badge

Sunday, March 30, 2014

Transaksi Praktis Dalam 1 Gadget


DPTalk mengadakan Talk Show yang bekerjasama dengan CIMB Niaga pada Sabtu 22 Maret 2014 lalu di Graha Niaga Jalan  Jend. Sudirman Kav. 58 Jakarta Selatan. Acara  diadakan di lantai M di mulai sekitar jam 10 pagi yang di hadiri oleh blogger yang sudah terdaftar. 

Peserta yang datang langsung mengisi daftar hadir dan registrasi rekening ponsel oleh pihak dari CIMB Niaga. Apa itu Rekening Ponsel? nanti akan saya jelaskan lebih lanjut dalam postingan dibawah ini. Kami yang hadir setelah melakukan registrasi Rekening Ponsel nantinya akan diberikan saldo pada masing-masing rekening sebesar Ro.10.000 yang akan di masukkan langsung pada rekening ponsel masing-masing.

Talk show yang berjudul Transaksi Praktis Dalam 1 Gadget ini dipandu oleh MC dari DPTalk dan menghadirkan 3 orang pembicara yaitu Mas @edgarddewo, Mas @frenavit dan Mas Dana @brandal14 .



Sebelum talk show di mulai peserta diumumkan mengenai live twitter competition, yaitu melaporkan jalannya talk show melalui twitter masing-masing perserta dengan hashtag #DPTalk dan di mention ke @dariperempuanID @CIMBIndonesia. Nantinya akan di pilih 2 orang pemenang yang akan mendapatkan hadiah uang tunai yang ditransfer langsung ke rekening ponsel pemenang.

Materi Pertama : Rekening Ponsel

Pembicara pertama dalam talk show ini adalah Mas @edgarddewo  selaku CIMB Niaga branches banking. Beliau menjelaskan mengenai Rekening Ponsel, tetapi terlebih dahulu Mas Edgard menjelaskan beberapa produk yang ada di CIMB Niaga diantaranya adalah :
  • Go Mobile (Layanan perbankan yang dapat diakses dengan mudah dari ponsel
  • Digital Lounge (Memungkinkan orang bertransaksi di beberapa Mall)
  • Rekening Ponsel (Sebuah produk EMoney pertama kali yang ada di Indonesia)
Rekening ponsel merupakan produk terbaru dari Mobile Banking CIMB Niaga (Go Mobile) yang memungkinkan kita bertransaksi tanpa harus memiliki rekening tabungan lebih dahulu di bank. Alasan CIB Niaga meluncurkan rekening ponsel ini adalah hampir seluruh masyarakat di Indonesia sudah mempunya ponsel dan jumlah nomor ponsel yang ada di Indonesia sudah melebihi jumlah penduduk Indonesia. Untuk itulah rekening ponsel bisa sangat membantu sekali. CIMB Niaga juga mengacu pada keinginan Bank Indonesia yang ingin seluruh masyarakat Indonesia bisa bertransaksi melalui ponsel. Semua operator telpon yang ada saat ini di Indonesia sudah bisa digunakan untuk rekening ponsel.

Apa saja yang bisa kita lakukan dengan rekening ponsel ?
  • Bisa melakukan transfer kesemua nomor ponsel manapun yang ada di seluruh Indonesia tanpa harus memiliki rekening tabungan di Bank.
  • Dengan rekening ponsel dapat menarik dana tunai di mesin ATM CIMB Niaga manapun tanpa menggunakan kartu ATM. 
  • Dengan rekening ponsel uang yang ada bisa dijadikan uang fisik dengan menarik uang tersebut di mesin ATM.
  • Rekening ponsel dapat digunakan untuk alat pembayaran pada saat berbelanja di merchant-merchant yang sudah bekerja sama.
  • Membayar tagihan seperti telepon, listrik, kartu kredit dll.
  • Dengan rekening ponsel kita juga bisa beramal ke badan amal tanpa harus menghafalkan nomor rekening bank badan amal tersebut karena cukup dengan nomor ponsel saja.
  • Memudahkan transaksi antar keluarga maupun teman.
  • Menghemat uang karena dengan bertransaksi menggunakan rekening ponsel free biaya transaksi
  • Menggunakan rekening ponsel untuk berbelanja akan mendapatkan cash back sebesar 30% di Century.
  • Tidak perlu membawa dompet kita bisa berbelanja di merchant tertentu dengan rekening ponsel.
  • Setiap Jum'at, Sabtu dan Minggu ada promo buy 1 get 1 tiket di Blitz megaplex dan  XXI tertentu.
  • Merchant-merchant yang bekerja sama dengan rekening ponsel diantaranya adalah XXI, Blitz, Seven Eleven, Century, Snow Bay.
  • Untuk pembelian tiket di Snow Bay dengan menggunakan rekening ponsel akan mendapatkan disc sebesar 40%.
Saat itu juga Mas Edgard memperlihatkan  pemutaran premier TVC  perdana pada peserta talk show, dimana isi video itu adalah tentang petuaangan 5 orang pemuda yang berexplorasi dari Merak menuju ke Bali tanpa dompet. Iya tanpa dompet tapi mereka bisa bertualang itu semua berkat rekening ponsel.

Penggunaan rekening ponsel saat ini sudah banyak digunakan tidak hanya di Jakarta saja tapi di kota-kota lainnya. Cara registrasi rekening ponsel ini  juga cukup mudah loh. Cukup datang saja ke Bank Niaga terdekat dengan membawa kartu identitas diri dan membawa ponsel beserta nomornya yang masih aktif

Limit transaksi rekening ponsel bulanan sebesar Rp. 20 juta ini tidak termasuk penerimaan dana. Sedangkan limt saldo sebesar 5 juta, khusus untuk penerima dana yang belum terdaftar limit saldo hanya sebesar 1 juta.

Untuk penggunaan rekening ponsel pada blitz atau XXI untuk mendapatkan promo buy 1 get 1 sebaiknya kita menggunakan kupon yang sebelumnya bisa mendaftarkan kuponnya terlebih dahulu melalui sms dengan jumlah nominal yang kita ingin kan. Penggunaan kupon ini sangat berguna pada saat signal bermasalah sehingga kita masih bisa menggunakan rekening ponsel untuk bertransaksi.

Cara membuat kupon :
kirim sms dengan isi : Kupon spasi nominal kirim ke 1418
kita juga diminta memasukkan pin randaom sesuai ketentuan. Setelah kita menerima kupon nantinya kupon tersebut bisa dipergunakan untuk bertransaksi pada kasir.

Materi Kedua : Keamanan Bertransaksi

Materi kedua dalam talk show ini dibawakan oleh Mas Frenavit. Menurut survey pengguna internet yang ada di Indonesia adalah 1/3 dari jumlah penduduk Indonesia, hanya 4.6 juta orang saja yang melakukan transaksi di Internet. Hal ini disebabkan oleh masih banyaknya masyarakat Indonesia berbelanja dengan cara konvensional dimana mereka bisa memegang, melihat barangnya terlebih dahulu sebelum membeli suatu barang. Pada saat bertransaksi di internet masih menurut survey yang paling banyak di cari adalah produk fashion yang dilakukan oleh wanita sebanyak 77%.

menurut idEA e-commerce yang paling sering dibuka adalah toko bagus, kaskus, berniaga.com, toko pedia, rumah123, belanja, dan indonetwork. Saat ini sudah banyak market place yang ada di Indonesia, dan di tahun 2014 ini bisnis di internet akan semakin naik. Menurut price area market place yang terbesar di Indonesia adalah kaskus walaupun saat ini bermunculan merchant online yang dibuat oleh suatu perusahaan. Hal ini dikarenakan masih banyak orang yang suka membayar secara manual.

Bertransakasi secara online di internet ternyata ada bahayanya juga, untuk itu kita harus selalu waspada. Yang harus diwaspadai diantaranya adalah :
  • Carding, dengan menggunakan kartu kredit atau ATM data kita bisa diambil untuk keperluan orang lain, mereka bisa menggunakan data kita yang seharusnya bersifat rahasia.
  • Fishing, yaitu memancing seseorang untuk memberikan data rahasianya. Contohnya adalah melalui email palsu yang meminta kita mengisi data-data pribadi, bisa juga melalui telpon  mereka mengaku dari sebuah instansi atau dari bank sehingga kita memberikan data yang seharusnya tidak diberikan.
  • Memanfaatkan kelemahan orang lain pada saat membuka web bank dengan tampilan yang sama persis tapi sebetulnya itu merupakan web tipuan jika kita tidak waspada dapat memasukan user name beserta password pada web tersebut yang nantinya akan di digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Tips minim resiko bertransaksi online :
  • Lindungi komputer anda, dengan membuat password pada komputer kita. Selalu mengetik sendiri suatu alamat situs.
  • Gunakan komputer pribadi ketika akan melakukan transaksi di internet. Jangan menggunakan komputer pinjaman karena sangat berbahaya data kita bisa terbaca pada cookies yang ada.
  • Selalu utamakan akal sehat dalam bertransaksi online. Jika kita menemukan harga suatu barang jauh diatas harga aslinya perlu diwaspadai.
  • Gunakan Google image search untuk memastikan foto yg dipasang pada web tersebut bukan foto curian.
  • Pastikan ada HTTPS  saat bertransaksi online, karena history akan di √©nkripsi untuk keamanan. Jika sudah verified certified sudah bisa dibilang aman.
  • Hindari bertransaksi pada jaringan publik seperti Wifi di mall karena ada aplikasi yang bisa membaca apa saja yang sedang kita buka.
Materi Ketiga 

Selanjutnya pembicara ketiga adalah Pak Dana yang menjelaskan sedikit tentang CIMB Niaga. Menurut pak Dana CIMB mempunya page di Facebook untuk membuka komunikasi dengan para nasabahnya. Bila ada keluhan atau pertanyaan melalui facebook CIMB akan langsung di respon dalam waktu 15 menit sehingga saat itu pula permasalahan akan segera selesai dan teratasi. Tetapi jika permasalahan terlalu kompleks akan di eskalasi  dan diselesaikan masalahnya dengan pihak terkait. Semua respon dilayani pada hari kerja dan jam kerja yaitu senin - jum'at pukul 08.90 sampai dengan 17.30.

Program yang CSR yang pernah diadakan oleh CIMB niaga adalah program kartu berlagu pada saat idul fitri, natal dan hari kemerdekaan pada tahun 2012. Melalui kartu berlagu mencoba memindahkan dari media cetak ke media sosial dimana bisa memilih 4 video yang bisa di share ke orang lain. Hasilnya akan disumbangkan.

Tanya Jawab dan Sharing 

Menurut Mbak Reni yang sudah menggunakan rekening ponsel, beliau tidak perlu lagi rebutan menggunakan ATM bersama suaminya karena selama ini mereka sharing dalam penggunaan ATM. Saat ini suaminya tinggal mentransfer saja ke rekening ponsel Mbak Reni untuk kebutuhan keluarganya.

Pertanyaan dari Mas Goig adalah Ponsel merupakan sudah menjadi kebutuhan hidup bagi kebanyakan orang, bagaimana cara memblokir rekening ponsel jika ponselnya hilang?

Jawabannya adalah : apapun yang terjadi dengan ponselnya maka uangnya akan tetap aman di Bank karena selama nomornya bisa diblokir terlebih dahulu ke provider dan bisa kita pergunakan lagi uang tidak akan hilang. Semua transaksi di rekening ponsel menggunakan kode pin yang ditanaykana secara random ataupun acak dari 6 digit yang kita punya.

Pertanyaan lainnya adalah apakah rekening ponsel ini bisa dijual pada pihak lain?

emoney ini bisa dijual pada pihak ketiga tetapi harus ada izin. Jika ada rasa kekhawatiran bisa di cek lansgung apakah pihak teresbut sudah bekerja sama dengan rekening ponsel. Salah satu yang sudah bekerja sama dengan rekening ponsel adalah Alfamart, dan kedepannya Indomaret. Nantinya kita bisa tarik tunai melalui rekening ponsel di alfamart, saat ini sudah live dan sedang tahap sosialisasi. Kita bisa melihat tanda tulisan di kasir bekerja sama dengan rekening ponsel.

Pemenang live twitter competition

Di akhir acara diumumkan 3 orang pemenang live twit, Allhamdulilah saya dinyatakan sebagai pemenang pertama dan mendapatkan cash sebesar 200.000 rupiah yang di transfer langsung ke rekening ponsel. Saat itu pula saya langsung mendapatkan notifikasi melalui sms ke ponsel saya yang berbunyi :
Rekening Ponsel
22Mar14 12:29
Ref: 900738316
Anda Menerima IDR 200,000.00 dari Rekening Ponsel 2. Info 14041

Sedangkan untuk pemenang kedua mendapatkan cash sebesar Rp. 150.000 dan pemenang ketiga mendapatkan cash Rp.100.000.

Setelah itu diadakan undian doorprize yang mendapatkan berupa barang yang disediakan oleh DP dan CIMB Niaga dan uang tunai Rp.250.000 yang juga di transfer ke rekening ponsel. Setelah acara talk show selesai kami bersantap siang dan diberikan goodie bag dari CIMB Niaga.

Pengambilan hadiah di rekening ponsel

Pada hari minggunya saya langsung mencoba menggunakan rekening ponsel ini untuk menarik uang tunai pada mesin ATM CIMB Niaga. Ternyata cukup mudah dan tanpa menggunakan kartu ATM saya bisa mengambil uang loh, asalkan kita membawa ponsel yang nomornya sudah didaftarkan sebelumnya di rekening ponsel.

Langkah-langkah mengambil uang di mesin ATM menggunakan rekening ponsel:

Pada mesin ATM bagian kanan bawah tekan pada tulisan REKENING PONSEL

Tekan pilihan bahasa yang diinginkan

Masukkan nomor ponsel kita yang terdaftar pada rekening ponsel.
Masukkan 6 digit pin mBanking

Masukkan 4 digit passcode yang dikirim ke ponsel kita
Pilih menu tarik tunai.
Lalu pilih nominal yang kita inginkan.
Transaksi berhasil dan ada notifikasi juga melalui sms untuk transaksi yang seuah terjadi.

25 comments:

  1. alhamdulillah ya...dapat rezeki 200.000, tehnologi perbankan memang sekarang makin canggih demi memudahkan para pelanggan....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  2. Saya belum terbiasa melakukan transaksi melalu alat ATM. Biasanya kalau ngambil uang di Western Union.

    ReplyDelete
  3. waaaa asik banget dapet 200 rb.. lumayan tuh ya lid :D

    ReplyDelete
  4. Kemarin aku datang terlambat jadi nggak berapa paham materinya, untung mampir ke sini jadi tambah deh ilmunya :)
    Sekarang eranya uang digital ya, Lidya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting habis berapa piring Mba Juli ? he,, he,, he,,,

      Delete
  5. Aku kemarin dapet berapa ya ? he,, he,, he,,,

    Salam

    ReplyDelete
  6. masih di bank terntu ya Mak..
    huwooo sekarang Mak Lidya banyak tentang reportase nih, kece! \o/

    ReplyDelete
  7. Saya belum pernah ikut even2 spt itu jd belum begitu paham :)

    ReplyDelete
  8. wah enak nih :D
    ga takut lagi kehilangan kartu ATM #curhat

    ReplyDelete
  9. ini lagi rame dibicarakan di kantorku Mba..

    ReplyDelete
  10. Era digital, semua jd lbh mudah ya mb lidya...

    ReplyDelete
  11. tumben panjang ...
    :)

    Salam saya Mbak Lidya


    (31/3 : 10)

    ReplyDelete
  12. Semakin canggih saja teknologi perbankan sekarang ya Mbak..
    Jadi kepikiran mau buka rekening juga di bank tersebut, hehe.. :)

    ReplyDelete
  13. Huwaaahhh..senangnya dapet 200 ribu Teh

    ReplyDelete
  14. Hihihi. . .
    Pertanyaan saya kemarin udah terjawab semuanya di sini. Lengkap.

    ReplyDelete
  15. asyik nih yang dapat hadiah,
    transaksi semakin dimudahkan, 1 gadget banyak yang bisa dilakukan.

    ReplyDelete
  16. Wah urusan duit ini makin hari makin mudah aja

    ReplyDelete
  17. kayaknya sekarang semuanya serba instan ya mbak. emang era digital memudahkan kita untuk melakukan apa saja, termasuk manfaat ponsel yang ganda

    ReplyDelete
  18. Wah info baru nich
    Layak dipelajari dan dicoba
    Terima kasih infonya yang bermanfaat Jeng
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  19. Makin cangih aja ya dunia Perbankan.
    Btw, scara yg seru, Mbak. Sayang di Jakarta. hehehehe....

    ReplyDelete
  20. Emang lebih praktis ya, Mbak...
    Tapi saya belum nyoba sih, meski sudha di sounding berkali-kali, he he he

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...