badge

Wednesday, November 27, 2013

Cara Aman Menggunakan Dropbox

Mas Dewo sedang mengadakan kontes lagi nih, kali ini temanya adalah "Keamanan dalam berinternet"  Saat ini penggunaan internet sudah mulai besar dan berkembang, bisa dibilang sebagai kebutuhan sehari-hari bagi kita semua, baik para pekerja, pelajar, dan profesi lainnya. Penggunaannya pun beragam dimulai dari urusan pekerjaan, bermain, berdagang sampai berbelanja dan lain sebagainya. Sebaiknya dalam berinternet kita juga harus memperhatikan tata tertib dalam berinternet yang biasa disebut dengan Nettiquette.

Yang ingin aku tulis disini bukan mengenai Nettiquette tapi tentang penggunaan dropbox. Dimana Dropbox ini adalah salah satu aplikasi yang ada dalam dunia internet. Sebagaimana yang diketahui banyak sekali penyedia jasa penyimpanan file di internet yang gratis dan berbayar yang bisa kita manfaatkan untuk menyimpan data serta sharing data kepada orang lain. Dropbox ini bisa dinikmati oleh berbagai pengguna sistem operasi baik itu mobile maupun desktop. 


Awal mulanya sih aku menggunakan Dropbox untuk berbagi file dokumen maupun foto dengan suamiku. Terkadang aku minta tolong untuk mengeprint dokumen atau mencetak foto cukup menaruh file pada folder Dropbox yang sudah aku share jadi mempermudah. Aku bisa melihat-lihat foto maupun video langsung pada ponsel dimanapun berada. Kuota yang ada sebesar 2GB. Ada penambahan kuota jika kita mereferensikan teman untuk menggunakan Dropbox sebesar 500MB per 1 orang.  Apalagi pada saat login pertama kali di Samsung aku menerima tambahan kuota 50GB pada Dropbox tersebut. Hitung-hitung aku punya tempat penyimpanan gratis nih dan bisa diakses dimanapun asal ada koneksi internet.

Berbagi data dan menyimpan data makin mudah tapi kita harus berhati-hati jika menggunakan dropbox pada ponsel takutnya ada yang iseng mendownload file tersebut atau mengupload file pada dropbox. Cara aman menggunakan dropbox pada ponsel biasanya aku mengaktifkan passcode, setiap mengakses dropbox harus memasukkan password. Pastinya teman-teman sudah tahu mengenai ini tapi tidak ada salahnya bukan jika aku mengingatkannya lagi agar data-data yang kita simpan aman. 


Cara setting passcode pada dropbox sebagai berikut :
  • Pada menu settings pilih Passcode lock dengan mencetang kotak kecil disana
  • Masukkan passcode yang kita inginkan
  • Masukkan ulang passcode yang sama 
  • Passcode sudah aktif, semua aktivitas penggunaan dropbox harus memasukkan passcode ini seperti upload foto, download maupun hanya sekedar melihat-lihat file yang ada.


7 comments:

  1. Kalo saya seringnya pake Picasa web buat nyimpen gambar di internet

    ReplyDelete
  2. Aku belum pakai dropbox >.< jadi malu

    ReplyDelete
  3. di kantor jg kami pake, apalago buat sharing file gede, tp saya blm pernah pake dropbox di Samsung ini Mbak, nanti mau coba jg ahh... makasih infonya yah Mbak, moga menang yah ;)

    ReplyDelete
  4. Aku belum tahu soal drop box ini,... taunya drop box spt tahunan hahaha

    ReplyDelete
  5. aku pernah download file orang lain di dropbox. tapi kalo nyimpen belum pernah. cuma biasanya secara otomatis kalo aku colokin kabel data ke leptop, leptopnya deteksi foto baru gitu, mba.

    ReplyDelete
  6. saya mah biasanya malah pakai drive sih hehehehe

    ReplyDelete
  7. walahh ternyata dropbox mesti dikasih password ya supaya aman

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...