Tingkatkan Literasi Zakat, Kunjungi Indonesia Giving Fest

Bentuk syukur setiap orang itu berbeda, karena tiap orang punya nikmat syukur masing-masing. Di balik rasa syukur selalu ada kebaikan di dalamnya dan itu bisa dilatih sejak dini. Kebaikan yang kita berikan bukan untuk orang lain melainkan untuk diri sendiri juga - Aliah Sayuti (Hijab Stylish, aktivitis).

Indonesia Giving fest




Ungkapkan Syukur Dengan Berzakat


Kalimat tersebut saya dengar dari Alia Sayuti sewaktu menghadiri Diskusi Ruang Tengah untuk Media yang mengangkat tema "Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022 : Showing Impact of Giving" yang diselenggarakan oleh Forum Zakat (FOZ) pada hari Rabu (21/12) lalu.

Forum Zakat



Kehadiran Aliah ini memberikan penyemangat untuk saya agar senantiasa selalu bersyukur dalam kondisi apapun. ALiah bercerita mengenai pengalamannya berkunjung ke pedalaman yang sulit akan dari bersih dan listrik. Di desa tersebut hanya hidup para orangtua saja, karena anak-anak mereka kuliah di kota lain. Aliah bertanya kenapa mereka tidak pindah saja ke kota supaya bisa mendapatkan fasilitas yang memadai. Apa jawaban orang di sana? Katanya kalau bukan mereka yang tinggal di sana, siapa yang akan menjaga desanya. Mereka tetap bersyukur bisa hidup, makan dan menyekolahkan anak-anaknya. Jleb banget kan rasa dengan jawabannya, dengan kondisi seperti itu saja mereka masih bersyukur, apalagi kita yang hidup di kota besar dan berlimpah segala hal harusnya lebih bersyukur lagi.

Rasa syukur bisa diungkapkan lewat berbagai cara seperti orang-orang yang diceritakan oleh Aliah atau bisa dalam bentuk mengeluarkan zakat. Dengan berzakat selain rasa syukur di dalamnya, juga dapat membawa keberkahan dan mensucikan harta yang kita miliki. Dan yang paling utama adalah menjauhkan kita dari sifat pelit atau kikir.


Perluas Literasi Zakat Lewat Festival Kebaikan

Forum Zakat sebagai organisasi yang mengelola zakat supaya lebih produktif lewat berbagai program unggulannya seperti sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan dakwah. Lewat zakat kita ikut serta dalam kesejahteraan rakyat. 

Literasi Zakat




Forum Zakat mengelola zakat yang disalurkan dengan amanah dan profesional di mana di dalamnya beranggotakan 199 OPZ (Organisasi Pengelola Zakat/lembaga zakat) yang ada di Indonesia. Bapak Udhi Tri Kurniawan (Pengurus FOZ) menjelaskan bahwa masih kurangnya literasi zakat di masyarakat. Untuk itulah FOZ mengadakan Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022 yang digelar di Tennis Indoor, Senayar dari tanggal 23-25 Desember 2022.

Dalam pengelolaan dana publik yang masuk di Forum, Zakat bahwa harus dikembalikan lagi ke publik sebagai salah satu cara mengentaskan kemiskinan dan mampu membangun gerakan zakat yang lebih kuat serta berkelanjutan.


Kolaborasi Untuk Tingkatkan Literasi Zakat


Untuk meningkatkan literasi zakat diperlukan kerjasama dengan berbagai stakeholder agar bisa bahu membahu dan memperluas jangkauan penyaluran zakat pada masyarakat.

Pada kesempatan tersebut di Ruang Tengah hadir pula Teh Nana dari Rumah Zakat yang merupakan bagian dari Forum Zakat dan Bapak bpak Risyad Iskandar (Marcomm & Network BSI Maslahat).

Program Desa Berdaya Rumah Zakat


Rumah Zakat dikenal dengan program Desa Berdaya dengan memberdayakan desa tertinggal lewat Kampung Zakat untuk ikut serta dalam mengentaskan kemiskinan dan bisa meningkatkan potensi Zakat. Program Desa BErdaya ini juga berkolaborasi dengan mitra serta pemerintah setempat, komunitas dan stakeholder terkait. Saat ini sudah ada 33 provinsi yang terdapat Desa Berdaya di dalamnya.

Salah satu program Desa Berdaya yang dijelaskan oleh Teh Nana adalah program Kopi Santri di daerah Pangalengan yang menghasilkan kopi Puntang. Di sini para santri diberdayakan untuk menanam kopo serta mengikuti pelatihan barista hingga cara pengelolaan coffee shop hingga akhirnya membuka Kopi Santri.


Program Unggulan BSI Maslahaf


Sedangkan BSI Maslahaf juga [unya program unggulan yaitu Islamic Sociopreneur Development Program (ISDP). Di sini mahasiswa berprestasi dan memiliki potensi akademik nampun tidak mampu dalam segi ekonomi akan diberikan beasiswa serta didampingi menjadi entrepreneur. 


Hadiri Indonesia Giving Fest


Indonesia Giving fest - Zakat Expo 2022 dapat dikunjungi di Tennis Indoor, Senayan mulai tanggal 23 - 23 Desember 2022. Akan hadir juga Aliah Sayuti dan nara sumber lainnya pada talkshow yang diadakan di sana.

Program lain yang ada pada Indonesia Giving Fest terdiri dari pameran, seminar, konser amal,zakat awards dan lain-pain. Jika ingin datang jangan lupa untuk mendaftarkan diri di web.

Festival Kebaikan pertama dan terbesar ini diharapkan bisa memberikan kontribusi dan solusi nyata untuk menjawab tantangan pembangunan masyarakat dan memberantas kemiskinan di Indonesia.


Post a Comment

0 Comments