badge

Wednesday, August 17, 2011

Panjat Pinang Di Google


Genap 66 tahun Indonesia merdeka, Semoga Indonesiaku makin jaya dan damai selalu.
Walaupun bertepatan dengan bulan romadhon kita bisa tetap merayakan dirgahayu kemerdekaan ini dengan berbagai cara tanpa mengurangi makna dari hari kemerdekaan itu sendiri maupun makna dari bulan romadhon. Begitu pula dengan google yang ikut serta memeriahkan  hari kemerdekaan RI dengan memasang gambar Panjat Pinang di webnya.

Tidak seperti biasanya diberbagai wilayah di tanah air ini yang selalu ditemui berbagai macam lomba, tahun ini minim sekali acara seperti itu. Dibeberapa tempat acara lomba tersebut sudah dilaksanakan sebelum bulan romadhon tiba.

Yang paling saya suka adalah melihat Panjat Pinang, dengan kerja keras pesertanya bahu membahu untuk merebut hadiah yang telah disediakan. Perlombaan ini merupakan salah satu lomba tradisional yang populer pada perayaan kemerdekaan RI. Pohon pinang yang dilumuri oli dan diatasnya telah disediakan berbagai macam hadiah ini harus dinaiki oleh peserta lomba. Walaupun ada yang berpendapat bahwa perlombaan ini dianggap mencederai nilai-nilai kemanusiaan.

Gambar Panjat Pinang diambil dari sini


36 comments:

  1. Saya juga suka dengan acara panjat pinang, seru dan menegangkan apalagi saat mau ngambil hadiahnya suka ikutan gemes kalau enggak berhasil:)
    dirgahayu indonesiaku.

    ReplyDelete
  2. Lomba yang model beginian ini saya paling tidak bisa. Lha wong dulu manjat mangga saja pakai tangga, lha ini ?!? bisa turun terus dan gak naik2 :D

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  3. saya juga suka nonton panjat pinang meski tradisi itu mulai meudar. denger2 sekarang jarang ada desa yg ngadain karena utk menyediakan dana lomba yg satu ini cukup mahal...pinangnya itu lhooo...larang pisan :)

    ReplyDelete
  4. Saya malah belum pernah ikut panjat pinang mbak. Sukanya nungguin hadiah jatuh ke bawah aja, terus kalo dapet kabr deh. hihihi

    ReplyDelete
  5. panjat pinang itu melatih kekompakan tim mbak, jadi meskipun kasihan banget liat yang paling bawah tapi itu resiko biar menang.. tahun ini nggak ada panjat pinang di daerah saya mbak, mungkin karena puasa kali yaa padahal seru banget tuh nontonnya..

    MERDEKA mbak!!

    ReplyDelete
  6. Dirgahayu Indonesia... moga tambah jaya.. kayaknya gak ada panjat pinang puasa gini... tapi gak taulah.. :D

    ReplyDelete
  7. google-nya ikut 17-an juga ya ..

    ReplyDelete
  8. merdekaa...
    wlopun tinggal di kampung, saya juga belum pernah ngrasain ikut lomba panjat pinang bu, hehehe,, kebanyakan jadi panitia soalnya.. hihih

    ReplyDelete
  9. sayangnya google cuma masangnya di google indo ya. kalo disini kita ke google.com gak ada panjat pinangnya. kalo ke google.co.id baru ada panjat pinangnya.

    harusnya ditaruh di google.com nya tuh biar semua negara tau kalo indo lagi ulang tahun ya... :)

    ReplyDelete
  10. tapi biar kasian, sepertinya tradisi panjat pinang ini meriah yah Mbak... dan kayaknya semua orang seneng :-D

    ReplyDelete
  11. batang pinangnya sekarang harganya mahal, udah jarang yang rame2in pakai panjat pinang ya

    ReplyDelete
  12. ada yang berpendapat bahwa perlombaan ini dianggap mencederai nilai-nilai kemanusiaan.

    ---

    Akan selalu ada saja orang yang berpendapat berbeda seperti ini
    (biasanya sih mereka belum pernah mengikuti lomba ini dan hanya mengamatinya dari jauh lalu mengambil kesimpulan sendiri ...)(plus dibumbui kata-kata keren dari browsing internet ...)

    Apa karena menginjak-injak kepala ya ?

    Hmmm siapa tau saja mereka benar ...

    Salam saya

    ReplyDelete
  13. kalo saya lebih suka lomba lompat karung, sis..hehee....

    ReplyDelete
  14. panjat pinang seru tapi belum pernah.. paling enak..balap bakiak

    ReplyDelete
  15. kangen deeh nontonin panjat pinag begonoan di kampung. sekarang dikota, udah jarang nemuin lomba yang begituan.. biasanya pinangnya diganti.. tiang telepon atau tiang listrik. hahaha

    ReplyDelete
  16. Kalau ada saya mau ikutan Mbak....tapi sekarang cukup masang foto yg dari Google itu karena khas banget....

    ReplyDelete
  17. templatenya ganti lagi ya?
    Saya selalu merasa kasihan pada peserta lomba panjat pinang, hehe...

    ReplyDelete
  18. Dirgahayu negeriku, dirgahayu Indonesiaku. Semoga bukan saja negaranya yang merdeka, tapi juga rakyatnya, merdeka dari kebodohon karena kebodohan dekat dengan kemiskinan, dan karena kemiskinan dekat dengan kekufuran, dan karena kekufuran dekat dengan kehancuran.

    Panjat pinang? positif tidaknya, tergantung dari sisi mana kita melihatnya.

    ReplyDelete
  19. di google.co.id iya, kalu di google.com ga deh, ga tahu juga sih krn saat buka google.com di redirect ke google.co.id

    ReplyDelete
  20. Yups, di Google.c0.id,,
    semoga kita benar2 sudah merdeka.

    ReplyDelete
  21. gara gara panjat pinang dll di tambang
    dari sekian ratus karyawan yang puasa
    hari ini cuma nyisain 2 orang yang masuk ruang makan saat buka
    hehe

    ReplyDelete
  22. pada panjat pinang, sering...lebih asyik jadi penonton saja bu....hiburan segar ala rakyat kebanyakan.

    ReplyDelete
  23. Sebaliknya menurut saya panjat pinang itu menggambarkan gotong royong

    ReplyDelete
  24. Icon perayaan kemerdekaan ya "lomba panjat pinang" yah mbak..:) seru jadi ingat masa kecil...:)
    menggambarkan semangat untuk pantang menyerah menggapai sesuatu dengan penuh kerjasama :)
    Dirgahayu Indonesiaku..:)

    ReplyDelete
  25. seru kalo melihat panjat pinang..tp 17 an kmrn kyny ga ada yg ngadain ya mbak,,:P

    ReplyDelete
  26. Tahun lalu gak bisa lihat panjant pinang...tahun ini juga gak ada kenampakan panjant pinang.
    Padahal seru..apalagi kalau pas pada berjatuhan.

    ReplyDelete
  27. panjat pinang 17-an di dua domain google, yaitu di google.co.id dan google.com, mantap :)

    ReplyDelete
  28. Bun, aku pindah rumah. hehehe

    dan, google memang sering mengikut tren hari besar...

    ReplyDelete
  29. Saya cuma seneng nontonnya aja, mbak, tapi ogah banget ah ikutan lombanya :D

    ReplyDelete
  30. Saya juga senang melihat acara panjat pinang. Tapi kalau saya pribadi blm pernah melakukannya. Diperlukan keterampilan dan nyali yg tinggi :)

    ReplyDelete
  31. ternyata gugel juga merayakan kemerdekaan RI :)

    anyway, thanx for dropping by on the other day ^^

    ReplyDelete
  32. Saya paling jago lho mba' kalo ada panjat pinang,, waktu saya masih di blimbing Malang seru banget ikut bgtuan,.

    ReplyDelete
  33. Dari dulu aku selalu penasaran dengan lomba ini Mbak, tapi karena ditempatku jarang diadakan lomba ini sampe sekarang pun masih penasaran, sepertinya heboh banget gitu...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...