badge

Sunday, June 20, 2010

Parenting Class - Bunda Idolaku


Sabtu, 19 Juni 2010 kemarin aku mengikutin Seminar "Bunda Idolaku". Yang diadakan di TK MMA (Mitra Mandiri Anak) bekerjasama dengan Prime Consulting. Seminar ini dibawakan oleh ibu Drs Ery Sukresno, Psi,MSc. (seorang pembicara dan trainer psikologi yang juga mempunya sekolah di kebonmaen Bogor.
Ini memang bukan TK tempat Pascal sekolah, tapi dulu kita juga berniat memasukkan Pascal ke Sekolah ini. Berhubung anaknya mau di TK Al Huda jadi gak jadi, Insya Allah nanti Alvin sekolah disini.

Seminar ini diadakan tiap bulan dengan tema yang berbeda, semua tema berhubungan dengan Parenting. Bulan lalu temanya "Ayah Idolaku" hanya suamiku saya yang ikut. Tapi untuk seminar kali ini aku yang ikut, suami jaga anak-anak dirumah.
Semoga dengan mengikuti seminar ini, aku dapat mengambil sisi-sisi positif dan dapat memperbaiki kesalahan aku dalam mendidik anak.

Menurut Ibu Ery, dalam mendidik anak sebaiknya kita berniat karena Allah, karena segala sesuatu yang diniatkan karena Allah akan menghasilkan yang terbaik.
Untuk Menjadi Ibu Idola ada beberapa point yang dijelaskan oleh Ibu Ery yaitu :
  1. Niat
  2. Prioritas
  3. humoris
  4. Jangan di masukan kedalam hati
Ibu adalah sebagai :
  1. Pendidik bagi anak-anak nya
  2. Teladan
  3. Partner Pencegahan
  4. Monitor & Supervisor
  5. Pembuat Kebijakan
  6. Penentu Aturan.
Untuk menjadi ibu yang di idolakan memerlukan proses berkesinambungan yang dilandasi oleh kemauan serta kasih sayang yang besar. Berikut beberapa tips.
  1. Selalu berusaha mendekatkan diri pada anak dengan selalu menjalin intraksi dan komunikasi yang positif dan akrab dengan anak.
  2. Tanggap dan sensitif terhadap kebutuhan disik anak yang dirasa penting tanpa diminta anak namun harus sesuai dengan kemampuan.
  3. Tampikan sifa-sifat khas seorang ubu yang lemah lembut dan mengayomi.
  4. Sediakan waktu untuk bersama-sama anak menikmati berbagau aktivitas yang menyenangkan
  5. Bersedia menjadi tempat curhat tanpa harus menasihati.
  6. Memperluas wawasan pengetahuan dan keterampilan dalam mengasuh anak.
  7. Bersedia untuk introspeksi diri
  8. Jangan biarkan anak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk hal-hal yang dapat memperkecil kesempatan ibu menjalin interaksi misalnya jangan terlalu membiarkan anak menonton TV terlalu lama, bermain games dan lain-lain.
Banyak ya, semoga saja aku bisa menjadi ibu idola juga untuk Pascal dan Alvin. Amiin.

16 comments:

  1. Ya pastinya kamu jadi idola ibu yang baik lah buat anak2mu ^_*

    ReplyDelete
  2. pengen jadi ibu yang baik, Mbak. tapi, saya kadang suka marah2 :(

    ReplyDelete
  3. Artikel yang menarik,
    salam kenal ....

    ReplyDelete
  4. thanks buat info nya jeung .. pascal ma alvin pasti bangga punya ortu yang kompak gini, mang ortu perlu kejasama dalam mendidik anak ... posting juga materi "ayah idolaku" donk biar tau juga ..

    ReplyDelete
  5. Heubat nih ayah dan Ibunya Pascal dan Alvin...pastinya ayah ibu yang baik buat anak2 nya nie

    ReplyDelete
  6. TFS mam. Semoga kita semua bisa menjadi ibu idola buat anak2 kita ya mam :-)

    ReplyDelete
  7. hmm i think every mom is always the best mom for her children... :)

    ReplyDelete
  8. insyaallah kita semua harus bisa menjadi orang tua yang bijak untuk anak2 kita..semoga bisa

    ReplyDelete
  9. Mbak Lidya,
    TK MMA itu di sebelah mana,Mbak? Aku juga pengen ikutan seminar parenting. Apalagi kalo deket-deket rumah aja...
    Bisa minta info nya, Mbak? Sapa tau kita berjodoh kopdar di next seminar parenting..hihihi

    ReplyDelete
  10. Jadi pengen ikutan seminar2 macam itu Mba supaya bisa nambah ilmu gimana jadi Ibu yang ok bagi anak :-)

    ReplyDelete
  11. Thanks mbak Lidya dah bagi2 ilmu niy, berguna banget buat ibu2 kayak aq yang belum bisa ikut seminar coz anak nya blm mau di tinggal siy :)

    ReplyDelete
  12. tengkyu infonya mba lidya...
    semoga kita bisa jadi idola bagi anak-anak kita

    ReplyDelete
  13. Jadi orang tua memang tidak mudah ya. Menahan emosi di depan anak2 itu susah sekali. Mudah2an kita semua bisa lebih wise saat mendidik anak.

    ReplyDelete
  14. TFS ya mba,...hmm memang jadi orang tua itu proses pembelajaran yg tiada hentinya ya mba, smoga qt bisa jadi orang tua yg baik untuk anak2 ya mba

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...