan pesantren tersebut. Bayangan saya selama ini kalau santri di pondok itu pakaiannya berwarna gelap, ternyata di sini tidak.

santri Raudhattul Ihsan



Di sana saya dan beberapa teman blogger juga mendapatkan informasi mengenai latar belakang Pondok Pesantren  Raudhatul Ihsan dari para dewan pengajar yang hadir juga. Menurut ustadz Ustad Azka Fuady, Lc, Ketua Yayasan Ar Raudhah Foundation, menjelaskan di sana, Zawiyah tersebut awal berdirinya pada tahun 2016 untuk memfasilitasi karyawan yang terjebak kemacetan untuk mengikuti pengajian dan kajian Islam. Makanya namanya disebut Ngaji After Office.

Dari situlah akhirnya terbentuk sebuah pondok pesantren Raudhatul Ihsan pada tahun 2017 yang terdiri dari dua level pendidikan yaitu SMP dan SMA. Meskipun jumlah santrinya belum terlalu banyak karena adanya keterbatasan tempat, tapi di pondok pesantren ini juga sudah melahirkan santri-santri yang berkualitas, bahkan ada yang diterima di perguruan tinggi ternama di Indonesia seperti IPB hingga ke perguruan tinggi di luar negeri seperti Universitas Qarawiyyin (Maroko) dan Universitas Al Azhar (Mesir).

Saya juga sempat bertemu dengan para santri di pesantren. Asal mereka dari berbagai daerah dan ada pula yang asalnya dari Pakistan. Orangtua mereka menitipkan puta putrinya untuk belajar di Pesantren Raudhatul Ihsan. Wajar saja jika awalnya ada rasa tidak betah, namanya juga baru pertama kali pisah dari orang tua. Tapi karena ada dukungan dari para ustadz dan ustadzah serta teman-teman santri mereka pun bisa bertahan dan senang tinggal di pondok.

Oh ya di pondok pesantren ini nantinya ada sistem kaderisasi yaitu dengan melakukan pengembangan halaqah ilmu, amal dan dzikir berbasis Ahlussunnah wal jama'ah. Serta santrinya pun diwajibkan melakukan pengabdian masyarakat. Dan hal lain yang tetap dijaga adalah tradisi keilmuan salafus soleh dengan lembaga pendidikan formal dan nonformal.


Program Pendidikan Pondok Pesantren Raudhatul Ihsan


Jadi setiap santri yang mondok di Pesantren Raudhatul Ihsan akan mendapatkan 3 program pendidikan utama yaitu :

Program Pendidikan Pondok Pesantren Raudhatul Ihsan



1. Madrasah Tahfidz Al Quran (MTQ)


Disini santrinya punya target hafalan 30 juz selama 3 tahun maksimal. Namun ada pula santri yang bisa menyelesaikan hafalan lebih cepat tergantung dari motivasi dirinya sendiri.

Setiap harinya para santri akan melakukan setoran hafalan juga melaksanakan murojaah supaya hafalan mereka tidak hilang. Pada program ini juga, santri akan diajalkan cara mengamalkan ilmu Syar'i dan adab sebagai penghapal Al Quran.


2. Madrasah Diniyah Islamiyah (MDI)


Santri akan diajarkan kitab-kitab berbahasa arab dengan muatan materi akidah, akhlah, fikih, nahwu, sharaf, tafsir, hadist dan lainnya. Selain itu juga santri untuk aktif melakukan komunikasi dalam bahasa Arab Serta memiliki sifat akhlakul karimah agar menjadi teladan di mana pun berada nantinya.


3. Arraudhah Islamis School (AIS)


Nah, buat para santri yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan umum gak perlu khawatir karena di sini ada lembaga pendidikan kesetaraan yang mengajarkan pendidikan umum yang memiliki akreditasi A.

Santri lulusan Pondok Pesantren Raudhatul Ihsan diharapkan tidak hanya baik dalam agama Islamnya saja tapi juga bisa menguasai ilmu pengetahuan lainnya dan diajarkan cara berwirausaha supaya bisa membuka lapangan pekerjaan ke depannya.


Lokasi Pesantren Raudhatul Ihsan


Awal mulanya lokasi pesantren hanya ada di Jl Tebet Barat VIII, Jakarta Selatan, namun saat ini lokasi Zawiyah Arraudhah hanya untuk santri putri saja. Mulai bulan Juli 2022 ini santri putra akan menempati Zawiyah wa Ma'had Arraudhah Village di Cigombong, Kabupaten Bogor.

Pondok pesantren putra di Bogor



Semoga saja ke depannya santri putri juga bisa menempati pondok yang adem seperti halnya santri putra. Dan pondok pesantren Raudhatul Ihsan bisa menerima santri lebih banyak lagi sesuai dengan tempat yang tersedia.


ALAMAT PONDOK PESANTREN
KAMPUS I (PUTRI) - Zawiyah Arraudhah
Jl. Tebet Barat VIII No. 50 Kel. Tebet Barat, Kec. Tebet
Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12810

KAMPUS II (PUTRA) - Zawiyah wa Ma'had Arraudhah Village
Jl. Keloji Gunung Salak, Kp. Loji, Kec. Cigombong
Bogor, Jawa Barat 16110

https://zawiyah-arraudhah.com/ | IG : @mahad.raudhatulihsan | Wa : 0877-8805-8845 | 

Post a Comment

24 Comments

  1. Beughhh keren bgt ini PonPes.
    Bisa menggabungkan pendidikan agama dgn ilmu2 yg dibutuhkan utk survive arungi kehidupan.
    Bisa jadi pilihan nih

    ReplyDelete
  2. Susah susah gampang untuk memilih ponpes ya. Tetapi Zawiyah Arraudhah memiliki 3 program utama untuk santrinya tentu ini menjadi unggulan

    ReplyDelete
  3. Lihat santri-santri dipondok tuh bawaannya seneng banget bikin hati adem gitu yaa. Saya juga pengen nanti anak-anak saya mondok semua

    ReplyDelete
  4. Keren juga program kaderisasinya. Jadi ilmunya tidak putus ya. Bisa terus mengalir ke anak ponpes yang lain. Bahkan bisa sampai ke masyarakat umum juga karena adanya program pengabdian masyarakat.

    ReplyDelete
  5. Aku seneng banget kemarin bisa seharian di sana, menyimak dengan takjim sedikit bacaan al quran dari anak santrinya, berada di dalam pesantrennya adem banget hatiku, betah

    ReplyDelete
  6. Wah...latar belakangnya apik ya mbak. Bermula jadi ngaji after office lalu berkembang menjadi lebihh besar lagi. Sebagai non-muslim, saya memang tak banyak tahu tentang dunia pesantren. Tapi saya pernah lho live in (meski cuma satu malam) di sebuah pesantren..

    ReplyDelete
  7. Masya Allah.. barakallah untuk pesantren raudhatul ihsan semoga makin maju dan amanah mencerdaskan para santri

    ReplyDelete
  8. Ternyata awalnya dari Ngaji After Office dan berkembang seperti sekarang Ponpes Raudhatul Ihsan ini. Program dan level yang ada bagus dan menarik sekali ini. Apalagi akan ada lokasi baru yang lebih baik dan nyaman nanti

    ReplyDelete
  9. Ikut mendoakan agar suatu saat santri putri pun bisa menempati gedung keren yang super adem seperti rekan santri pria. Dan anak-anak yang baru pindah lokasi pesantrennya akan tambah semangat belajarnya. Suasana baru biasanya akan selalu membawa aura positif

    ReplyDelete
  10. Kapan hari lihat video di ig langsung jatuh hati sama pondoknya, desain bangunannya bagus,rapi dan bersih. Programnya juga bagus bagus, ini ni yang penting materi pondoknya nggak hanya agama tapi ada pendidikan umumnya juga

    ReplyDelete
  11. Ponpes Raudhatul Ihsan keliatannya nyaman ya Mba. Liat santri-santrinya rapi juga. Memang keputusan menyekolahkan anak me pesantren harapan orang tua ingin anaknya jadi anak saleh dan mendalami ilmu agama. Cukup rekomended setelah saya baca ulasannya di sini.

    ReplyDelete
  12. Saya memimpikan punya anak-anak yang hafidz Qur'an, tapi rasanya belum tega berpisah dengan anak-anak. Sadar banget sih, no pain no gain. Kalau ngga mau "berkorban perasaan" ditinggal anak-anak mondok, gimana impian punya anak-anak sholih yang hafidz Qur'an bisa terwujud ya? Sedangkan mamanya juga bukan hafidzah, ilmu agama juga cetek banget.

    Ya Allah, semoga diberi kemudahan untuk kami. Aamiin.

    ReplyDelete
  13. Kalau di sini tuh Madin buat anak-anak yang udah lulus TPQ sih. Kalau di pondokan ada Madinnya, insya Allah tambah dalam ya pemahamannya

    ReplyDelete
  14. Kak Liaaa..
    Aku sedang survey Pondok Pesantren untuk anakku.
    Doakan semoga berjodoh dengan Pondok Pesantren yang sesuai dengan value keluarga kami yaa..

    Dan ulasan kak Lia bisa masuk listing daftar Pondok Pesantren yang akan aku survey.

    Syukron, kak Lia.

    ReplyDelete
  15. Dennise SihombingJuly 6, 2022 at 9:43 PM

    Pondok Pesantren yang bisa menjadi pilihan para orangtua untuk anak-anaknya. Ada 3 program utama yang di usung.Sukses ya untuk PonPes Raudhatul Ihsan

    ReplyDelete
  16. Aku belum kuat ini pengen nyantrenin anak :) untuk sekarang belum. tapi kalau pesantrennya bagus gini lumayan jga ya bisa buat bahan pertimbangaan mba

    ReplyDelete
  17. Waktu dengar nama pondok ini dan lokasinya di Tebet, ku nanya suami. Eh benar ini tempatnya mengaji. Ternyata udah lama ya ngaji after office. NGajinya malam, mbak, bahkan sampai tengah malam. Selain mengaji untuk umum juga ada ponpesnya yah

    ReplyDelete
  18. Kece kece tiga program andalan dari Pondok Pesantren Raudhatul Ihsan ini ya mbak
    Bisa jadi pilihan anak anak buat melanjutkan pendidikannya

    ReplyDelete
  19. Meski pondos pesantren, namun Raudhatul Ihsan ini memiliki jalur pendidikan dan bahkan akreditasinya A. Masya Allah program pendidikannya lengkap, bisa jadi pilihan utama bagi anak-anak yang ingin menjadi hafidz

    ReplyDelete
  20. Bagus sekali nih program utama dari Raudhatul Ihsan. Insya Allah akan makin banyak generasi muda muslim yang bisa diandalkan akhlaknya. Sebagai penerus bangsa, kita sebagai orangtua hanya bisa membekali dengan pendidikan terbaik, salah satunya dengan menyarankan mengikuti berbagai program unggulan di pesantren ini.

    ReplyDelete
  21. Bisa nih di share ke temen-temenku yang anaknya persiapan mondok, ini pendaftarannya di Jaksel tapi lokasi pondoknya di bogor ya mba.. boleh juga jadi rekomendasi nih

    ReplyDelete
  22. Keren, di Jakarta ternyata ada ya pondok pesantren bagus begini. Jadinya kalo pengen anak mondok, gak perlu jauh ke luar kota. Bisa di sana aja. Masih deket tapi anak bisa dididik agama dengan baik. Sodaraku yang di Jakarta mondokin anaknya sampe ke Garut. Tahu gak ya kalo di Jakarta ada pondok pesantren ini. Kudu aku kasih tahu nih buat adiknya. Katanya mau mondok juga.

    ReplyDelete
  23. Wah satunya di Tebet satunya di Bogor yaaa
    Menarik juga nih ponpesnya, belum lama berdiri tapi udah ada beberapa lulusan yang masuk perguruan tinggi idaman ya mbak?
    Aku pun berencana nawarin anak2ku masuk pesantren tapi gak tau mau apa gak, liat minat anak juga. Terima kasih infonya. Ini pondoknya gak terlalu jauh jd kalau emaknya kangen bisa melipir haha :P

    ReplyDelete
  24. Saya cari-cari referensi untuk pasantren, saya bookmark dulu ya teh fitri, makasih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya