badge

Friday, September 2, 2011

Nasi Ruwet dan Kekian Udang

Allhamdulillah sudah memasuki hari kedua dibulan september, kita masih berada di Semarang. Postingan kali ini dan beberapa postingan kedepan mengenai mudik ya, baik mengenai perjalanannya maupun kulinernya.

Mendengar istilah nasi ruwet pertamakali aku merasa aneh. Istilah ini aku dengar waktu pertamakali mudik ke Semarang setelah menikah. Aku diajak makan mie jowo, ada menu nasi gorengnya juga. Mencicipi mie jowo ternyata enak, nasi goreng aku juga suka. Di waktu yang lain aku bingung menentukan pilihan antara mie jowo atau nasi goreng. Lalu suamiku menawarkan keduanya, loh emang boleh ya? ternyata boleh dan itu dinamakan nasi ruwet. Kebiasaan ini terbawa hingga ke bekasi, kalau beli nasi goreng aku minta dicampur mie, walaupun harga beda tidak masalah yang penting aku bisa merasakan keduanya.



Yang paling terkenal didekat rumah mertuaku adalah Bakmi jowo Pak Gareng yang berada di Jl. Wot Gandul Dalam No. 173 Semarang. Antriannya banyak, kadang kalau malas aku cari ditempat lain  yang sama-sama enak. Yang membuat aku suka adalah dimasaknya menggunakan tungku dari tanah liat jadi memiliki aroma khas dan mengundang selera.


DiBakmi Jowo ini biasanya disediakan sate, yang boleh dimasak bersama pesanan ataupun dibakar. Tapi ada satu yang menarik buat aku, namanya KEKIAN UDANG. awalnya aku gak tau ini jenis makanan apa, setelah dimakan enak ternyata, Alvin juga suka :)


Aku penasaran mencari tahu tentang kekian udang ini, dan berhasil menemukan gambar serta resepnya di blognya mbak Astri. Cara membuatnya cukup mudah, Insya Allah nanti aku praktekan kalau sudah pulang ke Bekasi.
Gambar Kekian udang aku ambil dari blognya Mbak Astri






34 comments:

  1. Ow nasi riwet ini campuran mie goreng dan nasio horeng toh mbak.. #barutahu

    ReplyDelete
  2. sesuai namanya, nasi di ruwet mie, jadilah nasi ruwet :)
    Salam kenal.
    Selamat idulfitri 1432H
    Mohon Maaf Lahir Bathin

    ReplyDelete
  3. ruwet..kalau disini disebut nasi liwet...enak mba, sy juga kadang pesan itu.

    ReplyDelete
  4. waaa kekian udangnya menggiurkan... :D

    ReplyDelete
  5. Di tempatku namanya nasi goren mawut mbak.. dan shasa suka banget :)

    ReplyDelete
  6. Nasi mawut ya Mbak...

    :)

    Minal Aidzin walfaidzin, mohon maaf lahir n bathin ya Mbak...

    ReplyDelete
  7. selamat hari lebaran, mohon maaf lahir bathin..

    ..
    ngelihat gambarnya aku jadi laper, mbak...

    ReplyDelete
  8. asyiknya yg masih mudik...

    itu nasi riwet ma kekian udangnya jadi buat lapar, pengen nyoba jugaa.. disini ada gk ya nasi riwet itu??

    ReplyDelete
  9. oh nasi ruwet itu campuaran nasgor dan mie ya hehe baru tau aku :D
    kekian udang wah mauu itu enak ya ^^ ak suka udang :D

    ReplyDelete
  10. hahahaha tak kira menu baru... ternyata nasi ruwet itu campuran ya antara nasgor sama miegor :)

    ReplyDelete
  11. Oooo, gitu toh mb, jadi campuran mie dengan nasi goreng.
    Di rumah anak2 juga sering beli nasi goreng tok2 pakai campuran mie. Tapi saya baru tau itu adalah nasi ruwet
    Kekian udang ? saya baru dengar mb, bikin penasaran.
    Btw selamat mudik...

    ReplyDelete
  12. resep kekian udangnya ndak sekalian dishare mbak? saya belom nyobain nasi goreng campur mie gitu, jadi kangen Jawa. dulu sering beli nasgor yang lewat depan rumah >.<

    ReplyDelete
  13. jadi pengen kekian udang deh, Taqobal Allahu Minna Waminkum, Selamat hari raya idhul fitri Mohon maaf lahir dan Bathin buat Mbak LIdya sekeluarga

    ReplyDelete
  14. Mie Jowo enak emang Mie Jowo Semarang, apalagi kalau masaknya pakai "areng".
    Aromanya beda ama yg dimasak pakai alat lain

    ReplyDelete
  15. makan nasi ruwet membuat pikiran tambah ruwet ngga ya? Memang tiap daerah punya kuliner khasnya ya

    EM

    ReplyDelete
  16. Nasi ruwet buatnya ruwet juga ga yah

    ReplyDelete
  17. walah, itu menu andalan saya untuk sarapan orang2 di sini. apalagi jika nasi sisa cuma sedikit.
    namanya nasi ruwet toh???

    ReplyDelete
  18. Oh ternyata namanya nasi ruwet... biar ruwet tapi uenaaak... hihihi... ^_^

    ReplyDelete
  19. penasaran pengen nyicipi nasi ruwet ::nyam3::

    ReplyDelete
  20. Hah nasi ruwet? Itu istilahnya sndr apa emang ada menu kaya gt mbak? HeheHehe

    ReplyDelete
  21. Di kota saya disebutnya nasi mawut, Mbak. Biasanya campurannya banyak banget, ada baso, daging ayam, hati dll :D
    Kalo kekian udang, saya belum pernah mencicipi. Kek perkedel ya??

    ReplyDelete
  22. hmm..kayaknya enak tuh. aku suka mie jowo lho. pernah makan di daerah cawang. restoran bakmi golek

    ReplyDelete
  23. nasi mawut kali ya kalo di jawa timur, seperti yang pernah aku bikin ..

    ReplyDelete
  24. Komennya masuk kok mbak.. tapi aku gak tahu kenapa mbak Lidya susah komen di tempatku. Jangan2 yang lain juga kesulitan komen di tempatku ya? Wah.. ada apa ya?

    ReplyDelete
  25. di Jogja namanya 'magelangan' mb...nasi yg dicampur mie gitu... :)

    ReplyDelete
  26. Wahhh...uhhhh....sedap...enak dan lezat.........uhhhhhhhhhh

    ReplyDelete
  27. Kalau nasi goreng plus mie jowo plus sayur bening namanya " nasi ruwet dan semrawut" jeng.

    Makan tahu pong juga ya di Semarang.
    Maaf lahir-batin ya jeng.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  28. Memang indonesia itu kaya dengan jenis makanan enak lezat cita rasa masakan internasional (sayang kebanyakan orang kita malah kebule-bulean) saya pas ke surabaya dan bali ngobrol sama londo kebanyakan nyari masakan aneh dari negeri ini yang katanya kok masakan apa aja disini jadi enak :) eh iya kalo punya suami orang jawa tengah yang pinter masak pasti asik deh hehehehehhe

    ReplyDelete
  29. wah, saya belum pernah nyobain Nasi Ruwet, sepintas tadi nasi liwet kedengarannya, hehe

    ReplyDelete
  30. kalau sama2 goreng mah ga ruwet namanya, yang ruwet itu adalah bila......nasi goreng campur mie rebus ha ha :D

    ReplyDelete
  31. Kalau di Jogja istilahnya magelangan mam. Jadi nasi goreng dicampur mie goreng. Kalau ke Jogja, coba mampir ke Pak Geno, Jl. Parangtritis...yummy... heheh

    ReplyDelete
  32. siip...
    salam kenal dr semarang jg mb...:)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...