badge

Tuesday, June 24, 2014

Mengenal Lebih Dekat Dengan Traveloka

Mengenal Lebih Dekat Dengan Traveloka. Beberapa waktu lalu saat sedang mengobrol dengan teman-teman di dunia maya, aku baru tahu ternyata kalau mau booking tiket online dengan harga murah bisa melalui traveloka.com. Awalnya sih aku gak terlalu memperhatikan apa sih Traveloka, karena penasaran dengan testimoni teman-teman yang selalu booking melalui situs tersebut jadilah aku juga ikut kepo mengintip ke webnya.

Hasilnya ternyata Traveloka ini merupakan situs pencarian dan pemesanan tiket pesawat terbesar di Indonesia yang menampilkan pencarian dari berbagai maskapai, seperti AirAsia, Lion Air, Sriwijaya Air, Citilink, Batik Air, Garuda Indonesia, dll. Dan kalau dilihat dari fungsinya, Traveloka memungkinkan kita untuk membandingkan harga tiket pesawat dari seluruh maskapai yang ada di sana. Hemmm…menarik konsepnya, makanya aku coba cari info lebih jauh tentang mereka ini dan bisa dibilang melakukan riset kecil-kecilan hehe. Pencarian infonya ini aku titikberatkan ke beberapa hal, antara lain, Apa yang ditawarkan? Apa kelebihannya? Dan bagaimana respon konsumennya? Nah, untuk rangkuman lengkap dari riset kecil-kecilan ini bisa disimak di bawah ini ya.

Sebenarnya pencarian info ini pas banget waktunya karena kebetulan anak-anak nagih liburan saat libur sekolah. Tapi berhubung liburan sekolah kali ini akan bentrok dengan bulan Ramadhan, maka aku akan coba cari tiket setelah Ramadhan saja deh, atau pas aku ultah nanti bulan september :)

Setelah cari info ke berbagai tempat, akhirnya aku bisa mendapatkan bahan untuk bisa menjawab beberapa pertanyaan di atas, yaitu:

1. Apa yang ditawarkan?
Untuk jawaban pertanyaan ini menurutku serupa tapi tidak sama. Maksudnya apa ya? Ya jadi setelah dilihat-lihat, sebenarnya layanan yang ditawarkan ini umumnya mirip dengan beberapa layanan lainnya yang telah dikenal lebih dulu di Indonesia. Sebut saja Tiket.com, Tiket2 dan Utiket yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Traveloka ini nampaknya belum terlalu lama, karena aku juga baru tau nih sekarang hihi, ya walaupun memang cukup sering melihat iklannya di berbagai media.

Namun dari kemiripan tersebut, ternyata sebenarnya tidak sama. Ya namanya juga usaha, pastinya harus memiliki perbedaan/keunikan yang jadi nilai tambah bagi produknya. Mau tau perbedaannya? Untuk perbedaan ini akan aku terangkan di pertanyaan berikutnya ya, karena hal ini berkaitan dengan kelebihan yang mereka miliki. 

2. Apa kelebihannya?
Dari yang aku liat, Traveloka ini memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok dengan layanan lainnya, yaitu:
·        Sistem
Dari beberapa layanan yang aku cek, sistem pencarian di Traveloka ini sepertinya yang paling cepat untuk menampilkan hasil. Terus aku suka banget sama tata cara pemesanannya yang sederhana sekali. Bener-bener simple klo menurut aku. Desain webnya juga aku suka, colorful banget dan cari infonya gampang.

·    Harga. Untuk yang satu ini cukup bikin aku bingung. Jadi inget waktu beberapa teman ngomongin tentang Traveloka ini kalau katanya harga tiket di sana paling murah, bahkan dari website airlinesnya. Heemmm…kok bisa ya? Aku jadi penasaran dan pas coba ternyata benar juga, bedanya memang ga jauh sih kalau sama website airlinesnya, kurang dari Rp. 5000 tapi kalau sama layanan sejenis lainnya lumayan jauh bedanya. Terus waktu aku tes booking, Traveloka ini sepertinya tidak memberlakukan biaya transaksi sama sekali, aneh sih karena yang lainnya ga begitu. Tapi ini yang akhirnya bisa membuat mereka tampil beda dan mendapat tempat di konsumennya. Kalau tau gini kan aku jadi bisa menghemat biaya tiap kali mau liburan hihi.

·        Layanan
Faktor yang ketiga ini yang menurut aku sangat penting, yaitu layanannya. Ya dari yang aku lihat Traveloka ini memiliki layanan purna jual yang baik. Di mana mereka memiliki tim yang sangat responsif dalam menjawab berbagai pertanyaan dan keluhan konsumennya. Hal ini sepertinya membuat konsumen jadi lebih nyaman dan lebih percaya kepada layanan mereka. Aku lihat Twitter dan Facebook mereka sangat aktif dalam merespon berbagai pertanyaan dari konsumennya. Yang kedua, mereka suka mengadakan promo rutin, walaupun memang seringnya promo untuk pengguna kartu kredit sih hihi.

3. Pengalaman konsumennya?

Dari semua faktor di atas akhirnya konsumenlah yang akan menilainya. Dan dari pengalaman konsumennya, Traveloka ini sepertinya memberikan pelayanan yang memuaskan. Mayoritas konsumen mereka merasa puas dengan Traveloka, hal ini dapat terlihat dari beberapa media sosial, seperti Twitter, Facebook, forum, dan ada juga dari website review seperti trustedcompany.com yang aku temukan waktu browsing Traveloka di Google hihi.

Dari sini aku jadi semakin penasaran dan ingin mencobanya secara langsung, tapi sayangnya kemarin sudah booking tiket untuk mudik lebaran nanti, jadi ditahan dulu deh rencana liburannya. Tapi yang penting sekarang aku sudah tahu kalau bisa dapat tiket murah untuk berbagai keperluan. Itu aja sih ulasan aku kali ini, semoga bisa bermanfaat buat teman-teman. Oh ya kalau teman-teman ada info lebih lanjut tentang Traveloka ini, maka bisa dibagi pengalamannya di kolom komentar, agar kita bisa tahu lebih detail dari penelitan kecil yang aku buat ini.

29 comments:

  1. Lidya, beberapa kali saya terima sms dari traveloka ini...saya belum pernah punya pengalaman khusus, karena yang pesan tiket biasanya Risa atau mas Budi :)
    Thanks tambahan infonya ya!

    ReplyDelete
  2. eh ada layanan purnajualnya juga ya....menarik juga nich..perlu dicoba beli tiket melalui traveloka.....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  3. Infonya keren banget deh mba, sangat bermanfaat bagi yang belum paham sama sekali seperti diriku .Tengkyu :)

    ReplyDelete
  4. langsung cari tiket murah di traveloka :)

    ReplyDelete
  5. Waaah traveloka berarti mengedepankan customer satisfaction..
    Ini penting banget, krn persaingan semakin ketat.. great..
    Mgkn klo liburan lg aku cek2 sini jg kali yah, thanks infonya mbak Lidya

    ReplyDelete
  6. Wah, asik nih Mak, bisa pesan tiket pesawat dengan mudah ya ;-)

    ReplyDelete
  7. Belum pernah nyoba, tahu info ini juga dr mbak Lidya. Asyik kalau bisa membandingkan harga tiket pesawat dr berbagai maskapai.

    ReplyDelete
  8. bepergian semakin mudah ya mbak. booking tiket online makin banyak ragamnya.

    ReplyDelete
  9. Waahh ...ternyata Traveloka ini perlu nih terutama bagi para pemudik yg ingin pulkam lebaran nanti :P

    ReplyDelete
  10. Saya pernah mencoba traveloka dan memang sangat praktis bantu kita cari tiket pesawat

    ReplyDelete
  11. satu lagi kemudahan untuk mencari tiket ya Mak

    ReplyDelete
  12. Baru tahu tentang Traveloka mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga baru tahu tentang traveloka :)

      Delete
  13. okeh,catettt....mumpung belum booking tiket bt mudik nih mbk :)

    ReplyDelete
  14. ak klo keluar kota biasanya di pesenin tiket sama pihak kantor jadi ga pernah tau repotnya pesen tiket online, tapi kayaknya traveloka bikin semua jadi simple ya

    ReplyDelete
  15. sangat berguna nih bagi yang hobi travelling

    ReplyDelete
  16. Baru dua kali naik pesawat, itu pun tiketnya diurusin semuanya. Kalaupun ngurus sendiri, kayaknya belum berani pakai yg online, Mak. He-he

    ReplyDelete
  17. samaaa... iklannya bertaburan dimana2..
    tp berhub saya punya usaha tiket sendiri jadi tetep pesen ke akun pribadi juga :)

    ReplyDelete
  18. Traveloka lagi gencar-gencarnya promo skr, iklan di tv, review di blog, iklan di situs online...ini emang perusahaan besar. kita doakan saja tidak seperti tigerair ya.

    ReplyDelete
  19. Saya pengguna setia Traveloka..
    Tanpa bermaksud untuk beriklan, tapi menurut saya Traveloka adalah travel agent online yang patut diperhitungkan.. :)

    ReplyDelete
  20. Aku br tau mba, kynya mau cari2 tiket buat liburan akhir taon ini di Traveloka deh.. thx infonya yah mba :)

    ReplyDelete
  21. smoga ada kesempatan liburan biar bs nyoba pesen tiket di traveloka :D

    ReplyDelete
  22. aku suka buka2 web nya traveloka buat hunting, tp cuma hunting aja sih..ngga dibeli beneran XD paling ngga tau ancer2 harga tiket aja

    ReplyDelete
  23. aku blm pernah pesen lewat traveloka.. biasanya langsung menghubungi teman yg kebetulan juga jd agen :D

    ReplyDelete
  24. traveloka emang lagi maknyus semenjak rutin iklan di TV ya buk,,_

    ReplyDelete
  25. Alhamdulillah Lebaran ini mudiknya nggak jauh. Secara direct flight Pku-Jog udah gak ada lagi krn Mandala bangkrut

    ReplyDelete
  26. Wah... belum pernah aku pakai Traveloka... biasanya langsung dari maskapainya ajah :D

    ReplyDelete
  27. Cieee yang mau liburan nih yaaa. . .
    Belum mendapat pengalaman bersama Traveloka e, Mba.

    Tdi bru baca di blognya Om Chandra, katanya dia hampir aja ditipu org yg mengatasnamakan Traveloka.

    ReplyDelete
  28. infonya lengkap banget mbak Lid :) mantap nih,,,

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...