badge

Wednesday, April 3, 2013

Rihlah Ilmiah

Pascal baru saja mengikuti Rihlah Ilmiah yang diadakan di sekolahnya. Rihlah itu sendiri menurut KBBI adalah perjalanan atau darmawisata, sedangkan Ilmiah adalah ilm pengetahuan. Jadi kurang lebih artinya adalah perjalanan wisata yang berlandaskan ilmu pengetahuan. Rihlah Ilmiah tahun ini diadakan di  Rumah Sains - Ilma dan Museum Layang-layang.

Oh ya Pascal juga menuliskan tentang rihlah ilmiah ini di blognya yang berjudul Rumah Sains Ilma dan Museum Layang-layang.  Silakan bisa dibaca tulisannya yang juga diikutkan pada GA Jalan-jalan seru Keke dan Nai.

Foto Pascal sebelum berangkat

Perjalanan ini khusus untuk murid kelas 1 dan 2 saja tanpa didampingi orangtua  juga. Sejak TK Pascal sudah terbiasa melakukan perjalanan tanpa orangtua. Jam 6 kami sudah mengantar Pascal ke sekolah, tepat jam 6.30 rombongan rihlah ilmiah berangkat menuju Pamulang.

Kunjungan pertama ke Rumah Sains Ilma. Menurut handpaper yang aku terima, disana anak-anak akan melakukan 3 percobaan yaitu :

Eksperimen Roket Tenaga Udara
Disini anak-anak diajarkan membuat roket tenaga udara menggunakan suntikan, sedotan plastik, selang kecil kertas alumunium foil, dan plastisin. Anak-anak bukan hanya diajarkan membuat roket tapi diberikan penjelasan mengapa roket itu bisa meluncur, Dimana ketika tabung suntik di tekan maka udara akan terdesak dan mengumpul di ujung sedotan. Ini membuat tekanan udara meningkat berlipat-lipat kemudian mendorong roket hingga meluncur.

Eksperimen Kepikku
Percobaan ini menggunakan sendok plasti, gelas plastik, gipsu, cotton bud dan tusuk gigi.
Pada percobaan ini anak-anak akan mengetahui mengapa gipsum yang ditambahkan air akan mengeras kembali. Karena sifat gipsum yang unik bisa berubah dengan cara yang unik.

Eskperimen Air Mancur Tiup
Menggunakan alat botol dengan tutup berlubang, sedotan tekuk, selang dan bubuk warna. Ketika ditiupkan udara ke botol melalui selang air akan keluar melalui lubang kecil pada sedotan.

Yang minat mengikuti program liburan di Rumah Sains Ilma juga bisa loh berikut alamatnya.
Rumah Sains Ilma
Jl. TPU Parakan 148 Pamulang 2
Tanggerang Selatan 15416
Telp. 021-32042545, 021-74621039
http://www.rumahsains-ilma.com 

Kunjungan yang ke-2 adalah ke Museum Layang-layang. Disana anak-anak diperlihatkan cara membuat layang-layang dan melihat bentuk-bentuk layang-layang dari berbagai ukuran. Pascal bilang ada layang-layang raksaksa seukuran rumah. Ada pula kegiatan melukis layang-layang, membuat dan melukis keramik, melukis payung, melukis kaos dan lain sebagainya. Halaman museum yang luas juga bisa dipergunakan untuk bermain layang-layang.


Hasil lukisan Pascal di layang-layang



Museum Layang-layang
Jl. H. Kamang No. 38
Pondok Labu, Jakarta Selatan
021-7658075, 021-7505112


65 comments:

  1. heummm,naksir sekolahannya pascal nih..sama kyk sekolahannya sepupuku hehe...seru banget pastinya rihlah ilmiahnya ya mbk,bikin anak pintar,trial n eror,meniru,dll....

    **jd inget waktu rihlah SMA dulu hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang sekali waktu aku sekolah juga gak ada kegiatan seperti ini ya :)

      Delete
    2. keren banget deh kyk nya.
      berbau sains gitu.
      namnya juga pascal :|

      Delete
  2. wah..aku baru ngerti deh rihlah itu apa..
    rumah sains Ilma ini juga baru pernah dengar, tfs mbak

    ReplyDelete
  3. wah ada istilah baru ya untuk wisata sekolah..?
    entah sudah berapa kali istilah itu berganti tapi tetap saja isinya jalan jalan. untungnya sekarang sudah banyak tempat wisata edukasi semacam rumah sains itu atau kalo di jogja ada taman pintar. jadi ga monoton kaya dulu yang cuma ke kebon binatang atau pantai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebon binatnag dan taman mini biasanya kalau aku kecil dulu

      Delete
  4. sering baca ttg museum layang2 jadi tambah penapsaran aku....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru rencana kesana bun tapi sudah keduluan dari sekolah :)

      Delete
  5. Suka sekali ma aktivitas di sekolahnya... Dulu ga ada ya Lid??

    ReplyDelete
  6. asyik yaa, Pascal... bisa bermain sambil belajar..:)

    ReplyDelete
  7. Wah asyik ya kegiatan di sekolahnya pascal....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kegiatan murh meriah tapi banyak ilmunya Ver

      Delete
  8. Pascal pasti tambah pinter nih setelah rihlah ilmiah begitu ya Teh..

    ReplyDelete
  9. bentuk rekreasi yang tidak kehilangan nilai pendidikannya ini ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pak rekreasi didapat ilmu juga dapat

      Delete
  10. wuiihh mbak lidya gnti baju terus euy, tiap ke mari keknya selalu berubah-ubah tampilannya :)

    lukisan pascal bagus ya, layangannya bisa terbang ngga?

    ReplyDelete
  11. padahal museum layang2 itu deket dari rumahku mba Lid..tapi selama ini cuma lewt didepannya aja, blom pernah masuk kedalemnya..:D

    ReplyDelete
  12. kayaknya seru ya berkunjung ke rumah sains, belajar sains jd lebih menyenangkan ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak-anak lebih tertarik seperti ini mbak karena tidak berasa kalau sebenarna sedang belajar juga

      Delete
  13. Kreatif banget Pascal gambar layang-layangnya, warna-warnanya tampak ceria..
    Rihlah? baru tau kalau artinya perjalanan Mbak, wah harus sering-sering buka KBBI nih supaya makin banyak perbendaharaan kata :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini jiuga gara-gara Pascal tanya arti rihlah apa mbak, jadi buka KBBI

      Delete
  14. karyanya bagus ya mbak.. noofa diajarin dunk...

    ReplyDelete
  15. Andai di Tangerang mau deh daftarin ponakan.
    Untuk anak seusia Pascal memang bagusnya belajar di alam gt yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. RUmah sains ilma msuknya tanggerang juga kan?

      Delete
  16. Sekarang banyak tujuan wisata yang bertema pendidikan ya Mbak Lid. Gak kayak jaman saya dulu yg ada cuma museum terus taman mini deh :)

    ReplyDelete
  17. Wisata yang nggak cuma sekedar jalan2 tapi juga dapat ilmu ya... jempol :)

    ReplyDelete
  18. pengen ke museum layang layang nih :)

    ReplyDelete
  19. Sekolahnya pascal good, padahal sekolah anak saya yg katanya di jakarta belum pernah ke sini..... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa usul ke pihak sekolahnya Pak

      Delete
  20. bahasa gampangnya mungkin study tourr hehehheehe belajar sambil bertamasya...sukses selalu deh buat mas Pascal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ya pak istilahnya saja yang berbeda

      Delete
  21. Asik yah Mba kegiatan sekolahnya kynya bnyk yg menarik yah, ada beberapa postingan yg Mba share sblmnya dsini hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan masih banyak kegiatan yang dilakukkan sekolah ya

      Delete
  22. Yang ke museum layang-layang itu kayaknya aku pengen banget.... maklum, sejak kecil hobi berat layangan, hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pingin kesana kok pak :) Insya Allah nanti kesana lagi , Pascal minta soalnya

      Delete
  23. Jalan2 sambil belajar untuk menambah pengetauan ya mbak. Jaman kanak2 saya dulu rekreasinnya ke taman ria lihat monyet mbak :).

    Lukisannya Pascal bagus ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taman ria itu sama dengan kebun binatang ya mbak?

      Delete
  24. Baru tau istilahnya Rihlah Ilmiah, zaman dulu sih Study Tour kali ya? Tapi study tour banyakan maen2nya, hehehe...Bagus bgt kegiatan sekolahnya Pascal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalau jaman dulu aku sekolah namanya study tour

      Delete
  25. layang-layangnya cakep. Gambarnya bisa simetris gitu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh ada yang terlewat nih mbak, saya gak tanya gimana cara menggambarnya

      Delete
  26. programnya bagus, jalan-jalan sambil belajar ...
    Pascal pinter banget ya, sudah bisa menulis untuk blog ...

    ReplyDelete
  27. seneng ya pastinya anak2 kalo lagi field trip gitu... :)

    ReplyDelete
  28. senangnya Pascal hihihi... Vania belum pernah ke rumah sains ilma... tp udah pernah ke museum layang2... :-)

    makasih infonya yah mbak Lidya. jd pengen kesana. insya Allah.. :-D

    ReplyDelete
  29. wah rumah baru ya mbak? :)
    Senang yaa Pascal belajar sambil jalan jalan...

    ReplyDelete
  30. gara2 baca ini aku jd tau rihla ilmiah itu apa :D

    ReplyDelete
  31. Hebat... Salut deh.... Hehehe

    ReplyDelete
  32. Wah, Pascal ngelukis yang pake cat minyak, ya? Udah gede juga sih, ya. Waktu Nadya kemaren ngecat yang keciiiiiil.. hihihi..

    ReplyDelete
  33. Baru tahu juga aku rihlah ilmiah itu apa....
    Layang2nya bagus deh lukisannya ya Pascal... oleh-oleh buat bunda yaa...

    ReplyDelete
  34. keren sekolahnya. Jalan-jalannya sekalian belajar ya Mba Lid. Btw udah mampir ke blognya Pascal. Keren Deh. :D

    ReplyDelete
  35. hebat sekali Pascal,gimana cara ngajarin pascal menulis jeng, anakku yg nomer 2 masih susah mengungkapkan lewat tulisan. Mostly dia cari2 di wikipedia dan copas2 aja. Sulit buat dia membuat kata2nya sendiri, entah apa karena beda mother languagenya atau gimana ga tau pasti juga penyebabnya

    ReplyDelete
  36. wah pascal makin ganteng dan pintar aja ya, selamat ya pascal semoga makin sukses terus, muach utk pascal yg makin pintar

    ReplyDelete
  37. wah kecil-kecil udah cakep en pinter lagi si pascal ini.
    palagi kalo udah besar.
    sukses terus ya nak...
    *cubit pipi pascal dari jauh
    ^^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...