Mushaf Tilawah Maqomat Cara Belajar Tilawah Dengan Langgam

Saya suka sekali kalau mendengarkan tilawah dengan langgam yang merdu, rasanya itu adem sekali ke hati. Hanya mendengarkan saja sudah dapat pahala, bagaimana dengan orang yang melantunkan ayat suci Alquran tersebut? Pastinya pahalanya pun ada karena ketika kita membaca satu huruf Alquran maka ada satu kebaikan yang akan berlipat di dalamnya. Ingin belajar membaca Quran dengan langgam? Ada mushaf tilawah Maqomat cara belajar tilawah dengan langgam yang bisa kita praktikan sendiri di rumah.


Mushaf Tilawah Maqomat Cara Belajar Tilawah Dengan Langgam



Soft Launching Mushaf Tilawah Maqomat


Ngomongin soal belajar tilawah dengan langgam, Syaamil Quran baru saja mengeluarkan Mushaf Tilawah Maqomat. Acara soft launching diadakan di Islamic Book Fair (5/8) yang bertempat di panggung utama.

Alhamdulillah akhirnya bisa berkunjung kembali ke Islamic Book Fair 2022, apalagi bisa merasakan bagaimana antusias pengunjung di book fair termasuk di acara launching mushaf tersebut. Acara soft launching diawali dengan pembacaan tilawah oleh  Moh. Rizki, Haikal Khalilullah, dan Teh Mastia Lestaluhu dari UIN Jakarta yang merupakan pemenang Qori internasional.

cupink topan



CEO Syamil Quran Bapak Arifin Purnomo yang memberikan sambutan. Beliau mengatakan kehadiran Syamil Quran diharapkan bisa terus menerus berdakwah dengan ikhtiar terbaiknya. Lewat Mushaf Tilawah ini, Syamil Quran ini membantu umat muslim yang ingin belajar tilawah menggunakan nada atau langgam supaya lebih indah lagi didengarnya.

Hadir pula Cupink Topan (artis hijrah) yang berbagi cerita mengenai langgam Quran. Beliau juga sempat mengajarkan tamu undangan yang datang membaca Surat Al Fatihah menggunakan langgam. Menurut Cupink dan informasi beberapa ulama yang pernah saya baca tilawah menggunakan nada atau langgam itu boleh kok asalkan sesuai dengan syarat yaitu aturan tajwid yang benar. Maka dari itu Musyaf Tilawah ini sudah memenuhi keduanya baik itu ilmu tajwidnya maupun langgamnya.


Mushaf Tilawah Maqomat


Menurut Cupink dan informasi beberapa ulama yang pernah saya baca tilawah menggunakan nada atau langgam itu boleh kok asalkan sesuai dengan syarat yaitu aturan tajwid yang benar. Maka dari itu Mushaf Tilawah Maqomat ini selain mempunyai 7 langgam Qiroah Saba'ah juga dilengkapi blok hafalan berwarna dan Tajwid serta terjemahan terbaru dari Kemenag RI dan panduan amal praktis Qurani.

Langgam pada Mushaf Tilawah Maqomat ini terbagi menjadi 7 langgam di mana pembagiannya berdasarkan 4 juz.

langgam mushaf tilawah maqomat


Mushaf yang terdiri dari 664 halaman ini dikemas dalam hardcover berjumlah 664 halaman dan ada 3 pilihan warna yaitu hitam, biru, dan hijau.

Nah, di dalam mushaf ini terdapat 4 QR code berisi audio yang bisa kita pelajari. Untuk mendengarkan langgan pada halaman yang kita inginkan bisa discan pada QR COde Maqomat tanda warna berwarna kuning. Namun sebelum melakukan scan barcode kita harus mendownload aplikasi QRC Reader Syaamil Quran terlebih dahulu pada Google Play Store. Tidak perlu takut space pada ponsel penuh ketika mendengarkan tilawah langgam, karena kita cukup mempunyai koneksi internet saja, kemudian setelah scan QR Code akan terkoneksi pada server. 

Mushaf tilawah maqomat



Dari satu mushaf ini saya bisa mendapatkan banyak ilmu, selain belajar tajwid, hafakan, panduan amal, terjemahan juga belajar 7 langgam yang ada.  Belajar tilawah langgam dan memperbaiki bacaan Quran sekaligus, Insya Allah bisa menggunakan Mushaf Tilawah Maqomat dari Syaamil Quran. Alquran bukan hanya sebagai pedoman namun juga menjadi penyejuk hati dan pikiran.

Post a Comment

1 Comments

  1. salut sama ide qur'an dengan langgam apalagi digunakan fitur QR code yang semakin canggih..rekomended sih untuk hafalan dengan metode yang tidak membosankan.
    nice share mba/teh lidya fitrian, sukses selalu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya