Ramadan Kita #ManfaatHebat: Jejak Kebaikan Rumah Zakat di Tanah Air dan Palestina

Tak terasa, bulan penuh berkah yang selalu dinanti telah semakin dekat. Umat Muslim di seluruh dunia tengah menghitung hari, termasuk saya dan keluarga. Setiap tahun, datangnya bulan Ramadan membawa harapan baru, kesempatan untuk memperbaiki diri, dan tentu saja, kesempatan untuk mendapatkan pahala berlipat ganda dalam beribadah.

Di bulan Ramadan, setiap orang memiliki target mereka sendiri, terutama dalam hal ibadah. Bukan hanya ibadah wajib yang dikejar, namun juga sunnah-sunnah yang menjadi bagian tak terpisahkan dari ibadah kita. Kita percaya bahwa setiap amal baik yang dilakukan di bulan Ramadan akan mendapat pahala yang berlipat.

Dalam momen yang istimewa ini, kehadiran Rumah Zakat menjadi sangat berarti. Mereka hadir di tengah-tengah masyarakat, memberikan kemudahan bagi kita untuk menunaikan zakat dan berbagi rezeki kepada yang membutuhkan. Seperti yang tertulis dalam Surat At Taubah ayat 103, "Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui."
Rumah Zakat bukan sekadar lembaga filantropi biasa. Mereka mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program pemberdayaan masyarakat. Program ini direalisasikan melalui empat rumah utama: Senyum Juara, Senyum Sehat, Senyum Mandiri, dan Senyum Lestari.

Rumah Zakat



Dan pada hari Selasa, 27 Februari 2024, sebuah acara press conference diadakan dengan tema yang sangat menggugah: "Ramadhan Kita, Manfaat Hebat untuk Indonesia dan Palestina". Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Bapak Irvan Nugraha selaku CEO Rumah Zakat, Ferdi Hasan, Ustadz Husein Gaza, serta beberapa mitra Rumah Zakat.

Berikut adalah paparan dari masing-masing narasumber:

Program Ramadhan Rumah Zakat


Bapak Irvan Nugraha membawakan paparan mengenai program-program Rumah Zakat untuk Ramadan. Dalam paparannya, beliau menyoroti berbagai kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya. Untuk tahun 2024, program-program Rumah Zakat tetap berlanjut, dengan fokus pada memberikan kesempatan bagi muzaki untuk berbagi antara lain :
  • Berbagi buka puasa & sahur 
  • Kado lebaran yatim
  • Baju Lebaran anak dijaga
  • Ramadan bebas hutang
  • Bingkisan Lebaran keluarga 
  • Masjid berseri

Salah satu hal yang menarik di bulan Ramadan tahun ini adalah adanya syiar Quran dengan corak bendera Palestina, sebagai bentuk solidaritas dan dukungan kepada saudara-saudara kita di sana.

Ramadan tahun ini, Rumah Zakat memulai perjalanan yang penuh makna dengan target yang luar biasa. Mereka mempersembahkan bantuannya untuk 350 ribu individu yang membutuhkan, tersebar di Indonesia dan Palestina. Dengan semangat yang membara, Rumah Zakat meluncurkan gerakan mulia yang dikenal sebagai "Ramadhan Kita #ManfaatHebat" untuk Indonesia dan Palestisa, sebuah upaya nyata untuk menyebarkan kebaikan dan kebahagiaan kepada sesama. Setiap aksi kebaikan yang mereka lakukan menjadi sebuah sinar harapan bagi banyak orang, memperlihatkan bahwa di tengah tantangan yang ada, ada kekuatan besar dari kebaikan yang tidak mengenal batas.

Ramadhan Kita #ManfaatHebat



Setiap detik yang dilewati, Rumah Zakat menunjukkan betapa indahnya berbagi dan peduli terhadap sesama. Rumah Zakat tidak hanya mengumpulkan dana, tetapi juga mengumpulkan kebaikan dan harapan. Dengan penuh antusiasme,  merangkul keragaman dan menguatkan ikatan kemanusiaan. Melalui setiap langkah yang diambil, Rumah Zakat menunjukkan bahwa kebaikan adalah bahasa universal yang dapat menghubungkan hati dari berbagai penjuru dunia. Dengan "Ramadhan Kita #ManfaatHebat", Rumah Zakat tidak hanya mengubah hidup orang-orang yang dibantu, tetapi juga menginspirasi ribuan hati untuk turut serta dalam menyebarkan kebaikan, menjadikan bulan suci Ramadan sebagai momen yang memperkokoh persaudaraan dan kasih sayang di seluruh dunia.

Gak cuma di Indonesia, Rumah Zakat juga komit banget buat bantu warga Gaza di Palestina yang lagi berada di tengah-tengah kesulitan. Sejak Oktober 2024 lalu, Rumah Zakat sudah menyalurkan bantuan banyak! Terdiri dari 51.500 Paket Makanan Siap Saji, 1.515 Paket Obat-obatan, dan banyak lagi bantuan lainnya. Rumah Zakat juga punya program khusus buat Palestina di bulan Ramadan, seperti ifthar, bagi-bagi makanan, dan kado lebaran. Targetnya, 100 ribu orang bakal dpat manfaatnya. Yuk, doain dan dukung Rumah Zakat supaya Ramadan tahun ini jadi yang terbaik buat saudara kita di Palestina!



Pertama Kali Mengenal Rumah Zakat - Kisah Ferdi Hasan



Ferdi Hasan berbagi kisahnya tentang bagaimana ia pertama kali mengenal Rumah Zakat pada bulan Ramadan tahun 2015. Saat itu, ia mendapat tugas untuk melakukan wawancara tentang program Ramadan, dan dari situlah ia mulai memahami betapa pentingnya peran Rumah Zakat dalam menyalurkan zakat secara luas kepada yang membutuhkan. Ferdi juga menyoroti program Super Qurban yang membantu dalam penyaluran zakat ke pelosok-pelosok yang membutuhkan, dan ia berharap semakin banyak masyarakat yang dapat menyalurkan zakat melalui lembaga-lembaga amil zakat yang kredibel.


Cerita Ustadz Husein Gaza


Ustadz Husein Gaza, yang telah tinggal di Gaza selama 13 tahun, berbagi pengalamannya tentang bagaimana Ramadan di Gaza. Meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan, seperti agresi militer yang kerap terjadi, Ustadz Husein tetap bersemangat dalam menyebarkan kebaikan di tengah-tengah masyarakat Gaza. Ia memaparkan bahwa Ramadan bukan hanya tentang berpuasa, tetapi juga tentang memberikan dukungan dan solidaritas kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan, termasuk saudara-saudara kita di Palestina.

Melalui acara press conference yang penuh inspirasi ini, kita diingatkan akan pentingnya berbagi kebaikan, terutama di bulan Ramadan yang penuh berkah ini. Semoga kebaikan yang kita lakukan dapat menjadi sumber kebahagiaan bagi banyak orang, baik di Indonesia maupun di Palestina, dan semoga Ramadan kali ini menjadi momen yang membawa berkah bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia.


Kesimpulan


Dengan penuh semangat, Rumah Zakat menyajikan komitmennya dalam mendidik masyarakat tentang pentingnya berzakat dan memudahkan mereka yang ingin berbagi. Namun, kesuksesan tidak bisa dicapai sendirian. Rumah Zakat memahami pentingnya kolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah serta mitra lainnya untuk mencapai tujuan bersama. Momentum ini diwarnai dengan penandatanganan kesepakatan kerjasama antara Rumah Zakat dan para mitra, yang menjadi tonggak baru dalam memperluas dampak positif yang dapat dicapai.

Ramadhan Kita, Manfaat Hebat untuk Indonesia dan Palestina



Sementara itu, para blogger yang turut hadir dalam konferensi pers tidak hanya tergerak untuk berzakat, tetapi juga terinspirasi untuk menyebarkan pesan kebaikan ini kepada para pembaca mereka. Dengan semangat itu, informasi tentang pentingnya berpartisipasi dalam kegiatan amal dapat lebih luas tersebar, membawa harapan akan lebih banyak lagi orang yang ikut berbuat baik dalam masyarakat.






Post a Comment

28 Comments

  1. Gak terasa ya sebentar lagi mau bulan Ramadan lagi aja, inget juga harus zakat

    ReplyDelete
  2. Insya Allah penerima manfaat tahun ini makin banyak dan targetnya tercapai, Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Insya Alalh tercapai, aku bantu share semoga makin banyak penerima manfaatnya juga

      Delete
  3. Berbagi tidak akan rugi ya, wah Rumah Zakat juga menyalurkan ke Palestina ya

    ReplyDelete
  4. Ustadz Husein Gaza udah tau seluk belu di sana ya, walaupun di INdonesia masih tetap aktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. aktif berdawah juga baik di sana atau di Indonesia

      Delete
  5. Manfaat Hebat di bulan Ramadan kali ini yang baik untuk kita semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semog akita juga bisa selalu berbagi & bermanfaat untuk yg membutuhkan

      Delete
  6. semoga semakin luas yang merasakan manfaat dari kolaborasi Rumah Zakat dan Ramadan membawa kebahagiaan untuk semua, sudah nggak sabar untuk Ramadan, karena berlimpah pahala

    ReplyDelete
  7. Wah keren nih program-program Rumah Zakat apalagi ada syiar Quran dengan corak bendera Palestina. Persembahan buat 350 ribu orang yang membutuhkan semoga Ramadhan kita menjadi Manfaat Hebat buat Indonesia dan Palestina.
    Di IG juga rame bagaimana Palestina menyambut dan merayakan bulan suci, sungguh bikin nyesek banget ditengah agresi militer mereka masih tetap semangat menjalankan ibadah puasa.

    ReplyDelete
  8. Semoga makin banyak program-program di Rumah Zakat ya. Bantu banget buat mereka yang membutuhkan apalagi di bulan Ramadan nanti. Lagian kalau kita berbuat baik, kembalinya juga ke diri sendiri sih

    ReplyDelete
  9. Masya Allah, terima kasih Rumah Zakat karena telah memudahkan masyarakat Indonesia untuk berbagi bukan hanya di Indonesia tetapi juga Gaza di Palestina...

    ReplyDelete
  10. Masya Allah Rumah Zakat keren sekali dengan berbagai program Ramadan berbagi kebaikan pada sesama, terutama juga memberikan sumbangsih ke Palestina. Tak terasa sebentar lagi kita akan berpuasa. Insya Allah semua dimudahkan. Kisah Husein Gaza bikin sedih terharu ya dia di Gaza 13 tahun lamanya.

    ReplyDelete
  11. Barakallaah, semoga setiap Ramadhan selalu jadi yang terbaik. Baik ibadahnya baik sedekahnya. Lewat Rumah Zakat amanah insyaallah yaaa.

    ReplyDelete
  12. Rumah zakat sudah tidak diragukan lagi amanah dan terpercaya dalam menyalurkan zakat infaq ke sasaran yang tepat. Semoga semakin banyak yang berkontribusi dalam rumah zakat ini di bulan ramadhan

    ReplyDelete
  13. Rumah Zakat memang menjadi salah satu lembaga yang terpecaya dalam mengelola zakat
    Semoga tahun ini makin banyak orang-orang yang dibantu oleh Lembaga Zakat ini

    ReplyDelete
  14. Semoga makin banyak orang membutuhkan yang terjangkau oleh2 program2 rumah zakat. Juga semakin banyak orang yang mampu dan mau memberikan zakatnya untuk kemakmuran bersama.

    ReplyDelete
  15. Saya kenal pertama kali lembaga untuk berzakat tuh Rumah Zakat. Jadi memang sudah terpercaya lama ya. Semoga tahun ini banyak penerima zakat yang merasakan manfaatnya

    ReplyDelete
  16. Salut dengan Rumah Zakat yang selalu komitmen dalam mendidik masyarakat tentang pentingnya berzakat dan memudahkan mereka yang ingin berbagi.

    ReplyDelete
  17. Duh iya sebentar lagi Ramadan datang tapi orang2 Palestina gimana yaaa? Udah mulai meredup pula isunya di sini gara2 ribut pilpres. Untung masih ada lembaga2 kyk Rumah Zakat yang peduli. Semoga makin banyak yang tergerak berdonasi sehingga bisa membawa kebaikan buat Palestina dan tentu saja untuk masyarakat Indonesia sendiri ya.

    ReplyDelete
  18. Padahal Rumah Zakat itu lho banyak cabangnya
    Saya meminta hadir saat Pre-Event cocok banget diincipi dulu
    Namun, karena crowded sejenak bikin harus sabar dan antri sebab undangan berbuka sudah di tangan

    ReplyDelete
  19. Pentingnya kita berzakat ya, untuk membantu sesama yang membutuhkan. Semoga semakin banyak yang terpanggil untuk memberi zakat melalui Rumah Zakat

    ReplyDelete
  20. MashaAllaa~
    Rumah Zakat memanfaatkan momentum terbaik di bulan penuh hikmah dan berkah yakni bulan Ramadan untuk sama-sama saling peduli meskipun melalui cara yang kita bisa.

    ReplyDelete
  21. Sekarang eranya kolaborasi
    Keren Rumah Zakat terus menjalin kolaborasi dengan mitranya, mudah-mudahan semakin banak penerima manfaatnya.
    Oiya, untuk Palestina ini masih terus berjalan kan Mba?

    ReplyDelete
  22. Setuju banget, momennya tepat untuk memaksimalkan sedektkita untuk saudara kita di Palestina yang masih menderita digempur penjajah.. semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya pada mereka

    ReplyDelete
  23. Bulan Ramadhan memang bulan yang bagus untuk berbagi, kalau bingung mau menyalurkan kemana rezeki kita bisa ya melalui Rumah Zakat

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya