badge

Tuesday, June 12, 2012

Sentul Alias Kecapi

Didaerahku (jawa barat) kebanyakan menyebutnya dengan sentul, atau lebih dikenal dengan buah kecapi. Mempunya kulit berwarna kuning atau hijau dan buahnya berwarna putih rasanya asam dan manis, yang jelas segar sih tapi bijinya jangan dimakan ya :)

Sejak SD aku sudah mengenal buah ini, walaupun asam tapi aku suka rasanya, dulu disekolah banyak yang menjualnya. Saat ini jarang sekali penjual buah kecapi ditemui disekitarku. Kangen juga pingin makan buah kecapi.

Ternyata tidak semua orang mengenal buah kecapi ya, begitu pula dengan suamiku. Dia belum pernah melihat buah kecapi secara langsung apalagi merasakan buahnya. Waktu aku kepasar melihat buah kecapi, tidak aku sia-siakan membelinya dan memberitahukan pada suamiku ini loh yang namanya buah kecapi. Disemarang belum pernah menemukan buah kecapi katanya.

Kalau dulu sih cara membuka buah kecapi ini biasaya aku banting atau aku jepit dibelakang pintu. Teman-teman begitu juga kah caranya?



sumber gambar http://mardika.blogspot.com/2011/04/buah-kecapi.html

80 comments:

  1. aku pertama kali tau buah ini di jakarta, pas SD kelas 1. Karena di Parongpong ngga ada.

    Kemaren baru aja ngomong ama suami, pengen buah kecapi, tapi cari dimana.
    Kalau deket, pengen uy .. :D

    Iya sama, dulu aku ngebukanya pake di jepit di belakang pintu

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarang sekarang yang jual bun, malah lagi musim kesemek disini

      Delete
    2. Nah...kalau ada buah kesemek kabarin donk mbak YudisthiraPrayuda@gmail.com

      Delete
  2. hihi, saya juga baru lihat buah kecapi di sini.
    sering dengar, tapi belum pernah lihat. jadi ingin mencicipi~ :)

    ReplyDelete
  3. kecapi bukannya alat musik..?
    itu mah duku kali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alat musik juga ada, ini buah beda dengan duku. duku lebih kecil dari kecapi. duku tidak berwarna kuning kulitnya mas :)

      Delete
  4. Dulu saat SD di sekolahku (Di belakang sekolah) ada pohon kecapi, aku kadang suka manjat. Apalagi kalau sedang berbuah lebat (ngga turun tuh) yahhh pengalaman saat SD :)

    ReplyDelete
  5. iya benear begitu cara bukanya, waktu tinggal di kmpung PEnggilingan, banyak bgt pohon kecapi..gak ush beli...tinggal mungutin deh..xi xi xi

    ReplyDelete
  6. iya bener2 namanya mirip alat musik mbak lid,..uty blum pernah liat, apalagi nyobain...,belum pernah nemu di makassar

    ReplyDelete
  7. wah kalau kecapi suling... saya suka dengernya.. hahahaha.
    kalo buahnya, pernah dengar, tapi bentuknya apalagi rasanya belum pernah tau...

    beraarti sirkuit sentul diambil dari nama buah ini ya mbak...
    hahahaha... gak nyambung komennya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gak tau juga ya mas, coba ah nanti cari nama sirkuit sentul diambil dari nama apa

      Delete
  8. gak pernah tau...
    baru ini tau ada buah kecapi...

    ReplyDelete
  9. waah dijepit pintu apa ngga rusak mba pintunya? *padahal waktu kecil saya sering njepit kedondong di pintu xixixi*
    kalo saya dibelah pake pisau mbak kecapinya (kapan ya terakhir kali saya makan kecapi)

    ReplyDelete
  10. Baru tahu penampakan buah kecapi seperti itu. Kok mirip sama kelengkeng dan duku ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buahnya lebih besar dari duku kok itu cuma digambarnya aja mirip

      Delete
  11. kecapi ambon mbak dikenal dengan rasa manisnya..
    uda pernah dicobain belum mbak??? :D

    ReplyDelete
  12. Waduh begitu toh cara buka buahnya mbak Lidya? Ribet yah hehehe. Sy belum pernah liat buah kecapi ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat seneng2an aja kok mbak cara bukanya seperti itu

      Delete
  13. sy sm kayak suaminya mbak, ga tahu dan blm prnh makan buah kecapi (sepertinya). Ngadain perubahan ya mbak setiap komentar langsung dibalas komentar oleh mbak Lidya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada waktu setelah posting aku balas komennya Tiffa, tapi seringnya bablas hehehe. maafkan ya

      Delete
  14. belum pernah makan buah kecapi lid...

    ReplyDelete
  15. dekat perumahan sini masih banyak yg jual, pohonnya juga masih banyak Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan-kapan kita ketemuan bunda monda bawain kecapi ya

      Delete
  16. *ngelap iler mengingat rasa kecutnya :D
    Dulu di dekat SD saya ada pohonnya. Saya dan teman2 sering makaninnya :D

    ReplyDelete
  17. Aku pernah sekali makan kecapi, duluuuu sekali. Diberi teman, dan memang bukanya dijepit pintu. Kalau kubilang seperti duku raksasa. Tapi waktu itu kecapi yang kumakan kecut, sehingga aku lebih milih duku daripada kecapi. Di Jakarta emangnya ada yang jual? Kalau ada ingin juga beli sekali untuk nostalgia

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibekasi ada yang jual tapi jarang sekali kak

      Delete
  18. di Madura banyak nih kecapi mbak :D

    ReplyDelete
  19. hahaha... jadi ingat masa kecil saya dulu di kampung..
    Di kampung saya (Toraja) buah kecapi banyak mbak.. Namanya "katapi"

    Duluuuu saya suka sekali manjat pohonnya.. Sayang, di Papua sini saya belum pernah menemukannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalaupun ada mahalmungkin ya harga kecapinya

      Delete
  20. waktu kecil saya pernah beberapa kali nyobain kecapi, rasanya memang asem2 seger ya mbak

    ReplyDelete
  21. Iyaa aku sering denger Mba..
    Cuma belom pernah ngerasain..
    Gimana rasanya ya..

    ReplyDelete
  22. aku juga belum pernah makan buah kecapi mbak.

    ReplyDelete
  23. belum pernah makan buah kecapi mbak, kayae di pasar sini ada, tapi kalo dijepitin di pintu lawang berarti kulitnya keras ya mbak? apa buahnya ndak rusak sebelum kemakan gara2 dijepit pintu??

    ReplyDelete
  24. Wah, aku baru tau kalo ada buah kecapi, setahuku cuman alat musik ajah.....
    Penampakannya seperti duku yah....
    Dijepit di pintu?? wadoowwww kasian amat tu buah yak.. hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya gak bisa digigit buak kulitnya hehehe keras

      Delete
  25. wah aku blm pernah lihat buah kecapi, penasaran banget bentuk dan rasanya kayak apa..
    di sini juga susah nemuin buah itu..padahal pengen..

    ReplyDelete
    Replies
    1. disini juga sudah susah kok buah kecapi ini

      Delete
  26. Waktu kecil aku juga sering makan buah kecapi Mb Lid. Suka pada rasanya yg asam-asam manis itu. Sayang saja buahnya gak ngelotok seperti rambutan ya..Kalau bs nlotok pasti daya jualnya semakin tinggi..

    ReplyDelete
  27. Saya juga belum pernah liat mbak..sering sih ngantar istri kepasar tp blum prnah liat buah kecapi, hehe

    ReplyDelete
  28. aku pernah liat sih tapi gak makan buah itu. gak tertarik soalnya hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kalau gitu beli aja mbak, kecapinya buat aku :)

      Delete
  29. bru tau kecapi bs dimakan bun....sampe dijepit di pintu spt kedondong aja hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kedondong aku gak pernah dijepit dipintu mi

      Delete
  30. Wah...sy blum pernah liat mbak...sering sih antar istri beli buah dan sayuran tp kecapi ini baru dengar, hehe

    ReplyDelete
  31. Aku termasuk yang telat kenal kecapi, baru tahu saat kuliah :)

    ReplyDelete
  32. asalamualaikum
    jarang sekali buah kecapi saat ini mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. betul mbak sudah jarang saat ini

      Delete
  33. eh? orin baru tau si kecapi ini bahasa indonesianya sentul hihihihi

    ReplyDelete
  34. Baru tahu ada buah sentul ini mbak hehehee...

    ReplyDelete
  35. mama calvin...
    iya di semarang ga ada lo...
    ta pikir kudu je...hehehe

    ReplyDelete
  36. sering denger nama buah ecapi tapi saya sendiri belum pernah mencicipi. emang susah bukanya ya mam, sampai dijepit di pintu hehehe

    ReplyDelete
  37. aku sama di jawa barat tapi nyebut kecapi tetap kecapi,,,

    ReplyDelete
  38. sm kyk suami mbak Lid....
    aq juga blm pernah lihat buah kecapi ini....

    ReplyDelete
  39. belum pernah makan, gambarnya mirip banget duku ya...

    ReplyDelete
  40. jadi ingat masa kecil dulu, teman-teman pada manjat pohon sentul, sementara yang tidak manjat hanya menunggu dibawah

    ReplyDelete
  41. Aku pake pisau bukanya, Mbak hehehe

    ReplyDelete
  42. Aku juga ngaku mbak Lid, belom pernah liat buah kecapi secara langsung :D

    ReplyDelete
  43. Aku belum pernah tau buah kecapi hehe :D
    Dari luar mirip duku ya...

    ReplyDelete
  44. yang ini kayaknya aku pernah makan di tangerang dulu...dikampung betawi daerah serpong banyak, dulu dibawain mbak yang bebersih ditempat saya ngajar..

    ReplyDelete
  45. belum pernah lihat buahnya mbak..
    mirip sama buah duku ya isinya? atau kayak buah manggis?

    ReplyDelete
  46. Saya sama dengan suami Lidya, belum pernah lihat apalagi nyobain buah kecapi ini...mungkin udah masuk kategori buah langka kali ya?

    ReplyDelete
  47. Wuaaach....
    seru jg ni buah jd mengingatkan waktu sekolah dulu..sering bgt mkn buah ini..klo di daerahku(kaltim) namanya buah ketapi ...hehehe
    skrg dah ga prnah ketemu lg...pohonya abis di tebang...

    salam kenal ya!

    ReplyDelete
  48. aku pilih2 makan buahnya mbak, kalau bukan buah favoritku biasanya aku milih dijus aja

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...