Tuesday, April 17, 2012

Belau Cuci

Ada yang tau blau gak? bentuknya serbuk berwarna biru tapi ada juga yang berbentuk blok. Biasanya digunakan saat mencuci jika sudah dibilas tinggal dicelupkan pada air belau ini. Untuk pakaian putih biasanya akan terlihat kinclong lagi.

Cara ini aku pakai karena meniru mamaku dalam mencuci. Terkadang mama atau tanteku titip minta dibelikan belau ini disini karena dirumah mama sudah jarang yang menjual. satu dus kecil harganya seribu rupiah, supaya tidak bolak balik aku membelikan satu pak isi 12 dus kecil. 1 dus kecil ini bisa dipakai beberapa kali kok.

Cara pakai belau ini cukup mudah :
  • Siapkan air secukupnya pada ember
  • Tuang bealu pada tangan 
  • Lalu masukkan kedalam ember berisi air tadi
  • Aduk rata jangan sampai ada yang menggumpal,karena ini akan mengotori pakaian dan akan bermawrna biru
  • Celupkan pakaian pada air belau satu atau dua kali
  • Jangan direndam ini akan membuat pakaian putih menjadi biru

86 comments:

  1. Ini yg biasa dipake kalo anak gondongan kan ya mbak :p
    Soalnya dulu pas aku kecil trus gondongan, dkasih ini sama mamak :D

    Tapi aku baru tau fungsi sebenernya. Hahaha.
    Soalnya kl buat mutihkan baju keluargaku biasa pake citroen

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga kadang2 pakai citroen juga

      Delete
    2. wah kalau blue kagak pernah tahu soalnya nggak pernah nyuci apapun.........pasti mbok blue yg ngerjain tapi thx tuk artikelnya.
      salam hangat dari blue

      Delete
  2. Aku baru tau mbak kalo ada yang seperti itu... biasanya aku langsung nyuci e... :D

    ReplyDelete
  3. blau ini mengingatkan aku ke masa kecilku dulu mbak, ibuku dulu juga sering pake blau saat mencuci seragam sekolahku

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama ya mbak, orang tua dulu suka pakai juga

      Delete
  4. wah ini sih peninggalan jaman jepang
    kayaknya dah puluhan tahun ga liat yang namanya blau

    ReplyDelete
  5. iya jaman baheula suka pakai blau untuk pakaian putih, lalu setelah itu pakai kanji supaya waktu setrika bisa licin :D

    ReplyDelete
  6. sampai SMA, saya terkadang masih pake blau pada bilasan terakhir biar nampak tambah kinclong. Maklum SMA sudah terbiasa nyuci pakaian sendiri

    ReplyDelete
  7. waaah udah lama nggak liat blau..!
    dulu waktu kecil ibu sering make

    ReplyDelete
  8. Hihihi..jadi inget Mamaku dan Mbah ku..
    Kalo nyuci baju putih pake Bulao * orang sunda bilangnya itu*

    Sekarang mah jarang yang jualannya ya Mba..

    *pengen liburan ke bekasi, diajakin sama Bibi, ogaaa ahh ga ada dana nya hehe*

    ReplyDelete
  9. Kalo Nay kadang2 doang pake BLAUnye, kalo lagi seneng maen aer, kalo lagi buru2 males pake blau...hihihii

    ReplyDelete
  10. waktu kecil kayaknya pernah liat blau jeng, skrg dah gak pernah lagi

    ReplyDelete
  11. eh serius ini Lid masih ada dijual? inget jaman dulu aku kecil ibuku suka pake belau ini buat nyuci baju sekolah tapi udah lama banget gak pake lagi karna kata alm bokap warna nya jadi biru2 gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau jadi biru-biru gitu biasanya kurang larut dan terlalu lama, seharusnya tidakdirenda asal celup saja

      Delete
  12. aiih masih ada yg jualan bilao (org sunda bilang blau=bilao), hehehe

    ReplyDelete
  13. dulu waktu kecil, emak saya juga suka makai ini untuk pakaian putih,
    tapi saya lebih menikmati baju putih yang pirang karena waktu :D

    ReplyDelete
  14. Belau ini kalau dikampung bisa juga untuk obat gondongan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya begitu ya mbak, itu betul gak bu dokter?:)

      Delete
  15. Ibu saya dulu sering menggunakan blau... sekarang saya agak sulit mencari blau di sekitar tempat tinggal saya... :-(

    ReplyDelete
  16. Dulu sering make belau ini..baju putih emang keliatan jd kinclong :)
    sekarang kayaknyda udah jarang nemuin blau ini.

    ReplyDelete
  17. mantep gan, kalo bisa sih dimuseumin aja, 50 tahun kedepan harganya pasti mahal

    ReplyDelete
  18. Wew, ternyata masih ada. Lama nggak liat ini.

    ReplyDelete
  19. oh kalau di sunda mah blau = bulao. boleh nih untuk bersihin baju yang warna putih. beli dimana ya mbak yang deket di Jl.Lele (perumnas II)gitu ?

    ReplyDelete
  20. baru tahu disini, biasa pakai rinso atau semacamnya

    ReplyDelete
  21. Aduh, yang ketinggalan jaman atau memang blau tjutji udah nggak beredar di daerahku ya, Mbak? Baru tau sekali ini, Mbak :). Pemutih jaman dulu ya, Mbak?

    ReplyDelete
  22. Sekarang udah jarang ya Mbak pake blau. Sekarang untuk mutihin baju kayaknya lebih sering pake bayclin kan ya ? bagusan mana sih, Mbak ?

    ReplyDelete
  23. Ternyata Belau (Belawu) masih ada tho mbak, sekarang udah jarang lihat dan jarang pakai.

    ReplyDelete
  24. inget jaman SMA dulu, baju seragamku biar tampak putih bagus suka di bulao
    tapi sekarang lama gak menyentuh lagi bulao

    ReplyDelete
  25. baru tau ada produk ini....manjur ya mbak (emang obat)...?

    kami mah paling pake citrun atau bayclin.

    ReplyDelete
  26. tapi kalau kelamaan ngrendemnya atau merasnya kurang kuat, birunya tetep lengket.. kayak bajuku hehehe

    ReplyDelete
  27. admin blog ini sering nyuci baju sendiri? wah hebat :D
    Lanjut, jangan jadi anak manja yg ngerepotin ortu :D

    ReplyDelete
  28. Blau lanjut di kanji (lapis bubur kanji yang diencerkan), saat disetrika sedikit dibasahi, pakaian jadi kinclong dan kempling.

    ReplyDelete
  29. mbaaaa...
    ntar aku tanyain ama tukang laudry kiloan langgananku yaaaa...
    suka pake beginian atau nggaaaa...hihihi...

    ReplyDelete
  30. Kami dulu menyebutnya ... Blao ...

    Dan kalau tidak salah ...
    di lingkungan perumahan saya waktu kecil dulu ...
    Blao ini dijadikan obat untuk sakit gondongen ...

    salam saya Mbak

    ReplyDelete
  31. Kalo belau yang aku tau, untuk mengobati amandel mbak.., modelnya kayak kapur biliard yang warna biru itu, itu di hancurkan , kemdian di campur dengan air, cuka dan madu kemudian baru di oleskan di bagian amandel itu.. , Followe Google nya gak ada yach? ^_^

    salam kenal ya ...

    ReplyDelete
  32. sy cuma tau namanya aja.. bentuknya malah blm pernah liat & fungsinya apa juga gak tau.. hihiih...

    ReplyDelete
  33. Kayaknya waktu kecil pernah liat...samar2...ngeliat mama nyuci baju pake air warna biru...hehehe

    ReplyDelete
  34. Wah, barang lama nih Mbak. Di tempatku sudah jarang lihat.
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  35. Nah de juga taunya blau itu untuk nyuci baju, kenapa dipake untuk gondongan yah? Apa hubungannya sik

    ReplyDelete
  36. jadi inget zaman dulu wkt kecil suka make ini :D

    ReplyDelete
  37. ini blau dipake sewaktu jaman bunda masih SD ,Lidya
    gak tau sekarang masih ada gak yaaa...... :)

    dulu sih dipakai agar baju yg putih2 kelihatan lebih cemerlang gituh
    salam

    ReplyDelete
  38. Kalo inget blau, aku keinget sama gondongan...hihihi

    ReplyDelete
  39. eeh masih ada yg jual ya mbak.... kirain udah musnah diganti sama pemutih, dulu ibuku juga sering pakai...

    ReplyDelete
  40. Kadang-kadang blau juga dipake un tuk perlombaan 17an.
    #eh tapi kenapa postingannya mirip dengan di warunkblogger ya.

    ReplyDelete
  41. Aku baru denger mb.dsini airnya kuning...baju putih jd krem kdg mlh kuning.. Bisa beli dmn

    ReplyDelete
  42. emang masih ada yg jual ya sekarang? kupikir udah tutup pabriknya. Tapi dulu kayaknya engga gitu kemasannya ya?

    ReplyDelete
  43. Bulao nya Teh? asa ga pernah nemu Orin mah, males aj masa bawa2 dari rumah mamah :(

    ReplyDelete
  44. dulu ibuku juga kalo nyuci pasti dibilasnya pake blau.....tp kadang bikin baju jd biru (krna kelamaan direndam atau ada yang menggumpal kali yachh...)

    ReplyDelete
  45. kalo baju warna, bisa balik kinclong lagi gak mbak?
    siap2 pake belao ah,, hehhehe..
    makasih tipsnya mbak.. :)

    ReplyDelete
  46. dari kecil bapak ibu aku nyuci pake blau ini mbak.. Tapi aku gak suka.. soalnya baju jadi biru, disekolah pakaian aku beda sendiri, yang laen putih (atau kadang kuning gitu) lah aku biru.. maluuuuu banget..

    dah sekarang aku nyuci gak pernah dong pake blau.. hehehe

    ReplyDelete
  47. dulu ibu juga pakai blau kalo nyuci baju sekolah. Tapi saya malah ndak suka kalau bajunya diblau. Jadi habis SMP nyuci baju sendiri, bajunya gk pernah diblau :D

    ReplyDelete
  48. Saya baru tahu, belum pernah lihat yang seperti ini

    ReplyDelete
  49. Suka dengar kata blau tapi baru tau kalau itu buat nyuci hehe :D

    ReplyDelete
  50. Aku tau banget. Dulu di warung emakku jualan blau ini. Kami sering pakai. Tapi sekarang udah jarang yang jual, ya?

    ReplyDelete
  51. dulu chika juga sering banget make belau buat nyuci baju putih ama kaos kaki putih hihiii

    ReplyDelete
  52. Blau bagus kalo misalkan lagi main karambol atau kartu poker. nnti yang kalah mukanya di biruin. kwkw

    ReplyDelete
  53. kalau aq bilangnya bulao mbak...
    emang masih ada yg jualan gitu..?

    ReplyDelete
  54. aku tauuuu...waktu kecil suka dipake buat obat gondok...keluargaku biasa ngomong gondongeun...truuus dulu mama ku suka pake...dan aku sebeeelll banget karna kok baju seragam putih jadi kebiru biruan yaa? *sepertinya kebanyakan kali yaa pake nya*

    lid, komen mu baru kebaca...ternyata kok masuk spam yaaa...yg domain sendiri udah gak ada...aku pake yg ini terus :)

    ReplyDelete
  55. belinya dimana sih mbak???
    kayanya efeknya lebih heboh daripada pake pemutih yang biasa dijual di pasaran

    ReplyDelete
  56. Dulu waktu di mempawah saya masih pake, apalagi pas mondok, maklum nyci sendiri... hehehe :)

    Tapi pas di Jogja udah gak pernah pake karna gak tau belinya dimana kalo disini..... lagian sekrang dah nyarang nyuci sendiri,, karna biaya londry lebih murah di Jogja.. hehehe :)

    ReplyDelete
  57. saya tau mb tentang blau, karena orang tua saya dulu selalu menggunakan ini, sampai sekitar tahun 90-an. Tapi stelah itu saya tidak pernah melihat orang memakainya lagi.
    Mb Lid, mengingatkan masa lalu..... :)

    ReplyDelete
  58. Bikin baju jadi putih kinclong ya? Kalau baju berwarna bisa juga jadi kinclong?

    ReplyDelete
  59. Aku malah nggak tahu kalau belau masih ada,Mbak..

    ReplyDelete

Mohon Maaf komen dimoderasi ya. Terima kasih sudah menuliskan komentarnya, walaupun tidak di reply langsung disini Insya Allah jika ada pertanyaan saya akan langsung menjawab di blog masing-masing ya