badge

Monday, October 28, 2013

Benda Koleksi

Di mata pelajaran IPS kelas 2 ini Aa sedang mempelajari tentang dokumen pribadi, dokumen keluarga dan koleksi benda berharga. Selain harus bisa mengidentifikasi dokumen-dokumen tersebut juga diajarkan cara merawat benda-benda tersebut. 

Pada bagian mengapa benda dinilai berharga karena, kenang-kenangan, benda langka dan benda kesayangan aku memberikan contoh yang nyata supaya Aa mengerti. Misalnya koleksi hotwheel, atau thomas yang dimiliki Aa dan ade merupakan contoh salah satu benda kesayangan.

Contoh lain adalah aku memberikan koleksi poster pemain sepak bolaku sewaktuaku masih kuliah dulu. Kebetulan aku masih menyimpannya, gak ada maksud apa-apa sih cuma sayang aja kalau harus dibuang. Jadi ingat saat-saat aku suka banget nonton sepak bola. Saat ini anak-anak juga sudah mulai menyukai sepak bola. Ade yang belum punya jersey minta dibelikan jersey katanya Aa sama bapak udah punya baju bola, dia belum :)


Saat melihat ada nama Maldini, Aa pikir itu Maldini pemain sepak bola dari tim Garuda Mudah. Hehehe padahal itu Paolo Maldini. Dia juga melihat beberapa pemain sepak bola yang di kenalnya seperty Beckham, Giggs, Raul dan lain-lain. Ada juga jadwal pertandingan Wolrd Cup 2008 beserta scorenya. Aa sudah tidak sabar kapan lagi ada pertandingan sepak bola katanya.

Jadwal world cup 2008 

pasti kenal dong ini poster siapa :)

Baru-baru ini Michael Owen datang ke Indonesia
Selain mengajarkan contoh benda koleksi di sini Aa juga bisa belajar negara asal pemain bola serta benuanya. Bahkan dia sampai mengamati tulisan-tulisan di jerseynya. Misalnya dulu MU pakainya sharp trus vodafone ya kalau sekarang ganti lagi.

53 comments:

  1. bagus juga ya... sekalian belajar jadinya :)

    ReplyDelete

  2. iya sekalian belajar jadinya ya...jadi tambah pinter deh.

    ReplyDelete
  3. Wow, ternyata emak pecinta bola yah :D

    Kalo saya dulu, suka pemain yg ganteng-ganteng nya aja mbak *hihihi*

    ReplyDelete
  4. Belajar dokumentasi dan menghargai benda bersejarah nih Jeng Lid untuk Aa dan Adik. Salam

    ReplyDelete
  5. Aku dulu koleksi prangko dan kartu telepon mom, lumayan udh byk, tp ilang semua.. Hiks

    ReplyDelete
  6. biar anak lebih mengerti,harus di contohkan dengan benda2 sekitar ya.. jadi mudah dicerna..siph.. makasih mama cal-vin :)

    ReplyDelete
  7. Namanya Paolo Maldini, bukan Paulo Maldini, Mbak. #ForzaMilan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh iya mas makasih udah dikoeksi, salah nulis *ngeles

      Delete
    2. Hadiah koreksinya Klepon hiehiheiehiee

      Delete
  8. hehe..dulu yang digemari bolanya ato pemaennya mbak? :D

    ReplyDelete
  9. Bagus juga yah Mba, jd Aa bisa belajar sekalian..
    Wah koleksinya gbr2 pemain bola yah :D

    ReplyDelete
  10. kalo anak punya hobi bola, mamanya harus menyukai juga ya supaya nyambung....

    ReplyDelete
  11. Jadi inget jmasa aku kecil Mba, yang suka denga ngoleksi nama-anam pemain bola. melalui posternya.. memang sih, kita jadi ingat nama-nama negara dan beberapa istilah dari bahasa asing. Misalnya "red card" (he,, he,, he,,,)

    Salam

    ReplyDelete
  12. dengan ini anak2 juga jadi semakin belajar untuk menghargai sesuatu ya mbak, dan tentunya memahami tentang barang2 "spesial" yang disukai

    ReplyDelete
  13. mak2 pecinta sepak bola, pas anaknya laki, jadi pas banget ceritanya

    ReplyDelete
  14. salam hangat mbak,,,,
    mudah2an masih ingat dengan "blognyadelia"

    wahhh asyikya bisa memberikan koleksi kita ke anak..
    kalo tahu gitu koleksi winnie the poohku ketika smu dan kuliah disimpan... soalnya anakku rupanya juga suka... ^_^

    ReplyDelete
  15. aku dulu koleksi poster, sekarang udah nggak... hehehe

    ReplyDelete
  16. jadi tahu nama sama asli pemain sepakbola,salam ya buat owen ^^

    ReplyDelete
  17. Aku juga dulu punya benda berharga. Poster boyband. Tapi sekarang mau kalo dikeluarin. Takut diketawain anak-anak. Hihihi...

    ReplyDelete
  18. Belajar memang menjadi hal yang menyenangkan jika diimbangi dengan sedikit relaksasi atau rekreasi. Tidak usah jauh jauh cukup di rumah saja. Berkreasi dengan Koleksi poster pemain sepakbola dunia adalah salah satunya. Menarik dan mencerdaskan anak anak

    ReplyDelete
  19. Waahhh.. baru tau kalo mbak Lid doyan sepakbola juga. Itu Owen masih unyuuu yang di kiri.. Hehe

    ReplyDelete
  20. ternyata bola mania ya, udah gede jd pemain bola nantinya :D

    ReplyDelete
  21. Widiw keren Lid ternyata dirimu suka bola juga sampe punya posternya segala. Ckckck gak nyangka ibu yg satu ini.

    Oya cara pengajarannya keren ya :)

    ReplyDelete
  22. wah, jadi dikumpulin gitu ya, mba? keren jg

    ReplyDelete
  23. aku dl filateli prangko mb, klo Vica anakku msh blm punya koleksi, masih berubah2 kesukaannya....

    ReplyDelete
  24. Cara menambahkan wawasan dengan cara yang menyenangkan!

    ReplyDelete
  25. Aku mah udah lewat ngajarin materi ini :D

    ReplyDelete
  26. wah posternya terawat banget mb ...
    Dulu penggemar MU ya mb? :D

    ReplyDelete
  27. Belajarnya sambil fun gitu ya mba, jadi mudah mencerna pelajarannya :D
    Sambil belajar juga punya koleksi yang digemarinya. Keren idenya nih guru aa :D

    ReplyDelete
  28. wah si Aa penggemar MU ya mbak.. salam buat Aa ya mbak.. kalau saya juga salah satu "Manchunia" indonesia.. hehehehe

    ReplyDelete
  29. Jaman kuliah aku juga suka English Premier League & Liga Italia kok mak. hehehhehh

    ReplyDelete
  30. koleksi gambar pemain bola,,, jadi inget waktu saya msh SMP dulu, semua gambar yg berbau bola luar negri bakal sya simpen di jadikan kliping hehe padahal kadang gambar dari koran tsb bekas buntelan kacang tanah...

    ReplyDelete
  31. Bermain sambil belajar akan lebih mudah dipahami dan diingat oleh anak

    salam hangat dari pamekasan madura

    ReplyDelete
  32. ternyata hal2 tersebut ada pelajarannya ya. Baru tahu.

    ReplyDelete
  33. koleksi perangko.. tp sekarang entah ada dimana, haha...

    ReplyDelete
  34. koleksi lama bs dipake buat belajar :)

    ReplyDelete
  35. begitu ada facebook skarang lebih suka koleksi foto2 aja saya n langsung di Upload :D

    ReplyDelete
  36. wah ga kebayang mak lidya suka bolaaaa..hihi

    ReplyDelete
  37. wahh hebat tersimpan dengan rapi ya mbak, aku punya perangko, rencanaknya juga mau ditunjukan ke kynan kalau sudah besar hehe

    ReplyDelete
  38. Apik banget mba, koleksi ttg bolanya sepertinya masih bagus :) Saya dulu pernah koleksi prangko, tapi entah kemana sekarang ini hiks..

    ReplyDelete
  39. Aku koleksi apa ya? Hihihi... Dulu ngefans Michael Owen tapi semenjak dia pindah ke MU jadi nggak ngefans lagi hihihihi

    ReplyDelete
  40. binatang peliharaan dan benda koleksi memang bagus untuk mendidik anak belajar merawat sesuatu.

    wah keren banget koleksi kamu masih dalam kondisi prima gitu, sampe bisa diturunin ke anak segala. hebat

    ReplyDelete
  41. Saya dulu hobby koleksi perangko sama kertas surat, Lidya...berhubung nggak punya anak laki-laki, saya juga awam banget dengan para pemain bola ini.
    Salut buat Aa, yang udah hafal dengan para jagoan lapangan hijau itu...jangan-jangan, kalo besar nanti mau jadi pemain bola ya, Nak?
    :)

    ReplyDelete
  42. Nggak nyangka ,,,
    Mbak Lidya koleksi poster pemain sepak bola ...
    nyimpennya rapih lagi ...
    hehehe

    salam saya Mbak

    ReplyDelete
  43. cerdas mama calvin, anak memang lebih mudah belajar dari visual, kalo kata-kata seperti diktat buku kadang sulit mereka hafal. giliran gambar yang kita berikan entah itu poster, photo atau kartun pasti cepat dihafal.

    ReplyDelete
  44. Itu baru cowok keren, koleksinya tentang bola
    Ga kaya si Ncip malah mainan bonek :D

    ReplyDelete
  45. Wow... mantab nih koleksinya... jadi nyambung banget diskusi sama 2 jagoannya ya ma , tentang sepakbola :-)

    ReplyDelete
  46. setrika ea. jujur nich saya jarang nyetrika sendiri. soalnya langusng tak pakai setelah dicuci dan dijemur . hhehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...