badge

Wednesday, July 2, 2014

From Womb To World - Pentingnya Menjaga Kulit Bayi Baru Lahir

Sabtu 21 Juni 2014 lalu saya menghadiri acara peluncuran video "From Womb To World" yang diadakan oleh Mommies Daily di Pad28. Acara yang di bawakan oleh MC Mbak Sasha. Acara di buka oleh Mbak Lita dari Mommies Daily dilanjutkan sharing dari dokter Rini Sekartini dari Ikatan Dokter Anak Indonesia tentang perawatan kulit bayi.

Menurut dokter Rini kulit merupakan organ terbesar yang terdapat di permukaan menutupi hampir seluruh permukaan tubuh. Dijelaskan juga bahwa struktur kulit ada tiga yaitu epidermis,  dermis dan hypodermic. Fungsi kulit diantaranya adalah :
  • Sebagai proteksi
  • Penyerapan
  • Pengindraan
  • Pengaturan suhu tubuh
  • Pembentukan pigmen
  • fungsi ekpresi emosi
  • Melindungi tubuh dll.



Kulit bayi baru lahir sangat lembut dan rentan sehingga harus di jaga semaksimal mungkin dari situ lah kenapa Pampers mengeluarkan produk yang memberikan keamanan bagi kulit bayi yang baru lahir. Jika aman untuk bayi baru lahir tentu saja aman juga untuk anak-anak di atasnya.

Jadi ingat saat saya hamil anak pertama 9 tahun lalu. Semua di jaga dan dipersiapkan sedari dini bahkan sebelum kehamilan di mulai. Mulai dari makanan, kesehatan dan hal apa saja yang harus di ketahui saya saat kehamilan nantinya. Momen kehamilan ini tidak terlupakan dan menjadi kenangan tersendiri bagi ibu hamil tentunya. Bahkan pemilihan dokter serta rumah sakit untuk pemeriksaan kehamilanpun saya rundingkan berdua dengan suami. karena kami ingin yang terbaik untuk bayi kami.

Selama kehamilan yang paling dinantikan adalah belanja pakaian dan barang-barang yang diperlukan oleh bayi saat lahir nanti. Excited sekali deh pokoknya momen ini. Saya sampai bertanya pada teman-teman yang sudah punya anak lebih dahulu. Merk pakaian apa yang harus saya beli, berapa banyak dan lain sebagainya. Saya memilih pakaian bayi yang lembut untuk kenyaman kulitnya nanti setelah lahir. Tidak hanya pakaian yang saya perhatikan, pemilihan detergen serta pelembut pun saya perhatikan. Maklumlah anak pertama jadi selalu ingin yang terbaik.

Saat kelahiran anak saya pertama hal yang sangat menggembirakan plus menakutkan. Bagaimana tidak, karena bayi saya harus masuk ke ruang perina untuk perawatan lebih lanjut akibat nafas yang sesak karena terlilit tali pusat. Berdoa tiap saat tentu saja kami lakukan, bahkan sakit akibat operasi cesar pun tidak saya rasakan karena ingin cepat bertemu dengan bayi kami. Saya bertemu di hari kedua dengan bayi kami setelah infus dan kateter saya dilepas. Saya langsung belajar duduk dan berjalan, satu tekad saya untuk segera menemui buah hati kami.

Pertemuan pertama tentu saja di ruang operasi, saya hanya bisa menciumnya. Pertemuan kedua campur aduk rasanya melihat bayi kami di pasangi berbagai alat bantu pernafasan dan selang di mana-mana. Saya di izinkan masuk untuk melihat dan memegangnya melalui lubang di dalam inkubator. Bahagia rasanya bisa merasakan kulitnya yang lembut, saya berusaha tidak menangis di sana tapi tidak ada kalimat apapun juga yang keluar dari mulut saya ini. Hanya sentuhan yang saya terus berikan.

Allhamdulillah di hari keempat mulai membaik dan saya bisa menyusui secara langsung walaupun selang infus masih digunakan. Mulai bisa mencium pipinya yang halus. Di hari ke sembilan bayi kami dinyatakan sudah sembuh total dan bisa di bawa pulang, senang rasanya. Semua ini berkat keajaiban doa dan pertolongan dokter tentu saja.

Setelah pulang dirumah, saya mulai belajar cara mengurus bayi baru lahir. Di mulai dari memandikan, memakaikan pakaian serta popok padanya. Saat pertama kali pup saya sempat panik, wah bagaimana ini caranya membersihkan kotorannya. Maklumlah masih belum ahli memegang bayi yang kecil dan lembut seperti itu. Setelahnya sih sudah bisa mengurus sendiri.

Untuk kenyamanan bayi kami, saya pun menggunakan diapers. Kebanyakan orang menyebut diapers sekali pakai dengan Pampers, sudah generalisai mungkin ya, apapun merknya kami selalu menyebutnya Pampers. Kebetulan sekali saya juga sudah menyiapkan Pampers untuk di gunakan bayi kami saat malam hari. Karena saya berfikir seorang bayi butuh kenyamanan dan perlu tidur yang cukup. Pampers yang terbuat dari lapisan yang lembut seperti kapas dan memiliki rongga udara untuk sirkulasi udara sehingga bayi tidak merasakan panas. Pampers juga bisa menjaga kulit bayi hingga 12 jam, tentu saja tergantung banyaknya pipis si bayi ya. Membuat kualitas tidur bayi terjaga.

Pemilihan diaper yang cocok untuk bayi juga merupakan hal yang paling utama kami pikirkan. Sebisa mungkin saya pilih yang tipis supaya gerak bayi nyaman dan tidak bocor. Apalagi Pampers mengandung lidah buaya yang bisa menjaga kelembutan kulit bayi.

Hal yang paling menakutkan terjadi pada bayi adalah ruam popok. Saya pun mencari informasi tentang ini agar bayi saya tidak mengalaminya. ada poin-poin yang saya dapatkan diantaranya :
  • Harus memperhatikan daerah kulit yang terkena popok. 
  • keringkan kulit setelah pipis dan  tidak menggunakan pakaian yang terlalu tebal. 
  • Selalu mencuci pakaian baru sebelum di gunakan bayi
  • Pemeliharaan kulit bayi harus diperhatikan, mandi teratur, membersihkan rambut serta ganti popok dan pakaian di saat yang tepat.
  • Jika menggunakan popok tradisional sebaiknya memilih bahan yag memiliki daya serap yang baik.
  • Jika ada ruam popok, istirahatkan dahulu dari pemakaian popok agar bisa di angin-anginkan.
  • Berikan krim pelembab khusus untuk bayi dengan mengoleskan secara tipis pada daerah yang terkena ruam.
  • Hindari pakaian yang ketat agar terhindar dari ruam popok.
  • Setiap kelainan kulit tidak sama penggunaan krim atau salepnya, sebaiknya segera ke dokter jika ruam tidak hilang dalam waktu 2-3 hari agar di mendapatkan pengobatan yang tepat.
Jujur saja anak pertama saya sejak bayi selalu menggunakan popok sekali pakai. Di mulai dari diaper hingga pants. Tapi saya juga mengajarkan toilet training padanya. Toilet training harus di ajarkan sedini mungkin, beritahukan pada si anak jika ingin pipis harus bilang. Memang tidak mudah, tapi kalau kita konsisten si anakpun bisa terbiasa loh. Peran orang tua sangat penting dalam mengajarkan toilet training.


Allhamdulillah bayi kami sekarang sudah berumur 8 tahun. Pampers mempunyai arti penting baginya untuk menjaga kelembutan kulitnya, menjaga kualitas tidurnya dan pembelajaran toilet training.



72 comments:

  1. Aak lucu banget mbaaa... duh, kebayang ya degdegannya ngeliat selang2 itu. Aku aja aira disinar karena kuning udah mewek2 ihik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mi sedih rasanya ya, waktu alvin juga di sinar harus balik kerumah sakit selama 3 hari

      Delete
  2. Pascal dan Alvin waktu bayi miriiipppp ya mbak. Eh, sampe skrg ding mereka mirip :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bayinya mirip, setelah gak bayi agak beda tapi skr jadi mirip lagi :)

      Delete
  3. Seru yaaa mengenang masa2 melahirkan.. Deg2an campur excited. Hihi..

    ReplyDelete
  4. Aku jd pengen punya bayi deh :D
    gemes klo liat bayi baru lahir, dipopokin, dibedakin.

    Itu Pascal n Alvin, imut bgt ^^

    ReplyDelete
  5. Dan tulisanmu membuatku mbrebes miliii, hiks... Memang kenyamanan bayi ketika tidur malam sangat diperlukan ya Mak, jadi bingung nich, besok kalau malam pake diapers apa gak ya? kalau mau pakai diapers, aku pilih pampers ach untuk anak ke duaku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung orang tua masing2 sih mak, selain bayi butuh tidur malam ibunya juga kan butuh istirahat ya

      Delete
  6. Aaahh kangen masa2 punya bayi nih jadinya, tapi emang pampers oke kok. aku dulu jg pakai untuk Daffa dan Abyan :)

    ReplyDelete
  7. Insha Allah akan gunakan pampers juga nanti, Mak...
    Biar bantu hemat penggunaan air juga buat nyuci...

    Peluk cium buat CalVin

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak sabar ya pingin segera lihat babynya mak rahmah

      Delete
  8. Wah, pengalamannya cukup mendebarkan ya maak, gk kebayang rasanya liat anak pake alat bantu pernafasan dan selang2 gitu, huhu

    ReplyDelete
  9. saya baru tahu..kalo anak-nya sempat masuk inkubator saat baru lahir, pampers sudah menjadi kebutuhan ibu-ibu saman sekarang..kalo zaman saya lahir saya nggak pake pampers... :-)
    keep happy blogging always,,,salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak sempat masuk waktu bayi, Allhamdulilah sekarang sehat2 aja

      Delete
  10. kita juga cocoknya ama merk pampers dan huggies. tinggal diliat mana yang lagi promo aja itu yang dibeli. haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan cuma emak2 yang suka promo ya ternyata :)

      Delete
  11. kalo sudah ruam kulit pada bayi itu kasian banget ya mak...

    ReplyDelete
  12. mbaaa..
    dulu Kayla dan Fathir pun pada pake pampers lhoooo...
    duh udah lama banget aku gak beli pampers sekarang ini mbaaa...hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya aku juga terkahir beli umur alvin 2 tahun

      Delete
  13. Kenal Pampers gegara dibawain bingkisan oleh teman ibu. Ehh ternyata Kynan cocok alhamdulillah.

    ReplyDelete
  14. AKu lagi ngadain giveaway nih. Ikutan yuk, =D

    http://immanuels-notes.blogspot.com/2014/07/second-give-away-berhadiah-novel-gratis.html

    ReplyDelete
  15. Benar banget ya bu, sangat penting memilih pamper yang baik agar bayi tidak ruam kulit. Menurut saya pamper yang baik pasti akan memperhatikan kualitas demi kesehatan bayi yang sehat tentunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pampers memang selalu mengutakan kualitas apalagi untuk bayi

      Delete
  16. iya kasian kalo baby ruam2 gitu karena salah pilih popok sekali pakai ya..itu bayinya CalVin mirip deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain pemilihan popok yang tepat, juga harus merawat kulit bayi juga ya

      Delete
  17. kalo lihat bayi jadi inget Aisyah waktu baru keluar, lucu warnanya merah

    ReplyDelete
  18. Saat anak anak kami masih berusia 1 bulan (Bayi banged kan) semuanya yang disebutkan dalam artikel ini sudah dijalankan. Alhamdulillah. Pakai Diapers juga. Enaknya dengan diapers berbentuk Pants (celana) jauh lebih praktis daripada sistim tempel

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau sudah mulai agak besar lebih enak pants

      Delete
  19. ikutan acara ini juga mbak? Kalo saya pas masih baru lahir, anak-anak pake popok kain yang luarnya saya kasih popok plastik. tapi begitu dia sudah mulai merangkak, baru deh dipakaikan yang sekali pakai, menghindari najis aja si alasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak najis dimana-mana harus dibersihkan ya

      Delete
  20. saya mengambil pelajaran dari kisah ini, kalau nanti sudah punya baby

    ReplyDelete
  21. Zaman trio jagoan kami masih jarang yang sekali buang Jeng, kami menggunakan popok kain. Lembutnya kulit bayi meneduhkan rasa ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya gitu bun pakai popok kain tapi agak cape hehehe maklum gak ada yang bantu

      Delete
  22. kebayang sedihnya kalau anak baru lahir udah harus masuk Perina, ya, Lid.

    Btw, Pampers juga merk favorit saya, tuh :)

    Lid, ikutan Ga saya juga, ya *numpang promo :p
    http://www.kekenaima.com/2014/06/4th-giveaway-honestly-tunjukkan-lumia-mu.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. favorit para emak ya. Isnya Allah aku ikutan GAnya

      Delete
  23. Sama Mbak, saya juga langsung menangani sendiri bayi saya :)

    ReplyDelete
  24. anak dan ponakanku semua juga pake merk pampers lho.. :)

    ReplyDelete
  25. Terkadang hal yang sepele seperti ini jarang di perhatikan ya Mba untuk menjaga kulit bayi, Bila menggunakan produk yang tepat kulit bayi bisa terjaga dan terawat dengan baik. :D

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap ibu mau yang terbaik untuk bayinya ya pak

      Delete
  26. klo inget masa2 melahirkan, pasti merinding ya mba... alhamdulillah, ga kerasa skarang umurnya udah 8 taun :)

    ReplyDelete
  27. Subhanallah mbak,,Calvin loh,,,unyu2 banget waktu bayinya,,,nggak terasa ya udah 8 tahun,,,,bahagia tentunya seorang ibu melihat anaknya tumbuh besar dan sehat :)

    ReplyDelete
  28. pengalaman pertama kali jadi ibu tu seru ya mba. mba lidya dari anak pertama sudah langsung mandiin bayi merah sendiri mba? wuaa hebat, saya baru setelah anak ke dua berani memandikan bayi yg baru lahir.hihihi..

    huahh jadi kangen masa-masa hamil, melahirkan, menyusui.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak di hari pertama kok mbak, awalnya dibantu dulu

      Delete
  29. akhirnya ketemu mba lidya kemarin, setelah lama saling sapa lewat blog...btw, pampers memang ok,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allhamdulillah akhirnya bis aketemuan ya mbak

      Delete
  30. Anak-anak bayi ini priceless banget ya mak ^^

    ReplyDelete
  31. Tiap orangtua menginginkan yg trbaik untuk anak2nya ya, Mba.


    Met ngontes. Moga menang. . .

    ReplyDelete
  32. Mbak, melahirkan itu sakit?

    ReplyDelete
  33. Yah, cinta Ibu sepanjang masa, diwujudkan melalui perlindungan2 termasuk perlindungan kulit ya mak :D

    ReplyDelete
  34. Jadi inget waktu Selma disinar, harusnya pulang ke rumah, malah nambah dia, lucu wkt patpatnya nungging pakai pempers, pdhl baru berusia 4hari, hehe

    ReplyDelete
  35. Aih, sama mak. Anak keduaku juga gitu :(

    ReplyDelete
  36. Kangen bayi mak? kasih adik lagi buat pascal dan alvin donk... :)

    ReplyDelete
  37. Wuih ulasannya komplit banget ini Mak Lid. Yg belum tau, jadi makin tau. Makasih sharing nya ya. Emang Pampers udah terbukti endes nya di pantat bayi, lembutnya itu loh. :))

    ReplyDelete
  38. asli mantap ini artikel .. lengkap padat dan jelas , terima kasih atas informasinya ya mbak :)

    ReplyDelete
  39. emang penting kulit bayi buat dijaga

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...