badge

Thursday, May 17, 2012

Meningkatkan Minat Baca Sejak Dini

Meningkatkan minat baca sejak dini sangat penting, karena masa kanak-kanak adalah masa keemasan dimana sel-sel otak dapat berkembang cepat dengan membaca. Semakin banyak dan sering dirangsang maka pekembangan sel saraf aktif terus berkembang.

Apalagi dengan kemajuan teknologi, televisi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan minat baca pada anak-anak maupun orang dewasa menurun. Untuk itu kita harus bisa meningkatkan kembali minat membaca untuk kemajuan bangsa kedepan nantinya.

Buat sebagian orang buku merupakan barang yang mahal, untuk itu membaca buku bukan hanya dari cara membeli buku baru saja, bisa juga kita membeli buku bekas ataupun membaca di perpustakaan. Intinya mengembangkan ilmu melalui membaca dengan cara apapun.

Sebagai orang tua kita harus bisa memberikan contoh yang baik agar anak-anak suka membaca, diantaranya:
  1. Biasakan membaca dengan menyenangkan dihadapan anak-anak.
  2. Bacakan buku sejak dini walaupun anak belum bisa membaca.
  3. Pilih buku-buku yang berisi sesuai dengan umur anak. Biasanya anak balita menyukai buku yang berwarna dan bergambar yang diserati tulisan secukupnya.
  4. Kurangi menonton televisi agar anak suka membaca.
  5. Ajak ke toko buku persilahkan anak memilih buku kesukaannya, ini merupakan tahap awal untuk melatih anak gemar membaca.
  6. Mendongeng juga merupakan salah satu cara agar anak gemar membaca. 
  7. Ajak anak ke perpustakaan untuk mengenalkan apa itu perpustakaan.

Kelebihan dari gemar membaca sejak dini menurut yang saya ketahui adalah sebagai berikut :
  1. Untuk anak-anak membaca buku bisa melatih aspek emosi sikecil misalnya dari rasa marah,kecewa, senang dan lain-lain, tentu saja orang tua harus terus mendapingi anak pada saat membaca untuk memberikan penjelasan kepada anak.
  2. Bisa menghindari dari kepikunan.
  3. Pada anak-anak bisa melatih konsentrasi dan menumbuhkan rasa ingin tahu yang besar.
  4. Dengan ilmu yang cukup, mudah-mudahan bisa menghapuskan budaya korupsi yang ada.
  5. Dengan ilmu yang banyak Insya Allah anak-anak ini besar nanti akan menjadi penerus bangsa yang baik.




Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Unggulan Indonesia Bangkit di BlogCamp

83 comments:

  1. wuiihhh...cepet banget je bikin postingannya..

    Setujuh sama tulisan diatas..

    Semangat..!!

    ReplyDelete
  2. weis...mama Pascal hebat udah langsung dpt ide dan udah daftar di kontesnya pakdhe....hehe

    dari kecil rafi udah aq kenalkan buku
    dari bayi selalu aq bacain cerita2 dari buku
    pun sampai TK masih sering dan seneng kalau dibeliin buku-buku cerita
    tapi kenapa skrg malah senengnya nonton film ya ?
    malah skrg ini kalau aq bawa ke gramedia dan suruh pilih buku yg dia mau selalu gak mau
    malah mintanya dibawa ke tempat jual DVD
    hadoooooh....*tepok jidat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. makin besar makin tau mana yang seru ya, jadi harus pinter2 kitanya aja

      Delete
    2. keadaan saya sekarang sama dengan curhatan Diandra diatas :D
      sekarang lagi gila Bola, mana gila Bola emaknya sudah lewat hiks..
      sukses di kontesnya yaa.

      Delete
  3. eeeh....kelupaan
    sukses dengan kontesnya yaaa.....

    ReplyDelete
  4. Betul Mbak, membaca adalah satu cara untuk memperkaya wawasan, banyak membaca serasa dunia ada dalam genggaman kita..
    Sukses ya Mbak kontesnya, saya masih cari ide ini..

    ReplyDelete
  5. Setuju sekali, minat baca memang harus ditanamkan sejak usia dini karena masa-masa dimana anak sedang tumbuh dan berkembang

    ReplyDelete
  6. kereeennn mamaaaaaaaaa :)

    smoga sukses kontesnya yaahh :)

    ReplyDelete
  7. wah iya yah
    saya salah satu orang yang malas membaca :D

    ReplyDelete
  8. mmm dua jempol bu....peserta pertama sepertinya....hehehehe sudah kalah start nih.... ^_-^...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan peserta pertama mas, ada yang lebih cepat lagi

      Delete
  9. alhamdulillah adekku udah agak2 seneng baca loh tante :) terus dia suka coret2/nandain bagian pentingnya pake stabilo, ngikutin gaya tetehnya. padahal yang dia tandain itu semuanya percakapannya. ahahaa

    ReplyDelete
  10. kadang minat membaca itu bisa dateng tiba2 juga sih ya...

    gua tuh dari sejak andrew masih di perut, sampe udah lahir, selalu bacain buku. tapi dia gak pernah tertarik. buku bacaan ada banyak di rumah. gua selalu suka beli buku buat andrew. tapi sekali lagi andrew gak pernah tertarik baca buku.

    sampe... dia masuk sekolah! trus sekarang jadi hobi bener baca buku... :D

    bagus deh.. tadinya gua sampe khawatir takut dia gak suka baca. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti sekarang tinggal dijaga supaya semangat terus membacanya ya

      Delete
  11. itu yang rada susah dari anak sekarang
    jangankan anak anak
    orang tua aja suruh baca susahnya minta ampun
    apalagi disuruh nulis
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena itu ayo kita galakan gemar membaca untuk anak2 :)

      Delete
  12. Jadi Pascal udah diajak ke perpus mana aja mbak?
    pengen tau niy perpus yang bisa bikin nyaman anak2 :D

    sukses ya mbak di perhelatannya pakde :)

    ReplyDelete
  13. Sungguh tiada merugi orang yang gemar membaca, mengambil pelajaran dari apa yang tidak selamanya berupa tulisan. dan buku, sebagai salah satu sumber ilmu adalah sebaik-baik investasi,baik kita sebagai pembaca maupun penulisnya, karena manfaat yang bisa diambil darinya.

    Semoga sukses di kontes, Mbak Lidya. Saya mau intip dulu persyaratannya, semoga bisa ikutan.

    ReplyDelete
  14. Saya setuju dengan hal ini karena dengan menggiatkan minat membaca sedari kecil akan mengasah kemampuan otak si anak sehingga ia akan lebih peka terhadap lingkungan sekelilingnya. Tetapi harus diingat juga bahwa pemilihan buku bacaan adalah penting agar si anak bisa membedakan sesuatu yang positif atau negatif sekalipun

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul pak, pilih buku yang sesuai dengan anak

      Delete
  15. Kadang aku malas bosen kalo keseringan baca mba. Harus ada good mood dulu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat dong biar dapet good mood :)

      Delete
    2. ahahahah... thanks duport :)

      mba aku boleh minta sesuatu ga!
      cara buat readmore otomatis bisa?
      kalo bisa kasih tau dong :)

      Delete
  16. orang tua harus bisa ngabibita (bhs indonesianya apa ya) anak2nya buat rajin membaca ya bun ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus bisa bikin mupeng anak untuk mau membaca ya bun

      Delete
  17. benas sekali mbak,, membaca (belajar) dimasa kecil bagai menulis diatas batu, gak akan pudar.. hehee :)

    ReplyDelete
  18. Dulu ... ketika pertama kali membeli ensiklopedia anak-anak ... saya banyak dikomentari oleh beberapa pihak ... Anak masih sekecil itu kok sudah dibelikan buku sebanyak itu ... (dan memang seri buku itu bayarnya dicicil ... tetapi tetap saja ... jatuhnya mahal juga)

    namun sekarang ...
    kami bisa memetik hasilnya ... anak-anak suka membaca ... dan jika ada hal yang tidak mereka ketahui ... spontan mereka mencari sendiri informasinya di ensiklopedia anak-anak tersebut ... sampai sekarang

    salam saya Mbak
    Semoga sukses di perhelatan Pak De

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Om,, saya juga beli ensiklopedi dgn cara mencicil juga, itu investasi masa depan mahalsedikit tidak masalah

      Delete
  19. Kayla rada tertarik baca buku karena melihat tumpukan novel aku yang seabrek abrek ituh mba...

    Tapi sepertinya dia lebih tertarik menulis daripada membaca...

    sering bikin bikin tulisan fiksi dengan ending yang absurd soalnya...hihihi...

    Sukses ngontesnya ya mbaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bi Erry kalodket kita bisa tukeran novel ya:)

      Delete
  20. biar seimbang bun, juga harus meningkatkan minat menulis, hoho buat anak kecil nulis opooo yaaa,,,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau buat anak-anakmenulis yang dia sukai saja

      Delete
  21. Membaca, jantung pendidikan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jantung hatiku sudah nyantol disini, di tempat mama calvin. wkwkwkwkw

      Delete
  22. Membaca, jantung pendidikan. ;)

    ReplyDelete
  23. Wah...masih rajin aja ikut kontes nih mam Lidya. Setuju dengan isi tulisannya mam. Semoga sukses kontesnya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya bun, udah lama gak ikutan kontes ya?padahal aku ketularan bundit loh ikutan kuis

      Delete
  24. Setuju mba.. membaca klo di ajarin dr kecil bisa jadi kbiasaan..

    btw, ini kontes ya?

    ReplyDelete
  25. Jadi tertantang untuk nulis buku yg pantas dibaca anak2 nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bikin supaya banyak bacaan untuk anak2

      Delete
  26. Salut buat para nara blog yang cinta tanah air, menulis dan memberi motivasi demi kemajuan bangsa. Semangat Mb ... :)

    ReplyDelete
  27. saya suka angin2an kalau disuruh membaca mbak-tapi kalau atas keinginan sendiri sih cap cus :D

    saya setuju-membaca memang sebaiknya dipupuk sejak dini,

    ReplyDelete
  28. Tak disangsikan lagi, gemar membaca buku adalah salah satu kegiatan paling positip buat anak2.
    Meski jaman sekarang tantangan semakin banyak, tapi peran orang tua amat diperlukan...

    ReplyDelete
  29. dari kecil aku suka baca buku, mulai dari bobo hingga donald bebek, tempo dan kompas pun ayo aja :D

    ReplyDelete
  30. wihi ..
    bener juga sih,
    aku juga ngerasa agak susah menumbuhkan minat baca ..
    mungkin karena kebanyakan nonton televisi tu ..
    harus kerja keras dulu untuk ngerubah sikap itu .. hehe

    ReplyDelete
  31. wahhh saya suka banget baca mba, khususnya koran hehehe

    ReplyDelete
  32. Tapi.... kalau membacanya tidak dalam bentuk buku yang standard gimana dong ??

    Wah ngontes lagi ya, sukses saja mbak ;)

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  33. membiasakan baca sejak dini mang positif sekali, semoga kontesnya menang ya bun ...

    ReplyDelete
  34. Jadi ingat jaman kecil dulu kami selalu rebutan baca majalah bobo tiap kali terbit. Bapak dan ibu rebutan intisari dan kartini :) Belum lagi ngantri kamar mandi karena yang didalam sibuk membaca :D

    ReplyDelete
  35. Hebat..hebat...mbak...pascal memang luar biasa,,,,selamat untuk kontesnya mbak...saya menyusul heeee, salam hangat dari jembrana Bali

    ReplyDelete
  36. ikutan kontes ya mbak.. semoga dapet deah besok

    ReplyDelete
  37. membaca memang banyak manfaatnya. saya setuju aga minat baca meningkat anak haruss dijarangkan nonton tv

    ReplyDelete
  38. sejak dini emang harus di ajarkan yah bun, semangat..

    ReplyDelete
  39. bener banget mbak.. karena buku adalah gudang ilmu.. kalau dari kecil sudah terbiasa membaca, pasti pas besar udah gak heran lagi dengan bacaan panjang buku pelajaran.. ya walaupun kadang aku gak mau juga baca buku pelajaran.. hehehehe

    ReplyDelete
  40. Saya telah membaca dengan seksama artikel diatas.
    Akan segera saya daftar
    Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  41. Membaca emang penting banget ya mbak...
    Nyesel aku suka baca baru baru ini :D

    ReplyDelete
  42. Setuju byanget, Jeng...
    Mengenalkan buku & budaya membaca sejak dini memang sangat tepat. Semoga sukses di kontesnya Pakdhe :)

    ReplyDelete
  43. Apa khabar, Mbak?

    Tips-tipsnya semoga bisa diterapkan nanti kalau Anaz dah punya anak hehehe. Maaf, Mbak, Anaz dah jarang BW (halagh, alasan muluk) Semoga kali ini lebih rajin lagi

    ReplyDelete
  44. Baca postingan ini jadi inget dulu waktu kecil, betah bgt nongkrong di perpus hihihihi.

    Sukses ngontesnya ya Teh ;)

    ReplyDelete
  45. semoga harga buku makin banyak yg merakyat, biar terjangkau utk segala kalangan, khususnya di daerah :)

    ReplyDelete
  46. kayaknya bakal jadi calon pemenang nich tulisan

    ReplyDelete
  47. Bener banget, mbak, semua harus diawali sejak kecil yah... Sukses kontesnya ya mbak Lid :)

    ReplyDelete
  48. sukses untuk kontesnya mba...

    ReplyDelete
  49. setujuu bgt mb..
    zidan sjk blm sklh jg sdh ku kenalkan buku cerita..
    sukses ya mb GAnya :)

    ReplyDelete
  50. wah setuju sekali nih dengan ini

    salam kenal Mba dari bandung

    ReplyDelete
  51. Weiiisss... Udah setoran ah! keren pula tulisannya.

    Bener banget mba, minat baca memang harus ditumbuhkan sejak dini, karena membaca adalah cara jitu menambah pengetahuan dan wawasan. Sukses untuk kontesnya ya mba...

    ReplyDelete
  52. siiipp setuju banget mbak Lidya..
    saya juga udah mulai menularkan minat baca pada para ponakan hihi..

    sukses kontesnya mbak :-D

    ReplyDelete
  53. Gemar membaca juga membuat kita lebih lancar dalam menulis ya mbak :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...