badge

Tuesday, February 17, 2015

Ilusi 3 Dimensi Dalam Lukisan dan Gambar

Waktu ke Keraton di Jogjakarta beberapa waktu yang lalu, saya melihat lukisan-lukisan karya Raden Saleh yang di pamerkan di salah satu bagian keraton tersebut. Lukisan Sultan Hamengkubowono ini di lukis oleh Raden Saleh dengan efek 3D. Raden Saleh yang juga di kenal oleh dunia Internasional ini adalah seorang pelukis handal asal Semarang yang menekuni keahliannya di Eropa.

Pada lukisannya tersebut sekilas hanya lukisan biasa saja, tapi coba amatin dari berbagai posisi mulai dari samping kiri, tengan dan kanan. Kita akan menemukan gambar kaki atau tangan yang bergerak arahnya mengikuti posisi dimana kita melihat lukisan tersebut. Contohnya lukisan di bawah ini yang sempat saya foto, sayang sekali saya tidak merekamnya untuk lebih jelas. Lihat deh foto tersebut dari sebelah kiri sambil melihat arah kaki, lalu kita bergerak ke tengan kemudian ke samping kanan sambil terus memperhatikan arah kaki. Arah kaki akan mengikuti kita. Kata guidenya disana sih lukisan ini di buat oleh Raden Saleh menggunakan teknik 3 Dimensi makanya bisa bergerak demikian.



Kalau kurang jelas, kebetulan saya mempunyai gambar tyrex di bawah ini yang saya print dan di gunting serta di bentuk sesuai contoh sehingga membentuk tyrex. Lalu seperti contih di atas lihatlah gambar tersebut mulai dari sebelah kiri lalu bergerak ke tengah sampai ke kanan. Kepala Tyrex akan mengikuti arahnya ke posisi tempat kita melihatnya.


Kira-kira kalau di rekam hasilnya seperti dibawah ini.



23 comments:

  1. Keren videonya. Jadi kelihatan efek 3d nya :)

    ReplyDelete
  2. Hihihiii kayak gerak lehernya ya. Kreatif mak Lid :))

    ReplyDelete
  3. Wahh...mata kita mudah tertipu yaa...:)

    ReplyDelete
  4. eh iyaa bisa yaa gerak2 gitu. keren :D

    ReplyDelete
  5. Waahhh, kayak bergerak yaaa. Beneran ilusi. Hebat yaa Raden saleh pada zaman itu sudah bisa menggambar efek 3D

    ReplyDelete
  6. duh ga kuat buka youtube euy di sini mam lid -_-

    ReplyDelete
  7. Wah keren ada lukisan yg 3D spt contoh dinosaurus nya..
    Penjelasannya okee mbak Lidya, disertai video juga :)

    ReplyDelete
  8. Ilusi mata yang keren, Mbak Lid :)

    ReplyDelete
  9. berarti hebat, ya, Raden Saleh. Pada masanya 3D itu sepertinya masih asing :)

    ReplyDelete
  10. Oh gitu ya mak? Canggih dong ya si raden salah itu ud bisa 3d...

    ReplyDelete
  11. lukisan dan video yang disajikan sungguh-sungguh tiga dimensi banget ya...beli ah,kayanya keren ditempel didinding rumah saya tuh.

    ReplyDelete
  12. Lucu yah... Memang efek 3D ini membuai....

    ReplyDelete
  13. wiih iya kereen mba Lid...kepalanya kayak ngikutin kemana kita gerak..:D

    ReplyDelete
  14. Wahhhhh keren kuotanya.....kuotanya sekarat bund..gak buka videonya dulu deh :(

    ReplyDelete
  15. hihihi lucu banget nih walau kadang tertipu juga :)

    ReplyDelete
  16. Hihihi..iya, kepala tyrexnya kayak bergerak :D

    ReplyDelete
  17. wah bener. kalo direkam keliatan banget :)

    ReplyDelete
  18. hwaaaa.. ini effort nya mama pascal bikin yang baca jadi bener-bener ngerti ... kereeeen bingiittss

    ReplyDelete
  19. beneran yaaa mak...aku baru ngeh setelah liat videonyaaa....mantaap :)...efek 3Dnya oke niih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...