badge

Thursday, November 14, 2013

Origami Pesawat F16

Sejak TK pastinya sudah mengenal origami yaitu seni melipat kertas dari Jepang. Biasanya anak-anak diajarkan membuat bentuk-bentuk yang sederhana dan simple. Kalau dahulu kita mengandalkan ingatan dalam membuat origami ini. Aku yang kurang ahli hanya hafal membuat pesawat, balon, perahu dan bentuk-bentuk lain yang mudah sekali.

Di rumah aku menyediakan origami kecil dan besar biasanya aku beli dari toko alat tulis grosiran jadi jatuhnya murah dibanding aku beli di toko buku maupun toko alat tulis di dekat rumah. Selain origami aku juga menyetok ATK lainnya. Kembali ke origami Aa dan Ade suka sekali membuat sesuatu, biasanya Aa yang akan membuatkan untuk Ade. Setiap aku ditanya bagaimana membuatnya aku sering sekali bilang gak bisa hehehe jangan ditiru ya. Syukur deh suamiku dalam hal senin melipat kertas ini lebih ahli dariku.


Supaya bisa membuat bentuk-bentuk yang lebih banyak variasinya biasanya aku melihat melalui aplikasi yang aku download di Google Play. Kadang-kadang juga melihat cara membuatnya dari Youtube. Seperti saat ini Aa sedang suka sekali membuat pesawat, seperti pesawat F16. Caranya cukup rumit kalau menurutku, suamiku yang selalu membantu membuatkannya.

Pesawat F16 ini dibuat dari majalah :) bukan dari kertas origami karena membutuhkan ukuran kertas yang lebih besar
Kalau ada yang minat buat bisa dicontek dari youtube ya.


51 comments:

  1. aaa, aq paling bisa lipet kertas yg simpleee

    ReplyDelete
  2. Origami pesawat? Wow... pasti ribet tuh buatnya.
    Salut utk yg telaten membuatnya :)

    ReplyDelete
  3. waah... pesawatnya bagus, Aa... buat yang banyak ya.. biar bisa mainan sama Ade :)

    ReplyDelete
  4. Waaah keren tuh Lid anak2mu sampe bisa buat pesawat origami yg cukup sulit juga buat orng dewasa.
    Oya thanks ya inspirasinya, aku jadi inget kenapa anakku gak dibeliin origami juga ya, anakku kan paling seneng tuh yg namanya buat sesuatu dari kertas. Thanks ya :)

    ReplyDelete
  5. Bagus ya mom.. Ga kepikiran lho selama ini klo origami bs jd ajang kreatifitas sehari2 di rmh, apalagi hari gini.. Belajar lwt internet cpt bgt.. Bgs ya buatan pascal, papany jg sabar jd bs bikin hasil orgami secanggih itu hehe

    ReplyDelete
  6. Halah mau nyontek,, tapi males... ntar aja deh,paling nggak sudah ada niat mau nyontek di yt...

    Bagus ya.....

    ReplyDelete
  7. Aaah... Keren lho... Athar juga mau cb ahhh..

    ReplyDelete
  8. akkk..keren ya bentuk pesawatnya...
    aku biasanya cuma bikin pesawat yang sederhana mba...hihihi pengen coba bikin pesawat kayak gitu..TFS ya mba videonya..;))

    ReplyDelete
  9. wah thank u ya ...jadi pengen ngajarin azka secara udah kehabisan ide nich mamanya..

    ReplyDelete
  10. waahh bagus ya origami kapal f16 nya :D

    ReplyDelete
  11. jangan yang susah susah atuh origami nya mbaaa...
    cukup kapal kapalan yang standard aja laaah *cemen*...hihihi..

    ReplyDelete
  12. saya coba, buat diunjuki ama ponakan...

    ReplyDelete
  13. Sudah lama sekali nggak bikin origami origamian, ntar anak anak sajalah yang buat... :D

    ReplyDelete
  14. Saya gak ahli dalam lipat melipat, sampai saya beli buku origami. Tapi walaupun ada contohnya, tetep aja ga bisa. Jadinya saya gak bisa ngajarin Farras dan Fayda :(

    ReplyDelete
  15. Sekarang semuanya bisa dipelajari di internet ya, Mbak. Banyak sumber yang bisa dimanfaatkan, seperti youtube dan blog. :D

    ReplyDelete
  16. Sudah tidak pernah lipet2 pake kertas. Seringnya lipet baju. Hahahaha
    Aa dan Ade makin kreatif. :)

    ReplyDelete
  17. Kalau beli kertas origami kan ada petunjuknya tuh. Tetap saja aku kesulitan mengikutinya haha...
    Pernah sekali saja bikin burung berhasil.

    ReplyDelete
  18. Waaah bagus... mungkin jaman sekarang sudah semakin canggih ya model-modelnya

    ReplyDelete
  19. ini dia keterampilan yg sulit bikin Origami hehe..

    ReplyDelete
  20. Wah gila, kalau ada yang bisa bikin kayak gitu. Salut!!!!

    ReplyDelete
  21. Aa dan Adek terlatih ketrampilan tangan dan kreativitas idenya. Salam

    ReplyDelete
  22. Bagus Mbaaak, aku bisanya cuma perahu doang wkwkwk. Entah kenapa ga suka melipat kertas gitu, susah >,<

    ReplyDelete
  23. Kereeeenn......
    Youtube memang guru yg oks banget ya mbak.

    ReplyDelete
  24. ada ya tutorial origami...menyenangkan dong bisa jadi lebih jelas belajarnya
    aku juga cuma bisa buat perahu aja mbak Lid..he..he...

    ReplyDelete
  25. model pesawatnya keren ya...bs tumpuk gitu, klo aku cmn bisa bikin pesawat yang biasa aja ama perahu hehe...Vica bisa buat baju ama rumah. yuk kak nglipat bareng Vica hehe...

    ReplyDelete
  26. Bagus mbak , bisa untuk kerajinan tangan yang profit

    ReplyDelete
  27. hebaaat pisan si mama.....mau cobain aaah, pasti bo et obi suka jugaaa :D...TFS..

    ReplyDelete
  28. Duh...saya kalau dalam hal lipat melipat kertas juga nggak lihai bu. Gimana nanti ya kalau anak sy sdh besar lalu minta dibuatkan origami sementara saya tdk bisa membuatnya. Sedih pastinya :(

    ReplyDelete
  29. kalau buat kapal-kapalan dari kerta seperti biasa saya bisa, namun untuk yang satu ini perlu juga deh di coba.

    Salam,

    ReplyDelete
  30. Terimakasih atas tutorialnya Mba, senang dengan mainan seperti ini, murah meriah. he,, he,, he,,,

    Salam

    ReplyDelete
  31. dulu waktu masih SD saya juga sempat diajarin origami sama ipar.. tapi bedanya bukan pesawat, tapi burung... hanya saja sekarang uda lupa... hehehe

    lama gak mampir dimari ma'.... jalan2 ke gubuk saya yang baru yah... sekalian di follow juga ma'... hehehe

    ReplyDelete
  32. aih origami saya tak sehebat itu tehT_T

    ReplyDelete
  33. gk bisa-bisa saya bikinnya mbak...
    #hadew

    ReplyDelete
  34. origami itu sangat membantu perkembangan otak anak anak menjadi lebih cepat menerima hal-hal yang positif..... , salam :-)

    ReplyDelete
  35. Waaahhh ... menyimak yu cup nya ...
    lumayan ribet juga ya ...
    tapi ... saya rasa ini bagus untuk motorik kecil anak-anak

    salam saya Mbak

    ReplyDelete
  36. Ehhh... bagus pesawatnya.. terbangnya bagus juga gak? Jadi pingin nyoba

    ReplyDelete
  37. pesawatnya baguss..kl aku cm bisa bikin bentuk kodok aja :))

    ReplyDelete
  38. kl sy pengen bisa bikin pesawat kertas yg sederhana aja tp terbangnya bagus. Tapi masalahnya sering gagal :p

    ReplyDelete
  39. Bagus banget origami pesawat ini.

    ReplyDelete
  40. pesawatnya keren, jadi kayak aslinya ya, mba

    ReplyDelete
  41. bagus peawatnya, ah aku mah cm bs melipat kertas jadi perahu hihihi

    ReplyDelete
  42. yang dahulu ngga terlalu mahir dalam merakit origami yang masih perlu belajar dan sekarang telah menampakkan hasilnya.. termasuk pesawat F16 ini

    ReplyDelete
  43. Sama mba.saya juga suka liat di youtube kalo anak2 ingin belajar origami.soalnya emaknya cuma bisa biat pesawat sama perahu aja:p

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...