badge

Thursday, November 8, 2012

Belajar Makan Sendiri

Mengajarkan anak atau bayi makan sendiri dari kecil ternyata banyak keuntungannya ya. Selain melatih motorik anak juga bisa mengajarkan kemandirian pada anak. Beberapa orang tua lebih senang menyuapi anaknya dengan alasan supaya cepat selesai juga tidak kotor dan berantakan pada saat makan. Itu juga terjadi pada aku loh :) (ngaku nihhh).

Waktu Pascal kecil memang aku terbiasa menyuapinya makan, hingga saat ini kalau sarapan pagi juga masih suka disuapi karena makannya lama. Jangan ditiru ya tindakan aku ini. Kekurangannya Pascal jadi malas makan sendiri kalau dirumah, kecuali di sekolah dia bisa makan sendiri walaupun agak lama.

Tiap anak memang unik, tanpa bermaksud membeda-bedakan antara Pascal dan Alvin. Mungkin karena Alvin anak kedua dia banyak melihat dan belajar dari Pascal jadi dia lebih bisa makan sendiri saat ini. Ini juga karena aku tidak mau mengulangi kesalahan yang sama.

Alvin saat ini bisa loh makan nasi sendiri dan habis walaupun masih ada makanan tersisa, dia juga bersih kalau ada makanan tumpah diambil pakai tissue. Kalau Pascal bisa makan sendiri dirumah untuk makanan tertentu saja.

Saranku sih memang sebaiknya anak-anak dari dini sudah diajarkan memegang dan makan sendiri supaya melatih otot-otot tangannya sehingga lebih besar lagi dia sudah mandiri dan bisa makan sendiri. Berapa poin yang aku catat selama mengamati anak-anak makan sendiri:
  • Biarkan anak explorasi makanannya, memegang dan menyuap sendiri
  • Beri contoh cara memegang dan menyuap
  • Berikan tatakan atau alas supaya makanan yang tumpah-tumpah gampang dibersihkan
  • Jika si anak masih dibawah 1 tahun pakaikan bibs atau celemek supaya tidak kotor mengenai pakaiannya.
  • Kalau makan diluar bawa tissue basah atau kering jadi bisa cepat dibersihkan kalau kotor, ini sih aku yang malu kalau meninggalkan tempat makan dapam keadaan kotor :)
Itu aja sih menurut pengamatanku, mungkin ada yang mau menambahkan?

81 comments:

  1. yeay! Bener sekali bunda... Tiap anak itu unik. Dan keunikan itu bisa menjadi berkah jika ditanggapi dgn baik n benar. Kalo cici diajarin sm orang tua bunda dr kecil... Kami 4 beradik *kecuali yg bungsu karna msh batita*, dr kecil pasti makannya g boleh selain di ruang makan ato didekat dapur. Dulu awalnya suka ngeluh. Tp lama kelamaan baru mikir kalo itu semua ada gunanya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya sih makan ditempatnya ya jadi lebih teratur

      Delete
  2. Idealnya ortu mmg mulia mengajari makan sendiri sejak usia dini, tapi masih banyak fakta bahkan sdh SD pun makan masih disuapi ya MBak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mbak, makanya aku share disini supaya gak dicontoh deh kebiasaan aku menyuapi anak terlalu berlebihan :)

      Delete
  3. Benar tuh. Kirana sekarang lebih senang makan sendiri. Tapi ya jadinya belepotan dimana-mana, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya namanya masih anak-anak mas jadi belum bisa rapih akannya ya

      Delete
  4. mau dong diajari makan
    *maksudnya nebeng makan sih.. :p

    ReplyDelete
  5. Sipp tips nya.. anak kecil paling rentang yang penting jangan sampai mengajarkan hal yang negatif dengan cara memaki2 atau marah yang berlebihan. terhadap anak yang melakukan kesalahan. berilah contoh yang baik ya para bunda bunda.... (^_*)

    ReplyDelete
  6. Pastinya harus cukup umur ya mbak Lid, anak yang umurnya 1 tahun menurut saya masih terlalu kecil kalau disuruh makan sendiri. Yang paling saya khawatirkan pastinya dari segi kebersihannya, sangat mungkin anak kecil memungut makanan yang sudah jatuh ke lantai/tanah trus dimakan langsung, atau, dia makan tanpa cuci tangan dan semacamnya. Ini juga penting untuk menjadi perhatian orang tua.

    Untuk awal-awal, saat melatih anak makan, sebaiknya tetap di tunggui dan diperhatikan orang tuanya...

    Maaf mbak Lid, saya memang belum punya anak, tapi saya perhatikan kejadian ini sering dialami anak-anak balita, yang disuruh makan sendiri oleh orang tuanya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya tentu saja harus ditunggui gak bisa ditinggal kalau masih kecil :) kalau cuci tangan gak aku masukkan karena itu wajib. thanks tambahannya

      Delete
  7. mendidik kemandirian pada anak harus dilakukan sesuai dengan perkembangan anak, maka saya sepakat awalnya, membiarkan anak mengenali, melakukan dengan upayanya sendiri dan kita tinggal memberikan arahan dengan rasa kasih sayang. Maka dengan itu, Insya Alloh kemandirian anak bisa didapat dengan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya pengarahan ya pak supaya si anak lebih bisa

      Delete
  8. d'Ra lebih asyik n seneng kalo makan sendiri.. walo berantakan sampe mana-mana.. :)

    ReplyDelete
  9. Bener, mbak. Aku juga mengajarkan anak makan sendiri.
    Anak pertama dan kedua biasanya memang beda cara asuh dan beda output. xixi...
    Nasip kita sama. Si adek lebih mandiri dari si kakak.

    ReplyDelete
  10. Kalo 2 anak perempuanku yang pertama lebih gampang mandiri, tapi anakku yang ketiga masih sulit untuk makan sendiri, padahal dulu kakak-kakaknya seumuran dia sudah makan sendiri dan mandi sendiri juga. Perempuan kelihatannya lebih cepat untuk mandiri

    ReplyDelete
  11. pingin banget ngajarin Nabil makan sendiri. tapi kayanya dia masih mau saya suapin. kadang biar ga repot berantakan kemana2 juga siy. tapi tentu ada rasa bahagia sendiri ya kalo anak sudah bisa makan sendiri. biar waktu yang buat nyuapin, bisa digunakan untuk yang lain

    ReplyDelete
  12. Menanamkan pribadi mandiri sejak dini itu penting ya Mbak ...
    Trims :)

    ReplyDelete
  13. wah mantap nih pas banget untuk khalif tar klo udah gede, hehe..perlu banyak belajar ama senior nih :)

    ReplyDelete
  14. aku ikut nyimak dulu nih krn belum punya pengalaman dlm hal ini, makasih ya :)

    ReplyDelete
  15. waah alvin pinter ya... mudah2an Kanaya bisa kaya alvin yang makannya banyak

    ReplyDelete
  16. mau nambahin ya mbak...
    Pemakaian high chair juga sangat mempengaruhi kebiasaan anak. Alhamdulilah sejak Samara berusia 6 bulan mencicipi MPASI sudah aku dudukin di high chair, secara otomatis dia belajar makan sendiri serta belajar disiplin :)

    ReplyDelete
  17. perkembangan setiap anak memang berbeda bunda, semua juga tergantung dari bagaimana cara orang tua mendidik dan mengasuhnya

    kalo pascal makannya lama itu juga mungkin memang karena sifat pascal yg lebih lembut, shg makan pun pelan pelan

    ReplyDelete
  18. Meski sudah tak minta disuapi lagi, tapi anak bungsu saya maunya dilayani tiap kali makan, padahal sudah lulus kuliah.
    Nasi, sayur dan lauknya diambilkan oleh ibuknya dan ditaruh dalam 1 piring. Kalau belum diambilkan biasanya nggak makan2.

    ReplyDelete
  19. eh..apa memang anak kedua lebih mandiri ya? hsl pengamatanku terhadap 2 keponakanku begitu ternyata...pada usia yg sama, jauh lebih mandiri & kreatif dari kakaknya dulu...

    ReplyDelete
  20. Aisyah putriku, sudah 3 tahun, dan sekarang mulai 'dipaksa' mandiri, tapi berat :)

    ReplyDelete
  21. Waah..jadi ingat adekku mbak, sewaktu kecil susah sekali makan, ibu lebih memilih menyuapi khususnya untuk sarapan pagi. Sampai kelas 6 SD, adekku lebih sering disuapi daripada makan sendiri ketika sarapan. Dan ternyata hidupnya berubah drastis, lulus SD masuk pesantren, pilihannya sendiri. Mau tidak mau harus mandiri, termasuk soal sarapan. Skrg dia sudah kuliah semester 7, hidup yg dia pilih telah banyak memberikan pelajaran padanya, manjanya gak keterusan. Hehe..
    Salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
  22. Lidya, ini sama persis ama Nikki & Akira. Apa emang selalu begitu yak? Jadi adeknya keliatan selalu lebih rapi makannya, selalu lebih cepet bisa pegang sendok, dst-dst. :D

    ReplyDelete
  23. Anak kecil biasanya kalau makan mesti berantakan.

    ReplyDelete
  24. hebat tuh kalo anak bisa makan sendiri...

    ReplyDelete
  25. hihihi :) ikut duduk anteng aja deeeh

    ReplyDelete
  26. adikku sampe sekarang masih manja, nggak mau makan kalo nggak disuapin, padahal kalo makan sendiri dah pinter tanpa blepotan

    ReplyDelete
  27. Setiap anak memang memiliki perbedaan dalam perkembangan dan pertumbuhannya Mba. Ada yang cepat dan juga ada yang lambat, Terutama yang agresif. Namun, apapun namanya, yang terpenting dari kita sebagai orang tua dapat menikmati perkembangan pertumbuhan anak dari dekat merupakan suatu kebahagian tersendiri.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    ReplyDelete
  28. iya yah samaan, anak ke2 ku juga lebih duluan bisa makan sendiri dari kakaknya.

    ReplyDelete
  29. yah namanya anak-anak kalau nsos jowone harus di dulang suk yooo iso mangan dewe

    ReplyDelete
  30. aahhh ini sama banget sama saya, anak2 sampai saat ini masih saya suapin, alasannya biar ga berantakan+cepat selesai. anak pertama yg skrg udah sering minta makan sendiri, tapi saya suka gak sabar, akhir2nya disuapin juga deh -__-" byk belajar dari tulisan ini... salam kenal mbak Lidya :)

    ReplyDelete
  31. pascal sama kayak aya... kebiasaan disuapi kalau makan ( salah mamanya juga ) hehe.. jadi suka malas makan kalau gak disuapi.. adeknya aya.. ga mau juga terulang kesalahan yg sama hehe...

    ReplyDelete
  32. balik mampir neh mbak.. :D
    nice post... jadi pengen punya anak lagi.. #Eh.. :))
    aminin mbak... ^^

    ReplyDelete
  33. memang penting banget ya mbak, selain mengajarkan kemandirian juga sekaligus mengajarkan tanggung jawab, misal makanannya tercecer dia akan membersihkannya sendiri dan menaruh piring kotor bekas makannya juga sendiri.. :)

    ReplyDelete
  34. mba lidya.. saya mau ngaku klo saya sama mba, dengan alasan yg sama biar ga berantakan, cepet selesai dan makan banyak, soalnya anakku susah banget makannya dulu.. selalu di kemut.. tapiii sekarang krn dia udh mulai doyan makan, makanya aku kasih dia tantangan buat bisa belajar makan sendiri.. klo berhasil nanti bisa dapet hadiah.. sampe skrg sepertinya dia masih males utk makan sendiri :'(

    ReplyDelete
  35. Disave nih postingannya, buat masa depan.. :D

    ReplyDelete
  36. Lain anak memang beda pengasuhannya, karena tiap anak tak ada yang sama persis. Namun mengajarkan kemandirian pada anak adalah langkah yang bagus apalagi diajarkan sejak usia dini.

    ReplyDelete
  37. Menyuapi anak adalah tanda dari saking cintanya orangtua kepada anak, begitu katanya. Ah, jangan-jangan tanda dari orangtua yang tidak mendidik anaknya sejak kecil.

    ReplyDelete
  38. Jadi kangen bunda yang dulu senantiasa menyuapi aku waktu makan,..

    Salam Kenal dari pemula...

    *SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] Pojok Kali Bayem Jogja...

    ReplyDelete
  39. radit akhir2 ini sering bgt gtm..apa mulei kucoba metode ini yaa..sapa tau emang bosen disuapin kali ya :D

    ReplyDelete
  40. tambahan yang paling penting konsisten dan orang tua harus sabar banget ya.... itu sih sebenarnya penyebab kegagalan menerapkan makan sendiri ini....

    ReplyDelete
  41. Harus sabar ya namanya juga baru belajar makan sendiri.. btw kit waktu kecil juga gitu ya he he..

    ReplyDelete
  42. Oh.. ternyata gitu ya, Mbak. Kirain orang tua yang pada nyuapin anaknya meskipun anaknya udah mulai besar, cuma karena anaknya belum pandai megang sendok :D
    Keknya sih memang banyak ortu yang gak mau rumahnya berantakan :D

    ReplyDelete
  43. makasih untuk tips nya mba lidya. semoga bisa diterapkan kelak setelah menikah dan punya anak :D

    ReplyDelete
  44. Segala hal sepertinya memang perlu dilatih sejak dini ya mbak

    ReplyDelete
  45. Biasakan pula nekjika makan dan minum dengan duduk mbak.

    ReplyDelete
  46. ikut menyimak, Lid..
    udh ga ada yang disuapin lagi soalnya :)

    ReplyDelete
  47. Pembelajaran kemandirian kebutuhan dasar ya Teh Lid, Menikmati sensasi acara makan sendiri dengan belepotannya. Salam tuk Cal-Vin

    ReplyDelete
  48. Alvin dan Pascal hebat
    kalau om sampai kelas 4 SD disuapin
    Moga Aa Zaki nggak ya dan pintar kayak Alvin dan Pascal :)

    ReplyDelete
  49. Kalau saya lagi belajar ( cari ) makan sendiri, Mbak Lidya. Di tempat tinggal yang lama, apa yang tersaji di meja makan kakak, tersaji pula di meja saya, tapi sekarang untuk makan meski muter-muter cari warung yang jumlahnya masih bisa dihitung dengan sebelah tangan, dan letaknya pun berjauhan.
    Saya lupa, umur berapa Sabila sudah bisa makan sendiri. Awalnya memang kita agak risih dengan makanan yang tercecer, tapi semua butuh proses belajar, dan itu hal yang wajar.

    ReplyDelete
  50. bener mbak, aku juga sering denger kalau disuapin itu malas kotor dan lama. Padahal anak sedini mungkin harus mandiri yak, apalagi soal makan.


    *jangan lupa ikutan GA aku yak mbak* hihihi *tetep promosi*

    ReplyDelete
  51. Aku juga sama, jadi malu juga, hihihi..
    Tapi insya Alloh nggak ada kata terlambat Mam, Nadya juga sekarang mulai bisa makan sendiri kok :)

    ReplyDelete
  52. Saleum,
    Membiasakan sejak kecil memang sudah seharusnya. didikan yang telaten pasti akan menggembirakan hasilnya kelak

    ReplyDelete
  53. Jika memang sudah bisa mulai memegang, memang seharusnya dilatih untuk makan sendrii, Mom.
    Sepertinya banyak manfaat jika bisa belajar makan sendri sejak dini. :)

    ReplyDelete
  54. anak2 sy juga sedini mungkin selalu sy biarin makan sendiri Lid.. Tergantung makanannya juga sih.. Emang byk manfaatnya :)

    ReplyDelete
  55. Makasih Mba Lid tipsnya. Aaqil baru 6 bulan dan mulai belajar makan sih, kami suapin, biar anteng kami kasih dia mainan sendok sama piringnya dia. Sendoknya bisa dipegang dan bisa diarahkan ke mulutnya. Meskipun masih dengan cara bayi. Hehehe.

    Sekali lagi makasih Mba.. :)

    ReplyDelete
  56. Mungkin sudah tidak jamannya menyuapi anak itu ya mbak.
    Di rumah adik-adik saya dibiarkan mengeksplorasi makanannya sendiri, jadi kebanyakan rumah kotor gara-gara makanan. hehehe

    ReplyDelete
  57. Tapi kata orang anak kedua itu biasanya emang lebih mandiri dan dewasa dibanding anak pertama loh mbak.. soalnya aku juga anak kedua... wakakakakaka

    ReplyDelete
  58. Anakku bari satu dan masih umur 3 bulan. Support aja untuk kakak kakak

    ReplyDelete
  59. Iya Teh, ngeliat mamaku jg gitu, ga sabar liat anak2nya makan sendiri krn lama jd pasti disuapin, adikku yg satu aseli smp gede disuapin :D

    ReplyDelete
  60. Dulu anak-anakku begitu duduk langsung belajar makan sendiri kalau siang. Kalau pagi disuapi karena sy wkatu itu masih kerja spy pagi nggak hectic, malam cape. Kalau siang mbak yg jaga saya suruh biarin anak saya makan sendiri. Duduk di lantai. Kalau sdh puas, baru lantai dibersihin & dipel, anakku dimandiin. Kalau belajar sendiri memang makanan bisa rata ke lantai & sekujur badan smp kepala. Tapi anakku happy bisa explore.

    ReplyDelete
  61. anakku baru usia 1 tahun selalu berkeinginan mkn sendiri tuh, meskipun blepotan dan acak2an, tp aku biarin aja, utk melatihnya mandiri...
    :D

    ReplyDelete
  62. kalo anakku memang terbiasa makan sendiri sejak umur satu tahun mbak, cuman ya itu berantakan, sekarang juga masih berantakan. Apalagi kalo makan sambil nonton wadooh, bakalan lama dah + berantakan, pasalnya sendok sudah ada nasik + temennya didepan mulut gak masuk-masuk tumpah deh.... Kalo sarapan cepet mbak, soalnya cuman makan oat 4 sendok. bareng ayahnya diajakin balapan makan...

    ReplyDelete
  63. saya masih bujang kok..
    heheee
    nice tips nd nice share kawand

    ReplyDelete
  64. wah jd gak sabar menantikan buah hatiku mbak....hehehhe

    dengar cerita calvin dan pascal..yg lucu2 dan gemesin...#sambil pegang perut istri

    ReplyDelete
  65. Memang harus seperti itu mbak, belajar mandiri sejak kecil sehingga ia lebih mampu mengenali kebutuhannya :)

    ReplyDelete
  66. Benar Mb, makan sendiri bagi anak-anak dapat membantu banyak hal dan menguntungkan dirinya. Cuma orang tua kadag-kadang tidak sabar dan mau cepat-cepat selesai, bersih dan tidak berantakan.... :)

    ReplyDelete
  67. jangan lupa ajarkan sesuatu ketika selesai makan mba,agar menjadi displin & terbiasa yaitu merapikan makanan yg habis mereka makin sendiri :)

    ReplyDelete
  68. Thanks buat tulisan ini, mbak... Aku juga sama Raja terbiasa ku suapin, sama kayak mbak Lid, karena gak mau aja liat makananannya berantakan, hehe.... Raja cuma makan sendiri saat lagi di sekolah ato di daycare, tapi sepertinya aku juga udah mesti ngelatih Raja terbiasa makan sendiri termasuk saat lagi di rumah :)

    ReplyDelete
  69. Hiks...
    Dija tuh makannya susah Mbak...
    disuapin aja gak mau, apalagi makan sendiri
    tapi kalo makan buah, dia habis banyak dan mau makan sendiri

    ReplyDelete
  70. anak kedua biasanya lebih gampang mandiri, katanya.
    so, lebih gampang diajarin makan :)
    -jadi inget foto2 waktu kecil

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...