badge

Thursday, April 4, 2013

Review Buku Cerita Di Balik Noda


JudulBuku   : Cerita Di Balik Noda
              42 kisah inspirasi jiwa
Jenis buku  : Novel
Genre       : Non fiksi
Penulis     : Fira Basuki
Penerbit    : Kepustakaan Populer Gramedia 
             (KPU)
Tebal Buku  : 235 Halaman
Dimensi Buku: 13 x 20
No ISBN     : 9 789799 105257
Harga Buku  : Rp40.000




42 Kisah penuh inspirasi yang ditulis peserta lomba menulis bertema "Cerita di Balik Noda" yang kemudian dituliskan dan dikembangkan oleh Fira Basuki untuk dijadikan buku dengan judul yang sama. Fira Basuki adalah salah satu penulis favorit saya. Fira menuliskan kembali cerita-cerita ini dengan bahasa yang mudah dimengerti dan ringan. Sehingga pembaca dibuat penasaran dan ada keinginan yang kuat untuk melanjutkan membaca judul yang lain.

Cerita di balik noda yang ditampilkan disini tidak hanya noda kotoran, tanah, lumpur saja ada pula noda darah, sampah dan lain sebagainya. Tentu saja setiap noda tersebut mempunyai cerita sendiri dan bisa diambil hikmahnya serta dijadikan pembelajaran untuk saya kedepannya. Setelah membaca buku ini diharapkan pembaca akan memperoleh pencerahan dan sadar bahwa anak-anak adalah sumber inspirasi dan guru terbaik untuk orangtua dalam memaknai arti kehidupan.

Dari keluguan mereka kami dapat mengambil hikmah. Selama ini kebanyakan orangtua akan melarang anak-anak bermain kotor atau berdekatan dengan noda. Padahal dari kotoran tersebut anak-anak dapat belajar dalam segala hal. Untuk itu orangtua diharapkan bisa memberikan kebebasan anak dalam berekspresi, sebagai orangtua cukup mengawasi dan mendampingi di jalur yang tepat. Kadang anak-anak mempunyai penjelasan dan alasan sendiri yang tidak dimengerti oleh orang dewasa, tugas orangtualah yang harus belajar memahaminya.

Contohnya pada cerita yang berjudul "Kaki (harus) Kotor" saya bisa mengambil hikmah bahwa terlalu protektif dalam menjaga anak itu tidak selamanya baik. Dalam cerita itu seorang ibu yang protektif terhadap anaknya mengakibatkan sang anak lamban dalam berjalan. Ini mengingatkan saya yang pernah protektif juga terhadap anak sehingga anak takut untuk berjalan tanpa alas kaki.

Dicerita lainnya juga banyak hikmah yang diambil dari anak, misalnya pada judul "Sarung Ayah". Sang ibu beranggapan hanya dia yang merasakan kehilangan atas kepergian suaminya. Dia tidak peka bahwa anaknyapun merasa sedih dan kehilangan ayahnya. Ketika mata sang ibu terbuka, barulah ia sadar bahwa ia harus melanjutkan hidup bersama Wulan. Semua barang kesayangan milik suaminya mulai dicuci, karena sejak kepergian suaminya, Hani dan Wulan tidak pernah mencucinya.
Namun disini ada kejanggalan, diawal cerita diceritkan bahwa anak Hani bernama Dewi. Di halaman lain hingga selesai dituliskan nama anak Hani adalah Wulan. Padahal cerita ini karya Fira basuki loh yang seharusnya bisa lebih teliti lagi.

Tapi dibalik kejanggalan yang saya temukan, cerita di buku ini semuanya penuh inspirasi. Kalau boleh saran untuk cover bukunya bisa dibuat lebih berwarna sebagaimana dunia anak-anak yang penuh dengan warna. pada cover ada gambar noda berwarna coklat terkesan suram.


Postingan review Buku Cerita Di Balik Noda dan Berani Kotor itu Baik ini saya tulis untuk mengikuti    Kontes Ngeblog Review Buku "Cerita Di Balik Noda" 15 Maret 2013 - 10 April 2013 yang di selenggarakan oleh KEB.


47 comments:

  1. ini buku disponsori salah satu merk detergen ya tante? hehe

    ReplyDelete
  2. Wow, udah pada bikin review nih, dan reviewnya mantab deh mba Lid, jadi pengen segera menamatkan bacaan Cerita dibalik noda deh ini. Baru sepertiga nih aku bacanya. Ingin segera khatam dan bikin reviewnya.

    Sukses ya mba untuk ngontesnya. Keren euy! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Demi ikutan kontes mbak, jadi ngebut bacanya :)

      Delete
  3. ada sdkt typo, ya. Tapi tetep bagus sih bukunya. Semoga menang ya, Lid :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul myr. Kaya tulisan aku aja ya banyak typonya hehehe

      Delete
  4. Iyha mbk,sama..aku juga suka yang judulnya sarung ayah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 4 tulisan FIra ya dibuku itu, aku suka semua

      Delete
  5. Waaah.. ternyata ada lomba reviewnya ya. Pengen baca jadinya Mba Lid. Huehehehe.
    Semoga sukses ya Mba.. :)

    ReplyDelete
  6. Dulu banget saya sudah mencoba membaca beberapa karya FirBas (Atap, Pintu), tapi bahasanya terlalu ngepop untuk saya, jadi saya kurang bisa menikmati. Saya lebih bisa menikmati tulisan Dee. Untuk buku2 barunya saya belum pernah baca lagi. Yang salut FirBas ini penulis yag sangat produktif. Sukses dengan kontes nya ya ma :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebalikan sama aku ya bun, aku suka Fira. Buku-bukunya Dee juga punya sih tapi bacanya harus konsentrasi banget :)

      Delete
  7. Replies
    1. Jangan cuma dicari ya mas tapi dibeli hehehe

      Delete
  8. aku msh baca nih Teeeeeh, blom beres jg hihihi.
    Gudlak ngontesnya yaa^^

    ReplyDelete
  9. pada okeh begini ya reviewnya, kalo menang, bagi2 vouchernya ya .. :D

    ReplyDelete
  10. bukan cinta dibalik noda ya..?
    tapi emang harus gitu kok. anak anak aku biarkan bermain tanah atau nyebur ke sawah, badannya lebih kuat dan jarang sakit daripada anak tetangga yang selalu bersih...

    ReplyDelete
  11. selalu sukak sama karya2nya mb fira basuki...
    thanks reviewnya mbk, moga menang ya ;)

    ReplyDelete
  12. teteh smoga lolos kualifikasi yah ^.^ smangaaad

    ReplyDelete
  13. Udah edar di gramedia ya ? coba cari ah buku ini

    ReplyDelete
  14. iya yaa..kalo banyakan cerita tentang anak2, harusnya covernya lebih ceria ya..
    sakses ya mba Lid ngontesnya ;))

    ReplyDelete
  15. semoga menang, saya baru selesai baca bukunya :)

    ReplyDelete
  16. belum pernah baca karyanya Fira basuki #perlu di cari nih

    btw, semoga menang :)

    ReplyDelete
  17. Wah reviewnya bagus. Menyeluruh isi buku dan mengambil 1 contoh cerpen, karena ada juga yg direview cuma satu cerpen gak bahas keseluruhan buku. Semoga menang ya mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah saya gak tau cara review buku yang betu seperti apa sih Mbak Lusi?

      Delete
  18. wiii.. pantesan dimana-mana judulnya banyak yg sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayu atuh bun ikutan masih ada waktu sampai tanggal 10

      Delete
  19. bener2 menginspirasi banyak org tuh buku...
    sana sini pada review :D

    ReplyDelete
  20. review nya okeh-okeh lho... :)

    ReplyDelete
  21. pertama : semangat GA nya,, mudah2an menang
    kedua : eh logh,, bagus juga. kemaren mau ngambil (dipelototin ma satpam) -- mau beli (di lirik sama suami) xixixixi,, becanda. Wah kmrn mau beli gk jadi, ternyata isinya bagus ya ,, jadi seperti school parenting ;)

    ReplyDelete
  22. betulk sekali Mba dari cerita2 nya begitu menginspirasi kita sebagai emak2..
    karena ceritanya yang ringan :D

    ReplyDelete
  23. Aku juga perhatiin banget di sarung ayah. Kebetulan cerita ini yg bikin aku teringat masa kecil, jadi sama tuh melihat kesalahan nama.

    ReplyDelete
  24. buku yang baguuuss, mba. apalagi Fira yang nulis ya, walo ada yang typo hehe

    ReplyDelete
  25. waaah ternyata penulis sekelas Fira Basuki pun bisa kurang teliti juga ya. Keren ulasannya mak lyd

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...