badge

Wednesday, March 21, 2012

Panen Jambu Air

Suka jambu air gak? didepan rumahku jambunya sedang berbuah banyak nih, sampai berjatuhan. Kalau pagi suamiku membersihkan jabu-jambu yang jatuh banyak sekali. 
jambunya merah , besar dan manis


Kemarin aku minta dipetikkan jambunya mau aku bawa ke sekolah buat dimakan ibu-ibu sekolah. Jambunya manis loh gak perlu pakai gula :). Siapa saja yang lewat suka metik, memang pohonnya berada diluar pagar rumah jadi aku sih gak masalah yang mau ambil silahkan saja. Kadang mereka cukup bilang "bu minta jambunya ya" tanpa aku jawab sudah dipetik duluan.

Siang kemarin ada bapak-bapak mau membeli jambu-jambunya untuk jualan rujak, tanpa pikir panjang aku bilang tidak usah pak, jambunya tidak dijual. Kalau dijual jambunya langsung habis, kasihan tetangga dan juga yang lewat belum mencicipi semua. Kebetulan setiap hari banyak anak sekolah SMK yang berolah raga lari melewati rumahku, mereka juga suka memetik jambunya bisa dijadikan penawar rasa haus.

Pagi ini, ada beberapa ibu yang mengantar anaknya ke TPA juga mampir meminta jambu, cara mengambil jambunya ada yang menggendong anaknya untuk memetik bahkan ada salah seorang ibu yang berani memanjat pohon. Ibu-ibu ini berasal dari kampung atas tepatnya diatas perumahanku yang memang mengantar anak-anaknya untuk TPA tiap pagi. Semoga jambu-jambu ini bermanfaat buat yang suka.

foto-foto ini diambil dari dalam rumah, jadi tidak terlihat oleh ibu-ibu itu takutnya mereka malu kalau ketahuan aku sedang memperhatikannya. Sekelias jambunya sedikit sebetulnya kalau dilihat dari dekat banyak buahnya karena kebanyakan bersembunyi didalam.
ibu itu menggendong anaknya untuk memetik jambu

ada tanda dilingkari, itu ada plastik berisi jambu yg sudah dipetik, si ibu yang naik pohon tidak terlihat.

76 comments:

  1. Test komen dulu ah

    [im]http://4.bp.blogspot.com/-ynWT9-6Snrs/Tu2LBn6EfyI/AAAAAAAAC8w/z4oEPWvUEtQ/s400/strawberry1.JPG[/im]

    [ma]Mama Alvin kasih jambunya ya[/ma]

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha , jambunya ambil & petik sendiri ya,saya gak bisa manjat pohon. Alvin pakai bajunya dong nanti masuk angin loh

      Delete
    2. Wah... ibu-ibunya manjat pohon ya? Hehehe lucu deh...

      Delete
  2. Bunda Pascaaalll... ngilerrr niih Nay liat jambunya >.< buat dirujak enak niih siang2 begini, kirimin dong bunda ^^ hehhe

    ReplyDelete
  3. dulu jaman SD, sy juga suka berburu pohon jambu...lepas pulang sekolah....sampai rumah makan bahkan lupa makan langsung jalan dengan teman akrab....kalau sudah "berburu" kadang lupa kalau sudah berjalan jauh.....saat pulang kerumah tinggal capenya.....tapi terobati dengan segarnya jambu air yang manis lagi....sleeerpp nyam..nyam

    ReplyDelete
  4. baca postingan ini siang hari panas pula
    lihat jambunya aq jadi ngiler nih...hihihi
    *untung gak lg ngidam*

    Bunda Pascaall....ngerujaaak yuuuuk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bumbu rujaknya bikinin ya nanti aku tinggal minta :)

      Delete
  5. wuah....saya doyan banget tuh jambu air, apalagi kalo di bikin rujak, seger banget. sayang ya mbak, rumah kita jauh, kalo deket pasti tiap hari saya main ke rumah mbak lidya nih buat minta jambu...hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh....boleh....walaupun jauh boleh mampir kok

      Delete
  6. suka banget mbak,,,
    asik panen jambu air,,, udah lama semenjak pohon jambu depan rumah di tebang gak ngerasain panen lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pingin jambu beli ditukang rujak dong skr :)

      Delete
  7. Hahaha samaan sama pohon jambuku mbak. Sudah abis duluan sebelum sempat mencicipi. Maklum jambu biji, jadi ga sebanyak jambu air
    Btw itu ibu niat bgt angkat anaknya. Ngeri deh kalo anaknya jatuh:(

    ReplyDelete
  8. makin banyak dikasih, insya Allah buahnya makin banyak
    mrahnya segar banget....
    waktu hamil kedua aku ngidam jambu air lho mbak Lidya, waktu itu nyarinya susaaah banget, belum musimnya kalik ya,
    dapatnya juga yang kecil dan asem pulak

    ReplyDelete
  9. waaaaah jadi pengen rujak!!!

    ReplyDelete
  10. Jambu airnya tampak seger...
    Dan memang betul, saking banyaknya buah, tiap pagi biasanya pada berjatuhan.
    Selamat Pesta Jambu Mbak

    ReplyDelete
  11. hai lidya..bagi jambu airnya dunk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mbak, Apa kabar? aku belum jawab pertanyaannya di inbox tadi ya,nanti aku jawab ya :)

      Delete
  12. Duh, ngiler liat jambunya mbak. Mungkin kalo aku tinggal di sekitar rumah mbak Lid, bakal teriak juga dari balik pagar, "Mbak Liidd...jambunya aku minta yaaaa" hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jambu air adalah salah satu buah yang saya suka diantara banyak ketidaksukaan saya terhadap buah.
      Kalo rumah saya dekat situ pasti saya juga ikutan minta jambunya Mbak.

      Salam.. .

      Delete
    2. boleh tapi manjat sendiri ya hehehe

      Delete
  13. semoga jambunya menjadi ladang amal untuk Mbak Lydia, karena jika orang lain ngambil buah milik kita dan kita ikhlas, maka insya alloh akan menambah keberkahan pemiliknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allhamdulillah kalau bermanfaat buat orang banyak, silahkan saja diambil

      Delete
  14. Pastinya rasa jambu air itu begitu menggoda sehingga ada ibu2 yang sampai bela-belain memanjat segala

    ReplyDelete
  15. Whuaaaa...
    pengeeeeeen...

    *langsung ngiler*

    ReplyDelete
  16. Wah jambunya airnya merah segar. Apakah dibrongsong (dibungkus) plastik Teh Lid, nampaknya mulus tanpa bercak hitam. Selamat panen raya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak dibungkus mbak, segitu banyaknya gak sempet hehehe

      Delete
  17. mbak..jambu jenis itu, kesukaan saya, sy pernah nekat mencuri di kebun tetangga hingga saya dikejar sampai ke lorong-lorong heee, jadi inget masa kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh jambu air itu ada banyak ya jenisnya. ternyata dulu bandel ya pak hehehe

      Delete
  18. Mbak aku mau-aku mauuu, kirimin yaa...ƗƗeƗƗeƗƗeƗƗe
    Suka nih.Berbagi dgn org lain adlh bentuk rasa syukur, ngeliat foto²nya jd inget pohon jambu ku dulu yg udah ditebang (╥﹏╥)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pohon jambu ini paling ditebang atasnya aja mbak yg mengganggu jalanan & kabel listrik

      Delete
  19. Aduh ... warnanya itu mbak sangat mengundang selera, sayang gak penah ketemu disini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak warnanya menggoda setiap orang yg lewat

      Delete
  20. wah udah lama gak makan jambu air..
    makan jambu air pake garem buah tuh enaaak banget... :D

    ReplyDelete
  21. wah enak mau mba enak itu buat ngerujakkk :D klo rumah kita deketan aku bikinin sambel rujak kita makan bareng deh mba hihihi :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuuuuk, ngerujak bareng aku tunggu disini ya

      Delete
  22. saya suka banget mbak, suka manjat manjat di pohon jambu air di kebun tetangga, hehe

    ReplyDelete
  23. kalo inget jambu jadi pengen ngerujak... dulu dirumah saya juga ada pohon jambu yang manis banget, tiap musim jambu pasti kita selalu ngerujak sore-sore.. sayang sekarang pohonnya sudah mati...

    ReplyDelete
  24. Sama dong Mbak, aku juga punya pohon jambu depan rumah dan siapa pun boleh ngambil. Tapi jambu depan rumah asem-asem, apa sih tipsnya supaya bisa manis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu jambu ini juga asem-asaem mbak, tapi gak tau nih sekarang jadi manis. jambunya sering berbuah aku gak ngerti deh ini selalu ada buahnya

      Delete
  25. Lihat jambunya jadi pingin ngerujak nih mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, ada buah mangga tinggal metik didepan

      Delete
  26. Ntar aku bawa temen2 main ketempat mba, mau nyerbu jambunya he...he...he

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, sekalian bersihin jambu2 yg jatuh ya :)

      Delete
  27. ini dikirim ke makassar boleh gak ? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dikirim gambarnya aja ya hehehe,busuk mungkin kalaui dikirim ke makasar kejauhan :)

      Delete
  28. dulu waktu kecil, aku suka metikin phon jambunya tetanggaku.. heheehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. trus dikejar-kejar sama yg punyanya gak? :)

      Delete
  29. mau dong tantee... buat ngerujak enak deh. hmm... jadi ngiler.
    eh btw templatenya baru euy. aku baru kunjungan kesini lagi. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syifa yang buat bumbunya ya , aku tinggal makan aja :)

      Delete
  30. Jambu air di teras rumah saya juga lagi banyak2nya bun, skg lagi mengkel2 tapi sayang kalau udah merah banget pasti busuk.
    Waktu hamil 3 bulan makanan saya jambu air bun..kalau skg udah ngak lagi, jadi biasa aja liat jambu yg lagi banyak2ya itu.

    Emang iya, sampahnya jambu yang bikin capek ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi aku gak cape bun hehehe yang bersihin sampahnya suamiku

      Delete
  31. kapan ya aku kerumahmu
    aku suka banget sama jambu air ini

    ReplyDelete
  32. mau,,,,,
    jambu air senenganku je,...
    **ngeces sik ach....**

    ReplyDelete
  33. jadi pengen ikutan ngerujak bareng Alvin :D

    ReplyDelete
  34. Itu Ibu-ibu rame bener yang mau metik jambu. coba atuh mbak lempar kemari, kan sama sama bekasi, hehe..

    lezat pasti jambu air nya

    ReplyDelete
  35. Subhanallaaaahhh
    ibu ibunya kok seperti beringas gitu yaa lihat jambu
    Hahahahaa
    yang pasti menyenangkan orang tuh pahalanya besar Mbak

    ReplyDelete
  36. Dija juga suka jambu air Tante
    yang merah, yang pink, yang putih
    semua suka

    ReplyDelete
  37. ngiler lihat jambu airnya, dah lama nggak makan jambu air :)

    ReplyDelete
  38. "Mba minta jambunya dong" he3
    kalau rumah saya dekat pasti saya juga ikutan memetiknya, habos lihat gambarnya menggiurkan sekali... :)

    ReplyDelete
  39. dulu di dekat rumahku banyak tanaman ini
    sekarang semua jadi bangunan :D

    ReplyDelete
  40. Wah seruuu ...
    Alhamdulillah ada pohon buah begitu ya mbak. Bisa sekalian jadi ladang amal untuk warga sekitar :)

    ReplyDelete
  41. aiiih maun dooong...jambunya.....udah lama ga makan jambu air....

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...