badge

Wednesday, June 8, 2011

Angka 46664 = Nelson Mandela


Artikel ini dibuat untuk mengikuti tantangan Pakde Cholik dalam ajang ASKAT Rabu 8 Juni 2011, dengan kata ANGKA





Angka
46664 identik dengan Nelson Mandela, Presiden Afrika Selatan. Awalnya saya juga tidak mengerti kenapa 46664 ini begitu terkenalnya dengan Nelson Mandela. Ternyata angka 46664 tersebut merupakan nomor tahanan Nelsol Mandela pada saat dipenjara di Pulau Robben, Cape Town, Afrika Selatan selama 27 tahun.

Nelson Rolihlahla Mandela yang lebih dikenal Nelson Mandela ditahan pada 12 juni 64 karena menentang rejim apartheid, yg diskriminasi kulit hitam dan putih. Nelson Mandela yang lahir di Mvezo, 18 Juli 1918 dikenal juga sebagai pejuang kemerdekaan. Angka 46664 ini mempunyai arti yaitu :
Nelson Mandela merupakan tahanan ke 466 pada tahun 64. Sehingga terkenal lah Angka 46664 tersebut

Hingga saat ini Angka 46664 masih dipergunakan sebagai nama Yayasan Nelson Mandela yang aktif mengkampanyekan perlawanan terhadap virus HIV / AIDS. Yayasan ini juga berinvestasi dibidang kemanusaian dan kini merambah ke dunia fashion, bekerja sama dengan Bono dan Ali Hewson.
Latar belakang dibentuknya Yayasan 46664 ini karena anak Nelson Mandela meninggal yang sebabkan oleh AIDS. Pada saat menjabat sebagai Presiden masalah AIDS ini kurang diperhatikan. Tak ingin masalah AIDS ini disisihkan maka dibentuklah Yayasan 46664 tersebut.

Begitu besarnya nama Nelson Mandela sehingga berkat jasa beliau Afrika Selatan terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010. Piala Dunia 2010 bisa dibilang sukses digelar di Afrika karena ini merupakan Piala Dunia pertama kalinya digelar dibenua Afrika.

Angka 46664 juga menginspirasi Strummer,Hewson dan Stewart untuk menulis sebuah lagi yang berjudul "46664 (Long Walk To Freedom)". Lagu dini dinyanyikan oleh Bono pada konser 46664 untuk Nelson Mandela.

41 comments:

  1. Wow.. angka yang sarat dengan ilmu pengetahuan.. hayoo buat adik-adik SMA ini pelajaran IPS lho..

    ReplyDelete
  2. wah pelajaran sejarah nechhh......aku baru tau kalo ada angka keramat 46664.....pasangin nomor buntut ahh kali aja keluar hahahah...

    ReplyDelete
  3. Kereeeennn... Aku suka cerita-cerita beginian. Top ah, Jeng!

    Gud lak, yah...

    ReplyDelete
  4. sebuah kumpulan angka yang memiliki arti dan memiliki nilai sejarah,
    keren

    ReplyDelete
  5. Mba Lidya.. paling bisaaa bikin artikel... postingnya bagus banget nih Mba... sarat ilmu! hehehe...

    semoga sukses di kontesnya Pakde, yah Mba.. :-D

    ReplyDelete
  6. waduh.. udh pada beres ngerjain per-ernya pakde nih... :)
    *sibuk ama sendal jepit*

    ReplyDelete
  7. Ahh...keren mba artikel ASKATnya ;)

    ReplyDelete
  8. Saleum
    mantep mbak, sekalian memberi ilmu buat kita kita... :)
    saleum dmilano

    ReplyDelete
  9. Angka yang sarat emosi kalo begitu

    ReplyDelete
  10. wah angka yang penuh arti dan menjadi inspirasi bagi seluruh dunia

    ReplyDelete
  11. Saya sudah membaca artikel sahabat
    Dan sudah langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi anda yang hebat
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    ReplyDelete
  12. baru tahu saya mbak, ada nggak ya yang nyari2 angka ini?

    ReplyDelete
  13. ohhhh gitu yah ceritanya mbak? makasih ya mbak ;)

    ReplyDelete
  14. ternyata ada sejarah dibalik sejarah. saya malah baru tahu kisah dibalik angka itu disini, secara taunya dulu cuman nelson mandela sebagai pejuang kesetaraan ras

    ReplyDelete
  15. nomor tahanan yang cantik.... (nomornya cantik maksudnya)

    ReplyDelete
  16. Aku tunggu artikel berikutnya...

    ReplyDelete
  17. dari tadi pengen komen nggak bisa-bisa.
    nggak tahu kenapa, tiap masuk blognya mba, berat, lama banget loadingnya, apa inetku lelet yah? padahal klo di blog lain, lancar jaya aja mba. :)
    oh iya, postingannya selain menjawab tantangan juga sekalian bagi-bagi info sejarah. keren idenya :)
    punya saya yang biasa saja kalah jauh :D
    salam hangat ^_^

    ReplyDelete
  18. informasi yg baru ku tahu, makasih infonya

    ReplyDelete
  19. informasi tentang nelson mandela dengan versi angka, baru tau juga.

    ReplyDelete
  20. Selamat berkontes saja bu :D
    Saya sendiri belum mempunyai angka2 yang cantik. Apalagi angka jadi dan pasti keluar.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  21. wah.... keren juga ya angkanya, semoga menang ya bu kontesnya

    ReplyDelete
  22. aku baru tahu nih soal angka 46664 ini, mbak. kalau gak mampir kesini aku gak bakalan tahu deh tentang hal ini. makasih ya mbak.. udah sharing informasi.

    ReplyDelete
  23. rajin ikutan acaranya pakde ya mbak..? aku suka deh dengan semangatnya.. :)

    ReplyDelete
  24. wah angka yang memieliki sejarah panjang ...
    semoga nomer itu tetap ada dalam sejatrah Neilson Mandela..

    ReplyDelete
  25. baru tahu info angka sperti itu...ilbu baru nih..:D

    ReplyDelete
  26. Waw... angka yang fantastis rupanya...
    Terima kasih atas informasi penting ini ya :)

    ReplyDelete
  27. Salam Takzim
    Ulasannya yang unik akan menggoda pakde nih, semoga menang ya
    Salam Takzim Batavusqu

    ReplyDelete
  28. nice post bro..salam kenal..mw tukar link gk???

    ReplyDelete
  29. baru tahu kalau angka 46664 ini keramatt....pelajaran berharga

    ReplyDelete
  30. baru tau gua tentang angka 46664 ini...

    ReplyDelete
  31. Wow, postingan angka yang mencerahkan mam. Semoga sukses di kontes pakdhe :-)

    ReplyDelete
  32. aku baru tahu malahan mbak nek itu nomor tahanan nya Pak nelson
    makasih infonya mbak

    nomornya cantik juga

    ReplyDelete
  33. Salu sama bunda...sejarah kayak gini masih inget aja.
    terus terang aku baru tau bun, maklumlah untuk hal2 sejarah dan ilmu2 aku lemah sekali alias tidak suka.

    ReplyDelete
  34. kalo 666 aja, katanya angka setan ya Mbak? Hehehehe mitosnya begitu

    untung ada 4 di awal dan di akhir yaa

    ReplyDelete
  35. H 333 YI...
    terima kasih atas informasinya<<<

    ReplyDelete
  36. aku sudah tahu, itu nomernya nelson mandela, pernah baca di koran

    #aku ga pakai smart, di rumah aku pakai firstmedia, yg paling murah

    ReplyDelete
  37. O..gitu tho? Jujur baru tahu malah. Ini membutkitkan bahwa ide Pak Dhe membuat ajang ASKAT benar-benar cerdas, terbukti jadi tambah pengetahuan. Semoga sukses Bun!

    ReplyDelete
  38. Kalo angka 46664-nya saya tahu, mbak, tapi baru tahu ini kalo ternyata anak beliau meninggal karena AIDS...

    ReplyDelete
  39. Waaahhh dapet ilmu baru neh. Thansk yah Teh :-)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...