badge

Sunday, September 4, 2011

Tahu Gimbal

Yang paling aku kangeni dengan makanan di Semarang adalah tahu gimbal. Makanan khas kota semarang yang terdiri dari tahu goreng, rajangan kol mentah (kalau aku minta digoreng kolnya), lontong, telur (aku minta didadar) dan gimbal (udang yang digoreng dengan tepung), semuanya dicampur dengan bumbu kacang yang menggunakan petis udang yang agak encer.



Didekat rumah mertua ada penjual tahu gimbal yang enak, sayang setiap kita kesini selalu hari lebaran jadi penjualnya tutup. Oh ya tidak semua tahu gimbal enak dilidahku, beda rasanya. Belum lagi ditempat lain bisa dijual dengan harga yang mahal. Entah apa karena kita tamu jadi dijual mahal, padahal suamiku asli Semarang loh.

Selama di Semarang kali ini baru satu kali beli tahu gimbal, itu juga titip adik ipar hehehe, malas antri. Rencananya hari ini mau beli lagi sebelum besok, senin kita kembali ke Bekasi. Seandainya di Bekasi ada yang jual tahu gimbal dan rasanya seenak disini, wah senangnya aku.

41 comments:

  1. wah jadi kepingin nih sama tahu gimbalnya hehehe...

    Oh ya saya mohon maaf lahir bathin ya Mbak, jika ada salah kata atau komentar hehehe

    ReplyDelete
  2. jadi wisata kuliner rupanya, sip mba..apalagi kalau nemu resep-resep yang langka. Disemarang itu kalau tidak salah ada beberapa rumah makan yg dari beberapa generasi masih tetap eksis...

    ReplyDelete
  3. Wah belom pernah makan tahu gimbal mbak.. sepertinya enak tuh *nelen ludah*

    ReplyDelete
  4. Mbak lidya aja yg jualan di bekasi. Hihhihi

    ReplyDelete
  5. Gak hanya rambut, tahu pun ada yang gimbal... ck ck ck...

    ReplyDelete
  6. mbak lidyaa...
    maaf lahir batin yaa...

    boleh banget loh tahu gimbalnya dikirim ke sidoarjo :D

    ReplyDelete
  7. Tahuuuuu ...
    Waaaa ... saya pengen banget merasakannya ...
    Semua menu dari Tahu saya suka ...

    Why ?
    Sebab dia bersahabat dengan Gigi saya ...

    hehehe

    Salam saya Mbak Lidya

    ReplyDelete
  8. baru denger aku tahu gimbal :D
    yg jualan dulunya rambutnya gimbal ya mba hhihihi *kidding

    ReplyDelete
  9. wahh masih di semarang yachh mbak....senangnya bisa lebaran di kampung halaman suami.......

    ReplyDelete
  10. Aku baru tahu ada selisih harga untuk pembeli, mbak.

    ReplyDelete
  11. tahu gimbal mirip tahu telur madiun nggak yah mbak? tapi bahan2nya lebih rame ya, seru kayaknya... hehe..

    yg namanya tahu, diapain aja enak deh... hehe.. ^_^

    ReplyDelete
  12. salam kenal mba...
    waaah enak juga ya makan tahu gimbal.
    jadi pengen nih...

    ReplyDelete
  13. anak2 sini bilang "gimbal" tuh berarti tinju atau pukul
    haaa berarti ini tahu tinju hehehehe

    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Taqabbalallahu minna wa minkum, Shiyamana wa Shiyamakum.
    Ja’alanallaahu Minal Aidin wal Faidzin
    attayaya mengucapkan
    Selamat Idul Fitri 1432 H
    Sekalian Memohon maaf lahir bathin
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    ReplyDelete
  14. aku malah gak suka tahu gimbal. karena ada telornya itu.

    ReplyDelete
  15. Jadi lapar nih....cari makanan dulu ah

    ReplyDelete
  16. Hm.....cocok dech mbak.....rasanya mirip tahu (lontong) bumbu ni....

    jadi mau makan lagi, he he he

    ReplyDelete
  17. menurutku rasanya sih kayak ketoprak cuma banyak bawang putihnya aja hhehhe :P

    ReplyDelete
  18. iya bener mbak, kalo yg jual tahu gimbal di pusat jajan yang banyak dikunjungi pemudik gitu biasane dimahalin (bahasa jawanya di-kentel) hehe....

    paling terkenal emang kawasan Taman KB itu mbak, hampir semua pedagang jualan tahu gimbal...

    aku semarangnya deket Java mol mba :)

    ReplyDelete
  19. rasanya aku blom pernah makan tahu gimbal ya ? ... kalau lontong tahu tanpa gimbal sih sering

    ReplyDelete
  20. Ya ampun kenapa baru baca postingannya sekarang sih tau gitu pas mudik kemarin lewat semarang aq nyobain kan....tampak menggoda sekali.

    ReplyDelete
  21. penampakannya spt batagor atau siomay... duh pengen coba...pasti enak tuh

    EM

    ReplyDelete
  22. iya nih sama pas ke bandung juga gak sempet kuliner . banyak yg tutup .. :(

    ReplyDelete
  23. Jadi sekarang masih di Semarang mbak.. bisa puas2in makan tahu gimbal dong, hehehehe

    ReplyDelete
  24. Aku belum pernah makan tahu gimbal nih, jadi pengen nyicipin mbak. :)

    ReplyDelete
  25. wiw. aku belom pernah nyobain. jadi pengen. tapi di purwokerto mana ada :(

    ReplyDelete
  26. pas dulu ke semarang, pernah tuh gua nyobain makan tahu gimbal. tapi kok sekarang gua inget2, kok gua gak inget ya rasanya kayak apa. hahaha.

    ReplyDelete
  27. kalo dari foto agak mirip gado2 ya mba

    belum pernah nyobain :D

    ReplyDelete
  28. belum pernah makan tahu gimbal :(

    kayanya enak tuh

    ReplyDelete
  29. ehm maknyus tenan, kemarin q juga makan itu pas lebaran di rumah enyang di ungaran

    ReplyDelete
  30. Skrg udh di rumah kan Teh?
    orin blm pernah nyicip tahu gimbal, sok lah dibawain atuh hehehe

    ReplyDelete
  31. klo udang gimbal dah pernah, klo tahu gimbal blom pernah... mau dong... :)

    ReplyDelete
  32. Assalamualaikum
    selamat menyambut hari raya Aidil Fitri, minal a'din wal faaizin.. maaf ttelat :( dan OOT

    ReplyDelete
  33. Saya baru dengar nama makanan ini. Tapi pake kol mentah ya? Saya pesan yang nggak pake kol ya, Mbak :D

    ReplyDelete
  34. Saya baru tahu ada tahu gimbal, setau saya gimbal itu untuk rambut keriting yang gak beraturan. *keriting emang gak beraturan ya, hehehe...
    Selamat hari raya idul fitri 1432 H, maaf lahir dan batin.

    ReplyDelete
  35. Waah..makanan kayak gitu kesukaan saya bu.. Apalagi pake bumbu kacang sam kol,, mantap bangeet dah..

    ReplyDelete
  36. Waaaa... aku juga pernah ngerasain tahu gimbal di Demak pas nikahannya temenku. Uenak tenaaannn... Di Mataram malah kayaknya gak ada yang jual tahu gimbal deh....
    jadi kepingin

    ReplyDelete
  37. Waaaaa, tahu gimbal ini makanan favorit saya juga. Dulu pernah nemu penjual Tahu Gimbal khas Semarang di Tanjung Duren. Entah mengapa hilang tanpa kuketahui rimbanya (mungkin sudah pindah ke hutan, hehehe)

    Salam hangat

    ReplyDelete
  38. Saya belum pernah makan tahu gimbal juga nih....pengin ah...kapan yaaa ke semarang :-)

    ReplyDelete
  39. Mbak.. aku belom pernah makan tahu gimbal nih....

    hiks

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...