Jangan Anggap Enteng Influenza! Cegah Dengan Vaksin Influenza Quadrivalent

Bersin, hidung mampet dan meler memang gak enak rasanya apalagi kalau ditambah sakit kepala, demam hingga sakit tenggorokan. Ada yang tahu ini termasuk sakit selesma atau flu? Mungkin banyak orang yang menganggap kalau keduanya adalah sama, nyatanya selesma dan flu adalah penyakit yang berbeda. Jangan anggap enteng influenza lakukan pencegahan dengan Vaksin Influenza Quadrivalent.

vaksin influenza



Kenapa tiba-tiba saya membahas tentang Vaksin Influenza? ini ada kaitannya dengan Pekan Imunisasi Dunia yang diperingati setiap minggu ke-4 pada bulan April dengan tujuan melindungi orang dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Kebetulan sekali saya menghadiri acara Konferensi Pers - World Immunization Week di RSUD Pasar Minggu (11/5) yang diselenggarakan oleh PT. Kalventis Sinergi Farma yang bertajuk "Pentingnya Vaksinasi Influenza Quadrivalent Bagi Keluarga & Kelompok Rentan".


Sebelum memaparkan informasi yang didapatkan dari konferensi pers tersebut, ada baiknya saya membahas fakta tentang influenza terlebih dahulu berdasarkan referensi yang didapatkan.

Perbedaan Selesma dan Influenza (Flu)


Selesma atau biasa dikenal dengan pilek itu berbeda dengan Influenza atau Flu meskipun keduanya memiliki gejala yang hampir mirip.

Penyakit Selesma penyebabnya adalah infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) sedangkan influenza disebabkan oleh virus influenza.

Influenza bisa dianggap sebagai penyakit ringan jika penderitanya punya daya tahan tubuh yang baik. Tapi, bagi mereka yang termasuk golongan usia rentan bisa berbahaya yang mengakibatkan komplikasi seperti radang paru, infeksi telinga, infeksi sinus, dan kondisi medis lainnya seperti asma, gagal jantung dan lainnya.

Perbedaan Selesma dan Influenza



Kenapa kita harus tahu perbedaan kedua penyakit ini? 


Gejala influenza lebih serius dibandingkan dengan selesma dan berisiko menularkan ke lebih banyak orang terutama orang yang rentan.  Menurut data dari WHO, orang dewasa sehat bisa menginfeksi orang lain mulai 1 hari sebelum gejala berkembang dan hingga 5-7 hari setelah sakit. Maka dari itu penyakit flu tidak bisa dianggap enteng karena bisa  menyebabkan kematian hingga 650.000 orang setiap tahun.  Jika sudah tahu gejalanya maka dapat melakukan tindakan preventif atau pencegahan.


Pencegahan Penyebaran Influenza


Untuk pencegahan penyebaran flu kita bisa menerapkan pola hidup sehat seperti :
  • Memakai masker (tahu implementasi etika batuk dan bersin)
  • Mencuci Tangan
  • Menjaga Jarak
  • Menghindari Kontak Erat
  • Membatasi Mobilitas
  • Vaksinasi Influenza Tahunan
Poin-poin pencegahan tersebut pada dasarnya sama saja untuk penyakit menular, hanya pada Influenza diperlukan vaksinasi tahunan.

Pencegahan penyebaran influenza




Pentingnya Vaksin Influenza Quadrivalent

Supaya masyarakat sadar akan pentingnya Vaksinasi Flu,  PT. Kalventis Sinergi Farma menggelar konferensi pers yang menghadirkan para narasumber yang berkompeten di bidangnya antara lain :
  • drg. Ani Ruspitawati, MM - Plt. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta
  • dr.Fify Mulyani, MARS - Wakil Direktur Pelayanan Medis, RSUD Pasar Minggu
  • Prof. Dr. dr. Samsuridjal Djauzi, SpPD, K-AI - SATGAS Imunisasi Dewasa PAPDI
  • Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, SpPD-KEMD, Finasim - PERKENI
  • Ridwan Ong - Presiden Direktur Kalventis

PT. Kalventis Sinergi Farma



Perlindungan Bagi Orang Rentan dan Tenaga Kesehatan


Jangan pernah menganggap remeh penyakit influenza terutama bagi kelompok rentan seperti orang tua di atas 65 tahun dan tenaga medis yang sering menangani pasien. Penyakit influenza punya risiko kematian tinggi jika tidak segera diobati namun bisa dicegah melalui vaksinasi.

Pekan Imunisasi Dunia



Pada kesempatan itu narasumber juga menghimbau pada kita untuk melindungi diri, keluarga, dan masyarakat dengan menjaga kesehatan serta melakukan imunisasi secara teratur. Vaksin Influenza merupakan vaksin pilihan yang dapat dilakukan oleh masyarakat sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit influenza.

PT. Kalventis Sinergi Farma merupakan perusahaan yang mempunyai tujuan menjaga keberlanjutan akses terhadap obat-obatan dan vaksin dengan menjaga kualitasnya untuk masyarakat Indonesia.


Untuk memperingati Pekan Imunisasi Dunia di tahun 2023 Dinkes DKI Jakarta yang bekerjasama dengan PT. Kalventis Sinergi Farma dan Satgas Imunisasi Dewasa PB PAPDi memberikan vaksinasi influenza kuadrivalen pada 600 tenaga kesehatan karena mereka ini berisiko terpapar dan memaparkan virus pada pasien. Vaksin yang diberikan tersebut untuk mencegah infeksi dari virus influenza.


Pekan Imunisasi Dunia


Mengenal Vaksin Influenza


Saat ini di Indonesia terdapat 2 jenis vaksin influenza yaitu Vaksin Kuadrivalen dan Vaksin Trivalen. Pada konferensi pers tersebut dijelaskan mengenai Vaksin Kuadrivalen yaitu jenis vaksin yang didalamnya mengandung 2 tipe virus influenza A dan 2 tipe virus influenza B. Bisa dikatakan vaksin flu quadrivalent ini menjadi pilihan tepat dan dapat dijadikan perlindungan terhadap virus yang lebih lengkap.

Gak cuma sosmed yang harus diupdate, vaksin juga perlu diupdate loh. Untuk Vaksin Flu bagi orang dewasa dan anak di atas usia 9 tahun harus diulang setiap tahunnya karena setiap saat virus terus berkembang dan bermutasi.

Vaksin Flu tersebut manfaatnya bukan hanya untuk mencegah virus flu saja melainkan untuk mencegah komplikasi dan perburukan penyakit bawaan.

Flu bisa datang kapan pun, tapi kerap menyerang ketika imun tubuh sedang turun, pada musim hujan dan tertular oleh penderita flu lainnya. Selain itu kurang memperhatikan kebersihan serta belum melakukan Vaksin Flu menjadi faktor terkena flu pada kita.

Vaksin Flu itu aman kok, jangan mau percaya dengan mitos yang berkembang di masyarakat. Beberapa fakta mengenai vaksin flu yang perlu kalian ketahui antara lain :
  • Vaksin Influenza tidak menyebabkan infeksi karena terbuat dari virus influenza yang sudah tidak aktif.
  • Vaksin Influenza efektif melindungi hingga 90% pada orang sehat kurang dari 65 tahun.
  • Diperlukan waktu 2 minggu untuk mengembangkan antibodi vaksin influenza
  • Dengan Vaksin Influenza dapat mengurangi risiko komplikasi serius.

Dukung Pencegahan Penyebaran Influenza


Dari tidak tahu menjadi tahu, tapi jangan stop sampai di kita saja, bagikan informasi penting mengenai vaksinasi influenza tahunan pada masyarakat setidaknya pada keluarga dekat dan teman-teman dekat terlebih dahulu.

Dengan melakukan vaksinasi influenza tahunan kita bisa meminimalkan dan mengurangi kasus kematian dan rawat inap yang disebabkan oleh virus influenza terutama untuk orang dewasa pada kelompok orang berisiko tinggi seperti pada penderita penyakit penyerta, ibu hamil, lansia di atas 65 tahun, pelaku perjalanan luar negeri dan tenaga kesehatan sebagai garda terdepan pada layanan kesehatan.




Vaksinasi influenza bisa dilakukan di fasilitas kesehatan terdekat dengan rumah baik itu klinik, rumah sakit maupun layanan vaksinasi. Lakukan vaksinasi influenza satu tahun sekali. Senangnya ketika saya memberikan informasi tentang vaksin influenza ini di sosial media ada yang berbagi cerita kalau beliau juga sudah rutin melakukan vaksin influenza karena usianya termasuk lansia. Kalian juga bisa loh mengajak orangtua untuk rutin melakukan vaksinasi influenza juga!



Referensi:
https://upk.kemkes.go.id/new/mengenal-perbedaan-antara-flu-dan-pilek
https://indonesiabaik.id/motion_grafis/kenali-perbedaan-flu-salesma-dan-covid-19
https://www.alodokter.com/pentingnya-vaksin-flu-sebagai-perlindungan-optimal-di-masa-pandemi#:~:text=Terdapat%202%20jenis%20vaksin%20influenza,perlindungan%20lebih%20lengkap%20dan%20luas.
https://www.alodokter.com/vaksin-influenza-kenali-manfaat-hingga-efek-sampingnya
https://www.kompas.id/baca/opini/2020/05/12/pilek-dan-influenza-serupa-tapi-tak-sama

Post a Comment

0 Comments