Jakarta Bird Land, Mengenal Burung dari Dekat

#RuangKeajaiban Ancol @Jakartabirdland bawa kita mengenal burung lebih dekat. Gak ada salahnya kita sesekali wisata di tengah kota apalagi tempat tersebut juga bisa dijadikan tempat belajar dan mengenal habitat berbagai burung di alamnya. 



Jakarta Bird Land, Wahana Baru di Ancol


Kalau menyebut nama Ancol identik dengan pantai dan Dufan, tapi saat ini sudah ada wahana baru yang bisa dijadikan rekomendasi liburan bersama keluarga loh. Bukan hanya liburan saja tapi juga belajar mengenal burung karena di tempat ini jiga dijadikan pusat konservasi untuk menyelamatkan berbagai spesies burung yang sudah terancam punah. Adanya pusat Breeding dan Research yang berfokus pada perawatan spesies burung di Indonesia maupun mancanegara.

Jakarta Bird Land wahana baru di Ancol ini baru saja dibuka pada tanggal 5 November 2022 lalu dan bertepatan dengan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional.




Jika kalian sudah pernah ke Ancol terutama ke Sea World, lokasi Jakarta Bird Land ini ada di depannya, jadi ada bayangan bukan sekarang lokasinya.

Area Jakarta Bird Land seluas 6 ribu meter persegi ini berbentuk aviary atau seperti sangkar raksasa, jadi pengunjung bisa merasakan hidup bersama burung-burung tersebut. Tapi ingat ya kita harus tetap menjaga kebersihan dan memelihara mereka meskipun mereka sedang terbang bebas di antara kita. 

Bagi pecinta burung pastinya senang sekali bisa berada di sini sedangkan bagi orangtua yang mengajak anak-anak ke tempat ini bisa mengenalkan burung pada mereka. Anak-anak juga bisa berfoto dengan burung dan memberi makan secara langsung dengan makanan yang sudah disediakan. Pengunjung juga bisa melihat burung-burung dari atas Sky Bride dan jembatan kaca serasa seperti sedang ada di alam bebas atau hutan saja jadinya.


6 Area Jakarta Bird Land Yang Bisa Eksplore

Di kawasan Jakarta Bird Land terdapat 6 kawasan berbeda yang bisa dikunjungi oleh pengunjung untuk mengexplore burung dari dekat.

Makau Area


Di area ini terdapat burung Makau atau kita biasa mengenalnya dengan ras burung beo dengan bulu warna-warni yang cantik. Ternyata burung Macaw ini dikenal sebagai burung yang setia loh. Oh ya jenis burung Macaw yang ada di area ini terdiri dari Blue & Gold Macaw, Scarlet Macaw dan Green WInged Macau




Serunya bisa berfoto dengan burung-burung yang cantik pada pukul 10.00 - 16.00 setiap harinya. Sedangkan untuk bird feeding juga dapat dilakukan.

Hornbill Familiy


Hornbill atau biasa dikenal dengan burung Rangkong ini punya peranan penting dalam kelestarian hutan dan menjadi salah satu burung besar pada kekayaan fauna di Indonesia. Kalian bisa melihat jenis burung ini di area Hornbill Family.




Water Bird


Di area ini terdapat jenis burung yang dapat hidup di air seperti angsa hitam, pelikan, Bebek Mandarin, Bangau Bluwok dan lainnya. Jenis burung ini memang biasa hidup di perairan. Maka dari itu di area Water Bird juga dibuat area seperti tempat hidup mereka.

Aviary Exhibit & Free Range Bird Area





Nah, di area ini lah pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan burung-burung di Aviary yang terdiri dari dua sesi pada jam 09,00-11.00 dan 13.00-14.00. Berbagai spesien burung kecil maupun besar ada di sini.

Jadi Jakarta Bird. Land ini sudah buka dengan harga tiket Normal Rp 75.000 weekday dan Rp. 95.000 weekend (sudah termasuk tiket masuk Ancol),  Namun untuk harga eraly bird cuma Rp55.000 saja loh.

Post a Comment

0 Comments