badge

Friday, April 19, 2013

Main Halma

Pernah main halma? Kapan terakhir main halma? Untuk mengisi liburan seminggu ini, aku sengaja membelikan permainan hama untuk Pascal sewaktu ke toko buku. Awalnya Pascal gak mau beli karena gak bisa katanya, tapi aku bilang nanti diajarkan cara mainnya. Waktu diajak main catur juga dia gak mau awalnya tapi kesininua malah suka main catur. 

Halma yang aku beli cukup murah harganya Rp3.000 terbuat dari karton. Cukuplah membelikan yang ini dulu untuk pengenalan halmanya. Dengan bermain halma bisa melatih otak dalam membuat strategi dalam menjalankan pion atau biji halma. Mulanya Pascal aku ajarkan cara jalan biasa saja, sampai akhirnya aku kasih tau kalau jalannya itu sebainya membuat jalur dahulu supaya nantinya pion-pion yang lain bisa jalan dengan mudah dan loncat. Karena sudah ada jalur pion yang lain tinggal loncat-loncat menuju ke bagian yang sudah ada. Inti dari permainan halma ini adalah memindahkan pion dari satu sisi ke sisi yang lain. Siapa yang cepat memindahkan semuanya dia pemenangnya.

Siapa yang menang dalam permainan halma ini? tentu saja aku hehehe. Tapi untuk selanjutnya aku sengaja memperlambat jalan pionku untuk memberikan kesempatan Pascal menang. Dia senang sekali akhirnya bisa menang main halma.

43 comments:

  1. Aku..akuuuuu, aku suka (dan jago) main halma *tsaaaah* qiqiqiqi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo main ber 3 yah......mungkin sebaiknya ada halma online...seru kali yah? main halma adalah mainan murah meriah dan mengasah otak karena harus punya strategy tertentu utk bisa menang.....ya khan ibu2??

      Delete
  2. Aku sering mbak maen halma dan ludo di rumah bareng Raja dan papanya...seringnya sih justru Raja yang menang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Raja pinter ya main halma. Aku juga ada sih ludo tapi kadang dadunya dimainin Alvin

      Delete
  3. waa.. ini salah satu mainan saya jaman dulu mak :) tapi terus terang saya lebih suka ludo.. hehe, karena bisa nendang pion yang menghalangi jalan :P

    ReplyDelete
  4. hehehe, udah lupa cara main halmanya, mba lidya. dulu lebih banyak pake congklak, ular tangga dan monopoli :D pascal libur ya, asyik nih bisa sering jalan2 :D

    ReplyDelete
  5. Sukaaaaa! salah satu mainan kesukaanku.

    ReplyDelete
  6. jadi teringat mas kecil dulu, main halma bareng saudara-saudara di atas tempat tidur :-)

    ReplyDelete
  7. seneng banget main halma tapi gagal membuat anak2ku jatuh cinta, kata mereka "better play chess lah mama! hiks dunia sdh jauh berbeda, beda budaya, beda hobi dan beda bahasa :D

    ReplyDelete
  8. dulu aku juga juara halma diantara sodara sodaraku... hahahahaha

    ReplyDelete
  9. Saya punya yang pakai kelereng mbak, tapi belum pernah main soale ndak bisa main hikz

    ReplyDelete
  10. mau Mak...!!! Yuk..yuk kapan?? ajak pascal sama Calvin juga yah.. Ih si Mak tau aja kalo saya lagi kangen main yang kayak gituan.. Kapan Mak??

    ReplyDelete
  11. kalo main sama mas dzaky dan fai pasti tambah seru ya pascal.

    ReplyDelete
  12. Kayaknya aku belum pernah mainan Halma, Mom. :)
    Dulu pas kecil seringnya mainan putren sama ular tangga yang ada dadunya. :)

    Libur untuk UN ya, Pascal. :)

    ReplyDelete
  13. Saya gak pernah bisa maen halma. Belakangan malah saya nggak suka lihat bentuk bintang segi enamnya :(

    ReplyDelete
  14. Waah kok udah lupa ya Mba Lid caranya main halma? Hihihi. Boardgame gini emang asik banget Mba buat main bareng anak.

    ReplyDelete
  15. wah .. dah lama nih nggak main halma :)

    ReplyDelete
  16. Hihi, aku malah lupa cara main halma, Mba. Kok bisa lupaaaa ya? Penasaran sendiri jadinya.
    Terus skrg Pasca udh suka blm main halma, Mba?

    ReplyDelete
  17. wah... halma mainan saya dulu, saya hampir tidak terkalahkan mbak, karena ada trik supaya bisa menang loh. Dijamin lawan bakal kelimpungan..

    ReplyDelete
  18. Aku lupa cara mainnya....lebih suka ular tangga

    ReplyDelete
  19. Uwahhhhh lama banget gak main halma....pengennnnnnnn

    ReplyDelete
  20. Emmmm semacam catur gituu yaaa....hehe

    ReplyDelete
  21. kunjungan pertama ane nih mba... mohon kerjasamnya hehehehe
    saya dulu jago tuh mba tapi sekarang mah gak tau.... :)

    ReplyDelete
  22. jaman kuliah tiap hari diajakin temen main inih, seringnya ya kalah hihihi, sebel aku m,ending maen ular tangga aaja deh :p

    ReplyDelete
  23. kangen main halma.. udah lama banget gak main...

    ReplyDelete
  24. Wah wah keren.. permainan jman dulu yg emang membuat otak kita jd terasah..adah jrg nemu nih, jd pengen main lg:-)

    ReplyDelete
  25. huaaa permainan masa kecil.
    udah lupa mainnya, ajarin kk diah dong Pascal :D

    ReplyDelete
  26. Ketika anak masih kecil2, permainan utamanya pasti halma dan ular tangga...
    Kalau halma saya pasti menang, tapi kalau ular tangga nggak selalu menang karena unsurnya adalah keberuntungan...

    ReplyDelete
  27. Aku kok kayaknya belum pernah main halma ya Mbak... Atau mungkin sudah lupa ya saking lamanya hehehe

    ReplyDelete
  28. aku malah ga ngerti cara mainnya mb.. norak dyeech

    ReplyDelete
  29. Dhe dulu suka main halma, dan pernah beberapa x menang. Tapi sekarang sudah lupa krn ga pernah diajari lagi. hihihii..
    kapan2 ajarii ya mba :D

    ReplyDelete
  30. Kalau Alvin sudah lancar bisa ajarin adik Alvin, hingga bisa main bertiga merah kuning biru. Selamat bermain.

    ReplyDelete
  31. aku masih nggak ngerti cara mainnya gmn xD

    do you want to follow each other on gfc and bloglovin?
    visit my blog ^^
    www.luchluchcraft.blogspot.com

    ReplyDelete
  32. Wah ...
    Ini mainan yang sudah lama sekali tidak saya mainkan ...
    terakhir memainkan ?
    mmmm waktu SMP mungkin Mbak ...

    tahun berapa itu ?

    salam saya Mbak

    ReplyDelete
  33. Aku juga sudah lupa cara mainnya...
    Lebih suka catur hehe..

    ReplyDelete
  34. ya ampun, aku udah lupa main halma mba, terakhir kali main halma, udah lama banget euy :(

    ReplyDelete
  35. iya penting banget mengajarkan permainan seperti ini ya Lidya kayak monopoli, ular tangga,dll. bahkan anak sekarang banyak yang tidak tahu main tali, main gobak sodor, lahan untuk bermain sekarang tidak ada dan permainan cenderung individual, dengan permainan seperti catur halma, monopoli, memberi ruang untuk anak bergaul dan menghargai teman

    ReplyDelete
  36. udah lupa cari mainnya dan gag pinter pun hikz

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...