badge

Thursday, November 1, 2012

Belajar Berbagi Sejak Dini

Sejak masuk Playgroup 3 tahun lalu disekolahnya Pascal rutin setiap hari jum'at murid-muridnya diharapkan untuk membawa uang amal yang dikumpulkan dikelas masing-masing. Uang tersebut akan dikumpulkan selama setahun dari TK dan SD, dan akan dikeluarkan pada saat bulan Muharam untuk diberikan kepada anak yatim piatu yang akan diundang ke Sekolah. Kenapa dipilih bulan Muharam mungkin bertepatan dengan lebarannya Anak yatim ya.

Setiap hari Jum'at Pascal pasti ingat untuk meminta uang amal sama mamanya. Terkadang aku lupa, Pascal yang selalu mengingatkannya. Allhamdulillah hal ini Pascal selalu ingat. Pada saat waktunya santunan untuk anak yatim tiba, biasanya anak-anak diminta membawa sesuatu yang sudah tidak terpakai tapi masih layak pakai untuk diberikan pada anak yatim. Disini aku terharu sekali waktu Pascal bilang kalau mau memberi itu harus yang bagus-bagus jangan yang bekas.

Muharam tahun lalu pascal minta dibelikan 10 krayon dan alat tulis untuk diberikan pada anak yatim di kelasnya nanti. Selain mendapatkan santunan dari uang amal anak-anak, mereka juga senang mendapatkan beberapa barang pemberian anak-anak.

Minggu lalu juga disekolahnya Pascal ada program wakaf buku, masing-masing anak diminta membawa buku. Pascal minta dibelikan buku baru untuk diwakafkan, Akhirnya aku membelikan 2 buku yang sama supaya Pascal tidak bingung memilih mana yang harus diberikan karena dia mau memberikan buku yang bagus katanya. 

Belajar berbagi sejak dini memang penting sekali apalagi ini diajarkan pada anak-anak, agar mereka mempunya rasa cinta terhadap anak yatim maupun sesama. Semoga saja dari hal kecil mereka bisa menanamkan kecintaan pada anak-anak yatim jika sudah besar nantinya.


Artikel  ini diikutsertakan pada Gaveaway: Cinta untuk Anak Yatim

59 comments:

  1. iya pelajaran amal dari sejak dini itu bagus sekali ya...

    good luck buat GA nya...

    ReplyDelete
  2. wah kebiasaan yang bagus, asal ikhlas ya. Semoga menang.

    ReplyDelete
  3. Setuju mbak... Anak2 harus memiliki empati yang tinggi. Dan itu harus ditanamkan sejak dini.

    Toos dulu aah.. sama2 udah setor tulisan buat GA ini... good luck yaa..

    ReplyDelete
  4. ia, mari didik anak kita terbiasa berbagi sejak dini

    Terima kasih mbak atas partisipasinya di GA Cinta untuk Anak Yatim www.romantisan.com

    ReplyDelete
  5. wah senangnya yah sudah dibiasakan beramal sejak kecil

    ReplyDelete
  6. Pascal pinter banget ya... semoga akhlak seperti ini bisa tertanam di setiap anak-anak Indonesia

    ReplyDelete
  7. bagus ya sekolahnya ngadain amal gitu.

    ReplyDelete
  8. wah benar tuh Pascal, wah senang'a klo dari kecil sudah suka berbagi, apalagi dia tahu memberi itu harus sesuatu yg bagus ^_^

    ReplyDelete
  9. senang sekali saya dengan kata berbagi, jarang orang yang mau berbagi karena ada kesadaran berbagi.
    Pendidikan dini untuk anak sekarang sudah makin maju, ibu-ibu sudah banyak yang tau pentingnya mengajarkan berbagi pada anak..

    ReplyDelete
  10. Apapun kalo dimulai sejak dini, pasti hasilnya jauh lebih baik ya mbak,

    Sukses buat GA nya mbak :)

    ReplyDelete
  11. subhanallah ya mbak Lid... sebuah kebiasaan yang baik banget... sepatutnya dijadikan contoh ya mbak.. :-D

    ReplyDelete
  12. iya di sekolah Adam juga ada, tiap jumat ada uang sosial tp ga tau ntar buat apa :D

    ReplyDelete
  13. pembelajaran sejak dini ya mbak... semoga menang yaa

    ReplyDelete
  14. mempraktekkan kebiasaan berbagi dari kecil semoga nantinya menjadi gaya hidup anak2.
    suskses di GAnya ya mbak.

    ReplyDelete
  15. di sekolah Rafa juga ada program berbagi ini. Skrg dibagikan celengan tiap anak, untuk program menabung selama 60 hari. Hasil celengan itu untuk disumbangkan ke yayasan yatim piatu.

    Seneng deh ama program2 sekolah kaya gini yang ngajarin anak berbagi.

    semoga dapat GA nya mbak

    ReplyDelete
  16. semoga kalau sudah besar pun tetap bisa berbagi ya pascal

    ReplyDelete
  17. Pascal bilang kalau mau memberi itu harus yang bagus-bagus jangan yang bekas....

    Setuju Pascal..* good boy bgt ya

    ReplyDelete
  18. terharu Mba Lid baca keinginan berbagi dari Pascal. Hes such a good hearted boy. Mba Lid hebat bsia mengajarka berbagi dari kecill...

    ReplyDelete
  19. Semoga Pascal tumbuh dengan kepedulian tinggi thd sesama ya Mbak Lid.. Semoga berjaya dengan GA-nya :)

    ReplyDelete
  20. bener banget mba..anak2 harus tau apa artinya berbagi terhadap sesama..:)

    ReplyDelete
  21. Hehehe, pascal pinter.
    uang bekasnya yang dimaksud itu uang yang sudah lusuh ya, mom. :)

    Aku juga masih terus belajar untuk berbagi. :)
    Sukses ngontesnya,Mom. :)

    ReplyDelete
  22. Dengan berbagi kita dapat pahala dan juga memberi terbaik buat diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  23. di sekolah zidane juga tiap jumat ada infaq begitu mbak.. bagus juga ya untuk mengajarkan tentang berbagi ke anak-anak.

    ReplyDelete
  24. Subhanallah...
    Dari kecil belajar tidak pelit, insya Allah besarnya jadi dermawan :)

    ReplyDelete
  25. Benar jeng. Hal-hal yang baik harus ditumbuh-subukan pada diri anak-anak sejak dini. Kelak akan menjadi gaya hidup mereka.
    Selain itu contoh/teladan dari ortu memegang peran yang tak kalah penting.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  26. pelajarn berbagi di sekolahan semenjak dini memang penting ya

    ReplyDelete
  27. Berbagi itu indah, berbagi itu menyenangkan dan berbagi itu membawa kebahgiaan. Dan tentunya mmg perlu di biasakan sejak dini pada anak-anak..

    Sukses ngontesnya ya Mbak:0

    ReplyDelete
  28. kegiatan sekolah yang sangat positif ...
    semoga sukses GAnya mbak ...

    ReplyDelete
  29. anak yatim pintu masuk surga...

    ReplyDelete
  30. saluut sama Pascal mbak, dan memang begitulah seharusnya ya mbak, jjika sementara belum bisa memberi yang baru ya berilah yang masih pantas..

    kadang kalau mau amal malah kasih uangnya yang kumal hehe..

    salam buat Pascal ya mbak, semoga makin soleh dan pintar :)

    ReplyDelete
  31. Subhanallah, moga terus jadi kebiasaan sampai besar ya, Pascal :)

    ReplyDelete
  32. ya kalo gak dari kecil, kapan lagi ya belajarnya.

    ReplyDelete
  33. bagus sekali penanaman hal ini sejak dini... mudah2an tertanam kuat hingga setelah dewasa mereka akan menjadi insan yg ringan hati untuk berbagi dg sesama...dan mudah2an sukses juga di kontesnya ya...

    ReplyDelete
  34. betul amal sedini mungkin akan sangat berguna buat anak di masa depan... kagum dengan program sekolahnya....

    ReplyDelete
  35. berbagi itu indah jika yang memberinya masih mampu.. :)

    ReplyDelete
  36. Jempol deh buat Pascal. Kecil2 sudah pinter berbagi :-)

    ReplyDelete
  37. senangnya sudah belajar berbagi sejak dini :)

    ReplyDelete
  38. Indahnya berbagi...

    Semoga menang ngontes yaa :)

    ReplyDelete
  39. Program sekolahnya Pascal bagus ya Mbak, gak hanya cerita aja tapi langsung praktek.

    ReplyDelete
  40. Banyak hal yang harus ditanamkan sejak dini ya Mbak.
    Selain berbagi, juga ada banyak lagi...
    Budaya ngantri, budaya hemat, gemar baca, hormat pada sesama, toleransi dll dll
    Banyaklah

    ReplyDelete
  41. Saleum,
    Memang sejak kecil harus diajar hal yang semacam itu mbak, agar semakin hari anak anak makin mengerti apa makna dari berbagi itu.

    ReplyDelete
  42. Alhamdulilah, Subhanallah...

    Semoga sifat lembut Pascal Insya Allah terbawa sampai ke tua. Aamiin...

    ReplyDelete
  43. pascal hebbaaattt, cinta anak yatim sejak dini.
    di sekolah anak sy selama 2 bulan kemaren ada program kumpulin infaq untuk beli hewan qurban. alhamdulillah sekolah sekarang lebih berempati pada lingkungan ya bun

    ReplyDelete
  44. begitulah sekolah Islam Terpadu, memberikan kebiasaan-kebiasaan baik sejak kecil. Ini menjadi sangat penting untuk memoles kepribadian anak agar menjadi shalih secara pribadi dan shalih secara sosial

    ReplyDelete
  45. Menyemai benih empati sejak dini ya Teh, Cal-Vin bertumbuh dalam pembelajaran mama. Semoga sukses GAnya.

    ReplyDelete
  46. Semoga saat besar menjadi dermawan ya mbak Lidya

    ReplyDelete
  47. Wah..., Pascal benar2 belajar berbagi sejak dini. Luar biasa pentingnya ini. Salut...

    ReplyDelete
  48. waahh... segala sesuatu memang harus dibiasakan dari kecil ya mba. semoga menag GA nya :)

    ReplyDelete
  49. dimulai sejak dini dan dr hal2 terkecil...... mantaaffff

    ReplyDelete
  50. Selain pinter, Pascal ternyata suka berbagi pula, jempol deh buat Pascal!

    ReplyDelete
  51. wah, bagus banget ya mbak ide dari TK dan SDnya pascal ini, sangat patut ditiru oleh sekolah-sekolah lainnya..

    btw, semoga sukses yak GAnya, GA aku juga jangan lupa mbak *tetep promosi* hehehe

    ReplyDelete
  52. Semoga semangat berbagi Pascal bisa dipertahankan sampai dewasa nanti :)

    ReplyDelete
  53. Memang penting anak2 diajarkan berbagi sejak dini ya mbak apalagi didukung sekolah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...