Atasi Stres Dengan Bermain Games

Pernah gak merasakan suasana hati tidak karuan mau ngapain aja serba salah?  Hati-hati loh bisa jadi ini gejala stres. Banyak orang denial terhadap stres padahal gejala stres muncul kadang tidak kita sadari loh. Kondisi seperti ini bisa jadi dikarenakan aktivitas yang padat dalam keseharian atau punya banyak beban pikiran. Stres yang tidak disadari ini bisa mengakibatkan mood swing dan membuat kita kurang konsentrasi atau lebih sensitif.

Atasi Stres Dengan Bermain Games



Jangan Abai Terhadap Stres


Hal yang wajar ketika kita mengalami stres di mana stres ini merupakan reaksi seseorang secara fisik maupun emosional. Namun stres tidak dapat kita abaikan begitu saja karena akan berakibat pada kesehatan termasuk mengalami gangguan mental untuk stres berkepanjangan.

Tiap orang punya cara yang berbeda-beda untuk mengatasi stres. Apapun itu caranya yang penting kita menjalaninya dengan happy dan dapat mencapai jiwa yang sehat.

Curahkan Isi Hati


Boleh loh ketika kita stres mengungkapkannya pada seseorang lewat curhatan, tapi pastikan memilih orang yang tepat dan bisa menjaga rahasia. Ketika tidak yakin dengan siapa kita bisa curhat tenang aja masih ada Allah Yang Maha Kuasa dan tidak pernah lelah mendengarkan semua curhatan kita dan dijamin aman 100%. Ketika kita beribadah dan mendekatkan diri pada Allah Insya Allah mendapatkan ketenangan dan bisa mengatasi stres yang sedang dialami.

Olahraga Ringan


Meskipun olahraga membuat badan capek namun bagi beberapa orang justru membuat bahagia karena mengeluarkan  hormon endorphin yaitu hormon bahagia. Yang perlu diingat adalah jangan melakukan olahraga berlebihan ketika stres yang ada nanti malah cedera.

Cari Kegiatan Yang Menyenangkan


Punya hobi tertentu, coba deh lakukan hobi tersebut saat kita dilanda stres. Dengan melakukan hobi yang menyenangkan setidaknya segala pikiran yang membuat berat beban bisa teralihkan sehingga merasa fresh kembali dan bisa melanjutkan aktivitas kembali.

Kalau merasa tidak punya hobi, coba saja istirahat sejenak atau tidur untuk relaksasi dan menenangkan pikiran.

Bermain Games


Banyak orang mengalihkan stres dengan bermain game online, termasuk saya. Bermain games tidak hanya dilakukan oleh anak-anak saja melainkan oleh orang dewasa juga. Bermain hames itu bagus untuk kesehatan otak dan mental asalkan tidak berlebihan.

Dari bermain games kesehatan otak kita bisa meningkat karena biasanya kita dituntut untuk berpikir dan memecahkan permasalahan pada games tersebut.

Biasanya pilihan games yang saya pilih untuk mengisi waktu luang atau mengalihkan pikiran yang mumet adalah games-games ringan saja seperti games kartu. Saya lebih suka games berbasis website dibandingkan dengan aplikasi atau harus mengunduh games tersebut terlebih dahulu.

Bernostalgia Dengan Games 


Pada website solitaire.org ada beberapa games yang saya mainkan sejak lama. Games-games tersebut membangkitkan memori lama saya ke belakang, bisa dibilang saya dapat bernostalgia dengan games tersebut antara lain:


Mahjong Games


Mahjong Games atau Mahjong Solitaire saya kenal dan mainkan pertama kali waktu pertama kali kerja masa itu setelah lulus kuliah. Ketika waktu istirahat setelah makan siang atau di waktu luang kami biasa memainkan Mahjong Games bersama teman-teman. Seru sekali kami mencari gambar yang sama untuk dicocokan dengan pasangan lainnya. Satu persatu pasangan gambar Mahjong terbuka hingga permainan selesai. Ada kalanya kami mengalami kesulitan mencari kecocokan gambar, namun ada teman yang melihat satu gambar maka selesailah permainan dalam seketika.

mahjong games



Zuma Legend


Dulu saya memainkan game Zuma bukan secara online melainkan offline dengan mengunduh game nya pada komputer PC. Ternyata sejak dulu hingga sekarang games Zuma mempunyai penggemarnya sendiri. Permainannya simple sekali, pemain cukup menembakkan bola pada barusan bola yang keluar dari lubang pada warna yang sesuai atau sama. Usahakan dapat menyamakan bola dengan warna yang sama sebelum bola tersebut tertelan kembali ke dalam lubang.

Zuma Legend



Zuma Legend ini juga punya memori yang indah buat saya. Kala itu sebelum menikah saya berhasil menamatkan atau menyelesaikan semua level Zuma.

Selain kedua games tersebut di solitaire.org banyak pilihan games berbasis website lainnya yang bisa dijadikan pilihan untuk bersantai atau mengatasi stres seperti Solitaire Classic, Spider, Pyramid dan lainnya.

Atasi stres dengan bermain games ringan tidak hanya baik untuk kesehatan mental justru sekaligus dapat mengasah otak sekaligus. Kalau kalian suka bermain games online apa? Share yuk berbagi informasi untuk mengatasi stres dan bersenang-senang.

Post a Comment

0 Comments