badge

Monday, November 7, 2011

Belajar Berqurban di Sekolah (New)

Kegiatan rutin yang diadakan oleh sekolah tempat Pascal sekolah. Tahun ini Yayasan Al Huda menyembelih 2 ekor sapi dan 3 ekor kambing, dimana uangnya dikumpulkan dari murid TK & SD. 2 tahun sebelumnya aku tidak ikut melihat penyembelihannya, tapi tahun ini ikutan melihat dengan Alvin.

Hewan Qurban disembelih di Masjid An-Nur yang lokasinya dekat dengan sekolah. Murid-murid belajar mengenai qurban dan melihat cara penyembelihan hewan qurban, dan juga dijelaskan organ-organ tubuh kambing setelah disembelih. Biasanya esok harinya murid-murid makan bersama dengan daging yang sudah disembelih, yang memasak orang tua murid yang sudah ditunjuk.

Pengalaman baru melihat penyembelihan hewan dari awal hingga dikuliti, biasanya tidak pernah melihat seperti ini.



Thanks, untuk mbak Susi & Ferry yang sudah kasih info mengenai melware ,Mohon maaf link pendopotatito saya remove dulu ya.

55 comments:

  1. tugas guru dan orangtua untuk menjelaskan ke anak-anak tentang hikmah dibalik disembelihnya hewan-hewan Qurban.Kaitannya dengan hubungan dengan sesama kemudian hubungan keatas yaitu Tuhan.

    salam berkah mba ^__^

    ReplyDelete
  2. wah TK aja udah belajar qurban ya? dulu aku stl smp -_-" ato mungkin krn yayasan sekolah islam ya jd sedari dini sudah diajarkan ttg ketauladan nabi ibrahim :)

    ReplyDelete
  3. Alvin nangis ga Teh liat kambing/sapi disembelih? Tapi yg penting makna dibalik berqurban itu ya, jd anak2 tahu sedari dini...

    ReplyDelete
  4. belajar sedari kecil...
    aku dulu malah gak pernah liat orang motong kebo... serem
    hehehe

    ReplyDelete
  5. tahun ini sekolah dasar tempat saya mengajar juga melakukan kegiatan kurban. Meski hanya memotong 2 ekor kambing.

    ReplyDelete
  6. wah hebat tuh anak2nya gg pada takutan itu liat hewan disembelih ?
    adikku liat sapi disembelih langsung phobia gitu sama daging sapi

    ReplyDelete
  7. wuitzzzz,,,,,,,,,kegiatan yang possitif nih,,,,hebad

    ReplyDelete
  8. Aku cuma pernah lihat kambing.mbak.. itupun karena aku gak makan kambing.. kalau sapi rada gak mau deh.. ntar bisa mual gt.. hehehe

    ReplyDelete
  9. Aku cuma pernah lihat kambing.mbak.. itupun karena aku gak makan kambing.. kalau sapi rada gak mau deh.. ntar bisa mual gt.. hehehe

    ReplyDelete
  10. Setuju sekali mulai sjk kcl sdh dperkenalkan apa itu bkurban,
    Apalgi Pascal sekalian bljr biologi ya,

    ReplyDelete
  11. Waaaa... semoga tidak ada yang menjadi trauma & ga doyan makan daging ya mbak. Soalnya waktu aku kecil sempat tuh ga doyan daging. Ditiru anak kembaranku, ga doyan makan daging gara2 lihat kambing disembelih. :(

    ReplyDelete
  12. Hihi lucu juga ya Mbak ngelihat anak-anak itu duduk berjejer rapi sambil anteng liat sapi..

    ReplyDelete
  13. assikk, anak2nya pada ga takut ya liat sapi & kambing dipotong. Saya sendiri malah kadang ga tega buat lihatnya.. :D

    ReplyDelete
  14. duhhh enak nya yah bisa liat hewan yg lai di sembelih..kalo disini gak bisa liat begini...semuanya di sembelih di tempat penyembelihan hewan...

    ReplyDelete
  15. mengajari agama sejak dini emang sangat perlu bu :)

    ReplyDelete
  16. Aku tak pernah berani menyaksikan penyembelihan secara langsung mbak...

    ReplyDelete
  17. Banyak juga ya hewan qurban di sekolah Pascal, mbak?

    ReplyDelete
  18. Wah, itu akan sangat membantu sekali mbak untuk pendidikan dini. Setidaknya anak2 kita sudah belajar dan mengerti bahwa berkurban merupakan salah satu perintah-Nya yang harus kita jalani. Mungkin pertamanya terlihat serem ya bagi anak2. Wah, pasti menyenangkan bisa mendampingi si kecil di pengalaman yang luar biasa ini. Reaksi si kecil gimana mbak? Peluk cium untuk si kecil ya mbak...

    ReplyDelete
  19. kalo di koza kelahiranku bisa dikatakan nggak ada yg menyembelih sapi, paling kerbau, ato kambing

    ReplyDelete
  20. dulu waktu kecil (TK) saya gak tega lihat hewan nya di sembelih >___<

    ReplyDelete
  21. Sama kaya Olive dulu waktu sekolah di TK IT nya begitu,
    Olive sempet berkaca-kaca,kasihan katanya..
    sampe sekarang,makanya ga mau lihat ..!!

    *dari tadi sibuk nyari Pascal di foto*

    ReplyDelete
  22. bener2 pengalaman baru nih buat anak2 ya...

    ReplyDelete
  23. Aku sampe setua ini belum pernah lihat hewan disembelih mbak, takut soalnya... tapi kalau makan dagingnya mau... hihihi...

    ReplyDelete
  24. anak anak ngak pada takut ya mbak. aku aja takut kalo ada sembelih gitu.hiiii

    ReplyDelete
  25. btw mbak termasuk salah satu org tua yg di tunjuk kah tuk memasak daging kurban di sekolahan pascal

    ReplyDelete
  26. Pembelajaran sejak dini, bagus sekali. Ngomong-ngomong si Alvin nda takut waktu liat sapi di sembelih, Mbak? Bukan apa-apa, takunya malah nanti jadi trauma. Tapi saya percaya Pascal dan Alvin hebat-hebat.

    ReplyDelete
  27. Anak saya yang TK juga sudah belajar berkurban dengan mmeberikan infaq qurban setiap hari. Hasilnya kemudian di akumulasi dari kelas yang ada dan dibelikan hewan kurban.

    ReplyDelete
  28. saya tahun ini malah absen engga dateng ke skul Ara, biasanya saya selalu dateng, dan itupun enggak pernah ngeliat pas di eksekusinya, karena kebanyakan ketemu temen jadi ngobrol ngobrol deh...


    hehehhehehe, seru juga ya mbak idul adha kali ini?

    ReplyDelete
  29. fauzan mah gak tega ngeliat hewan ternak dipotong, ngeri katanya ..

    Pascal berani ya ?

    ReplyDelete
  30. kalau saya kagak tega mba,liat hewan apa pun di sebelih jadi boro2 sampai dikulitin
    orang pas mau dipegang aja kagak tega

    ReplyDelete
  31. aku gak pernah berani liat hewan disembelih. gak tega...hiks..

    ReplyDelete
  32. Pasti seru ya... Idul Adha selain dimaknai sebagai suatu pengorbanan juga dapat menjadikan sarana pembelajaran berbagi untuk anak-anak.. apalagi secara langsung. Anak-anak banyak belajar dari kegiatan seperti ini

    Salam,

    Seru Jadi Guru :D

    ReplyDelete
  33. ikhsan tiap tahun juga saya ajak lihat penyembelihan hewan qurban di mesjid deket rumah. Tapi, saya ga berani liat dari deket, hihi... ngeri. Jadi biasanya ikhsan liat dari deket sama bapakna..

    ReplyDelete
  34. Klo aku tiap tahun lihat mbak...soale motongnya di sebelah rumah...klo ina ketakutan mbak...kasihan dech smpe trauma dia...kmrin juga di sekolahnya ada pemotongan kambing...ina kabur dr sekolah krna takut hihihi.....

    ReplyDelete
  35. Pembelajaran qurban memang harus ditanamkan sedini mungkin oleh anak-anak kita ya Mba. Karena dunia anak merupakan dunia bermain sambil belajar.

    Sukses selalu
    salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  36. mnatab deh mba bisa lihat dari awal sampai akhir.... saya ga berani hiiiii...

    ReplyDelete
  37. saya baru kemarin itu lihat mbak, hewan qurban disembelih, sama kinan tapi kinan agak saya tutup tutupi dan saya ajak mengucapkan kalimat takbir, jadi biar nggak terlalu terpancang pada pemandangan didepannya, soalnya kayaknya masih takut takut gitu...wong pas sapinya direbahkan gitu aja dia langsung bilang " Ma itu sapinya jatuh, kok nggak ditolongin ma?"..terus saya kasih tahu sapinya mau dipotong, terus nanti dagingnya dibagi...dimasak terus dimakan...gitu..alhamdulilah lumayan tenang anaknya..

    ReplyDelete
  38. Anak-anak itu sangat antusias kelihatannya ya, semoga pelajaran ini bisa meningkatkan keimanan anak-anak ya :)

    ReplyDelete
  39. teeeh maap sangad baru ini ke sini hikz T_T
    met idul adha yah
    bagus juga yah diajarin sejak dini ke anak2 apa arti berkurban :)
    pascal yang mana yah teh? *liat pake kaca pembesar* heheheh

    ReplyDelete
  40. mangstab nih, sejak usia dini diajari mengenal tentang "kurban sebenarnya" salut ya..

    ReplyDelete
  41. Anak-anak murid duduk dengan rapi ya bun, mereka jadi tau mengapa kita berkurban dan apa saja yang terdapat di sekitar tubuh sapi atau kambing.

    ReplyDelete
  42. Di sekolah anak-anak juga ada acara kurban ini. Dimulai dengan manasik haji lalu penyembelihan hewan kurban. Tapi Si Cantik gak mau masuk, takut ngeliatnya hehehehe....

    ReplyDelete
  43. saya gak pernah tega mbak kalo lihat penyembelihan qurban hehe..

    ngumpet aja deh :-D

    ReplyDelete
  44. beri sebanyak banyaknya pengalaman ke si kecil.. (akademis gag perlu), niscaya alvin jadi pemimpin :)

    ReplyDelete
  45. Dear.

    1. Kami Keluarga Zulfadhli ingin Mengucapkan Selamat Hari Raya idul Adha 1432 H. Mohon Maaf Lahir & Bathin.

    2. Mohoonn maaaffff karena udah lama sekali gak bewe..... jadi sering ketinggalan berita2...

    3. Wah Bang Pacsal pasti seneng sekali yach dengan kegiatan rutin tersebut... bagus sekali buat pembelajaran....


    regards.
    ... Ayah Double Zee ...

    ReplyDelete
  46. Meskipun pemotongan sapi itu rada2 menyeramkan, tapi banyak juga yang suka menyaksikannya ya, Mbak. Termasuk anak-anak juga :)

    ReplyDelete
  47. Semoga semangat berqurbannya bisa melekat pada anak-anak kita ya Mbak ;)

    Di Sekolah anak2ku juga ada acara penyembelihan qurban bersama...

    ReplyDelete
  48. aku lihat kurban jadi ingat mati mbak, kambingnya masih bergerak-gerak walau sudah disembelih

    jadi ingat sakratul maut, rasanya mati mungkin kayak gitu, padahal kambing ga masuk neraka loh

    ReplyDelete
  49. pastinya, alvin seneng bgt alvin y mam..
    liat kambing jg sapi...:)

    ReplyDelete
  50. Pasti jadi pengalaman baru yang seru buat anak-anak ya mbak :)

    ReplyDelete
  51. Selamat Idul Adha Lidya, smoga keikhlasan berkurban nabi Ibrahim AS bisa menjadi teladan kita tentang keikhlasan...
    Amin.

    ReplyDelete
  52. ya, asal anak-anak jangan trauma saja melihat penyembelihan spt begitu.....
    saya waktu kecil melihat ibu-ibu melahirkan aja sampai trauma tidak mau menikah loh. Di agama islam memangnya diwajibkan untuk melihat ya? Sejak umur berapa?

    ReplyDelete
  53. apa gak ngeri ya anak anak lihat hewan disembelih???

    aku aja ngeri

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...