Atasi Risiko Reksadana Pendapatan Tetap dengan 10 Hal Ini!

Mungkin Anda sering mendengar istilah reksadana. Reksadana merupakan sebuah wadah investasi yang dikelola oleh Manajer Investasi yang bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan yang bisa didapatkan. Salah satu jenis jenis investasinya yaitu Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT).

atasi risiko reksadana pendapatan tetap
https://www.pexels.com/photo/woman-with-hands-on-her-face-in-front-of-a-laptop-4226215/https://www.pexels.com/photo/woman-with-hands-on-her-face-in-front-of-a-laptop-4226215/ 



Apabila Anda bermaksud untuk mencari investasi di pasar modal dengan risiko yang tidak terlalu tinggi, maka jenis investasi satu ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai jenis reksadana satu ini, simak penjelasannya berikut ini. 

Apa Itu Reksadana Pendapatan Tetap?


Reksadana satu ini merupakan jenis reksadana yang mengalokasikan dana investasinya kepada instrumen investasi yang dapat menghasilkan pendapatan secara tetap. Contoh instrumen investasi yang sering digunakan adalah obligasi. 

Manajer Investasi biasanya mengelola setidaknya 80% dana investasi ke obligasi dengan masa jatuh tempo lebih dari satu tahun dan mengandalkan instrumen yang memiliki keuntungan tetap dan stabil. Jenis reksadana satu ini memiliki potensi keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan reksadana pasar uang.

Lalu Apa Saja Risiko Investasi Reksadana Pendapatan Tetap?


Dibalik banyaknya keuntungan yang ditawarkan oleh jenis investasi satu ini, perlu Anda ingat bahwa investasi ini juga memiliki risiko yang perlu diwaspadai. Berikut ini sejumlah risiko yang mungkin saja terjadi :

Terjadinya Wanprestasi Manajer Investasi


Risiko pertama yang bisa saja terjadi adalah adanya kemungkinan Manajer Investasi gagal dalam mengelola dana investasi. Hal tersebut tentu akan merugikan berbagai pihak, terutama investor.

Turunnya Nilai Aktiva Bersih (NAB)


Pada investasi reksadana, investor akan mendapatkan NAB dari sebuah produk reksadana. Perlu Anda ketahui bahwa NAB juga dapat mengalami penurunan dikarenakan oleh berbagai hal seperti kondisi ekonomi, fluktuasi suku bunga acuan atau kinerja perusahaan yang buruk. 

Tidak Adanya Jaminan dari Pemerintah


Jenis investasi satu ini tidak menggunakan instrumen perbankan dalam pengelolaan dananya sehingga tidak dilindungi oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Ini berarti bahwa investor harus menanggung risiko investasi yang bisa saja terjadi.

Adanya Risiko Pencairan Dana Investasi

Banyak hal yang dapat membuat banyak investor menarik dana investasinya secara bersamaan. Hal ini tentu akan membuat Manajer Investasi kesulitan untuk menyiapkan dananya. Apabila hal tersebut terjadi, tentu pembayaran dana pun akan mengalami keterlambatan.

Reksadana PendapatanTetap
https://www.pexels.com/photo/black-blue-and-red-graph-illustration-186461/  



10 Tips Mengatasi Risiko Investasi 


Untuk meminimalisir risiko sekaligus memaksimalkan potensi keuntungan dari investasi tersebut, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini : 

  • Tentukan Tujuan Investasi

Perlu Anda ketahui bahwa investasi satu ini termasuk dalam jenis investasi jangka pendek hingga menengah. Sehingga jenis investasi ini cocok untuk dimanfaatkan dalam waktu 3 hingga 7 tahun ke depan, seperti membeli barang-barang yang tergolong mahal. 

  • Tetapkan Besaran Nilai Investasi

Hal yang tidak kalah penting adalah menentukan besaran nilai investasi yang Anda inginkan. Biasanya nilai investasi yang disarankan sebesar 15% hingga 20% dari jumlah penghasilan bulanan. Namun, Anda juga dapat menambah besaran nilainya jika memang memiliki kelebihan dana.

  • Memilih Produk Investasi yang Tepat

Meskipun nantinya Anda akan dibantu oleh Manajer Investasi profesional, pastikan Anda juga mengetahui performa produk reksadana yang akan dipilih dalam satu tahun ke belakang. 

  • Selalu Belajar

Pastikan untuk selalu belajar mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan investasi reksadana, dengan begitu Anda akan semakin bijak dalam mengambil keputusan investasi.

  • Konsistensi

Hal penting dalam berinvestasi yang perlu Anda terapkan adalah konsistensi dan rutin dalam berinvestasi. Pastikan Anda selalu menyisihkan dana dari penghasilan bulanan untuk investasi. Nilainya tidak perlu besar, asalkan Anda konsisten dan memahami cara kerja investasi yang dipilih.

  • Pentingnya Diversifikasi Investasi

Untuk meminimalisir risiko kerugian yang bisa terjadi kapan saja, penting untuk Anda melakukan diversifikasi investasi. Dengan begitu, jika salah satu produk Anda mengalami kerugian, Anda masih memiliki potensi keuntungan dari produk lain.

  • Pahami Profil Risiko

Sebelum Anda menentukan produk reksadana yang akan dipilih, pastikan untuk memahami terlebih dahulu mengenai profil risiko investasi tersebut. Mulai dari risiko paling kecil hingga paling besar.

  • Gunakan Perhitungan Systematic Investment Plan (SIP)

Disini Anda akan mengetahui waktu yang tepat menjual atau membeli produk reksadana.

  • Jangan Mengikuti Kebanyakan Orang 

Masih banyak orang yang berinvestasi hanya karena banyak orang yang berinvestasi pada produk tersebut. Hindari melakukan hal ini, karena jika Anda tidak memahaminya dengan benar, risiko kerugiannya akan tinggi.

  • Pilih Manajer Investasi yang Tepat

Pastikan Anda memilih Manajer Investasi yang terpercaya, berpengalaman dan memiliki kinerja yang baik seperti yang bermitra dengan DBS Treasures.


Pilih Jenis Reksadana Pendapatan Tetap Terbaik Bersama DBS Treasures


Kini sudah saatnya Anda mulai berinvestasi untuk masa depan. Pilih jenis investasi yang tepat dan memaksimalkan potensi keuntungan dari  Reksadana jenis Pendapatan Tetap bersama perbankan prioritas DBS Treasures. 

Selain menyediakan fitur investasi Reksadana berkala, DBS Treasures juga menawarkan  berbagai keuntungan  lainnya untuk Anda, diantaranya : 

  • Keseluruhan dana investasi dari para investor akan dikelola secara profesional oleh ahli keuangan yang berpengalaman. Anda juga juga bisa memilih berbagai pilihan investasi yang diolah oleh para Manajer Investasi profesional.
  • Anda akan bertemu tim ahli finansial yang siap memberikan dukungan wawasan investasi. Tim ahli ini akan memberi informasi lengkap terkait peluang pasar terbaru dan mempermudah analisis. 
  • Anda juga bisa menghindari risiko kerugian saat berinvestasi karena DBS Treasures  menyediakan sistem diversifikasi, yang mana Anda dapat menyebar aset lewat berbagai produk investasi yang disediakan. 
  • Segala proses transaksi Reksadana menjadi semakin praktis karena Anda bisa bertransaksi lewat Aplikasi digibank by DBS. Mulai dari pembelian, penjualan, switching Reksadana hingga proses registrasi SID (Single Investor Identification) bisa dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS. Selain itu, Anda juga bisa berinvestasi dengan menggunakan berbagai produk Reksadana dari Manajer Investasi terbaik dan berpengalaman.

Tunggu apa lagi? Sudah saatnya Anda berinvestasi rutin setiap bulannya lewat Reksadana Pendapatan Tetap sekarang juga! Dapatkan informasi selengkapnya tentang investasi Reksadana di DBS Treasures pada tautan berikut ini https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/apa-itu-reksadana-dan-saham












Post a Comment

0 Comments