badge

Wednesday, September 17, 2014

Cara Belajar Membaca Yang Menyenangkan

Allhamdulillah di usianya yang ke-4 Ade sudah mulai lancar membaca. Seperti Aa dulu aku sengaja tidak memasukkan mereka belajar membaca di tempat les. Aku sendiri saja yang Mengajarkan sedikit-sedikit setiap harinya. Memang sih ada perbedaan khussusnya di aku yang agak lambat mengajarkan Ade tidak seperti Aa dulu. Setiap anak punya karakter dan cara belajar sendiri-sendiri.

Buku yang aku gunakan untuk belajar membaca ade, masih sama buku warisan Aa dulunya. Kalau sekarang tidak di ajarkan mengeja ya, tidak seperti jaman aku kecil dulu :). Kemampuan membaca merupakan salah satu faktor membaca untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.

ini dia buku yang sama saat aku mengajarkan Aa belajar membaca dulu
Kenapa aku bilang agak lambat mengajarkan ade, karena banyak liburnya saat belajar bahkan ramadhan kemarin kebanyakan libunya :). Allhamdulillah saat ini Ade sudah mulai semangat lagi belajar membaca, kalau sudah selesai dengan buku "Pandai Membaca" nya dia minta di belikan buku cerita baru sebagai reward.

Selain dari buku aku juga biasanya mengajarkan membaca melalu berbagai macam permainan, misalnya dari permainan kuartet jadi mau tidak mau Ade membaca judul pada kartu tersebut. Tapi akhir-akhir ini ade suka banget menulis sambil belajar membaca melalui BBM atau What's app. Biasanya dia kirim message ke bapaknya, atau ke neneknya. Secara tidak langsung bbm-an sambil belajar membaca dan menulis.

belajar membaca melalui chat


Saat belajar membaca terkadang menemukan kata-kata yang asing bagi Ade, biasanya dia akan bertanya artinya apa. Salah satu contoh adalah saat menemukan tulisan cangkir, dia bertanya cangkit itu apa. Biasanya selain aku jelaskan artinya, jika barangnya ada di rumah sambil aku tunjukkan benda tersebut.
belajar mengenal benda melalui tulisan sat membaca
Saat aku pulang dari Festival Kuliner Serpong 2014 lalu ade juga menemukan sebuah kopi yang aku bawa. Dia lasngung menanyakan padaku "mama ini kopi tulisannya Toraja ya" :) Lega rasanya melihat anak sudah mulai bisa membaca, tahu sendiri lah saat ini masuk SD harus sudah di tuntut untuk bisa membaca.


47 comments:

  1. Enak ya mbak kalau adek kakak bisa gantian. Hehehe

    ReplyDelete
  2. Ade hebat ya,,,tetap semangat,,pantang menyerah,,,

    ReplyDelete
  3. wah pinter ya ade udah bisa baca... :)

    ReplyDelete
  4. Masih inget saat ngajarin si bungsu membaca, lumayan susah, tapi setelah bisa membaca, koran bapaknya jadi santapan dia sehari hari... :)

    ReplyDelete
  5. yaaaayyy...... ade udah pinter baca. selamat ya :)

    ReplyDelete
  6. wah heubat2 euyy, aa dan ade sama pinternya ya

    ReplyDelete
  7. jd inget anakku mbak, bicara pun dia blm begitu lancar, jd agak sulit untuk mengajarinya membaca, harus sabar aja ya mbak intinya... mksh mbak, pengalaman mbak ini sudah memberikan motivasi kpd saya utk lbh menambah lagi jam belajar utk anak

    ReplyDelete
  8. uwaaa ikut seneng mbk.wah hebat nih si ade,....

    ReplyDelete
  9. Whoaaaa...pinter bangeeeet ade udah pinter baca nih mbaaa :)

    Duh, Fathir mah...ya gitu deeeh...bhuahahaha...
    *gak tega ngomongnya*

    ReplyDelete
  10. bagi dong pin bbnya *salah fokus*..
    kalau aku suka berlangganan majalah bobo buta baca :D

    ReplyDelete
  11. Hati2 mak Lid, klo Alvin udah bisa baca..hihi
    ntr whatsapp digrup ttg tante iwik2 dibaca sama dia..hihihi

    ReplyDelete
  12. Ade sdh bisa membaca ? selamat buat ade, semoga semakin lancar membaca dan hobi menulis spt Mama ya?

    ReplyDelete
  13. Ih ade pinter banget sih :D
    itu bukunya kluaran taun brp mba? msh ada ga yah di toko buku...

    ReplyDelete
  14. wah udah pinter baca. anakku juga hobi baca nih... baru 3 th udah bisa A-Z

    ReplyDelete
  15. Kegiatan belajar bersama anak memang harus dibuatkan menyenangkan ya Mbak, biar anak pun senang belajar....

    ReplyDelete
  16. Aku nggak sabaran ngajarin Tiominar :D
    Kadang akhirnya dilepas sendiri aja belajar bacanya, apalagi Tio juga cepat bosan kalau lama belajarnya.

    ReplyDelete
  17. senengnya yah daha bisa baca, di rumah, ayu yang sedang belajar baca, mudah2an bisa lancar

    ReplyDelete
  18. Kaka Ade udah pintar baca ya, Mak

    dah bisa bbman pula ;)

    ReplyDelete
  19. Iya, skrg masuk SD diharuskan sudah bisa membaca. Jadi pinter2nya orang tua aja utk ngajarin si anak, supaya bisa membaca sblm sekolah.

    ReplyDelete
  20. Penting nih, mengajarkan anak supaya (minimal) bisa mengenal tulisan sebelum masuk sekolah dasar.

    ReplyDelete
  21. Penting nih, mengajarkan anak supaya (minimal) bisa mengenal tulisan sebelum masuk sekolah dasar.

    ReplyDelete
  22. Kalau metode belajarnya mudah, anak2 pasti juga senang belajar ya, Mbak Lid :)

    ReplyDelete
  23. Menyaksikan anak yang bisa membaca itu memang tiada duanya
    dulu anak saya yang pertama ... si Sulung ... belajar membaca dari ...
    Reklame / Papan Iklan / Baliho ... hahaha ...
    setiap jalan-jalan ... kalau melihat papan nama ... dia selalu berteriak ... Be-ce-aaaaa ... Ka..ef...ceeeee... Man-di-riiiii ... To-yo-taaaaa ...
    dan seterusnya ...

    ReplyDelete
  24. nyontek tipsnya ah...
    iya, tiap anak beda karakter belajarnya ya mba lid

    ReplyDelete
  25. aku selalu salut sama Mbak Lidya dalam memastikan kesuksesan anak-anak dalam pendidikan. Acungin banyak jempollllll

    ReplyDelete
  26. dengan belajar dirumah dan langsung kepada orang tua sebelum ke bangku sekolah adalah hal yang cukup baik untuk mempercepat sibuah hati lancar membaca, karena biasanya jika dengan orang tua rasa ingin bertanya nya akan cepat timbul dan tidak malu malu untuk menanyakan beda di sekolah terkadang anak ank masih malu malu kucing hihi...

    ReplyDelete
  27. Kayak enggak asing demgam SS BBM di atas. :D

    Alvin, rajin belajar ya. Inget pesen dari Digo GGS. :D

    ReplyDelete
  28. Anak saya belajar membacanya pake metode Raudhoh. Metode baru. Cepet dipahami sih...

    ReplyDelete
  29. sama dong mba, buku belajar membaca Fayda juga lungsuran dari Farras. Dan yg mengajarkan membaca juga saya sendiri, gak pake les segala :)

    ReplyDelete
  30. wah hebat nih si ade,....mama'y juga sama hebatnya. telaten ngajarin ade membaca... ayooo teruskan ^_^

    ReplyDelete
  31. jempol sekarang Alvin makin pintar membacanya
    Sudah mulai menikmati buku cerita ya Jeng

    ReplyDelete
  32. wah hebat umur 4 sdh bisa baca. Anakku liburan waktu mau masuk SD ngebut kuajari baca karena di TK nggak diajari, banyakan nyanyi sama bermain saja. Untunglah mereka bisa :)

    ReplyDelete
  33. Waaaah metodenya bisa dicoba ke adikku yang baru umur 5 tahun nih bun :D

    ReplyDelete
  34. Jaman sekarang anak cepat sekali membaca ya...

    ReplyDelete
  35. maklid sabar banget nih ngajarin bacanya ya

    ReplyDelete
  36. Waaa pinteeer... aira uda sering cerita ini inu kalo baca buku *baca buku ngarang* xD. Apa itu artinya dia udah siap belajar baca?

    ReplyDelete
  37. Ade Alvin hebaat.. pintaar.....
    selamat buat mamanya sudah mengajari dengan sabar dan telaten ngajarin ..

    ReplyDelete
  38. Waktu anak2 saya maish belajar membaca, saya juga punya buku andalan. Keluaran dari BIP juga :)

    ReplyDelete
  39. Alvin hebaaat! Sudah bisa ketik chat :)

    ReplyDelete
  40. Kayaknya sekarang sudah bisa ngeblog nih :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...